Ada yang Baru dari ASUS, Ini Dia Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)!

1 November 2022 - ASUS semakin produktif! Setelah sebelumnya memperkenalkan laptop di lini VivoBook, kali ini mereka mau memamerkan produk barunya yang disebut ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302).

Perlu diketahui ya yeorobun, laptop Zenbook ini adalah salah satu jenis laptop premium yang diproduksi ASUS. Jadi, kalau sudah ada kata 'premium' tentu saja jeroannya enggak main-main! Mulai dari hardware hingga software, ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini sangat menarik.

Dan yang lebih menariknya lagi adalah, laptop ini tergolong sangat tipis dan ringan! Seringan apa? Setipis apa? Terus, bagus enggak sih buat nonton oppa oppa Korea? Kalau mau edit video, apakah laptop ini kuat? Arraseoyo, akan aku jawab satu persatu pertanyaan tadi. Langsung disimak saja, yuk!

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

  • CPU: AMD Ryzen™ 7 6800U Mobile Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz)
  • Operating System: Windows 11 Home
  • Memory: 16GB LPDDR5-6400
  • Storage: 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
  • Display: 13.3-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 60Hz 0.2ms, 550nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
  • Graphics: AMD Radeon™ 680M
  • Input/Output: 3x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display + power delivery, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Connectivity: Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
  • Camera: 720p HD camera
  • Audio: Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified audio systems
  • Battery: 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Dimension: 29.67 x 21.05 x 1.49 ~ 1.49 cm
  • Weight: 1.1 Kg
  • Colors: Ponder Blue, Refine White, Aqua Celadon, dan Vestige Beige

Jika sekilas melihat spesifikasi di atas, setidaknya ada sedikit gambaran betapa premiumnya laptop ASUS kali ini. Mari kita mulai dari yang teratas, yaitu performa.

Performa Kencang di Kelasnya

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Zenbook itu memang dikenal sebagai laptop premium dari ASUS. Jadi, enggak heran kalau ia termasuk salah satu laptop dengan performa yang kencang. Di sini sudah ada CPU dari AMD, lebih tepatnya AMD Ryzen™ 7 6800U.

Prosesor ini menggunakan arsitektur Zen3+ terbaru, dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Enggak usah ragu lagi, intinya kencang! Tapi, performa ini enggak sendirian, karena ada juga GPU untuk mengolah dan memproses grafis dengan lebih baik.

Nah, di Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini punya chip grafis dari AMD Radeon™ 680M. Menariknya, grafis tersebut sudah biasa digunakan di konsol modern zaman sekarang. Jadi, boleh disimpulkan bahwa dengan kehadiran chip grafis itu, kamu sudah bisa ngedit video dan main game kasual di laptop ini dengan cukup lancar.

Masih ada lagi kelebihan di bagian performanya, nih, yaitu bagian memori. Di sini sudah disematkan dengan RAM berkapasitas 16GB, gede banget! Lalu, untuk nyimpen foto, video, drakor, apapun itu bisa gunakan hardisk PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Lega!

Desain Cantik dan Elegan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Desain dari ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini sangat memanjakan mata, nampak cantik nan elegan. Tapi yang paling menarik adalah bobot dan ketebalannya. ASUS menyebutkan bahwa laptop ini hanya memiliki berat 1,1 kg saja! Bahkan, laptopnya cukup tipis dengan ketebalan hanya 14,9 mm. Cocok nih dimasukin ke tas cantik~

Bagusnya, meski tipis dan ringan, ASUS enggak mengabaikan dari sisi kualitas bahannya kok. Soalnya, ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini dibuat dengan bahan magnesium-aluminium alloy serta mengadopsi desain Zenbook terbaru yang minimalis dan telah menggunakan logo ASUS Monogram.

Nah, kalau chingudeul berminat sama laptopnya, bisa pilih empat warna. ASUS menyediakan warna Ponder Blue, Refine White, Aqua Celadon, dan Vestige Beige. Kalau aku pribadi sih suka sama yang warna putih, karena terlihat lebih simpel dan elegan. 

Layar Premium untuk Laptop Terbaik

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Kelebihan ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini bukan hanya sebatas di performa dan desain saja, tapi ada di bagian layarnya juga. Ada embel-embel 'OLED' dalam penamaannya, artinya layar laptop ini dijamin memiliki kualitas visual terbaik dengan color gamut 100% DCI-P3.

Bahkan, layarnya sendiri sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Semakin lengkap, bahkan di laptop ini memiliki teknologi HDR dan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Untuk apa sih semua itu?

Singkatnya, semua standar sertifikasi sangat cocok untuk yang doyan nonton drakor, oppa-oppa ganteng, sampai edit video pun bisa. Konten yang ditampilkan pada layar laptop akan terasa lebih akurat. Lalu, apakah layarnya akan merusak mata? Tenang saja, ASUS sudah memikirkan hal itu dengan sangat matang.

Di laptop ini tersemat yang namanya fitur Eye Care. Sesuai dengan namanya, dia diklaim bisa mengurangi spektrum cahaya biru tanpa mengorbankan kualitas visual. Agar lebih aman, ASUS juga membekalinya dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Fitur Lengkap dan Premium!

Sekarang kita lirik bagian fiturnya, yuk! Oke, fitur pertama yang menarik adaalh bagian keyboard dengan sebutan ASUS ErgoSense Keyboard. Ini adalah fitur khusus, dimana keyboard-nya khusus untuk menghadirkan pengalaman mengetik terbaik.

ASUS ErgoSense Keyboard di Zenbook S 13 OLED (UM5302) juga memiliki key travel sejauh 1,4 mm yang tepat untuk mengetik serta key-cap dish 2,2 mm yang sesuai dengan bentuk jari manusia. Thoughtful sampai memikirkan kenyamanan mengetik!

Dan, untuk chingudeul yang sering melakukan video call dengan sesama temen KPOPers, atau kebutuhan online conference lainnya, laptop ini cocok banget! Soalnya, ASUS sudah memberikan teknologi yang dinamakan AI Noise-Cancelling. Artinya, fitur tersebut dapat meredam suara bising di sekitar areamu.

Gimana, nih, lengkap banget kan laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini? Bukan hanya lengkap, laptop ini memang terasa premiumnya, baik dari segi spesifikasi, fitur, bahkan bodinya pun dirancang sedemikian rupa demi menunjang kebutuhan serta menunjukkan sisi elegannya.

Berapa kira-kira harganya? Perlu digarisbawahi, ini adalah laptop premium, jadi sangat wajar jika harganya tembus hingga dua digit, lebih tepatnya adalah Rp20.299.000. Berminat?

Comments

  1. ASUS nih inovasinya keceng banget ya. banyak variasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. yang seri laptop ini bikin mupeng banget fiturnyaaa 🀍

    ReplyDelete
  2. Keren banget spesifikasi nya...1 TB, kayaknya saya perlu nih storage sebesar ini...bisa guling2 bebas...hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku suka warna cakep ya idaman banget nih punya Asus laptop yang layarnya sudah OLED, semoga ada rezekinya tahun depan bisa punya juga aamiin

    ReplyDelete
  4. Layar OLED tetap jadi andalan ASUS ya. Ketajaman serta warnanya yang akurat bikin mata jadi makin seger

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!