Profil dan Urutan Member (G)I-DLE, Ye I'm a Tomboy!!

urutan member (g)i-dle
1, 2-1, hello, we are (G)I-DLE!

Ada girlband yang sangat menarik perhatianku akhir-akhir ini. Dia adalah... (G)I-DLE yang punya konsep swag dan girl crush banget. Tapi, gimana cara baca (G)I-DLE? Kalau aku sih, melafalkannya dengan "Ji ai deul." Correct me if I'm wrong, ya~

Nama grupnya memang unik. Namun, di balik keunikan nama tersebut ternyata punya makna sendiri. G(I)-DLE merupakan kependekan dari Yeoja Aideul, yang artinya:

Yoeja: Perempuan

Aideul: Idol

Bisa ditebak arti dari (G)I-DLE adalah idol perempuan. Nah, (G)I-DLE sendiri debut di bawah naungan CUBE ENTERTAINMENT pada tanggal 2 Mei 2018 silam. Lagu debutnya sangat sangat sangat ear catchy, judulnya Latata.

Dan... berkat lagu debut Latata, ternyata membawa G(I)-DLE lebih populer lagi hingga debut ke Jepang di bawah naungan U-CUBE pada tanggal 31 Juni 2019. Dalam debut Jepangnya, mereka tetap membawakan lagu Latata tapi dalam versi bahasa Jepang.

Kesuksesan debut dari (G)I-DLE ternyata membawa mereka memenangkan beberapa pengharagaan di ajang bergengsi. Bahkan, mereka pernah dinobatkan sebagai Female Rookie Idol of the Year tahun 2018 lho! Namun sayangnya, kabar buruk harus dihadapi oleh para Neverland (fandom (G)I-DLE).

Tepat tanggal 14 Agustus 2021, Soojin harus hengkang dari grup dan agensi yang menaunginya. Sedih ya? Tapi tetap semangat, ya, Neverland~ Tetap dukung (G)I-DLE karena mereka selalu comeback dengan lagu yang menarik. 

Selain lagunya yang menarik, para member-nya pun sangat unik juga berbakat. Penasaran dengan para anggota (G)I-DLE saat ini? Di sini aku udah mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda, ya~

1. Miyeon

miyeon (G)I-DLE
  • Nama Panggung: Miyeon (미연)
  • Nama Asli: Cho Mi Yeon (조미연)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Incheon - Korea Selatan, 31 Januari 1997
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Vocalist, Visual
  • Instagram: @noodle.zip
  • Golongan Darah: B
Miyeon adalah anggota tertua yang mengemban posisi sebagai visual sekaligus vokalis utama di grupnya. Sudah ada kata main vocalist berarti dia punya bakat yang luar biasa dalam bernyanyi. Bahkan, Miyeon sendiri mengakui dirinya sebagai (G)I-dle’s power vocal.

Apakah bakatnya hanya soal bernyanyi? Tentu saja tidak! Miyeon ini juga bisa bermain alat musik. Beberapa alat musik yang bisa ia mainkan adalah piano dan biola. Tidak hanya soal main alat musik, karena Miyeon juga mengaku sangat tertarik untuk membuat lagu. 

Dan semua ketertarikannya akan musik ini ada campur tangan dari sang ayah. Ayahnya lah yang membuat Miyeon sangat tertarik dalam dunia musik hingga ia bisa terjun langsung ke dunia musik. 

Oh iya, ada fakta lain yang harus kalian tahu. Dulu, sebelum bergabung dengan CUBE, ternyata Miyeon pernah menjalani kehidupan sebagai trainee di YG Ent. Bahkan, beberapa kabar, Miyeon salah satu kandidat yang akan debut bersama BlackPink. 

2. Minnie

Minnie (G)I-DLE
  • Nama Panggung: Minnie (민니)
  • Nama Asli: Nicha Yontararak (ณิชา ยนตรรักษ์) 
  • Nama Korea: Kim Min Hee (김민희)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Bangkok - Thailand, 23 Oktober 1997
  • Kewarganegaraan: Thailand
  • Posisi di Grup: Main Vocalist
  • Instagram: @min.nicha
  • Golongan Darah: O
Ini dia satu-satunya anggota (G)I-DLE yang berasal dari Thailand, namanya adalah Nicha Yontararak. Agar lebih mudah, kita panggil sesuai nama panggungnya saja ya, Minnie. Nah, karena Minnie berasal dari Thailand, jangan heran kalau Minnie sering berinteraksi dengan idol lain yang sama-sama berasal dari Negeri Gajah Putih itu.

Contohnya, dia beberapa kali membuat konten TikTok bersama BamBam GOT7. Dia juga bahkan berteman dengan Sorn CLC dan Lisa BlackPink. Meskipun dia dari Thailand, namun dia juga dikenal sebagai member yang poliglot. 

Soalnya, Minnie ini bisa berbicara dalam tiga bahasa, yaitu Thailand, Korea, dan Bahasa Inggris. Keren, kan? Bakat lainnya yang dimiliki Minnie ada di kekuatan vokal, dan berkat itu Minni diposisikan sebagai vokalis utama.

Kemampuan vokal Minnie ternyata sudah diasah sejak TK. Pasalnya, Minnie sudah mempelajari dan les vokal sejak usia taman kanak-kanak. Nggak cuma vokal, ternyata Minnie juga tipe yang suka belajar, terutama soal musik. 

Sebelum debut, Minnie juga sempat belajar piano saat umurnya masih 4 tahun. Bahkan, menurut kprofiles, Minnie sempat satu tempat les dengan Sorn CLC di ‘G-Vocal Studio’ by GRAMMY. Jadi, nggak usah diragukan lagi ya bakat Minnie soal musik.

3. Soyeon

Soyeon (G)I-DLE
  • Nama Panggung: Soyeon (소연)
  • Nama Asli: Jeon So Yeon (전소연)  
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul - Korea Selatan, 26 Agustus 1998
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Main Rapper, Sub Vocalist, Center
  • Instagram: @tiny.pretty.j 
  • Golongan Darah: B
Ini dia rapper utama sekaligus center dari grup (G)I-DLE, Soyeon. Kemampuannya dalam bernyanyi dalam tempo cepat dan nge-rapp ini diakui sangat bagus. Bahkan, Cheetah selaku rapper senior pun sangat kagum akan kemampuan rapp dari Sooyeon. 

Cheetah mengetahui bakat keren Soyeon ini melalui ajang Produce 101. Yup chingudeul, Soyeon pernah muncul sebagai kontestan Produce 101 namun ia hanya bisa sampai di ranking 20 pada akhir episode. 

Selain Produce 101, dia juga pernah tergabung dalam acara Unpretty Rapstar 3. Di sana, dia berhasil mendapatkan juara ke-3. Keren ya? Masih ada lagi bukti bahwa bakat Soyeon itu hebat! 

Dia juga pernah terlibat dalam SM Station bersama Seulgi Red Velvet, SinB ViViz, dan Chungha lho. Mereka berempat menyanyikan lagu "Wow Thing." Udah pernah denger belum?

4. Yuqi

Yuqi (G)I-DLE
  • Nama Panggung: Yuqi (우기)
  • Nama Asli: Song Yu Qi (宋雨琦/송우기)
  • Nama Korea: Song Woo Gi (송우기)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Beijing - China, 23 September 1999
  • Kewarganegaraan: China
  • Posisi di Grup: Lead Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper, Face of the Group
  • Instagram: @yuqisong.923
  • Golongan Darah: O
Tadi ada Minnie yang berasal dari Thailand, dan kali ini ada Yuqi dengan kewarganegaraan China. Meski dia dari China, namun skill komunikasinya juga cukup bagus. Hal itu dibuktikan dengan Yuqi yang bisa berbicara dalam tiga bahasa; China, Inggris, dan Korea.

Keahliannya bukan soal bahasa saja, karena Yuqi punya bakat lainnya, khususnya dalam bidang musik. Diketahui, Yuqi ini bisa memainkan alat musik tradisional China yang disebut guzheng. Selain itu, Yuqi juga cukup jago dalam menari.

Kemampuan menarinya dibuktikan dengan masa pre-debut Yuqi yang sempat memiliki jabatan ketua klub Street Dance Club saat masih SMA dulu. Meski skill bernyanyinya nggak sekuat para vokalis utama, tapi Yuqi punya ciri khas dalam vokalnya. Ia punya suara deep yang jarang dimiliki oleh orang lain. Udah pernah denger belum?

5. Shuhua

Shuhua (G)I-DLE
  • Nama Panggung: Shuhua (슈화)
  • Nama Asli: Yeh Shuhua (葉舒華)
  • Nama Korea: Yoo Su Hwa (유수화)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Taiwan, 6 Januari 2000
  • Kewarganegaraan: Taiwan
  • Posisi di Grup: Sub Vocalist, Visual, Maknae
  • Instagram: @yeh.shaa_
  • Golongan Darah: A
Sampai di penghujung! Di urutan paling akhir, kenalin Shuhua yang otomatis menjadi maknae di grup, ya. Nah, Shuhua ini bukan orang KorSel juga, karena dia memegang kewarganegaraan Taiwan. Dan, dia ini juga diberi posisi sebagai visual di grupnya. Jadi, bisa disimpulkan kalau (G)I-DLE punya dua visual.

Ada cerita di balik kesuksesannya saat ini menjadi idol. Jadi, saat ia masih SMP dulu, Shuhua melihat teman-temannya sangat menyukai KPOP. Setelah itu, dia memutuskan untuk menjadi artis. Namun, mimpinya kemudian berubah, dan dia pun ingin menjadi seorang penyanyi. Sekarang, Shuhua membuktikan bahwa impiannya benar-benar terjadi!

Shuhua menyebutkan nama Hyuna sebagai salah satu idol KPOP yang sangat menginspirasinya. Bahkan, Shuhua juga sangat ingin menjadi seperti Hyuna. Dia benar-benar mengidolakan sunbae-nya, ya. 

Oh iya, disebutkan sebelumnya kalau Shuhua juga ingin menjadi artis, kan? Nah, sebenarnya impian itu juga terwujud. Tercatat, Shuhua juga pernah muncul dalam Rising Legends CUBE x SOOMPI Promotional Video. Bahkan, ia juga pernah berduet akting dalam MV 10cm berjudul "PET" bersama Yoo Seonho. 

Selesai sudah kita kenalan dengan para member (G)I-DLE! Melihat (G)I-DLE, aku langsung pick Miyeon dan Yuqi sebagai biasku. Kalau kamu negbiasin siapa nih? Coba kasih tahu di kolom komentar! Oh iya, kalau mau menambahkan dan mengoreksi fakta-fakta di atas, bisa langsung tulis di kolom komentar juga, ya~

Facebook: G.I.DLE.CUBE 
Twitter: @G_I_DLE 
Twitter (Japan): @G_I_DLE_JP 
Instagram: @official_g_i_dle 
Youtube (Japan): GIDLEVEVO 
V Live: (G)I-DLE 

Comments

  1. wah ternyata anggota grupnya dari beragam negara ya, kebayang nano-nanonya budaya mereka, dan mereka harus menyesuaikan diri dengan kultur idol korea. salut dengan para idol wanita keren ini

    ReplyDelete
  2. Berbeda-beda tapi visi misinya sama. Aku ngebias Miyeon juga ach..

    ReplyDelete
  3. asalnya dari beda-beda negara tapi mirip-mirip ya tipe wajahnya. mungkin karena masih Asia ya ... kalau diliat-liat aku vote Miyeon buat dibiasin eeeaaa.... istilahnya dibias uuuyyy.....

    ReplyDelete
  4. Wah, ga nyangka nih ternyata anggota grup GIDLE kece2 ini dari berbagai negara ya. Oh mereka yang nyanyiin lagu Latata yang sering diputar di reels Instagram? Aku kudet amat yak hahhaha :D Aku suka Minnie dari Thailand, kayaknya cute bener :D

    ReplyDelete
  5. Aku pilih Shuhua aja deh, sepertinya keren banget . Kece2 gitu ya anggota GIDLE bisa-bisa tersihir semua nih para fans

    ReplyDelete
  6. Iya lagu terbaru G-Idle ini memang enak di telinga ya pantas kalau hits di mana-mana, aku paling familiar sama Yuqi karena temannya Lucas hihi

    ReplyDelete
  7. Untung diajari cara baca nama girl band-nya, mbak. Kalau enggak bingung sendiri mau ngucapinnya. Eh, Yuqi sekilas kaya Dita Karang ya, iya enggak sih?

    ReplyDelete
  8. Dari beberapa girl band atau boyband yg pernah diulas di sini kebanyakan emang asal membernya beragam ya. Ada yg dari jepang taiwan dkk. Apa emang gtu kah mbak khasnya Kpop?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda