Profil dan Urutan Member Le Sserafim Tertua hingga Termuda

Sakura, Chaewon, Yunjin, Kazuha, Eunchae

Ini dia salah satu girlband generasi 4 yang paling ditunggu-tunggu masa debutnya, LE SSERAFIM. To be honest, aku pun nunggu girlband ini karena salah satu membernya adalah bias ku, Miyawaki Sakura. Sedikit cerita, aku memang tertarik dan suka sama Sakura lewat acara PD48. 

Aku suka dengan sikap, pembawaanya, serta sifat pekerja keras yang ia miliki. Inspiring banget, menurutku. Tapi, tentu saja LE SSERAFIM ini bukan hanya Sakura saja yang menarik. Ada lima gadis lainnya yang nggak kalah bikin para KPOPers berdecak kagum.

Yap, LE SSERAFIM, grup di bawah naungan Source Music dan HYBE Label ini terdiri dari 6 anggota. Mereka dipimpin oleh Kim Chaewon yang sebelumnya pernah satu grup dengan Sakura di I*ZONE. Jadi, bisa disimpulkan, di sini ada dua member mantan I*ZONE.

Tapi, selain Chaewon dan Sakura, ada juga Yunjin yang pernah mencicipi persaingan di acara PD48. Namun sayangnya, Yunjin tidak lolos untuk debut bersama I*ZONE. Lalu, gimana dengan member lainnya? Aku bakal simpan itu nanti di penjelasan selanjutnya.

Sebelum masuk ke pembahasan inti tentang urutan member LE SSERAFIM, aku mau kasih tahu dulu nih makna di balik nama LE SSERAFIM. Berdasarkan berbagai macam sumber yang aku baca, salah satunya WIKI Fandom, LE SSERAFIM ini adalah anagram dari frasa:

I am Fearless 

Maksudnya, di sini LE SSERAFIM mau menegaskan bahwa mereka adalah grup yang kuat dan penuh percaya diri tanpa rasa takut. Namun, aku juga menemukan makna lain dari nama LE SSERAFIM, yaitu Le Seraphim. Artinya adalah malaikat dengan enam sayap.

Sangat cocok dengan konsep LE SSERAFIM itu sendiri dimana grupnya terdiri dari 6 orang anggota yang bisa dimaknai memiliki setiap sayap malaikat, dan punya jiwa yang kuat serta percaya diri. Makanya, lagu debut mereka berjudul "Fearless" yang masuk dalam album "I am Fearless." Keren, kan?

Sedikit informasi tambahan, sebenarnya di awal debut, LE SSERAFIM terdiri dari 6 anggota. Hanya saja, satu anggota harus hengkang karena skandal yang menimpanya. Anggota tersebut adalah Kim Garam.

Nah, sekarang kamu sudah tahu sedikit tentang LE SSERAFIM. Jangan puas sampai di situ, ya! Kamu perlu tahu juga informasi lainnya, terutama soal para anggotanya. 

Di bawah ini, aku sudah tulis beberapa informasi beradasarkan urutan member LE SSERAFIM dari yang tertua hingga termuda. Penasaran siapa unnie lines, maknae lines, dan posisi mereka di grup? Simak baik-baik sampai akhir, ya!

1. Sakura

Sakura Le sserafim
  • Nama Panggung: Sakura (사쿠라)
  • Nama Asli: Miyawaki Sakura (宮脇 咲良)  
  • Tempat & Tanggal Lahir: Kagoshima - Jepang, 19 Maret 1998
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Vocalist 
  • Golongan Darah: A
Yap, Sakura adalah member tertua di LE SSERAFIM. Meski dia adalah unni, tapi Sakura ini tidak mengemban posisi sebagai leader. Berdasarkan informasi dari KProfiles, Sakura ini didapuk sebagai vokalisnya LE SSERAFIM. Aku masih belum tahu secara spesifik soal posisinya, namun yang jelas sepak terjangnya di dunia entertainment Korea sudah dimulai sejak debut di I*ZONE.

Pertama kali KPOPers me-notice kehadiran Sakura lewat ajang survival bertajuk Produce 48. Fyi, Produce 48 adalah sebuah acara survival show yang mendatangkan berbagai macam trainee juga idol yang ingin debut dalam grup I*ZONE.

Uniknya, Produce 48 bukan hanya mendatangkan trainee dari Korea saja, namun juga dari Jepang. Trainee Jepang ini berasal dari grup idol Jepang, seperti AKB48, HKT48, dan masih banyak lagi. Nah, Sakura ini termasuk dalam trainee Jepang yang awal karirnya bernaung di bawah grup idol HKT48.

Lalu, Sakura lolos audisi Produce 48 dengan menduduki ranking-2 teratas dan debutlah bersama I*ZONE. Setelah kontrak I*ZONE selesai, Sakura kembali meneruskan kegiatannya dengan grup idol di Jepang. Kemudian, Sakura dinyatakan lulus. 

Akhirnya, Sakura kembali lagi ke Korea dan direkrut oleh HYBE Label. Jadilah sekarang, Sakura debut bersama LE SSERAFIM. Perjalanan yang panjang ya? Tapi, jauh sebelum dia meniti karirnya di dunia musik, ternyata Sakura ini sudah menyukai musik sejak duduk di kelas 3. 

Saat itu, ibunya mengajak Sakura mendengarkan lagu Opera. Sejak saat itu pula, Sakura langsung memantapkan hatinya untuk bercita-cita sebagai seorang penyanyi. Oh iya, selain bernyanyi, Sakura juga adalah penulis yang cukup handal. Dia bisa menuangkan idenya lewat tulisan yang apik.

Nah, ide-ide Sakura juga tidak hanya dituangkan lewat tulisan, ada juga yang dituangkan berupa gambar. Sakura sangat gemar menggambar. Dan, menggambar adalah salah satu special skill yang dimilikinya. 

Eits, tapi ada satu lagi skill spesial Sakura..... dia bisa tidur dimana pun! Iya, literary dimana pun! Sepertinya, aku juga punya special skill yang sama dengan Sakura 👀.

Dan.. yang lebih menariknya lagi, Sakura ini doyan banget main game. Wah mirip aku juga nih~ Saking sukanya main game, Sakura membuat channel YouTube Gaming sendiri. 

Bahkan, para fans Sakura pun kerap kali menghujaninya dengan hadiah PS4, Nintendo Switch, dan berbagai alat game lainnya. Cewek idamannya siapa, nih???

2. Chaewon

chaewon le sserafim
  • Nama Panggung: Kim Chaewon (김채원) 
  • Nama Asli: Kim Chaewon (김채원)
  • Nama Inggris: Anna Kim
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul - Korea Selatan, 1 Agustus 2000
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Vocalist
  • Instagram: @_chaechae_1
  • Golongan Darah: B
Nggak cuma Sakura saja yang jebolan dari I*ZONE, ada juga Chaewon yang pernah satu grup dengan Sakura di I*ZONE. Nah, kalau Chaewon ini jagonya nyanyi. 

Sejak acara Produce 48, Chaewon memang salah satu anggota yang cukup menonjol di bidang tarik suara. Makanya, dia mendapatkan posisi sebagai vokalis di LE SSERAFIM. 

Selain vokalis, dia juga dipercaya untuk memimpin grup yang debut tanggal 2 Mei 2022 ini. Oh iya, jiwa 'artis' dan 'idol' dari Chaewon ternyata (mungkin) turunan dari ibunya. Soalnya, Chaewon ini adalah anak dari artis teater bernama Lee Ran Hee.

Lalu, bagaimana cerita perjalanan Chaewon hingga bisa sampai debut dengan LE SSERAFIMI? Sejak tahun 2012, Chaewon pernah muncul di layar kaca dalam acara KBS Korea Children’s Song Contest. Selain itu, dia juga pernah menjalani masa trainee di Woollim Entertainment selama 11 bulan.

Setelah keluar dari Woollim, Chaewon pun mengasah bakatnya dengan mengikuti produce 48. Karena memang bakat Chaewon ini bagus, jadi sangat memuaskan ketika hasil akhirnya Chaewon masuk Line Up debut bersama I*ZONE. 

Selesai kontrak dengan I*ZONE, Chaewon pun direkrut oleh Source Music, dan sekarang debutlah bersama LE SSERAFIM.

3. Yunjin

yunjin le sserafim
  • Nama Panggung: Huh Yunjin (허윤진)  
  • Nama Asli: Huh Yunjin (허윤진)
  • Nama Inggris: Jennifer Huh
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul - Korea Selatan, 8 Oktober 2001
  • Kewarganegaraan: Korea - Amerika
  • Posisi di Grup: Vocalist
  • Golongan Darah: B
Kalau kamu pernah nonton Produce 48, pasti nggak akan asing dengan wajah Yunjin. Yap, dia adalah salah satu peserta yang pernah mengikuti ajang survival Produce48. Sayangnya, dia tidak berhasil lolos debut dengan I*ZONE. Yunjin tersisihkan di babak semi-final dengan ranking 26.

Bakatnya untuk menjadi idol KPOP, tentu saja sudah terasah dengan baik. Pasalnya, sebelum masuk dalam line up debut dengan LE SSERAFIM, Yunjin terus berlatih dengan gigih menjadi trainee selama 4 tahun. Fyi, sebelumnya Yunjin pernah menjadi trainee di PLEDIS Entertainment loh..

Oh iya, selain bakat menyanyi dan menari, Yunjin juga jago bermain alat musik. Salah duanya adalah ukulele dan gitar. Nggak cuma berbakat di bidang musik, nyatanya Yunjin ini cukup fasih berbahasa Inggris. Apa itu saja bakat Yunjin? Tentu saja tidak!!

