Mahasiswa KPOPers Mau Bisnis Online? Manfaatkan Dana 20 Juta dari UMi - Kemenkeu Ini, deh!

PIP UMi Kemenkeu
Sumber gambar: PPT Materi Edukasi UMi Bandung

Aku mahasiswa dan aku KPOPers...

Ingin banget punya bisnis sendiri biar bisa beli barang KPOP!

Salah satu concern yang dialami KPOPers saat masih menjadi mahasiswa, adalah dana. KPOPers punya banyak barang impian yang diinginkan; album, merchandise, tiket konser, fashion KPOP, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, semua barang impian itu nggak murah. Misalnya, untuk harga satu album KPOP termurah berada di kisaran 200 ribuan. Dan, untuk fashion KPOP yang original, harganya bisa mencapai jutaan karena shipping dari Korea atau memang dibuat dari brand ternama. 

Cukup berat dan ngos-ngosan kalau ikutin semua barang impian itu, sedangkan uang jajan pun pas-pasan. Sekedar untuk makan sehari-hari, nongkrong sama teman, atau nabung pun harus bisa pintar-pintar mengirit uang saku dari orang tua. Mau minta dengan orang tua pun rasanya sungkan. Pernah merasa seperti itu, chingudeul?

Nah, sebenarnya semua keinginan kamu bisa kok terkabul dengan penghasilan sendiri. Kalau zaman aku masih kuliah, solusinya adalah jualan barang KPOP. Keuntungan dari dagang barang KPOP itu bisa dibelikan barang KPOP untuk diri sendiri. Asyik banget memang, tapi bukan berarti selalu berjalan mulus, ya!

Banyak banget rintangan yang aku alami, salah satunya adalah soal modal. Terkadang, untuk bisa buka online shop barang KPOP, dibutuhkan dana membeli barang-barang KPOP-nya terlebih dahulu, lalu kamu bisa menjual kembali barang yang sudah dibeli. Itu namanya sistem reseller.

Tapi, ada juga yang namanya sistem dropship. Kalau sistem ini, kamu hanya perlu mendata pembeli, kemudian serahkan data tersebut ke pihak reseller. Setelahnya, barang konsumenmu akan langsung dikirimkan oleh pihak reseller. 

Catatan, sistem dropship ini punya keuntungan yang minim dan terbatas dibandingkan sistem reseller, karena keuntungan penjualan harus dibagi dengan pihak reseller. Memang paling asyik kalau kamu langsung jadi penjual pihak pertama, artinya langsung membeli dari penjual di Korea. Jadi, keuntungannya murni untuk kamu semua.

Tapi, kembali lagi ke concern di awal:

Dari mana mendapatkan modal untuk beli barang-barang KPOP langsung dari seller Korea? Aku ini hanya mahasiswa dengan uang jajan pas-pasan.

Di sinilah aku mau kasih salah satu solusi jitu dimana kamu bisa menjalankan UMKM sendiri dengan dana pinjaman dari Kementerian Keuangan melalui program UMi. Tidak perlu khawatir dengan status 'mahasiswa' karena persyaratannya sangat mudah untuk mendapatkan dana maksimal 20 juta per-orang! 

Dana segitu sih cukup banget buat modal usaha bisnis KPOP. Makin penasaran? Langsung simak sampai akhir artikelnya, chingudeul~

UMi, Program Kemenkeu Ramah Mahasiswa KPOPers

PIP UMi untuk Mahasiswa
Sumber gambar: bisnis.com

Pembiayaan UMi adalah salah satu program dari Kemenkeu yang diresmikan pada tahun 2017 silam dengan ketetapan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 22/PMK.05/2017. Kemudian, mengalami revisi di tahun 2018 sehingga ketetapannya berubah menjadi PMK nomor 95/PMK.05/2018.

Hingga yang terbaru adalah PMK nomor 193/ PMK.05/2020 dimana peraturannya dibuat menjadi lebih mudah dalam proses peminjaman dana. Untuk mengetahui substansi lengkapnya, silakan kunjungi link ini.

Secara garis besar, substansi terbarunya ini mengubah beberapa hal yang pastinya menguntungkan para peminjam. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah pembiayaan menjadi maksimal 20 juta. Kemudian, dana bisa dicairkan melalui uang elektronik, jadi lebih modern untuk zaman sekarang. 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, proses dan persyaratannya juga lebih mudah. Nggak perlu menggunakan surat izin usaha, cukup dengan KTP saja sudah bisa mengajukan dana. Jadi, untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa, khususnya yang mau buka usaha barang KPOP, boleh banget mendaftar Pembiayaan UMi ini!

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis KPOP

Syarat Penerima Pembiayaan UMi

KTP memang bukanlah satu-satunya syarat untuk mengajukan dana. Setidaknya, ada dua syarat utama yang harus terpenuhi sebelum mengajukan dana UMi:

  1. Memiliki NIK (KTP Elektronik).
  2. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Iya, hanya dua syarat utama itu saja kamu sudah bisa mengajukan dana UMi, simpel banget, kan? Jadi, untuk selanjutnya kamu hanya perlu memikirkan proposal pengajuan dananya saja, ya.

Kalau proposal sudah settle dan fix, mungkin timbul pertanyaan lain; "Apakah harus menyerahkan jaminan?" Tentu saja setiap peminjam modal dari UMi harus menyerahkan jaminan, namun ada hal menarik di bagian jaminan ini.

PIP UMi Workshop Menulis
Workshop Menulis (Sumber gambar: Yayang BlogerHub ID)

Saat aku mengikuti Workshop Menulis yang disertai pengenalan program UMi pada tanggal 16 Desember 2021 lalu, Pak Adhita Surya Permana (Kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi PIP) menyampaikan bahwa jaminan yang diajukan bersifat non-bankable. Apa maksudnya, ya?

Artinya adalah, peminjam bisa memberikan jaminan berupa apapun tapi bukan barang-barang yang tidak bisa dihitung keuntungannya seperti pinjaman bank, contohnya rumah atau surat tanah. Lalu, jaminan seperti apa dong?

Karena kamu adalah seorang mahasiswa, mungkin jarang sekali yang punya surat tanah atau rumah, ya. Maka dari itu, program Pembiayaan UMi menerima jaminan berupa HP, laptop, kamera, atau barang berharga lainnya yang utamanya adalah bukan jaminan yang biasa diajukan ke bank, ya. 

Lebih mudah dan simpel. Jadi, selain dua syarat utama dan proposal pengajuan dana, kamu perlu memikirkan juga barang berharga non-bankable apa lagi yang bisa dijadikan jaminan pinjaman.

Proses Pembiayaan UMi Simpel, Anti Ribet!

Proses Pembiayaan UMi
Sumber gambar: PPT Materi Edukasi UMi Bandung

Berdasarkan informasi dari bapak Adhita Surya Permana mengatakan bahwa proses untuk pencairan dana ini nggak ribet dan bisa untuk mahasiswa, terutama untuk kamu para KPOPers.

Namun, perlu diketahui bahwa ada dua sistem penyaluran/pencairan dana UMi ini, yaitu Penyaluran Langsung dan Penyaluran Tidak Langsung. Untuk Penyaluran Langsung adalah debitur/peminjam bisa langsung mengajukan dana ke penyalur/peminjam (misalnya: Pegadaian).

Sedangkan untuk Penyaluran Tidak Langsung, artinya dana dikirim melalui pihak ketiga kemudian dicairkan oleh pihak kedua, barulah sampai ke pihak debitur/peminjam. Meski terkesan berbeda, namun sebenarnya kedua sistem ini mempunyai proses pencairan dana yang serupa.
  • Tahap pertama, debitur bisa mencari penyalur Pembiayaan UMI, bisa melalui Pegadaian, PNM (Pemodalan Nasional Madani), dan LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) non-afiliasi pemerintah.
  • Tahap kedua, setelah mendapatkan informasi tentang penyalur, bisa langsung ajukan dana Pembiayaan UMi. Nah, di tahap ini pastikan kamu sudah menyiapkan proposal yang proper dan serius untuk melakukan bisnis, ya. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan bukti persyaratan di atas.
  • Tahap ketiga, pihak penyalur dan pengelola UMi pun akan menganalisis, mengkaji, dan memverifikasi pengajuan dana untuk UMKM kamu. 
  • Tahap keempat, jika sudah terverifikasi dan bisnis dianggap layak maka pihak penyalur dana langsung melakukan pencairan dana secepat mungkin. Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga akan mendapatkan pendampingan dari pihak UMi tentang bisnis yang kamu kelola lho.
Oh iya, perlu diketahui juga bahwa untuk mengajukan dana ini bisa per-orangan atau kelompok. Semisal kamu ingin menjalankan bisnis KPOP bersama teman-teman KPOPers lain, ajukan secara kelompok saja, ya. Kalau masih bingung tentang program ini, bisa langsung kunjungi situs PIP UMi di link ini.


Bisnis bukan hanya untuk para pegawai saja, ya. Semua orang boleh menjalankan bisnis. Tidak perlu menciut karena masih berstatus mahasiswa dengan uang jajan pas-pasan, kamu juga bisa membangun bisnis UMKM sendiri. 

Hobby makes you happy! Hobi KPOP mu bisa dijadikan ide untuk membuka UMKM dengan bantuan dana dari pemerintah. Syaratnya simpel, prosesnya pun tidak berbelit dengan jaminan yang lebih enteng. Jadi, mulai tertarik untuk membuka UMKM KPOP dengan bantuan dari Pembiayaan UMi?

#PIPUMi
#UMiUntukNegeri

Comments

  1. Keren programnya, dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda.

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru tahu ternyata ada program Kemenkeu dengan istilah pembiayaan UMi dengan mahasiswa sebagai salah satu peta sasarannya. Keren mah ini πŸ˜€

    ReplyDelete
  3. Wow keren, baru tahu lho saya ada pinjaman seperti ini. Kabar baik untuk para penggiat UMKM ini.

    ReplyDelete
  4. Mantab sekali kak. Generasi milineal memang banyak yang suka kpop. Dari kesukaan kpop ternyata sudah tersedia anggaran untuk mengembangkan bisnis.

    ReplyDelete
  5. Wow sasarannya anak-anak muda KPOPers..

    ReplyDelete
  6. Anak muda pecinta KPOP nggak boleh melewatkan ini nih.

    ReplyDelete
  7. Sesuatu yang dimanfaatkan dengan baik dan hal positif. Dari pecinta KPOP aja bisa jadi peluang usaha. Bagus sekali.

    ReplyDelete
  8. Wah pecinta kpop dengan kreatifitas bisnis ini mah cocok banget. Apalagi buat beli merchandise kpop yang kadang dibuat limited edition ya

    ReplyDelete
  9. Mahasiswa idenya segar segar. Dulu saat kuliah nggak kepikiran untuk merintis usaha.

    ReplyDelete
  10. Wah, bisa dipakai usaha segera setelah ini ya. Pandemi usai, usaha makin ngegas berkat UMi

    ReplyDelete
  11. Beneran hobi jadi bikin hepi nih, asli keren bangeeet programnya, tepat sasaran, semoga bisa sampai jangka panjang

    ReplyDelete
  12. UMKM itu yang terbayang jualan gorengan, bubur, dan lain-lain. 🀭 Nggak kepikiran jualan pernak-pernik KPOP. Semangat terus para inovator. πŸ™‚

    ReplyDelete
  13. Keren ini programnya. Bisa membangkitkan gelist ekonomi setelah pandemi

    ReplyDelete
  14. Program keceh beud dah ini pokoknya...
    Kuy manfaatkan programny

    ReplyDelete
  15. UMI solusi jitu untuk kaum pegiat yg ingin usaha. Mba Happy pintar membidik peluang usaha. Jual merchandise kpop krn memang suka Kpop,sambil menyelam minum air. Kereen. Sukses ya, mba.

    ReplyDelete
  16. masyaallah program pemerintah yang keren, apalagi syaratnya gak terlalu ribet 😍

    ReplyDelete
  17. wah baru tau aku. bisa sangat membaru membangun usaha nih. semoga program ini terus berlanjut dan dapat makin menggerakan roda ekonomi kita ya.

    ReplyDelete
  18. mahasiswa dengan uang jajan pas-pasan emang banyak akalnya nih... memang harus kreatif dalam mencari jalan pembiayaan kalo mau bisnis yah .... semoga sukses yaaa

    ReplyDelete
  19. Biasanya anak muda tuh pengen bisnis terbentur masalah dana, dengan adanya UMi ini masalah dana bisa teratasi ya bisnis merchandise KPop tuh bagus prospeknya sekarang

    ReplyDelete
  20. cakep nih programnyaa dan jaminannya disesuaikan dengan kemampuan usia remaja dewasa yaa

    ReplyDelete
  21. Siiip, keren banget. Karena, telah menepis anggapan bahwa pencinta KPOP tak identik dengan hura-hura yang minim kreatifitas....

    ReplyDelete
  22. Memang Kpop skrg lg menjamur.adekku salah satunya mahasiswa Kpopers. Bakal aku info nih...makasih ya mbak artikelnya. Dari hobi jd hepi bener dah...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda