Review Drakor Mad Dog, Anjing Gila Memburu Pengusaha & Pemerintah Korup

Mad Dog

Kim Min Jun!!! Kau mendapatkan 3.4 Miliar?!

Kakak mu bunuh diri demi asuransi 3.4 Miliar!!!!!

Rasanya begitu menyesakkan. Semua anggota keluarga tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat. Istri dan anak yang begitu dicintai, dilindungi, dan selalu ingin dibahagiakan, malah pergi duluan untuk meninggalkan sang ayah selamanya.

Kecelakaan pesawat JH801 merenggut 190 nyawa dalam perjalanannya. Padahal hanya pergi dari Seoul menuju Jeju, sebuah perjalanan singkat yang ternyata membuat perjalanan yang begitu jauh menuju surga.

WARNING! Artikel mengandung spoiler.

  • Tayangan: Netflix (link nonton Mad Dog)
  • Genre Film: Action, Thriller, Mystery
  • Tanggal Rilis: 11 Oktober 2017
  • Jumlah Episode: 16
  • Durasi Per Episode: 1 jam
  • Pemain: Yoo Ji-Tae (Choi Kang-Woo), Woo Do-Hwan (Kim Min-Joon), Ryu Hwa-Young (Jang Ha-Ri), Jo Jae-Yun (Park Soon-Jung), Kim Hye-Seong (On Noo-Ri), Hong Soo-Hyun (Cha Hong-Joo), Choi Won-Young (Joo Hyun-Ki), Jung Bo-Suk (Cha Joon-Gyu)

Sinopsis

Sinopsis Mad Dog

ASURANSI MOBIL
1. REPARASI: 320.000 WON
2. PENGOBATAN: 110.200 WON

ASURANSI KESEHATAN:
1. PENGOBATAN: 254.320 WON

Tingkat pembelian asuransi di Korea naik 95% sejak tahun 2017. Entah kenapa orang-orang begitu terobsesi untuk membeli asuransi, menjaminkan diri atau barang berharga mereka kepada asuransi. Yang menariknya, rata-rata orang Korea membayar 4 juta won per-tahun untuk kebutuhan asuransi mereka. Cukup mencengangkan, bukan?

Tapi, dari 95% itu ada 5% orang yang memilih untuk tidak memiliki asuransi apapun. Contohnya adalah... Kim Min Jun. Sepertinya dia sosok yang tidak punya rencana hidup, terlihat lugu, polos, dan... seperti orang bodoh.

Wajahnya sih.. tampan, tapi penampilannya sangat culun dan tidak trendy. Mengenakan kacamata bulat yang besar dengan rambut gaya standar dibelah tengah, dan baju selalu rapi - memasukkan kemeja ke dalam celananya dengan sangat apik. 

Meski begitu, nyatanya Min Jun adalah pegawai asuransi. Dia percaya, sebenarnya banyak sindikat penipuan asuransi. Entah penipuan yang dilakukan oleh pihak asuransi maupun nasabah asuransi. Dan, penipuan asuransi itu terus berkembang seiring berjalannya waktu~

Di sisi lain....

"Dia datang."

"Aku masuk."

Seorang pria bertubuh tinggi dengan perawakan terawat, sepertinya olahraga teratur, itu hanya menyampaikan situasi sebuah mobil yang memasuki area parkir belakang rumah sakit. Diikuti oleh wanita cantik dan seksi, dia pun ikut masuk mengikuti si mobil.

Di dalam rumah sakit, seorang pria yang lebih tua sedang berpura-pura menjadi teknisi IT. Saat semuanya lengah, sang teknisi IT palsu itu memasukkan sebuah flashdisk yang sudah diisi virus untuk meng-hack komputer rumah sakit dari jarak jauh.

Di tempat lain, ruangan yang gelap dengan penuh layar komputer, ada seorang pemuda tampan dan masih muda, mengotak-atik komputer dengan serius. Ternyata, dialah sang hacker yang mengelola virus dan data yang didapatkan dari teknisi IT palsu tadi. Dia yang bertugas untuk mencuri data-data rumah sakit secara illegal.

Keempat orang beraksi, tiga di lapangan, dan satu lagi berkutat dengan komputer. Mereka hendak mengungkap penipuan asuransi yang dijalankan oleh pihak Rumah Sakit. Mereka menyembunyikan pasien sehat, namun mengatakan ke pihak asuransi bahwa pasien mereka sakit parah. Sehingga, pihak asuransi harus membayar uang asuransi dengan jumlah yang tidak sedikit pada pasien. Sungguh licik!

Sayangnya, operasi yang dijalankan keempat orang berkelompok dengan nama Mad Dog ini hampir ketahuan oleh pihak berwajib. Namun, dengan gesit, mereka berhasil lolos sekali lagi dalam incaran polisi. Dan kini mereka mengungkap satu lagi kasus kejahatan akibat penipuan asuransi. Lagi-lagi polisi kalah! Ini cukup membuat kesal pihak polisi~

Masih dengan aksinya...

Mad Dog kini kembali beraksi, ingin mengungkap kasus runtuhnya sebuah gedung yang menyebabkan seorang wanita penyewa gedung sakit parah, bahkan didiagnosis akan lumpuh seumur hidup. Tapi... pihak pengelola gedung tidak mau memberikan konpensasi apapun untuk sang korban. Inilah saatnya para anjing gila menggonggong!

Kang Woo, Hari, Soon Jung, dan Noo Ri, beraksi lagi. Sang pemimpin, Kang Woo, membuat rencana dengan detail dan membagi mereka bertiga dalam tugas masing-masing, seperti biasa. Hari akan menggoda pihak asuransi pengelola gedung, karena dia si wanita seksi yang cantik, semua pasti terpikat. Namun diam-diam, dia akan memasang alat penyadap di ruangan.

Soon Jung, meski mukanya sudah terlihat berumur dengan rambut putih, dia jago berkelahi, jago menjadi apapun, salah satunya teknisi IT palsu. Dia juga lah yang mengawasi bagian lapangan jika terjadi sesuatu. Sedangkan Noo Ri, ahli IT untuk Mad Dog yang bersiap untuk mengambil data-data secara illegal!

Awalnya rencana mereka berjalan dengan sangat mulus, tapi... semua itu buyar ketika bertemu dengan Kim Min Jun. Mad Dog menganggap remeh Min Jun karena penampilannya seperti orang bodoh. Tapi nyatanya, justru Mad Dog lah yang kali ini terdesak. Min Jun mengetahui rahasia dan hal-hal illegal yang mereka lakukan. 

Merasa marah, Kang Woo pun menaruh dendam terhadap Min Jun yang ternyata... baik Kang Woo dan Min Jun terkoneksi satu sama lain. Hubungan keduanya sangat tidak baik di awal, namun semakin lama, Kang Woo semakin mengerti.

Dia kini tahu, Min Jun adalah adik dari kopilot JH801, pesawat yang menyebabkan istri dan anak semata wayangnya tewas. Isunya adalah, kopilot JH801 melakukan aksi bunuh diri dengan menjatuhkan pesawat secara sengaja demi mendapatkan asuransi 3.4 Miliar. Uang itu akan diberikan pada Min Jun.

Marah, kesal, dan dendam, Kang Woo benar-benar membenci Min Jun yang dianggapnya sebagai dalang dari tewas keluarganya. Tapi.. Min Jun mencoba mengungkap fakta lain di balik kejadian itu. Nyatanya, kakak Min Jun tidak pernah bunuh diri. 

Semua bukti mulai mengarah pada kecelakaan yang disebabkan oleh pesawat usang dan malfungsi. Ini semua berkaitan dengan perusahaan Juhan Air (perusahaan pesawat JH801) dan perusahaan Asuransi Taeyang (tempat kerja Kang Woo dulu). 

Kedua perusahaan inilah yang harusnya bertanggung jawab, namun semua kesalahan dilimpahkan kepada kopilot JH801. Sebenarnya, Min Jun juga punya dendam dan kesedihan yang sama dengan Kang Woo. Min Jun butuh bantuan Kang Woo, yang akhirnya Mad Dog pun menambah satu anggota baru untuk mengungkapnya. 

Selamat datang, selamat Kim Min Jun, kini sekarang kamu adalah ANJING GILA. Menggonggonglah sekeras mungkin. Gigit mereka yang korup!

Detail, Tapi Plotwistnya Mudah Ditebak

Drama korea Mad Dog

Drakor ini tentang penipuan asuransi. Banyak hal yang dibahas dan membuat aku terbuka bahwa penipuan asuransi itu sangat beragam. Aku pikir, selama ini... penipuan asuransi hanya dilakukan oleh pihak asuransi saja. Namun nyatanya, ada juga nasabah asuransi yang menipu perusahaan asuransi. Hebat juga, kan?

Makanya, penggambaran perusahaan asuransi di drama Mad Dog ini begitu detail. Contohnya, perusahaan asuransi Taeyang sampai membuat tim investigasi khusus untuk memantau para nasabah nakal. Menurutku tim ini udah kayak detektif karena harus menyelidiki bahkan membututi nasabahnya.

Cukup bagus soal detailnya, namun yang aku sayangkan adalah plotwist-nya. Menurutku, alur ceritanya bagus dan premisnya sangat menarik karena jarang ada yang mengangkat isu kasus penipuan asuransi. Sayangnya, plotwist di Mad Dog tidak membuat kaget.

Sejak pertama kali lihat Min Jun, aku sudah yakin bahwa dia orang baik meski di awal sangat menyebalkan. Aku pun sudah yakin, dia adalah adik dari kopilot JH801, dan ini memicu perseteruan yang seru dengan Kang Woo. Plotwist bahwa Min Jun nyatanya ingin membantu Kang Woo tidak terasa BOOM!

Pun begitu dengan plotwist ternyata kecelakaan pesawat disebabkan oleh Asuransi Taeyang dan pihak maskapai, sudah sangat ketebak karena kemunculan Min Jun di awal. Justru yang membuat plotwist menarik adalah, orang-orang terdekat Kang Woo yang ternyata menusuknya dari belakang. Itu lebih mengagetkan!

Akting Para Pemain yang Memuaskan!

pemain mad dog

Premis cerita unik, sinematografi apik, dengan akting para pemain yang luar biasa nggak heran kalau Mad Dog cukup mendapatkan rating tinggi dari iMDB, yaitu 7.8/10 dan MyDramalist 8.4/10. Tapi di sini, aku sangat menyoroti akting para pemainnya.

Kita mulai dari peran utama, Kang Woo. Nama aslinya adalah Yoo Ji Tae. Pembawaan Ji Tae sebagai Kang Woo sangat apik, emosinya dapet banget. Apalagi ekspresi saat dia berempati dan mengkhawatirkan tim Mad Dog, matanya benar-benar memainkan emosi dengan baik.

Lalu, ada Woo Do Han yang berperan sebagai Kim Min Jun. Dia ini benar-benar jago membawakan karakter pemuda yang mudah meledak-ledak, bahkan cenderung melakukan sesuatu semaunya sendiri tanpa mempedulikan kerjasama tim. Ini hal yang bikin sebel, dan dia mampu membuat penonton gemes sendiri dengan tingkahnya.

Satu lagi akting yang paling aku apresiasi, yaitu Hwayoung mantan personel girlband T-ARA. Walau berkaris sebagai idol, tapi pengalaman dan kemampuan akting-nya bener-bener bagus! Ekspresinya sebagai cewek dingin, cuek, dan mungkin bisa dibilang tsundere, ini sangat menghayati! Salut~

Oh iya, aku juga seneng dengan akting pemeran antagonisnya, Choi Woon Young, yang berperan sebagai Jo Hyun Ki. Kalau pernah nonton SKY Castle, kamu pasti hafal bapak-bapak idaman yang kalem dan lemah lembut. Nah, di sini dia justru jadi karakter yang emosian, licik, dan jahat banget. Benar-benar berbanding terbalik!

Plot Hole dan Terlalu Ngiklan

drama mad dog

Nggak ada yang sempurna, betul kan? Nah, begitu pun dengan drakor Mad Dog. Meski terlihat segalanya sangat bagus dan detail, nyatanya Mad Dog punya beberapa kelemahan, salah duanya adalah plot hole dan iklan yang kurang soft.

Oke, kita bahas plot hole dulu. Jadi, di sini, Kang Woo berhasil menumpas kejahatan penipuan asuransi melalui tindakan-tindakan illegal. Dan dia, bersama tim Mad Dog sudah melakukan hal illegal selama dua tahun. Terbayang, selama 2 tahun, mereka tidak bisa diendus bahkan tidak tersentuh polisi sedikit pun.

Agak janggal, karena Mad Dog bukanlah tim atau perusahaan besar, tapi mereka selalu berhasil mengungkap kasus besar. Harusnya, dari sini saja polisi sudah bisa mulai tracking keberadaan Mad Dog. Selain itu, biaya operasional dan peralatan untuk menyadap, komputer canggih, hingga menyewa ruangan, bukanlah biaya kecil.

Dari mana Mad Dog mendapatkan dana untuk membayar semua itu? Dari asuransi yang didapatkan Kang Woo setelah kematian keluarganya? Aku rasa agak mustahil, karena diceritakan, uang asuransi yang didapatkan Kang Woo tidak sampai miliaran. Bahkan, Mad Dog ini tidak mendapatkan penghasilan dari pekerjaan mereka.

Lalu, profesor forensik yang selalu membantu Kang Woo juga agak mengganjal. Tidak diceritakan latar belakang profesor ini, entah mereka kenal dimana, dan motif apa yang membuat sang profesor mau membantu Kang Woo tanpa syarat. Ini aneh, dan penuh misteri.

Yang kedua, adalah soal iklan. Aku cukup terganggu dengan beberapa iklan yang ditampilkan, contohnya saat mereka mengiklankan Samsung Bud. Sangat tidak natural, terus menerus menyorot ke arah Samsung Bud yang tidak ada korelasinya dengan cerita.

Kemudian, iklan kursi pijat. Saat Soon Jung dan Noo Ri di kantor Mad Dog, tiba-tiba saja mereka ingin pijat. Lantas, mereka tiba-tiba punya kursi pijat yang modern dan langsung menggunakannya saat itu juga. Hmm.... kurang natural.

Meski beberapa kekurangan hadir di drakor Mad Dog, pada akhirnya drama ini masih layak untuk ditonton. Walau terkesan jadul karena ini drakor 2017, tapi ceritanya benar-benar masih asyik untuk diikuti. Penonton akan diajak mengenal lebih dalam bagaimana asuransi berjalan. Mulai penasaran? Langsung tonton deh~

Comments

  1. Wah review yg menarik sampe bahas plot hole juga

    ReplyDelete
  2. pertama baca judulnya, aku mikir: ini drama lama ya?
    eh ternyata bener, hehehe
    salah satu yg buat terkesan dari drama korea adalah detailnya.
    mereka yg ahli di bidang tertentu, emang ditunjukkan detail banget, jadi selalu keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya drama lama, mba~
      Drakor emang paling keren kalau soal detail sih

      Delete
  3. Sepertinya dramanya seru ya, auto nonton nih

    ReplyDelete
  4. Reviewnya keren kak. Kalau boleh tau bisa review seperti ini apakah cukup sekali nonton drakornya? Atau harus nonton berkali-kali? Soalnya aku belum pernah ngereview film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm aku biasanya nonton fokus dulu sekali, biar dapet benang merah dan inti ceritanya. Nonton kedua kali buat nulis dan cari detail nya, aku catet di note, sekalian baca2 juga review dari orang lain

      Delete
  5. Perhitungannya won ke rupiah berapa ya? Pernah sih diliput kehidupan masyarakat korea, asuransi memang sesuatu yang primer di sana. Layak ditonton ada Woo Do Han.

    ReplyDelete
  6. Kisah penipuan asuransi tuh lumayan sering diangkat ya dalam drama detektif kriminal gitu karena mungkin memang marak di sana ya.. pemainnya keren semua..

    ReplyDelete
  7. Wow... Detil sekali pembahasannya, sampai terbayang ini drama dari awal ke akhir gimana rasanya

    ReplyDelete
  8. Review ditel, jelas, boleh nanya2 tentang cara review film mbak.? 😁

    ReplyDelete
  9. Review-nya keren banget mbak. Detail. Jadi penasaran sama keseruan film-nya.

    ReplyDelete
  10. Pada umumnya film korea mewakili realita yang ada di negaranya. jika melihat reviewnya, saya menyimoulkan bahwa cukup banyak asuransi ilegal yang juga dipraktekkan dikorea ya?

    ReplyDelete
  11. Aku sukaa style review nya niy.. keren. Kalau di luar negeri penipuan asuransi itu banyak banget terjadi mba, makanya banyak disana malah ada penyelidik khusus dari pihak asuransi loh untuk investigasi. Kalau di Indonesia sebenarnya bukan asuransi yang menipu, tapi kebanyakan oknum ag*en nya yang tidak menjelaskan dengan benar.

    ReplyDelete
  12. Tema yg jarang dipake dalam drakor ya mbak. Apqlagi srkarang dunia nyata juga banyak penipuan2 asuransi gini. Jadi penasaran

    ReplyDelete
  13. Seperti biasa, review dari ori selalu lengkap dan selalu sukses bikin penasaran pengen ikut nonton wkwkwk.. Good job!

    ReplyDelete
  14. Reviewnya lengkapp!! Sukaaa ,bikin penasaran pengen nonton filmya...

    ReplyDelete
  15. dulu sering juga nonton film yang penipu asuransinya itu nasabah. mereka sampai bikin rekayasa kematian demi mendapatkan asuransi yg besar.. mad dog masuk list nih

    ReplyDelete
  16. Habis baca review menarik bgini jd penasaran pgn nntn Mad Dog. Asuransi oh asuransi, sll jd perdebatan yg panjang.

    ReplyDelete
  17. Wow, detail banget reviewnya nih, Kak. Keren!

    ReplyDelete
  18. Hihi tetap terpaku dan diam membisu... sebenarnya saya orang yang suka nonton, tapi masih takut memulai nonton lagi..takut ketagihan..tapi membaca review ini saja dah seperti masuk dalam cerita nya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!