Meski terlihat anggun, manis, dan seksi, sebenarnya Yunjin ini agak tomboy. Dia menyukai olahraga, bahkan saat kecil, ia pernah bercita-cita menjadi seorang pemain hockey profesional. Walaupun terlihat tomboy dan sporty, hal unik dari Yunjin adalah, dia takut film horor atau apapun yang berbau horor! 

4. Kazuha

kazuha le sserafim
  • Nama Panggung: Kazuha (카즈하)  
  • Nama Asli: Nakamura Kazuha (中村 一葉)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Kochi - Jepang, 9 Agustus 2003 
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Vocalist, Rapper, Dancer
  • Golongan Darah: -
Sakura bukan satu-satunya anggota yang berasal dari Jepang. Ia ditemani oleh Kazuha yang sama-sama datang dari Negeri Sakura. Nah, Kazuha ini memang lahir di Kochi, namun ia tumbuh di Osaka sejak umur 2 tahun hingga 16 tahun.

Ia juga pernah tinggal selama satu tahun di Amsterdam - Belanda pada tahun 2020 hingga 2021. Meski begitu, Kazuha tidak bisa berbicara bahasa Belanda. Tapi ia diinformasikan fasih berbahasa Inggris seperti Yunjin.

Yang lebih menarik lagi, Kazuha ini adalah penari ballet profesional. Tercatat, Kazuha sudah menekuni dunia ballet selama 15 tahun. Nah, selama tinggal di Belanda itu, dia sedang bersekolah di Dutch National Ballet Academy.

Bahkan, sebelumnya juga Kazuha pernah mengenyam pendidikan ballet di Hashimoto Sachiyo Ballet School di Osaka, Bolshoi Academy di Moscow, dan Royal Ballet School di London. Jadi, jangan heran Jika Kazuha ini dijuluki sebagai swan. 

Informasi menarik lainnya, ternyata Kazuha adalah anggota dengan masa pelatihan paling cepat, yaitu hanya 3 bulan saja. Dan, dia juga saat ini tercatat sebagai member yang punya postur tubuh paling tinggi dibandingkan yang lainnya. 

5. Eunchae

Eunchae le sserafim
  • Nama Panggung: Hong Eunchae (홍은채) 
  • Nama Asli: Hong Eunchae (홍은채)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Miryang - Korea Selatan, 10 November 2006
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Maknae, Vocalist, Dancer
  • Golongan Darah: - 
Lihat Eunchae sebenarnya mengingatkan ku dengan Yeri - Red Velvet. Ada kemiripan wajah antara dua idol itu, namun tentu saja mereka punya pesona unik dan menarik masing-masing. Untuk Eunchae, menurutku dia punya senyum yang imut seperti squirtle dan kitten. 

Karena senyumnya yang berciri khas itu, makanya banyak yang bilang bahwa charm Eunchae ini ada di senyumannya. Setuju? 

Informasi lainnya tentang Eunchae, ternyata sebelum masuk ke Source Music, Eunchae pernah mengikuti audisi di JYP dan Pledis juga lho. Sayangnya, memang dia harus ditakdirkan debut dengan LE SSERAFIM, makanya masuk sebagai trainee Source Music.

Informasi lainnya tentang Eunchae, dia pernah menjadi siswi Def Dance School selama dua tahun. Baginya, Def adalah penghapus yang bisa menghapus masa-masa sulit dan kenangan pahit dari pikirannya. 

Nah, untuk circle pertemanan, ternyata Eunchae cukup dekat dengan Huening Bahiyyih dari Kep1er dan Haruna dari Billlie. Sekarang, Eunchae juga masih duduk di bangku SMA, tepatnya di Incheon Popular Arts High School.


Selesai sudah kita kenalan dengan para anggota LE SSERAFIM! Kalau aku tentu saja milih Sakura sebagai bias utama di LE SSERAFIM. Sedangkan, bias wrecker ku adalah Kazuha. Nah, kalau kalian biasnya siapa nih? Atau punya pendapat lain tentang LE SSERAFIM? Yuk, langsung saja diskusi di kolom komentar!

Official Website: le-sserafim.com
Instagram: @le_sserafim
YouTube: LE SSERAFIM
Staff Twitter: @le_sserafim
Japan Twitter: @le_sserafim_jp
Tiktok: @le_sserafim

Comments

  1. Cantik2 ya member Le Sserafim ini :D Sekilas aku bacanya kok 'serem' wkwkwkwkwk :D Tapi kok kurus2 amat ya, padahal kalau berisi sedikiiit aja makin kece mereka deh. Girl band memang selalu hits tak lekang dimakan zaman. Berprestasi ya malah ada yang sekolah balet juga. Keren semua!

    ReplyDelete
  2. Euchae manis bangeet 😍 ok juga nih kalo le sserafim anagram dari im fearless, lebih optimis aja gitu vibenya. As always, member girlband Korea cantik-cantiiikk 😍

    ReplyDelete
  3. Cantik-cantik banget ya member grup ini dan masih muda banget, aku suka lihat Yunjin manis banget ya lagu debutnya juga enak di kuping

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!