Sinopsis dan Review Vice Versa, Bertukar Kehidupan ke Dunia Lain!

review vice versa
Bagiku, Colorist bertugas untuk menghidupkan sebuah film, membuat suasana semakin di film semakin hidup

Hai, aku Talay. Pernah dengar profesi Colorist? Itu lho, seseorang yang mendesain dan mengedit warna untuk sebuah film. Iya, itu pekerjaanku.. tapi belum bisa aku dapatkan hingga saat ini. Sungguh sulit, ya, mencari pekerjaan di zaman seperti sekarang ini?

Tapi, aku tidak akan menyerah begitu saja. Aku yakin, suatu hari nanti sebuah perusahaan film akan mempekerjakanku dengan layak! Namun, hampir saja aku mendapatkan impian itu, suatu kejadian tidak masuk akal terjadi kepadaku.

Aku tenggelam di laut. Lalu, aku tiba-tiba terbangun dengan keadaan memar di sana sini, terutama bagian wajah. Terasa normal sih, tapi yang membuat kejadian ini tidak normal adalah.. ternyata aku bangun di dunia lain. Bukan dunia hantu! Sungguh dunia lain. Dunia yang sama dengan kita, hanya saja berbeda. Bagaimana aku bisa kembali?

WARNING! Artikel mengandung spoiler.

  • Tayangan: Youtube (link nonton)
  • Genre Film: Romance, Youth, Drama, Fantasy
  • Tanggal Rilis: Juli 2022
  • Jumlah Episode: 12 Episode
  • Durasi Per Episode: 55 menit
  • Pemain: Sea Tawinan (Talay/Tess), Jimmy Jitaraphol (Puen/Tun), Neo Trai Nimtawat (Up), Aou Thanaboon Kiatniran (Aou), Pepper Phanuroj (Kita), Boom Tharatorn (Fuse)

Episode 1

"Apakah kau percaya dengan adanya reinkarnasi? Jika iya, apakah kau juga percaya pada kejadian pertukaran tubuh dengan orang lain?"

Sinopsis

sinopsis episode 1 vice versa

Hah.. sepertinya aku gagal wawancara kerja lagi kali ini. Sungguh aku tidak bermaksud mengolok pewawancara. Mereka meminta untuk menilai kepribadiannya berdasarkan warna yang aku lihat. Tentu saja aku berbicara jujur apa adanya!

Tapi sepertinya, salah satu pewawancara bule itu cukup terkejut dan sedikit kesal dengan jawabanku. Aku bilang, bahwa auranya berwarna coklat tai kuda. Maksudnya, dia itu punya aura dan sikap yang tenang. Itu saja, tidak ada maksud lain, sungguh!

Hah.. aku sudah pasrah dengan hasilnya nanti. Saat sedih seperti ini, aku beruntung punya teman yang sangat suportif menghiburku. Ya, walaupun menghibur dengan cara mengantarnya ke bandara demi bertemu idola kesayangannya, Puen. 

"Aku ini penggemar VVVIP-nya Puen! Aku yakin dia akan lewat jalur ini." 

Temanku yang satu ini berbicara sangat menggebu dengan tekanan intonasi yang amat sangat meyakinkan. Aku hanya bisa menghela nafas, bersabar mengikuti kemauannya.

Tiba-tiba.. temanku berteriak kencang karena Puen lewat jalur lain. Dia pun bergegas, berlari ke jalur yang dilalui oleh Puen. Sedangkan aku? Aku sudah tidak tahan untuk ke toilet. Jadi, aku meninggalkannya sendirian. 

Di toilet ternyata ada kejadian yang lebih mengejutkan! Aku melihatnya! Melihat idola temanku! Dia Puen. Langsung saja aku menyapanya dengan tangan gemetaran, suaraku pun terdengar rendah dan sangat nervous.

"Kau... Puen?"

"Iya, betul."

Dia, menatapku! Tersenyum! langsung saja aku memperkenalkan diri.

"Aku Talay. Temanku adalah fans berat dirimu." Puen menanggapiku dengan senyuman sembari mengucapkan terimakasih. Lalu, aku memberikan sebuah topi pada Puen. Sebenarnya itu topi dari temanku yang nge-fans dengan Puen, tapi akulah yang menggambar dan menghias topi itu. 

Senangnya lagi, Puen menyukai gambarku! Sungguh pengalaman luar biasa bertemu Puen. Aku tidak sabar menceritakan kejadian ini pada temanku. Saat aku bercerita, tentu saja dia sangat histeris bahagia. Dia cukup iri, tapi juga senang. 

Beberapa hari setelah bertemu Puen, aku dan yang lain bermain di pantai. Sebenarnya, aku sedang tidak ingin bermain karena masih khawatir dengan pekerjaan. Tetapi, mereka menyuruhku untuk menyemplungkan diri ke laut.

Awalnya, aku menikmati air laut yang mebawaku mengambang di air. Tapi.. saat aku mau kembali, tiba-tiba kakiku kram, sangat kaku, dan sulit untuk digerakkan. Kemudian, aku terbangun di ruangan serba putih. Melihat ke arah tubuh, ternyata aku sedang mengenakan kemeja ala rumah sakit.

"Tess! Apalagi yang kau lakukan kali ini? Berkelahi?"

"Tess, anakku sayang! Kau tidak apa-apa?"

