Review Drakor A Business Proposal, Cinta CEO dan Pegawai yang Kocak!

 

review a business proposal

Tolong bantulah aku sekali lagi, Ha Ri-ya!

Tidak! Aku sudah berhenti melakukan itu.

Aku akan membayarmu!!

Entahlah, ini penyesalan atau bukan, tapi berkat Young Seo, sahabat tercintaku, akhirnya aku bertemu dengan dia. Dan.. bermasalah dengan dia. Sepele memang, tapi awalnya aku sangat sangat sangat enggan harus melakukan itu. Tapi...

Tawaran si sahabat kaya raya itu menggiurkan. Aku membutuhkan uang! Tapi.. identitasku.. reputasiku... AH BODO AMAT! Toh aku tidak akan bertemu lagi dengan mereka, kan? Oke, aku janji, aku benar-benar berjanji pada diriku, ini adalah yang TERAKHIR kalinya. Tapi memang ini yang terakhir sih...

WARNING! Artikel mengandung spoiler.

  • Tayangan: Netflix (link nonton Business Proposal)
  • Genre Film: Comedy, Romance, Drama
  • Tanggal Rilis: Februari 2022
  • Jumlah Episode: 12
  • Durasi Per Episode: 1 jam
  • Pemain: Ahn Hyo Seop (Kang Tae Moo), Kim Se Jeong (Shin Ha Ri), Kim Min Gue (Cha Sung Hoon), Seol In Ah (Jin Young Seo), Lee Deok Hwa (Kang Da Goo/Kakek Tae Mo)

Sinopsis A Business Proposal

Sinopsis a business proposal

Pagi hari. Seorang pria dengan setelan jas rapi berwarna hitam, lengkap dengan celana hitam, berjalan ke arah luar bandara. Matanya menatap tajam pada setiap orang yang memerhatikannya. Jalannya sangat tegas dengan kakinya yang panjang semampai. 

Wajahnya sempurna. Hidung mancung. Bibir mungil berwarna merah muda yang sehat. Alis tebal dan tegas. Rambut rapi dengan poni menyamping ke arah kanan. Berjalan dengan gaya elegan, semua orang sudah bisa menebak, dia adalah eksekutif muda.

Jam tangan mahal. Pakaian kelas atas. Sepatu bermerk. Bukan orang sembarangan yang bisa bergaya seperti itu. Namun... BRUKKKK!!

"Ah apa-apaan ini?!"

Seorang wanita tak dikenal sedikit berteriak karena ternyata si pria elegan itu tidak sengaja menubruk lengannya. Kopi yang dipegang si wanita berhamburan ke bajunya. Awalnya ia mau protes pada si pria, tapi diurungkan. Mungkin karena pesona tampannya yang tidak bisa bikin ia berkutik.

"Ini tak masuk akal."

HAH?! Apa maksud perkataan cowok itu?! Dan... dia pergi begitu saja?!

"Jangan salah paham. Dia tidak berbicara padamu."

Belum si wanita 'ketumpahan kopi' itu berbicara, tiba-tiba seorang pria mendatanginya. Ia hampir kesal. Lagi dan lagi, wanita itu mengurungkan niatnya untuk berprotes, karena melihat sosok tampan berkacamata. Ternyata pria berkacamata itu adalah komplotan si pria tampan satunya.

Di tempat lain..

Aku tidak mengerti, untuk apa semua karyawan perusahaan berkumpul di aula? Oh.. ternyata menurut atasanku, ada seorang CEO baru. Menurut kabar burung, dia tampan dan masih muda. Ah tidak peduli, yang penting kerjaanku bagus dan memuaskan!

Halo, aku Shin Ha Ri. Pekerjaan ku? Sebagai peneliti senior di sebuah perusahaan yang memproduksi makanan. Bisa ditebak, kan? Aku bukan anak orang kaya. Hanya keluarga biasa dengan kedua orang tua berpenghasilan dari menjual ayam goreng.

Tapi, aku sebenarnya biasa bergaul dengan orang kaya. Ah tidak bisa disebut masuk ke dalam kalangan orang kaya sih.. karena pergaulan orang kaya ku satu-satunya adalah Young Seo. Dia sahabat terbaik ku! Meski dia dari kalangan atas, tapi tak pernah sedikit pun menganggap kita berbeda.

Jikalau pun ia dimanja, namun pemikirannya terhadap hubungan manusia sangatlah luas dan cukup bijak. Hanya saja, Young Seo ini memang teman kurang ajar. Berkali-kali aku diminta menggantikannya untuk kencan buta.

Ia selalu dijodohkan oleh pengusaha-pengusaha muda oleh ayahnya. Tapi, dia bersiteguh tidak ingin dijodohkan. Katanya begini:

"Aku akan akan bertemu seseorang melalui takdir dan menikahinya saat saling jatuh cinta."

Klise sekali anak itu. Dan berkat hal itu pula, akulah yang jadi repot! Kali ini dia memintaku untuk menggantikannya kencan buta lagi. Entah siapa prianya, yang jelas pasti orang kalangan atas. Young Seo memberitahuku, namanya.. Kang Tae Mo. Okelah, aku mengiyakan sahabat ku lagi, demi cuan.

Malam berkencan buta pun tiba. Dengan sengaja aku berpakaian agak seksi, supaya si pria ilfeel. Aku bakal melakukan hal tak terduga sampai dia yang akan membatalkan kencan buta ini!

Aku duduk di tempat yang sudah ditentukan, dan ternyata pria itu sudah menunggu. Aku memperkenalkan diri sebagai Jin Young Seo, walau nama asliku sebenarnya Shin Ha Ri. Setelah perkenalan, aku langsung beraksi.

Sinopsis a business proposal

Ku buka mantel yang sedari tadi menutup area pundak. Dengan gestur sedikit merayu alay, aku mulai berbicara hal aneh. Bahkan, dengan sengaja ku tendang kakinya dengan dalih "tidak sengaja." Padahal aku melakukannya dengan sangat sadar dan disengaja. 

Tapi.. reaksi pria itu di luar dugaan! Ternyata dia malah suka! Dia justru menyukai sikapku yang apa adanya. Apa-apaan ini?! Aku harus berpikir rencana lain.. tapi nihil. Dia tetap menyukainya bahkan sudah menetapkan akan menikahiku. ASTAGA YOUNG SEO!!!

Kejadian malam kencan buta tadi bikin aku stres. Young Seo bahkan tidak membantu sama sekali hanya berkata: "semangat temanku." Yang bikin tambah gila lagi adalah... ternyata Kang Tae Mo yang berkencan buta itu...adalah... CEO di perusahaan ku bekerja!!!

Bagaimana bisa aku memasang wajah saat bertemu dengannya di kantor? Tapi Young Seo bilang, seorang CEO bakal jaranggggggg banget bertemu dengan pegawainya. PERCUMA SEMUANYA PERCUMA, karena.. ternyata aku sering berpapasan dengan dia di lift!

Bahkan, saat ide ku di approve oleh perusahaan, Kang Tae Mo sendiri yang meminta ku untuk mempresentasikan ide tersebut di hadapannya serta tim pengembangan produk lainnya. Bagaimana bisa aku menghindari ini semua?! 

Meminta bantuan pada Young Seo pun terasa percuma, karena dia ternyata lagi kasmaran. Entah pria mana yang akhirnya bikin si sahabat gilaku ini berbunga-bunga. 

Menurutnya, cowok itu berkacamata. Auranya sangat kalem. Pembawaannya tenang. Wah... benar-benar sahabat tidak tahu diri. Aku bermasalah karena dia.. dan dia malah.. bagaimana aku bisa mengatasi CEO ku sendiri?! Tamatlah karirku... 

Simple and Fun!

Business proposal

Dua kata simple dan fun benar-benar menggambarkan keseluruhan cerita dari Business Proposal. Penonton tidak akan diajak berpikir keras. Cukup nikmati alur yang sudah disediakan. Tidak perlu repot-repot menebak alurnya, karena sudah pasti kamu tahu akhir ceritanya seperti apa.

Alurnya memang sengaja dibuat linear. Lurus tanpa berkelok. Tidak ada liku-liku masalah di dalam drama berjumlah 12 episode ini. Meski terkesan boring karena mudah ditebak dan tanpa masalah berarti, tapi drama ini menawarkan adegan-adegan yang fun.

Setiap menit pasti diselipi dengan adegan komedi. Bahkan, di tengah adegan serius pun pasti terselip adegan yang lucu bikin penonton tertawa, atau hanya sekedar terkekeh geli dengan sikap Ha Ri, Young Seo, Tae Mo, dan Sung Hoon yang nyeleneh.

Semua hal tadi juga didukung dengan sinematografi yang cerah dan ceria. Bahkan, di beberapa adegan khusus (contohnya saat Young Seo sedang terpana dengan Sung Hoon), maka timbul animasi-animasi lucu menghiasi adegan tersebut. 

Ada gambar kartun berupa bunga, bentuk hati, atau bentuk matahari yang terlihat cute dan fun. Sinematografi seperti ini mengingatkanku dengan drama Mr. Queen, yang sama-sama dibintangi oleh Seol In Ah. 

Selain itu, dialog komedi di sini juga tidak rumit, sangat mudah untuk dipahami meskipun kamu belum pernah menonton drakor. Komedinya universal dan tidak ada komedi vulgar atau komedi slaptick kasar.

Baca Juga: Review Drama Mr. Queen

Kurangnya Pendalaman Latar Belakang

pemeran Business proposal

Yang menjadi kelemahan drama ini adalah, tidak ada penjelasan latar belakang yang kuat dari setiap karakternya. Pertama, ada Kang Tae Mo. Dia diceritakan seorang anak kaya raya. 

Namun, saat masih kecil, ia mengalami kecelakaan dahsyat yang menyebabkan kedua orang tuanya meninggal dunia. Makanya, Tae Mo pun diurus oleh Kakeknya hingga dewasa menjadi penerus perusahaan.

Latar belakang yang kurang informatif, menurutku. Karena di awal-awal episode, beberapa kali ada desas-desus bahwa kecelakaan orang tuanya sengaja disabotase oleh beberapa keluarganya; pamannya. 

Hal itu pun diamini oleh sang kakek, karena beliau tahu banyak tentang keluarganya yang ingin rebutan menjadi pemilik perusahaan. Tapi, sampai akhir cerita pun kebenarannya tidak terkuak. Mari kita anggap sebagai kecelakaan murni. 

Yang kedua, latar belakang dari Sung Hoon, sekretaris sekaligus sahabat terbaik Tae Mo. Dia diceritakan sebagai anak yatim-piatu dari sebuah panti asuhan. Kebetulan, kedua orang Tae Mo adalah donatur panti asuhan tersebut.

Nah, yang menjadi masalah adalah, tidak ada kisah atau adegan yang memperkuat hubungan persahabatan Tae Mo dan Sung Hoon sejak kecil. Drama ini hanya menjelaskan hubungan keduanya lewat narasi sehingga bonding persahabatan Tae Mo dan Sung Hoon agak mengganjal. 

Yang ketiga, latar belakang Young Seo. Dikatakan ayahnya sangat protektif pada anak semata wayangnya. Makanya, sang ayah kerap kali menjadwalkan kencan buta untuk Young Seo. Tapi ternyata, sikap protektif ayahnya itu semata-mata menganggap Young Seo sebagai aset.

Ayahnya sengaja menjodohkan Young Seo dengan anak-anak pemilik perusahaan agar perusahaan ayahnya berkembang pesat. Dan ini juga terjadi saat ayah Young Seo menikahi Ibunya. Jadi, bisa dibilang, tidak ada cinta antara ibu dan ayahnya.

Diceritakan, ibu Young Seo kabur karena tidak tahan dengan pernikahan hasil perjodohan. Makanya, Young Seo tidak pernah menemui ibunya lagi. Hanya cerita itu yang kita tahu. Penonton tidak akan dibekali informasi lainnya mengenai keluarga Young Seo. Hanya sampai di situ. Kurang memuaskan, bukan?

Baca Juga: Review Drama True Beauty

Kualitas Akting Cukup Memuaskan

business proposal drakor

Meski bukan artis senior, tapi kemampuan keempat pemain utamanya cukup memuaskan. Aku pribadi sangat kagum dengan akting Kim Se Jeong yang berperan sebagai Shin Ha Ri. Fyi, Se Jeong awalnya meniti karir sebagai idol KPOP.

Pertama kali aku tahu soal Se Jeong lewat acara survival show Produce 101 Season 1. Kemampuan sebagai idolnya sangat bagus. Makanya, tidak heran jika ia berhasil debut dengan grup IOI. Setelah IOI bubar, akhirnya dia debut lagi dengan girlband bernama GUGUDAN.

Namun sayangnya grup tersebut kurang menarik minat pasar sehingga Se Jeong pun banting setir menjadi seorang aktris. Debut drama pertamanya yaitu School 2017. Di sana akting Se Jeong masih agak amatiran. Maklum, itu adalah debutnya sebagai aktris.

Tapi semakin lama, kemampuan aktingnya meningkat pesat. Drama berjudul The Uncanny Counter yang dibintangi Se Jeong pun bagus dengan aktingnya yang berkualitas lebih baik dibanding sebelumnya. Nah, sekarang muncul di Business Proposal, dan aktingnya jauh lebih natural juga ekspresif.

Selain Se Jeong, aku juga mau mengapresiasi akting Seol In Ah. Sebenarnya kemistri Seol in Ah dan Se Jeong menjadi sahabat itu memang kuat banget karena sebelumnya mereka berdua pernah akting bersama di drama School 2017.

Iya, di drama itu juga ada Seol In Ah, tapi bukan sebagai karakter utama. Hanya sebagai karakter pendamping. Dan kalau pernah nonton Mr. Queen, pasti hafal dengan Seol In Ah. Di drama tersebut, dia berperan sebagai selir raja. Lagi, dia bukan jadi karakter utama di dalamnya.

Nah, kali ini Seol In Ah menunjukkan bakat aktingnya dengan menjadi salah satu karakter utama. Ekspresi serta penjiwaan karakternya sebagai Young Seo sangat bagus. Dan penonton akan terhanyut dengan setiap sikapnya yang agresif, manja, dan ceplas-ceplos. Saking naturalnya!

Selain dua pemeran utama wanita tadi, ada Ahn Yo Seop dan Kim Min Gue yang juga menjadi pemeran utama pria. Keduanya cukup menunjukkan akting yang natural. Tapi, entah kenapa, bagiku untuk peran Kang Tae Mo yang dibintangi oleh Ahn Yo Seop beberapa kali terlihat off.

Menurutku karakter Tae Mo itu eksentrik dan sangat percaya diri. Tapi di beberapa adegan, Ahn Yo Seop terlihat kurang eksentrik. Contohnya saat adegan 'tersenyum jahil'. Penggambaran jahil yang ditunjukkan kurang gereget. Tapi overall, aktingnya bagus dan cukup natural.

Business Proposal bukan drama yang bikin pusing. Dia menawarkan cerita komedi-romantis yang fun. Tidak ada masalah berarti. Setiap konflik yang diselipkan mudah terselesaikan dengan cepat. Tidak perlu menyiapkan tisu, cukup siapkan cemilan. Tontonlah sebagai pelipur lara!

Comments

  1. Ini drakor terbaper yg Aku tonton Dan kyknya gàk rela cepet habis ... endingnya kurang greget ya kak...

    Hiks belum bisa lepas dari pesinanya mas ucup soalnya

    ReplyDelete
  2. Drama yang kocak terus nih jadi enak ditonton. Para pemainnya keren2 ya dan bisa berakting natural juga ekspresif. Business Proposal sepertinya asik banget buat me time, ditemani camilan dan minuman favorit. Aku mau ceki2 ah, memang bukan penonton drama beginian sih tapi boleh juga dicoba kapan2 hehehehe. TFS.

    ReplyDelete
  3. Niat hati bikin illfeel malah gagal ya. Ya ampun ternyata ayahnya saja menikah with benefit dong. Wajar sih, kalau akhirnya sang anak bukan dilihat sebagai seorang anak, melainkan aset. Ckckckck.

    ReplyDelete
  4. Emang fun banget nih drama.. aku baru sampe episode 8.. paling suka sama ha ri yang nyamar jadi shin geum mi.. untuk ceritanya emang ringan karena gak ada konflik yang begitu serius

    ReplyDelete
  5. sepertinya menyenangkan banget ya kak dramanya. Bikin yang nonton happy dan terasa fun. jadi beneran film yang bisa ditonton di akhir minggu ya

    ReplyDelete
  6. beberapa hari lalu sempet nonton karena dipaksa istri, wkwk. Eh gak taunya, seru juga alur ceritanya, genrenya super lengkap ada romantis, ada kocak, ada serisu bahkan sampek ada yg bikin jantungen, ha

    ReplyDelete
  7. Drakor paling asik banget nih ditonton, kecanduan gara-gara nobar sama doi beberapa waktu yang lalu. Hahaha jadi langganan aplikasi premium cuma buat nonton sendiri kalau gak ada doi :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda