Tips Membeli Tiket Konser dari WTS di Twitter, Hati-Hati Scammers!

wts tiket konser
source image: Anthony Delanoix|Unsplash

Hampir tiga tahun tidak ada yang namanya konser KPOP di Indonesia. Semua konser dilakukan secara online. Semua acara KPOP dilakukan hanya lewat layar kaca. Keseruan pun berkurang. Rasa rindu bertemu bias kesayangan pun memuncak.

Memasuki tahun 2022 yang hampir selesai, akhirnya mulai dibuka lagi acara-acara yang bisa diadakan bertatap muka, salah satunya konser. 

Grup Seventeen menjadi idol KPOP pertama yang datang ke Indonesia melakukan konser di ICE BSD setelah masa lock down. KPOPers yang sudah rindu mendatangi acara konser pun berbondong-bondong membeli tiket demi ketemu bias dan berkumpul dengan sesama pecinta KPOP.

Akhirnya, demand tiket pun memuncak. Banyak yang mengantri tiket, tapi tiket terbatas. Calo tiket dimana-mana, mengambil kesempatan demi keuntungan pribadi. Tiket dengan harga 3juta pun dijual dengan harga tak masuk akal. Ada yang sampai 5juta bahkan sampai 9juta.

Bukan hanya harga tiket yang overprice, tapi banyak penipuan dan scammers. Mereka mengaku menyediakan tiket dengan harga wajar. Namun setelah uang ditransfer, pihak seller malah kabur.

Banyak banget kejadian penipuan seperti ini setiap kali grup KPOP mengadakan konser. Biasanya, meereka beli tiket untuk kemudian dijual lagi kepada KPOPers dengan harga tidak wajar. Mereka lebih sering menawarkan tiket lewat Twitter dengan sebutan WTS (Want To Sell).

Nah, dari sinilah mulai banyak penipuan pembelian tiket WTS Twitter. Untuk menghindari scammers WTS tiket konser di Twitter, teman-teman perlu mengetahui beberapa tipsnya. 

Berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah WTS tiket, beli tiket di jastip, serta war tiket sendiri, dan pengalaman dari sahabat yang pernah kena scammers, mungkin beberapa tips ini bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan beli tiket WTS di Twitter.

Baca Juga: Tips Beli Tiket Konser KPOP

Tips Beli Tiket Konser KPOP dari WTS Twitter

Ada tujuh tips dari aku yang perlu diperhatikan para KPOPers sebelum deal membeli tiket WTS di Twitter. Biar nggak kena scammers, coba ikutin cara ini, ya!

1. Lihat Harga Tiket

tiket konser

Harga tiket WTS terlalu murah dibanding harga pasaran WTS lainnya, perlu dicurigai! Misalnya, harga tiket konser aslinya Rp3.500.000, biasanya banyak menjual WTS jadi Rp4.000.000. Tapi, kamu malah nemuin WTS tiket dengan harga cuma Rp3.600.000 saja, itu agak aneh dan too good to be true.

Tapi, harga yang overprice juga perlu dicurigai, dan lebih baik ga dibeli! Misalnya, harga tiket asli Rp3.500.000 tapi justru ada yang jual sampai Rp9 juta. Itu udah nggak masuk akal. Apalagi pihak penjual minta full payment. 

Kalau pun benar, menurutku tetap nggak worth, karena dengan harga hampir Rp10 juta pun kamu udah bisa nonton konser di Korea lho

Soalnya, aku juga menemukan beberapa jastip terpercaya yang menawarkan nonton konser di Korea dengan paket hanya Rp4.500.000 (penginapan + tiket konser + akomodasi). Kamu tinggal tambah deh uang pesawat. Cukup kan?

2. Perhatikan Akun Twitter-nya

wts tiket konser

Bikin akun Twitter tuh gampang banget. Cuma butuh email aktif dan nomor HP aja. Nah, biasanya akun scammers WTS Twitter itu pakai akun bodong, akun kosongan, atau akun yang baru dibuat. Jika kamu lihat akunnya belum follow dan difollow oleh siapa pun, perlu dicurigai!

Apalagi melihat dari jumlah tweetsnya, kalau baru sedikit sekitar puluhan atau di bawah 500 tweets, perlu diwaspadai! Lihat keterangan umur akun Twitter-nya terlebih dahulu. Kalau umur akun baru beberapa bulan, lebih baik skip aja.

3. Tanyakan Kredibilitas Penjual Kepada Teman-Teman

wts tiket the link

Sebenarnya ini masih nyambung dengan cek akun. Selain melihat dari usia akun, followers, dan tweets, coba tanyakan ke beberapa orang Twitter tentang kredibilitas pemilik akun. Misalnya, akun si penjual ternyata berteman juga dengan beberapa mutual di Twitter kamu.

Nah, coba tanyakan pada mutual tersebut, apakah dia mengenal akun si penjual atau tidak. Kenalannya bagaimana, dan apakah dia pernah menjual tiket atau tidak. Tapi, sebelum bertanya maka kamu harus pastikan beri pengenalan yang sopan. Beri tahu tujuannya kenapa kamu menanyakan hal tersebut, ya.

4. Minta Bukti Tiket

wts tiket konser

Sebelum kamu deal membeli WTS tiket, sebaiknya minta bukti bahwa memang seller itu punya tiketnya. Buktinya bisa berupa screenshot pembayaran atau e-voucher tiketnya. Biasanya mereka bakal ngeblur bagian nomor pesanan dan kode vouchernya.

Tidak masalah, karena yang terpenting adalah memastikan seller WTS tiket tidak mengambil screenshot orang lain. Bisa lihat bagian watermark yang ia berikan, apakah ada nama seller atau tidak. 

Kalau masih belum yakin, coba lakukan video call dengan seller. Biarkan pihak penjual menunjukkan bukti tiketnya lewat video call, dan pastikan kamu bisa lihat wajah penjualnya. Jika ingin lebih aman, temui penjualnya (kalau memungkinkan).

Gambar di atas adalah contoh bukti tiket dari penjual untuk ditunjukkan ke pembeli. Saat konser The Link Tour Jakarta 2022, aku jual tiket CAT 3B, dan memberikan buktinya berupa screenshot pada pembeli. Aku gunakan watermark sendiri dan memblur bagian-bagian pentingnya.

Baca Juga: Cara War Tiket Konser KPOP di Blibli

5. Lacak Nomor Teleponnya

tips wts tiket konser KPOP

Jangan langsung deal jika kamu belum tahu nomor HP aktifnya, sekaligus nomor WA-nya. Lho, kenapa? Melacak akun Twitter agak sulit, lebih mudah untuk melacak nomor HP lewat aplikasi Get Contact. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa tahu bagaimana rating kepercayaan dari nomor tersebut.

Kita juga bisa lihat nama kontak tersebut di kontak orang lain. Kalau ada satu saja nama kontak yang menjerumus sebagai "penipu" sebaiknya langsung cancel! Tapi bagaimana kalau kontaknya sangat bersih dan belum ada apapun setelah dilacak di Get Contact?

Perlu dicurigai! Berarti itu nomor baru. Jika memang dia benar-benar berniat jual tiket, dia tidak akan segan untuk memberi informasi identitas umum tentang dirinya sendiri, minimal nama lengkap dan nomor WA yang benar-benar aktif. 

Nggak mungkin dong Get Contact-nya bersih? Masa tidak ada satu pun temannya atau kerabat yang menyimpan nomor HP-nya?

6. Lebih Aman Pakai Sistem DP, Pelunasan Hari H

harga tiket konser

Sebenarnya tidak apa-apa kalau kamu sudah bayar full untuk tiketnya. Tapi lebih aman jika cukup bayar DP saja dulu, dan pelunasannya bisa dilakukan saat hari H kamu mendapatkan tiketnya. Jadi, tiket fisik sudah kelihatan ada, dan seller bisa langsung dapat bayarannya.

Tapi kelemahan sistem DP ini juga perlu dicurigai, karena bisa saja si penjual menipu dengan membawa kabur uang DP yang sudah ditransfer. Agar tidak kecolongan terlalu banyak, coba minta DP seminimal mungkin untuk tanda jadi saja.

7. Cari Tahu Sosmed Penjualnya

tiket konser wts

Minimal, kamu harus tahu juga akun sosmed asli dari penjual, entah itu Twitter atau Instagram. Hanya untuk jaga-jaga, jika nanti dia menipu maka kamu bisa melacak lewat sosial medianya. 

Kalau pun dia kabur di Twitter, kamu masih bisa menanyakan tentang tiket lewat sosial medianya yang lain. Apalagi penipu biasanya sangat menutup diri soal identitasnya sendiri, seolah takut dan tidak mau jika identitas aslinya terkuak.

Itu saja sepertinya beberapa tips dariku untuk menghindar dari penipu tiket WTS di Twitter. Mungkin kamu juga bisa meminta foto KTP, tapi bisa jadi dia menolak dengan alasan privasi. Aku bisa mewajari hal ini, karena KTP adalah barang privasi.

Kalau pun mau, paling tidak dia memblur bagian informasi-informasi penting yang ada di KTP untuk bisa meyakinkan pembeli. Nah, kalau chingudeul punya tips tambahan lainnya atau pengalaman kurang mengenakan soal WTS tiket di Twitter, bisa tulis di kolom komentar, ya.

Comments

  1. Wah, wah, wah. Ternyata selalu saja ada orang yang mengail di air keruh. Tega-teganya memanfaatkan antusiasme para KPOPers. Sejujurnya, baru dari tulisan ini saya tahu kalau tipu menipu kekgini ternyata marak juga.

    ReplyDelete
  2. Beneran harus hati-hati ya mbak, banyak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. Tips ini penting banget terutama buat yang baru pertama kali order by twitter.

    ReplyDelete
  3. Detail bgt mb ngasih tips nya. Semoga artikel ini bisa tersebar luas, biar kdpn klo ada konser kpop di Indo para calon penonton bisa lebih cermat ketika mau membeli tiket.

    ReplyDelete
  4. Betul banget nih, harus waspada dengan tidak membayar full, jika pun harus DP kalau bisa sih seminimal mungkin biar gak rugi banyak kalau misal ada sesuatu kemudian terjadi.

    ReplyDelete
  5. Lengkap nih infonya buat kewaspadaan saat beli tiket WTS di Twitter. Penipu tiket WTS di Twitter memang ada..pernah baca keluhan korbannya. Duh, memenag mesti hati-hati ya

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak infonya. Jadi memang harus ekstra hati-hati ya untuk beli tiket di twitter

    ReplyDelete
  7. bener banget harus berhati hati, banyak yang nyari keuntungan dari penjualan tiket, kalau bisa sih beli langsung sama penjual tiket yang resmi.

    ReplyDelete
  8. Aku suka kpop tp ga maniak jdnya ga pengen samsek nonton konsernya haha.. harga tiketnya mahal bgt, bisa utk biaya hidup sebulan wkwk

    ReplyDelete
  9. Cocok ini tipsnya yang suka buru-buru kalau mau beli tiket konser kpop karena takut kehabisan. Mesti waspada penipuan kalau belinya bukan langsung dari penyelenggara resmi

    ReplyDelete
  10. Baru belakangan ini main Twitter dan ternyata banyak banget istilah dan bahasa yang cuma ada di Twitter aja. Baca tulisan ini ngasih banyak banget insight apalagi buat Aku yang baru aja main Twitter.

    FYI, Aku minat baca tulisan ini awalnya gara-gara penasaran sama kata WTS. Eh keasikan dan kebaca ampe selesai. Goksss

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!