Laptop ASUS ExpertBook B3000, Laptop 7 Jutaan yang Ringan Cuma 590 gram!

 asus expertbook b3000

ASUS sangat mengerti bahwa di era modern seperti saat ini perangkat komputasi dengan mobilitas tinggi semakin dibutuhkan. ASUS ExpertBook B3000 adalah jawaban kami atas kebutuhan tersebut, ExpertBook B3000 tidak hanya memiliki desain detachable yang fleksibel, tetapi juga desain yang ringkas dan ringan, serta memiliki daya tahan baterai yang panjang. Fitur tersebut menjadikan laptop ini perangkat yang tepat untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.”

Begitulah penuturan dari Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director, Southeast Asia. Jadi, bisa dibayangkan kan betapa ASUS ExpertBook B3000 ini sangat menarik. Menurutku, laptop ini bakal sangat cocok untuk chingudeul yang lagi cari laptop 7 jutaan, tapi kecil dan powerful.

Udah enggak asing dong dengan prosesor Snapdragon? Yup, itu adalah CPU yang biasa dipakai di HP. Tapi uniknya, kali ini Snapdragon justru dipakai untuk laptop ASUS ExpertBook B3000. Emangnya enggak akan lemot? Kalau mau nonton video, apakah pori-pori oppa Korea bakal terlihat?

Terus... gimana nih dengan audionya buat nonton drakor? Bisa masuk ke tas cantik enggak sih? Berat enggak ya? Oke, aku bakal jawab satu persatu pertanyaan-pertanyaan itu, tapi kalian bisa baca artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: Ulasan Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3000

  • CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)
  • Operating System: Windows 11 Home in S Mode
  • Memory: 8GB LPDDR4X on board
  • Storage: 128GB eMMC
  • Display: 10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%
  • Graphics: Qualcomm® Adreno™ GPU 618
  • Input/Output: 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Connectivity: Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1
  • Camera: 5.0 MP front-facing camera dan 13.0 MP world-facing camera
  • Audio: Built-in speaker, Built-in array microphone
  • Battery: 38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
  • Dimension: 26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm
  • Weight: 590 gram
  • Warranty/Garansi: 1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty
Itulah spesifikasi lengkap dari ASUS ExpertBook B3000. Memang enggak sedahsyat ASUS Zenbook S 13 OLED kemarin, wajar karena kelasnya pun beda. Tapi jangan khawatir, karena ExpertBook B3000 punya harga dan menawarkan kualitas yang sepadan!

Performa Snapdragon yang Pas

asus expertbook b3000

Lazimnya, Snapdragon digunakan untuk prosesor pada HP. Tapi kali ini, ASUS memilih Snapdragon untuk menopang performa dari laptop barunya. ASUS ExpertBook B3000 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. 

Berbeda dengan laptop pada umumnya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM, terkenal hemat daya sehingga dapat menemani penggunanya seharian. 

Jadi, bisa dibilang pemilihan Snapdragon ini tepat karena memang disesuaikan tujuan serta fungsinya, yaitu mobilitas tinggi, maka dari itu baterai adalah salah satu elemen penting untuk menjaga mobilitas laptop ini.

Tentu saja Snapdragon enggak sendirian, karena di sini juga ada GPU Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. GPU ini juga dinyatakan lebih efisien untuk digunakan bekerja sehingga daya baterai pun bisa lebih hemat.

Model Kece, Ringan, dan Bisa Dilipat!

ASUS ExpertBook B3000

Iya, kamu enggak salah baca. Laptop dengan layar 10 inci ini bisa dilipat. Bahkan uniknya, keyboard dan layar laptopnya bisa dilepas-pasang. Asyiknya lagi, layar laptopnya disertai dengan teknologi layar sentuh. Dengan begiu, berarti laptop ini juga bisa difungsikan sebagai tablet.

Nah, kalau kamu sedang tidak membawa keyboardnya maka kamu masih bisa mengetik menggunakan layar. Lalu, bagian belakang layarnya punya penyangga yang bisa membuat layarnya berdiri tegak atau berdiri membentuk sudut tertentu.

Kelebihan lain yang bikin ASUS ExpertBook B3000 ini semakin valuable adalah bodinya yang ringan. Bobot laptop ini hanya 590 gram dengan ketebalan hanya 0.9 cm. Jadi, pasti bisa masuk ke tas cantik!

Oh iya, di sini juga sudah disediakan stylus untuk mempermudah produktivitas. Dan, di bagian pinggir laptopnya ada kompartemen khusus yang berfungsi untuk menyimpan dan mengisi daya stylus. Enggak lama untuk ngisi baterai stylus, hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk pemakaian 45 menit.

Fitur Lengkap, Cocok untuk Bekerja dan Belajar

asus expertbook b3000
Enggak lengkap kayaknya kalau belum bahas fitur. Lalu, ada fitur apa saja yang ada di laptop ini? Jawabannya... cukup lengkap. Pertama, di sini ada yang namanya fitur AI Noise Cancellation. Fitur tersebut diklaim bisa meredam suara bising dengan menggunakan sistem berbasis kecerdasan buatan.

Fitur kedua yang menarik adalah kehadiran teknologi 3DNR (3D Noise Reduction). Ini merupakan sistem yang bisa mengurangi noise pada kamera di laptop sehingga tampilan visual dari kamera bisa lebih jernih dan terang meski berada di ruangan minim cahaya.

Fitur ketiga, ASUS ExpertBok B3000 ini sudah menyisipkannya dengan teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi ini dinyatakan bisa langsung terkoneki WiFi secara otomatis dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. 

Sedangkan fitur lainnya adalah bluetooth. Dalam laptop ASUS ExpertBook B3000 ini sudah diberikan Bluetooth 5.1 sehingga kamu bisa menghubungkannya ke perangkat wireless, seperti mouse atau headphone.

Ada Teknologi yang Mendukung Kesehatan Mata

asus expertbook b3000
ASUS sangat memikirkan kesehatan para penggunanya, untuk itu mereka menyematkan sebuah teknologi yang bisa melindungi mata dari radiasi cahaya biru. Teknologi tersebut bahkan sudah tersertifikasi TÜV Rheinland sehingga bisa kita simpulkan kalau menatap layar laptop ini nggak akan bikin lelah dan mencegah kerusakan mata.

Fitur lainnya, di bagian keyboard sudah dilapisi dengan ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung dengan bahan khusus untuk mencegah pertumbuhan bakteria hingga 99% dalam waktu 24 jam. Keren ya?

Dijamin dengan Garansi ASUS Expert Warranty

ASUS Expert Warranty

Enggak perlu khawatir kalau ada kerusakan di laptop ASUS ExpertBook B3000, karena laptop ini sudah dibekali yang namanya dengan ASUS Expert Warranty. Garansi resmi dari ASUS ini memberikan perlindungan selama 1 tahun.

Jika ada kerusakan pada laptop, maka ASUS akan memberikan perbaikan secara gratis dengan catatan kerusakan tersebut bukan terjadi karena kelalaian pengguna. Bagaimana kalau rusak karena kesalahan pengguna? Apakah garansi ini tidak berlaku?

Masih bisa dapat garansi, yaitu tanggungan 80% biaya spare-part di tahun pertama. Jadi, enggak perlu khawatir soal biaya perbaikan, ya. Udah dijamin lho sama ASUS!

Oke, udah semua kita bongkar kelebihan dari ASUS ExpertBook B3000. Sekarang, kita intip harganya, yuk! Untuk satu buah laptop ini dijual Rp6.999.000, termasuk affordable kan?

Comments

  1. Wah, ringan ya? Cocok nih buat penulis yang suka jalan-jalan. Jalan-jalan sekaligus menulis

    ReplyDelete
  2. Produk ASUS memang super duper wow, recommended bgt utk dipakai segala profesi ya.
    Top markotop

    ReplyDelete
  3. Membaca detail tulisan dalam artikel ini cuma bisa membuatku menganga, karena kagumnya dengan produk ASUS yang selalu berinovasi.

    Apalagi baca tulisan ini, " Keyboard dan layar laptopnya bisa dilepas-pasang. Asyiknya lagi, layar laptopnya disertai dengan teknologi layar sentuh. Dengan begitu, berarti laptop ini juga bisa difungsikan sebagai tablet. " Standing applause buat inovasi ASUS

    ReplyDelete
  4. Wah cocok banget ini untuk anak sekolah, ringan, desainnya bagus dan bisa buat mengerjakan tugas sekolah. Utamanya, aman untuk mata anak.

    ReplyDelete
  5. ASUS semakin banyak aja nih inovasinya. Speknya keren, modelnya cantik, plus ringan. Enak nih untuk dibawa kerja dari mana aja...

    ReplyDelete
  6. Wah ringan banget cuma 590 gram. Laptop tapi gampang dibawa kemana mana.

    ReplyDelete
  7. Hmmm kepengin banget gendong pulang satu laptop keluaran ASUS ini. Apalagi laptop saya memang sudah waktunya diganti. Biar bisa lebih cepat edit video, dan lain-lainnya. Semoga ada rezeki nih.

    ReplyDelete
  8. Salah satu referensi saya mau beli laptop adalah beratnya. Jadi pingin beli deh jadinya ASUS ini

    ReplyDelete
  9. Aku salah satu pengguna Asus yang suka banget dengan performanya, pernah jatuh berulang kali tapi masih bertahan sampai sekarang, jadi teman suka dan suka selama nulis. Tapi setelah baca spesifikasi Asus Expertbook jadi kepingin juga ganti yang baru, cusss...mau nabung dulu.

    ReplyDelete
  10. Temen-temen saya banyak yang pakai Asus, seri ini sepertinya sudah mulai banyak juga ya, worth it untuk para content creator seperti kita, karena speknya juga sudah bagus apalagi harganya menurut saya masih affordable dengan spek sebagus itu

    ReplyDelete
  11. Lumayan nih 7 jutaan tapi spek nya udah powerful banget. Bisa masuk wishlist laptop baru buat bisnis kami

    ReplyDelete
  12. Kalau melihat laptop, aku selaluu perhatiin CPU, RAM sama memori.
    Aku pernah banget punya laptop yang desainnya keren, tapi nyatanya karena RAM nya kecil dan CPU-nya kurang mendukung, jadi gak bisa dinaikin lagi.
    Huhuhu..sedih banget. Padahal kerjaan aku sebenernya cuma nulis kan.. Tapi kenapa dia gak kuat diajakin multitask?

    Jadi memilih ASUS ExpertBook B3000 uda paling oke.
    "Mantul" kalo kata mas Taeil.

    ReplyDelete
  13. Laptop ASUS ExpertBook B3000 ini salah satu laptop inceran aku mbak
    Ternyata harganya cukup terjangkau ya mbak
    Asik buat work from everywhere

    ReplyDelete
  14. Kemarin ak lagi cari cari laptop untuk gantiiin laptopku yang kmrin baru aja rusak mbak, meski gak tau kapan belinya wkwkwkwkwk dapat referensi laptop ini kok boleh juga hihi

    ReplyDelete
  15. Masya Allah.. ringan bener nih laptop. Ukurannya pun pas untuk dibawa bekerja di mana saja. Jadi pengen nih, huhuhu.. semangat nabungnya biar bisa kebeli :) *semangatindiri

    ReplyDelete
  16. Wiyyy... expert book dengan tampilan yang mungil dan mudah dibawa kemana-mana, mau dooongg... Cocok untuk menyelesaikan pekerjaan dimana saja ya. Kerjaan beres deh pokoknya.

    ReplyDelete
  17. Laptop idaman pasti ini. Asus Expertbook B3000 stylish ama specnya juga canggih. Nabung dulu ah supaya punya laptop keren ini

    ReplyDelete
  18. Jujur ini incaranku! So far aku udah coba nulis pakai tab with keyboard, enak banget. Tapi ada kekurangannya secara operating systemnya bukan window, ada yang ga bisa dimaksimalin gitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!