Sedang asyik melamun, secara mengejutkan seorang pria paruh baya dan istrinya menghampiriku dengan ekspresi terkejut, khawatir, atau mungkin marah. Dan, apa? Mereka juga bilang bahwa aku adalah anaknya? Tapi mereka bukan orang tuaku! Siapa yang mereka panggil? Tess? Namaku Talay!!

Aku coba menjelaskan kepada mereka, tapi.. percuma. Mereka justru menganggapku berbohong. Saat melihat ke arah cermin, aku sungguh terkejut. Bagaimana bisa aku melihat wajah orang lain?! Ini wajah siapa? Aku hidup di tubuh siapa? Apa yang terjadi?

Masih shock dengan kejadian ini, seorang perawat menghampiriku. Ia menjelaskan semuanya padaku tentang dunia lain yang disebut alternate universe. Jadi, sekarang aku sedang hidup di dunia yang lain sebagai Tess. Jiwa Tess tertukar dengan jiwaku di dunia normal. 

Di dunia ini, agak berbeda, tidak ada Google. Sebagai gantinya, mereka menamakan Google sebagai Qoogle. Yang lebih mengejutkannya lagi, dunia ini memperbolehkan pernikahan sesama jenis. 

Sungguh, ini adalah dunia kebalikan! Lalu, siapa perawat ini? Bagaimana bisa dia tahu banyak soal alternate universe? Bagaimana aku bisa kembali ke dunia asalku?!

Baca Juga: Review TharnType Season 1

Pembukaan yang Sangat Potensial

ohmnanon vice versa

Kesan pertama saat menonton Vice Versa episode satu ini.. WAH! Aku cukup terkejut dengan segala hal yang ditampilkan sebagai pembuka. Kita mulai dari ide cerita. Di sini Vice Versa membawa topik alternate universe yang jarang muncul di lakorn lainnya.

Saat aku tahu ternyata Talay bangun di dunia lain, rasanya cukup membuat kaget. Bahkan, alur di episode pertamanya ini dibuat dengan rapi hingga berhasil menimbulkan rasa penasaran. Dengan begitu, penonton pun bakal betah untuk tetap mantengin ceritanya sampai akhir.

Yang paling serunya lagi, di episode ini bakal menyinggung dialog dari drama BL Still 2gether. Kalau pernah nonton drama tersebut, kamu bakal merasa familiar dengan dialog: "Aku akan menciumu sampai kau terjatuh."

Ada yang lebih asyik, di sini kamu juga bakal lihat penampilan couple Ohm dan Nanon. Bikin nostalgia untuk penggemar drama Bad Budy deh

Jadi, ceritanya Talay akan masuk ke tubuh Tess (Ohm), sedangkan Puen akan masuk ke tubuh Tun (Ohm). Bahkan, di sini kamu bakal lihat Nanon bernyanyi dengan suaranya yang merdu lho~

Sinematografi yang Terasa Lebih Baik

review vice versa episode 1

Satu hal yang mau aku apresiasi lagi adalah sinematografinya. Jujur saja, aku sering kecewa dengan sinematografi yang biasa ditampilkan oleh drama jebolan GMMTV. 

Tapi menurutku, Vice Versa ini berhasil menampilkan sinematografi yang cukup indah. Mereka memainkan tone warna dengan pas, sesuai dengan tema dan konsep yang diusung.

Ada siluet warna biru campuran putih saat sedang berada di universe lain. Siluet yang ditampilkan itu punya kesan science yang modern. Lalu, untuk pengambilan gambarnya juga terlihat smooth dan dinamis. Pergeseran satu karakter dengan karakter lainnya ditampilkan dengan mulus. 

Bahkan, efek blur yang ditampilkan cukup memanjakan mata meski belum bisa menyamakan bagusnya sinematografi dari drama Cutie Pie. Meskipun begitu, kesan pertama sinematografi di sini jauh lebih baik dibandingkan Cupid's Last Wish dan A Tale of Thousand Stars.

Isu LGBT yang Selalu Hadir di Drama BL Thailand

isu lgbt vice versa

Setiap BL pasti memiliki isu sosial yang akan diangkat untuk membuat cerita semakin menarik. Kali ini, Vice Versa mengangkat isu disahkannya pernikahan LGBT di negara Thailand. Meski muncul hanya dalam scene yang minim, tapi kita bakal ngeuh bahwa drama ini mendukung pernikahan sesama jenis.

Belum banyak dibahas soal isu ini, mungkin tidak akan banyak dibahas karena inti ceritanya bukan pernikahan sesama jenis. Namun, bisa jadi, isu pernikahan sesama jenis ini akan selalu disinggung di beberapa episodenya mengingat ini adalah drama BL. 

Fyi, isu mengsahkan pernikahan sesama jenis tidak hanya dibahas dalam Vice Versa saja, drama BL seperti Tharntype pun beberapa kali menyinggung isu ini. Ya, walaupun tidak sering, hanya sekilas berupa dialog saja.

Sejauh ini, Vice Versa cukup menarik. Membawa ide cerita unik dengan sinematografi yang lebih baik dibandingkan Cupid's Last Wish, tentu Vice Versa wajib masuk dalam list tontonan BL favoritmu. Tunggu update episode terbarunya setiap minggu di YouTube GMMTV Official, ya!

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Member NCT 127 Tertua Hingga Termuda, Siapa Bias Kamu?