Review & Sinopsis Cutie Pie, Jujur Pada Pasangan Tidak Seburuk Itu Kok!

review cutie pie

Aku tidak ingin menikahi seorang boneka. Aku ingin menikah dengan manusia tanpa ada yang ditutupi.

Perkataan Hia Lian sangat menusuk. Aku begitu sakit hati dengan ucapannya. Apa dia bilang? Boneka? Aku terlihat lucu seperti boneka? Tapi.. nyatanya dia bilang bahwa aku lebih mirip boneka Annabelle yang mengerikan.

Perdebatan seperti ini selalu terjadi di antara kami. Sebenarnya, aku, Kuea Keerati adalah seorang pria yang sejak kecil sudah dijodohkan oleh Lian Kilen Wang. Iya, perjodohan ini terdengar konyol, perjodohan sesama jenis.

Sejak kecil, baik keluarga Keerati dan Wang sudah sangat dekat. Kedekatan itu membuat para tetua alias kakek kami membuat keputusan untuk menjodohkan kami. Tentu kami berdua senang, karena saat itu masih kecil. Tapi sekarang... semua berubah.. hufttt...

WARNING! Artikel mengandung spoiler.

  • Tayangan: Mandee Chanel Oficial YouTube (link nonton)
  • Genre Film: Business, Comedy, Romance, Drama
  • Tanggal Rilis: Februari 2022
  • Jumlah Episode: 12
  • Durasi Per Episode: 1 jam
  • Pemain: NuNew Chawarin Perdpiriyawong (Kuea Keerati / "Kirin"), Zee Pruk Panich (Hia Lian/Lian Kilen Wang), Nat Natasitt Uareksit ("Khondiao" / Diao), Max Kornthas Rujeerattanavorapan (Yi Phayak Chatdecha Chen / Hia Yi)

Sinopsis

sinopsis cutie pie

"Tapi, kita saling mencintai kan?"

"Sepertinya kamu salah paham akan sesuatu."

"Tapi.. kau bilang akan selalu bersamaku dan menikahiku."

"Aku akan menikahimu, tapi untuk urusan cinta beda lagi. Aku tidak perlu mencintaimu untuk bisa menikahimu, kan? Lagi pula, aku tidak mau menikah dengan seorang boneka sepertimu."

"Apa aku lucu seperti boneka?"

"Annabelle."

Sungguh, ucapan Hia Lian begitu menyakitkanku. Beruntung saat itu sahabat Lian tiba-tiba datang sehingga obrolan kami terputus. Sahabatnya, Hia Yi, melihat smeua pertengkaran tadi dengan diam. Berdiri tegak kaku tanpa tahu harus berbuat apa-apa.

Akhirnya, aku memutuskan untuk meninggalkan kantor Hia Lian. Sialan! Memang brengsek laki-laki itu. Aku bergegas pulang. Tidak, aku tidak akan pulang ke Keerati Mansion. Sarang Naga, itulah tujuanku. Rumah persembunyian yang hanya diketahui olehku dan Diao, sahabatku.

Sesampainya di sana, Diao sudah menunggu dan bersiap untuk dihujami segala sumpah serapahku untuk Lian Kilen Wang itu. Sambil mabuk-mabukan, bernyanyi tidak jelas, berbicara dengan boneka, semalaman suntuk aku meluapkan semuanya. Benci dengan tunanganku sendiri.

Oke, aku putuskan untuk membatalkan pertunangan ini. Tidak ada lagi yang namanya pernikahan Keerati dengan Wang. Aku hanya akan menikah jika kami saling mencintai. Keputusanku tentu diragukan oleh Diao. Karena... ya dia bilang aku terlalu bucin dengan Lian.

Tidak, aku akan move on. Toh, dengan begitu identitas Kuea Keerati yang terkenal manis, lembut, sopan nan santun bisa hilang. Aku muak dengan image seperti itu. Aku lebih suka main drum, nyanyi, balapan motor, balapan mobil, dan aku lebih suka otomotif!!!

Ku tutupi semua hobi itu demi mendapatkan cinta Lian. Tapi nyatanya? Aku dihempas bagai sampah yang bau. Dan... APA?! AKU DIKATAI ANNABELLE. Itu bagian terparah! Mulai besok, aku akan tampil sebagai artis di panggung bar Gemini. 

Identitasku sebagai penyanyi bernama Kirin akan ku ungkap! Bodo amat kalau Lian tahu. Aku sudah muak dengan pura-pura menjadi pria manis yang selalu patuh. 

Malam pertunjukkan pun tiba. Akhirnya, aku tidak perlu menutupi identitas lagi di atas panggung. Pemilik Bar Gemini pun terkejut dengan keputusanku. Tapi, justru dia sangat senang karena hampir semua pengunjung di sini datang hanya untuk melihat Kirin tampil.

Sungguh, ini penampilanku yang terbaik. Aku sangat puas. Pemilik Bar pun sangat senang. Akhirnya, aku diteraktir minum alkohol sampai mabuk. Iya, aku mabuk dan....

cutie pie

"Kuea Keerati!!"

Seseorang memanggil nama lengkapku? Sepertinya.... aku mengenali suara itu. Dia menatapku dingin sekali. Dengan sigap, tangannya langsung memegang lenganku seolah tidak akan dia lepaskan. 

Siapa dia? Dia... mirip seperti Lian.. Ah tidak mungkin. Lian tidak akan mau repot ke sini untuk menjemputku. Lagi pula, dia kan tidak tahu aku menjadi penyanyi bernama Kirin. Tapi.. tiba-tiba dia membopongku keluar bar.

Aku dibawa masuk paksa ke dalam mobilnya. Dia bilang akan mengantarku pulang. OH NO!! Bibi di rumah akan marah dan mengadukan ku pada Mama!! Jadi, aku bilang untuk mengantarkanku ke Sarang Naga. Tentu si pengantar yang mirip Lian itu kebingungan. Ya iyalah.. itu rumah rahasiaku.

Sesampainya di sana, pria misterius yang mengantarku langsung menggendongku. Merebahkan badan mabuk berat ku di atas sofa. Aku tidak tahu dia siapa. Yang jelas, aku masih berpikir itu bukan Lian.

Keesokan paginya.. aku terbangun dengan sakit kepala yang luar biasa. Aku tidak bisa mengingat apapun tentang kejadian semalam. Tiba-tiba saja, tubuhku sudah di atas kasur dengan pakaian masih lengkap tentunya. Apakah Diao yang semalam mengantarku? Tidak.. tidak.. dia pulang duluan.

Oke tidak akan ku pedulikan. Kalau memang Lian yang mengantarku, pasti dia sudah marah-marah. Dan kejadian semalam, pasti sudah sampai ke telinga Mama. Pagi ini masih damai, jadi tidak mungkin Lian. Baiklah, aku akan pulang ke Mansion Keerati.

Hari-hariku berjalan normal. Tapi hebatnya, aku bisa mengabaikan telepon dari Lian! Aku sudah mengatakan akan membatalkan pertunangan kami. Tapi dia hanya senyum seolah tidak peduli. Jadi.. ya sudah. Aku bisa menjadi diriku sendiri sekarang. Pakai almamater Teknik Otomotif yang simpel, bukan pakaian kemeja putih khas anak Teknik Komputer.

Namun, ketenangan yang aku dambakan ternyata buyar!!! Saat mau pulang kuliah, orang rumah meneleponku. Lian sedang menunggu di rumah!! APA-APAAN INI?! Aku harus bergegas pulang. Sesampainya di rumah....

"Segera kemas barangmu. Kita akan tinggal bersama mulai hari ini."

"HAH?! SEKARANG?! KEMANA?"

"Tentu saja ke rumahku."

Aku sangat terkejut. Untuk apa Lian membawaku ke rumahnya? Sialnya, dia sudah mengantongi izin dari Mama. Jadi... aku tidak bisa menolak. Sebenarnya apa yang direncanakan Lian? 

Di awal, dia bilang tidak mencintaiku. Tapi sekarang, dia mengajak untuk tinggal bersama. Perlakuannya juga sangat manis tidak seperti dulu. APA YANG TERJADI?! KUEA KAU TIDAK BOLEH GOYAH!!!!

Sinematografi ala Drama Korea

sinematografi cutie pie

Sepertinya baru kali ini aku nonton drama Thailand dengan kualitas sinematografi drama Korea. Kalau yang sering nonton lakorn Thailand, pasti hapal banget bagaimana sederhananya sinematografi yang ditampilkan. Contohnya, drama A Tale of Thousand Stars. Cenderung biasa saja, nggak memukau sama sekali.

Tapi, aku membuat pengecualian untuk Cutie Pie. Pasalnya, setiap adegan romantis di drama ini dieksekusi begitu cantik, utamanya soal sinematografi. Pencahayaannya sangat pas, tidak asal terang atau tidak asal gelap. Warna-warna lampu di setiap adegan romantisnya sangat menarik dan bisa nge-blend dengan manis.

Yang paling aku suka dalam sinematografi ini adalah saat Kirin tampil di atas panggung. Lampu-lampu yang menyorot Kirin itu sangat cerah ketika lagunya menunjukkan perasaan jatuh cinta. Lalu, lampu itu juga akan berubah menjadi gloomy ketika Kirin bernyanyi lagu-lagu yang sedih.

Nggak cuma soal bermain tone-nya saja yang bagus, sorotan kameranya juga terasa profesional. Pergerakan kameranya sangat dinamis. Jadi, penonton nggak pusing menonton setiap adegannya. Salut banget sama sutradara Aoftion Kittipat Jampa.

Kalau aku lihat informasi dari MyDramalist, Cutie Pie adalah debutnya Aoftion sebagai sutaradara drama Thailand. Tapi, dia sudah bisa menghasilkan sinematografi secantik ala drakor, sebuah prestasi yang bagus banget! Ditunggu drama lainnya ya sutradara Aoftion Kittipat Jampa!

Soundtrack Sangat Easy Listening

Oke kita bahas soal skoring dulu, ya. Jujur saja baru kali ini aku kepincut dengan lagu-lagu Thailand. Biasanya, aku agak kurang sreg dengan lagu Thailand yang kurang masuk di telingaku. Tapi, semenjak nonton Cutie Pie, entah kenapa aku langsung suka hampir semua lagu yang disuguhkan dalam drama ini.

Mulai dari opening hingga semua lagu yang dinyanyikan oleh Kirin itu sangat ear catchy meski aku nggak paham artinya. Bahkan, aku pun nggak bisa membaca judul lagunya. Tapi rasanya aku bisa dengerin lagunya berulang kali. Sekarang, hampir semua OST Cutie Pie masuk dalam play list ku di YouTube Music.

Kalau boleh aku menggambarkan, lagu-lagu di Cutie Pie ini banyaknya ber-genre Pop. Lalu, pelafalan liriknya juga tidak terlalu terasa Thailand, justru seperti bahasa Mandarin. 

Tapi, terdengar banget ini bahasa Thailand. Ketukan lagunya juga simpel tapi nagih! Kalian harus coba dengar lagu opening-nya ไอ้คนน่ารัก (My Cutie Pie), bisa langsung klik video di atas ya!

Aktor yang Penuh Talenta

pemain cutie pie

Sekarang kita bahas aktornya yang bikin aku terpesona. Bukan, bukan soal ketampanannya. Tapi, aku sangat mengapresiasi akting dari NuNew yang memerankan sebagai Kuea. Fyi, Cutie Pie ini adalah debut dramanya NuNew lho. Iya, ini kali pertama NuNew berakting. Aktingnya sungguh menjiwai!

NuNew seolah paham karakter Kuea. Matanya bermain dengan sangat bagus untuk mengekspresikan rasa sedih, senang, kecewa, marah, hingga bertingkah imut nan menggemaskan. Itu semua bisa dilakukan dengan rapi oleh NuNew sebagai aktor pendatang baru.

Yang hebatnya juga, NuNew ternyata punya bakat mumpuni dalam bidang tarik suara. Sepertinya hampir semua lagu di Cutie Pie dinyanyikan oleh NuNew. Bahkan, lagu opening drama pun dinyanyikan oleh dia lho!

Sedangkan untuk lawan mainnya yang berperan sebagai Hia Lian Kilen Wang, adalah aktor bernama Zee Pruk Panich. Sebenarnya aku nggak asing banget dengan Zee Pruk, karena beberapa kali dia seliweran di berbagai macam drama Thailand, seperti Friend Zone, Why R U?, dan yang terbaru adalah Remember 15.

Jadi, aku nggak heran kenapa aktingnya bisa sebagus ini. Dia bisa mengantarkan karakter Lian yang dingin dan cuek dengan baik. Tapi, ekspresi Zee Pruk juga bisa berubah ketika Lian harus bersikap manis dan romantis untuk Kuea. Sungguh kemistri yang bagus! 

Untuk aktor lainnya juga bagus. Ada Nat Natasitt Uareksit, Max Kornthas Rujeerattanavorapan, Yim Pharinyakorn Khansawa, dan Tutor Koraphat. Nah untuk Tutor Koraphat, ternyata dia pernah jadi guest role di drama Tale of Thousand Stars lho. 

Ide Cerita Biasa Saja dengan Alur Berantakan

cutie pie the series

Aku masih bisa toleransi jika ide ceritanya tidak terlalu original, alias pasaran. Tapi, yang paling aku kurang sreg adalah alur cerita yang berantakan. Sayangnya, Cutie Pie memiliki dua kekurangan yang mungkin bikin penonton maju-mundur untuk melanjutkannya hingga akhir episode.

Padahal, di awal-awal episode, Cutie Pie sudah memberikan ide cerita yang jelas, yakni: dua orang yang saling mencintai tapi nggak bisa jujur pada pasangannya sendiri. Pematiknya sudah bagus di awal, tapi terasa cepat dan ngalor ngidul ketika sudah masuk ke episode 2 sampai akhir.

Episode 1, Lian sangat membenci sikap Kuea yang menutupi jati dirinya. Tapi... di episode 2, Lian sudah langsung luluh ketika tahu alasan kenapa Kuea menutupi jati dirinya. It's, like.... terlalu cepet banget perubahan dari tidak suka kemudian langsung luluh. 

Apalagi Kuea memang bucin dengan Lian. Jadi, gampanglah buat Lian untuk ambil hati Kuea. Perkembangan karakternya terlalu cepat. Selain itu, banyak sub-masalah yang tidak dapat penjelasan. 

Contohnya, tidak ada penjelasan asal usul kenapa keluarga Keerati dan Wang bisa sangat begitu dekat. Padahal, keluarga Keerati itu tergolong konglomerat. Dulunya, keluarga Wang belum menjadi konglomerat. Jadi... dari mana keluarga Wang bisa mendapatkan koneksi sebagus keluarga Keerati?

Lalu, permasalahan second couple antara Diao dan Hia Yi tidak diberikan background story yang jelas. Oke, begini.. Diao adalah sahabat Kuea. Kebetulan, pacar Diao yang bernama Hia Yi itu adalah sahabat dari Hia Lian (pacar Kuea).

Baca Juga: Review Lakorn The Gifted Season 1

Padahal sebelumnya, mereka berempat tidak saling kenal. Tapi, bagaimana mereka berempat bisa langsung jadi sahabat sejak remaja? Diceritakan, Diao kenalan sama Kuea itu di London. 

Nah, plot hole-nya, bagaimana bisa menjadi sebuah kebetulan yang sangat besar ternyata pacar Diao adalah sahabat dari pacar Kuea? Seberapa banyak sih kebetulan seperti itu terjadi di sekitar kita? Menurutku nggak masuk akal sih..

cutie pie the series

Di sini juga ada sedikit plotwist yang menurutku agak maksa, mungkin biar penonton agak sedikit geregetan. Di akhir, ternyata Kuea menolak lamaran Lian. Tapi, aku masih nggak paham, atas dasar apa Kuea menolak Lian? 

Kalau di drama, Kuea beralasan belum percaya akan cintanya Lian. Bagaimana Kuea masih tidak percaya dengan cinta Lian padanya? Padahal Kuea sampai merelakan 'keperawanannya' untuk Lian. Jadi... agak nggak make sense. 

Yah... terlepas dari segala kekurangan tadi, tapi aku memang sangat mengapresiasi beberapa hal lainnya, terutama soal skoring dan sinematografi. Aku harap lakorn semakin banyak menelurkan drama-drama indah seperti Cutie Pie. Nah, untuk kamu yang pernah nonton, bagaimana tanggapannya? Atau, tertarik mau nonton?

Comments

  1. Untuk drama thailand kita bisa nonton dmn mba? Netflix kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di YouTube akun official dari produksi dramanya masing2 kak

      Delete
  2. Sayang ya kalau akting pemerannya sudah bagus, sinematografi menarik tapi alur cerita berantakan jadi kurang semangat menontonnya karena banyak bolong di ceritanya dan itu fatal buat penggemar drama

    ReplyDelete
  3. semakin lengkap review Mbak Listiorini, weeh kita jadi bisa menentukan mau nonton senematografi Thailand ini atau tidak. Terima kasih Mbak..

    ReplyDelete
  4. Wah udah nambah lakorn Thailand. Apik nih Mbak Ori reviewnya. Jadi belajar harus lebih teliti bikin alur cerita supaya gak ada yang berantakan. Makasih say.

    ReplyDelete
  5. wah terima kasih mbak listiorini atas review-nya. udah lama euy, gak nonton serial thailand. karena biasanya kalo nonton, nyari yang super lawak. mungkin mesti nyoba yang beda ya, genre romantis sepertinya juga tidak kalah menarik

    ReplyDelete
  6. Dulu sekali pernah liat drama Thailand, ide ceritanya sederhana. Baca ini, jadi punya referensi film lagi.

    Makasih reviewnya, Mbak

    ReplyDelete
  7. reviewnya nyaman banget dibaca, karena lengkap dan tertata rapi, belum pernah coba series thailand sih sejauh ini, tapi dengan baca ini jadi ada gambaran sedikit tentang dramanya.

    ReplyDelete
  8. reviewnya lengkap sekali mba. seperti biasa yaaa totalitas nih mba membahasnya... kalau sebelumnya adalah drakor dan grop K Pop, ini merambah ke drama Thai. memang luar biasa mba ku ini dalam mereview top markotop pokoknya... yang awam kayak saya jadi ya ngga kudet dengan perdramaan hihihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda