Sinopsis & Review Partners For Justice Season 2, Siapakah Dokter K?

 Review Partners for justice 2

Jika orang itu benar-benar melakukan pembunuhan..

maka... ia tidak akan bisa dihentikan...

Astaga, aku sangat terkejut saat Baek Beom si Penggerutu mengatakan hal itu. Ini memang bukan kasus sepele. Kali ini ada indikasi sebuah pembunuhan berantai. Bahkan, aku melihat sendiri ada potongan kaki yang terbungkus rapat di dalam sebuah plastik berwarna hitam.

Sebelum potongan kaki itu ditemukan, sudah ada dua wanita ditemukan tewas mengenaskan. Yang satu, dia terbujur kaku di atas ranjang dengan pakaian dalam. Tubuhnya setengah terbakar. Luka lebam di seluruh wajahnya begitu terlihat memerah dan keunguan.

Satu lagi korban wanita ditemukan tanpa nafas dengan tali yang mengikat di area lehernya. Tubuhnya tergantung di langit-langit sebuah gedung tua, kosong, dan menyeramkan. Wanita itu mengenakan mantel kuning yang mencolok. Sebenarnya... siapa yang melakukan pembunuhan gila ini?

WARNING! Artikel mengandung spoiler.

  • Tayangan: Netflix (link nonton Partners for Justice Season 2)
  • Genre Film: Thriller, Mystery, Law, Medical
  • Tanggal Rilis: Juni 2019
  • Jumlah Episode: 16
  • Durasi Per Episode: 1 jam
  • Pemain: Jung Jae Young (Baek Beom), Jung Yoo Mi (Eun Sol), Oh Man Suk (Do Ji Han), Noh Min Woo (Jang Chul / Doctor K), Kang Seung Hyun (Sally Kim), Joo Jin Mo (Park Joong Ho), Park Jun Gyu (Kang Dong Shik), Noh Susanna (Han Soo Yeon), Kim Do-Hyun (Oh Man Sang)

Sinopsis Partners For Justice 2

Sinopsis partners For Justice 2

Aku Eun Sol, Jaksa baru yang sebelumnya membuat banyak kesalahan. Setelah satu tahun bekerja dengan penuh cerita fiksi, sesuai apa yang dikatakan oleh Baek Beom. Soalnya... ya... aku memang hanya mengandalkan feeling saat menyelesaikan kasus, hehehe.. Namun sejak berbagai kesalahan dari feeling itu, kini aku menangani kasus dengan hati-hati. 

Kasus terkahir yang aku tangani adalah menangkap Oh Man Sang. Belum juga tertangkap, dia keburu dinyatakan tewas setelah mengalami kecelakaan. Saat kecelakaan, tubuh Oh Man Sang hanya tersisa tulang gosong. Tentu saja saat itu pihak BFN langsung mengambil sisa tubuh Oh Man Sang untuk dikonfirmasi identitasnya. Dan... ya... sesuai hasil otopsi, ternyata dia adalah Oh Man Sang.

Hari pun berganti, kini semakin banyak kasus yang perlu aku selesaikan. Kasus pertama, pelecehan seksual antara karyawan dan atasannya. Kasus ini sangat sulit, karena sang korban terkapar dengan luka delapan tusukan di sekujur tubuhnya. Hal itu menyebabkan korban kehilangan darah sangat banyak. 

"Sungguh, Aku tidak menusuk dia! Dia menusuk dirinya sendiri!!"

"Hanya ada kalian berdua di sana, bagaimana kau bisa membuktikannya?" Kata ku final.

Saat ini, aku sedang mengintrogasi atasan korban yang melakukan pelecehan. Saat insiden penusukan terjadi, korban sedang berada di WC bersama atasannya. Hanya berdua saja. Para rekan kerjanya khawatir, segera menghampiri WC tersebut. Naas.. teriakan wanita menggema. Saat pintu dibuka, wanita itu sudah bersimbah darah dengan mengatakan...

"Dia menusuk.. ku.." 

Kemudian wanita itu pingsan. Tapi, tidak ada saksi mata atas peristiwa penusukan itu. Bahkan, keterangan dari atasannya pun menyangkal telah menusuk korban. Aku harus menahan diri untuk tidak menulis fiksi. Aku harus lihat segala kemungkinannya. Lalu, aku pun minta pendapat Baek Beom. Akhirnya... kebenaran terkuak, korban memang menusuk dirinya sendiri hingga ia tewas.

Itu tadi kasus pertama tahun ini. Masih ada kasus lainnya. Kasus perebutan harta, kasus penyelundupan narkoba, penculikan anak Soo Yeon, dugaan pembunuhan berantai dengan tiga korban wanita, pemerkosaan oleh seorang artis, hingga kasus puncaknya adalah dugaan pembunuhan kolega Do Jihan bernama Yeong Su.

Kasus kematian Yeong Su ini ternyata menjadi benang merah atas semua kasus yang aku tangani selama ini, terutama kasus pembunuhan berantai, penyelundupan narkoba, dan pemerkosaan oleh seorang artis. Ketiga kasus ini membawa sebuah satu clue, yaitu Dokter K. 

Dia yang mengeksekusi semua kejahatan itu. Bahkan di akhir, Dokter K terang-terangan menantang Baek Beom untuk mengungkap kematian Yeong Su. Dokter K adalah sosok super cerdas. 

Dia tahu kelemahan dan kelebihan lawannya. Makanya, Baek Beom sangat khawatir dengan kasus-kasus pembunuhan ini. Dia tahu lawannya terlampau cerdas, dan mungkin... akan sulit untuk dihentikan.

Dan yang paling mengejutkan, semua kasus ini juga mengerucut lagi pada satu nama, yaitu Oh Man Sang. Hahhh...... lagi-lagi dia... mau dia hidup atau mati tetap membuat masalah. Lantas, apa hubungan Oh Man Sang dengan Dokter K? Bagaimana bisa Oh Man Sang masih hidup setelah diverifikasi secara valid bahwa dia sudah tewas?! Membingungkan bukan?

Dokter K, Karakter Baru yang Misterius

Partners For Justice 2 cast

Sebenarnya, nggak banyak yang berubah di Partners For Justice season pertama dan season kedua. Di musim keduanya ini hanya melanjutkan kisah dari musim pertamanya. Ayo flashback ke musim pertama. Di akhir episode pada musim tersebut, semua penonton terkejut dengan kematian Oh Man Sang yang sangat mendadak ketika dia mau dipenjara.

Nah, dari sana sudah bisa diduga kalau itu hanyalah kematian palsu. Sayangnya, memalsukan kematian itu nggak gampang. Ingat, ada Baek Beom si dokter otopsi yang detail dan jeli banget. Namun ternyata Baek Beom yang cerdas saja bisa terkecoh dengan kematian palsu Oh Man Sang. 

Sekarang pertanyaannya, bagaimana bisa Oh Man Sang memalsukan kematiannya dengan sempurna? Jawabannya ada di Dokter K. Otak dari kasus kematian Oh Man Sang dibuat dan diskenariokan oleh Dokter K. Bahkan, ketika Oh Man Sang melakukan pembunuhan lagi, Dokter K ini yang 'membersihkan' aksi kejahatan Oh Man Sang.

Dia bisa memalsukan kasus pembunuhan biasa menjadi kasus pembunuhan berantai. Padahal, wanita yang benar-benar dibunuh hanya satu. Sedangkan, dua mayat wanita lainnya bukan tewas akibat pembunuhan melainkan karena... ya... tewas secara wajar. Dan semua itu direncanakan serta dieksekusi oleh Dokter K seorang diri. Hebat kan?

Tapi.. untuk mengejar Dokter K ini agak susah. Dia tahu cara kerja polisi, kejaksaan, dan BFN mengejar tersangka. Dia jago mengaburkan semua petunjuk yang ada tanpa meninggalkan jejak. Ini yang membuat karakternya super misterius. Sebenarnya kalau jeli, kamu juga pasti udah bisa nebak siapa Dokter K. 

Yang bikin penasaran adalah, motif Dokter K mau melakukan semua kejahatan itu. Kenapa? Nah, ini bagian plotwist yang lebih asyik kalau kamu nonton sendiri secara langsung. Pasti bikin SHOCK!!!

Baca Juga: Review Film The Accidental Detective

Formula Sama dengan Fokus Karakter yang Berbeda

partners for justice 2 cast

Kalau udah nonton yang pertama, saat melanjutkan ke musim kedua sebenarnya nggak banyak perubahan yang signifikan. Partners For Justice Season 2 masih menggunakan pola yang mirip dengan kasus berbeda di setiap episodenya.

Contohnya, di episode pertama menemukan kasus pelecehan seksual yang berujung kematian tidak disengaja. Lalu, berikutnya kasus kecelakaan mobil yang mengindikasikan kasus pembunuhan sekaligus perebutan harta. Ada juga kasus narkoba, pembunuhan berantai sampai puncaknya adalah pembunuhan Park Yeong Su.

Setiap kasus yang tampil dirajut dengan sangat apik sehingga kasusnya mengerucut pada kasus yang utama. Formula seperti inilah yang dipakai sehingga membuat penonton lebih mudah memahami benang merah dari keseluruhan ceritanya.

Meski terkesan menggunakan formula yang kodian, tapi hebatnya nggak bikin bosan sedikit pun! Setiap kasus yang diangkat lebih menantang dan rumit. Dari kasus yang menantang ini juga memperlihatkan karakter Jaksa Eun Sol sudah lebih matang dan logis. Sayangnya, Eun Sol di sini justru gak terlalu menonjol. 

Musim kedua justru lebih menyorot pada tiga karakter laki-laki; Dokter K, Baek Beom, dan Do Ji Han. 

Hebatnya, drama ini bisa menyatukan tiga karakter berbeda dengan sangat smooth. Perkembangan karakter mereka ditampilkan perlahan dan sedikit demi sedikit tanpa melupakan karakter lain. 

Dengan asupan informasi yang sedikit-sedikit tadi, justru membuat penonton bisa mengamati perkembangan ketiga karakter laki-laki secara detail.

Dan... kamu bakal kaget melihat Dokter K, Baek Beom, dan Do Ji Han menampilkan karakter yang berbeda dari karakter mereka di awal-awal episode. Apalagi karakternya bakal berubah banget setelah menangani kasus pembunuhan Park Yeong Su!! Penasaran? Mending nonton deh!~

Akhir yang Lebih Mengejutkan

Partners for justice 2

Kayanya memang drakor paling jago bikin ending menggantung. Bikin penontonnya kesel dan menuntut untuk melanjutkan ceritanya. Ini juga kejadian sama Partners For Justice Season 2. Di beberapa episode akhir, memang sengaja tensinya dinaikkan lebih menegangkan.

Episode akhir juga seperti memperlihatkan kekalahan dari Do Ji Han. Ya memang sebuah kekalahan, tapi nggak benar-benar kalah. Soalnya, di menit terakhir pada episode 16, Do Ji Han dan Dokter K justru menampilkan adegan tidak terduga sama sekali. 

Hal tak terduga ini yang sempet bikin heboh penonton. Bahkan, banyak penonton yang menuntut untuk segera melanjutkan ke Season 3. Karena kehebohan ini, tentu saja pihak penyiaran MBC langsung menanggapinya dengan mengatakan...

"Kami saat ini sedang mempertimbangkan season 3 tapi belum ada yang bisa diputuskan"

Dan itu diungkapkan pada tahun 2019 lalu. Jadi, untuk fans yang menantikan season 3 Partners For Justice seperti aku.... selamat~ kalian di-ghosting bertahun-tahun. Sampai tahun 2022 ini pun belum ada 'hilal-nya' musim ketiga bakal dilanjutkan. Padahal... rating penayangan drama ini sangat bagus untuk setiap episodenya.

Yah.... apapun itu, aku tetap mengharapkan Season 3 mulai dilanjutkan, karena villain utama pun belum tertangkap. Oh Man Sang bukan peran antagonis utama, karena ada lawan yang lebih kuat. 

Overall, aku benar-benar takjub sama drakor satu ini. Detail dan tensi cerita yang dibawakan sangat enjoyable to watch. Bahkan, untuk ditonton berulang kali pun nggak pernah bikin bosan. Setiap kasus yang dihadapi juga sangat mindblowing. 

Jadi.. kalau kamu butuh tontonan serius tentang kasus pembunuhan yang logis, Partners For Justice pilihan yang tepat. Oh iya, aku mau mengingatkan juga, ada trigger warning di sini. Drama ini memperlihatkan mayat dibedah, mayat menggelantung, hingga darah berceceran. 

Kalau nggak kuat, lebih baik jangan fokus ke gambarnya tapi baca aja subtitle-nya. Ya.. meskipun udah ada sensor di sana-sini, tapi mungkin saja masih ada yang terganggu dengan hal tersebut. Dan, ini bukan drama untuk 15 tahun ke bawah, ya. Ada kok tanda "15" dalam penayangannya~

Jangan lupa, bagi yang belum nonton season pertama, bisa cari tahu gambarannya di artikel Review Drakor Partners For Justice Season 1 ini, ya.

Comments

  1. Aku belum pernah nonton drakor Partners for Justice ini mbak hehehe :D Oh gitu...kalau endingnya menggantung kita malah antara sebel dan nungguin episode selanjutnya ya hahaha :D Cerita kriminal kayak gini memang seru ditonton ya sekalian me time :D

    ReplyDelete
  2. AKu selalu suka baca sinopsis macam ini mba, soalnya aku kadang males gambling pilih film. kalo udh baca gini kan enak jadinya hahahah...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak sinopsisnya, cukup membantu buat aku yang masih maju mundur buat nonton drama ini..

    ReplyDelete
  4. Genrenya favoritku nih tapi aku belum nonton season 1 nya kayaknya lebih menarik nih lanjutannya karena ada Dokter K yang jenius dan lihai hingga susah ditangkap..

    ReplyDelete
  5. Sayang, seperti Mbak Nurul, saya juga belum pernah nonton drakor. Tapi baca ulasan di atas lumayan menggoda untuk mengintip drakor langsung...

    ReplyDelete
  6. Oh Man Sang ini kecelakaannya sampe kendarannya terbakar, kah? sebenernya ini ceritanya seruu tapi campur serem πŸ˜‚

    ReplyDelete
  7. Aku juga udah nonton ini dong... Asli nagih sih filmnyaaa ,tapi aku lebih suka season 1

    ReplyDelete
  8. Kalau ngeliat endingnya yang gantung, pasti ada tuh season 3 nya. Belum siap tayang aja kalik. Kayak serial Yellowstone di Mola, akhir seasonnya selalu bikin penasaran, kapaaan season baru dimulai.

    Saat adegan yang ada mayat atau darah gitu, biasanya aku merem hehee... meski seneng nonton film thriller action, tetap loh kalau ada yang gitu masih ngeri terus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Member NCT 127 Tertua Hingga Termuda, Siapa Bias Kamu?