One In a Million! Inilah Urutan Member TWICE Tertua hingga Termuda

TWICE

One In a Million, This is TWICE!

Salah satu girlband favorit ku nih~ Namanya TWICE. Aku mau cerita sedikit dulu ya perjalanan ku kenapa suka sama TWICE. Jadi, awalnya aku tertarik sama Nayeon - TWICE. Saat itu, dia belum debut sebagai idol dan baru muncul pertama kali ke publik lewat drama korea Dream High S2. 

Ya... di sana Nayeon cuma jadi kameo aja. Tapi, Nayeon ini adalah salah satu trainee yang paling dinantikan saat tahun 2014, hingga ia muncul sebagai model di MV debut GOT7 berjudul "Girls Girls Girls." Nah, dari situ deh aku suka sama Nayeon!~ 

Agak lama nih penantianku nunggu Nayeon debut. Soalnya, Nayeon baru aktif dan muncul lagi dalam acara survival show bernama SIXTEEN di tahun 2015. Di sini deh karir Nayeon semakin pesat. Dari acara ini juga terbentuklah girl group bernama TWICE dengan sembilan anggota di dalamnya, termasuk Nayeon.

Fyi, TWICE adalah nama yang dicetuskan oleh Park Jin Young sendiri selaku petinggi dari JYPent. Tahu nggak, apa sih maksudnya dari penamaan TWICE? Jadi begini chingudeul~ TWICE ini dimaknai sebagai “once through the ears and once through the eyes.”

Artinya, ketika kamu mendengarkan lagu TWICE, lagu tersebut akan langsung masuk ke kedua mata dan kedua telinga kamu. Jadi, semua ini soal lagu, ya. Nah, untuk fans TWICE sendiri disebut dengan ONCE. Nah... apa lagi tuh maksudnya?

TWICE pernah mengungkapkan arti dari ONCE di sosial media mereka pada tahun 2015: “If you love us even once, we will repay your love with twice of our love.” Maksudnya, ketika kamu sekali memberikan cinta pada TWICE, maka mereka akan membalas cinta tersebut dua kali lipat. Sweet banget ya?

Selain penamaan grup dan fandom yang menarik, TWICE juga beranggotakan para sembilan gadis cantik dan atraktif. Ini menarik banget! Soalnya, setiap anggota TWICE memiliki kepribadian dan keunikannya masing-masing. Penasaran kan se-atraktif dan semenarik apa para anggota TWICE? Yuk, kenalan dengan member TWICE~~

1. Nayeon

Nayeon TWICE
  • Nama Panggung: Nayeon
  • Nama Korea: Im Na Yeon (임나연)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan - 22 September 1995
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Vocalist, Lead Dancer, Center, Face of the Group
  • Golongan Darah: A
Ini dia biasku di TWICE, nama lengkapnya Im Nayeon. Nah, mba Nayeon ini udah terkenal sejak dia belum debut bersama TWICE. Tercatat, Nayeon udah sering tampil di berbagai acar TV, iklan, dan beberapa MV dari para sunbae-nya di JYP.

MV apa aja yang pernah dibintangi Nayeon? Ada San E’s “Please Don’t Go” MV, GOT7’s “Girls Girls Girls” MV, Jun.K’s “No Love” (Japanese) MV, miss A’s “Only You” MV dan Jun.K’s “Your Wedding” MV. Banyak banget kan?

Jauh sebelum menjadi model di MV, sejak kecil Nayeon udah mengasah bakatnya di dunia entertainment dengan mengikuti kontes model cilik. Nah, dari situlah JYP mengincar Nayeon untuk direkrut menjadi artisnya. Tapi, sang Ibunda tidak mengizinkan Nayeon untuk menjalani hidup sebagai seorang entertainer.

Tapi... dasar emang Nayeon ini memiliki cita-cita yang kuat sebagai idol, akhirnya 10 tahun kemudian dia masuk ke JYP secara diam-diam, tanpa sepengetahuan Ibunda. Dan terbukti, sekarang Nayeon benar-benar sukses menjadi idol KPOP, Ibunda pun sudah mengikhlaskan bahkan merasa sangat bangga dengan anaknya ini. Chukkae!!

Nah, berbicara soal kepribadian, Nayeon punya sifat yang cerah dan ceria. Meski dia adalah anggota tertua di TWICE, tapi nyatanya dia menyandang sebutan sebagai fake maknae. Soalny, Nayeon memiliki wajah yang baby face dengan tingkah laku seperti anak-anak, menggemaskan!

Meski terlihat kekanakan dalam bersikap, sebenarnya Nayeon ini sangat mengayomi anggota TWICE yang lebih muda lho. Bahkan, dia nggak segan untuk mendengarkan keluh kesah para member yang membutuhkannya. 

Skill berkomunikasi dan sikap friendly-nya ini ternyata membawa Nayeon dekat dengan para anggota girlband lainnya. Sebut saja Jisoo dan Jennie BLACKPINK yang berteman sangat akrab dengan Nayeon. Selain mereka berdua, Nayeon juga bersahabat baik dengan Yeri, Irene, dan Seulgi Red Velvet.

2. Jungyeon

Jungyeon TWICE
  • Nama Panggung: Jeongyeon 
  • Nama Korea: Yoo Jeong Yeon (유정연) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Suwon, Korea Selatan - 1 November 1996
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Vocalist
  • Golongan Darah: A
Urutan member TWICE yang kedua, ada Jungyeon~ Jungyeon ini salah satu sahabat terbaik Nayeon sejak zaman pre-debut. Makanya, banyak yang bilang Nayeon dan Jungyeon sebagai womance terbaik dan paling atraktif. Saking dekatnya dengan Nayeon, Jungyeon bahkan mengetahui seluk beluk kelakuan sahabatnya itu~

Fakta lain soal Jungyeon, dia memiliki kakak perempuan seorang artis namanya Gong Seung Yoon yang sempat muncul di acara We Got Married. Ada hal menarik lain soal keluarga Jungyeon, kali ini datang dari ayahnya. Fyi, ayah Jungyeon ternyata seorang juru masak profesional (Chef).

Tercatat, ahjussi Yoo Chang Joon ini pernah menjadi koki untuk mantan presiden Kim Dae-jung. Beliau juga pernah menjadi kepala koki di Seoul Plaza Hotel selama 20 tahun. Makanya, jangan heran kalau Jungyeon juga termasuk salah satu anggota TWICE yang pintar masak. Dari ayahnya lah bakat memasak Jungyeon muncul.

Puas bahas tentang keluarganya, sekarang aku mau kasih tahu perjalanan debut Jungyeon. Jadi, waktu kecil Jungyeon pernah mengikuti audisi di JYP, tapi dia nggak lolos. Semangatnya nggak pernah kendor tuh.. Jungyeon ikut lagi audisi di JYP, akhirnya lolos di tahun 2010.

Ada cerita menarik, saat diumumkan lolos audisi di JYP, di hari yang sama pihak agensi SMent juga menyatakan bahwa Jungyeon lolos audisi. Kebayang kan betapa kerennya Jungyeon, bisa lolos audisi di dua agensi terbesar di KorSel? Namun setelah menghadapi berbagai pertimbangan, Jungyeon lebih memilih JYP sebagai agensi yang menaunginya, mulai dari tahun 2010 hingga sekarang.

Nah, semasa trainee di JYP, Jungyeon juga sering muncul di berbagai MV para sunbae-nya, yaitu GOT7’s “Girls Girls Girls” MV dan miss A’s “Only You” MV. Bahkan sebelumnya, Jungyeon dinyatakan mau debut bersama Nayeon dengan nama grup 6MIX. 

3. Momo

Momo TWICE
  • Nama Panggung: Momo
  • Nama Korea: Hirai Momo (平井 もも)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Kyoto, Jepang - 9 November 1996
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper
  • Golongan Darah: A
Langsung aja ke faktanya, ya! Momo punya arti peach dalam bahasa Jepang. Momo ini adalah salah satu anggota yang menarik juga, mulai dari perjalanan debutnya hingga sekarang. Oke kita mulai ceritakan dari masa audisinya, yuk!

Sebenarnya, Momo nggak pernah ikutan audisi di JYPent. Jadi, sejak kecil, dia sangat suka menari. Momo dan kakaknya juga aktif membagikan video menari mereka melalui internet. Dari situlah JYP menemukan Momo. Mereka menghubungi Momo untuk direkrut sebagai trainee di JYP yang akhirnya disetujui oleh Momo.

Sama seperti Jungyeon dan Nayeon, selama masa trainee, dia beberapa kali muncul sebagai model untuk MV para sunbae-nya di JYP. Setelah itu, Momo ikut berpartisipasi dalam acara survival SIXTEEN untuk memperebutkan posisi di TWICE.

Sayangnya, Momo tereliminasi di episode 6. Lalu, kenapa Momo akhirnya bisa debut di TWICE, kan tereliminasi? Ternyata., Park Jin Young (Petinggi JYP) melihat kemampuan menari Momo yang di atas rata-rata. Akhirnya, Park Jin Young menambahkan Momo sebagai anggota TWICE terakhir pada detik-detik akhir. 

Dan ternyata omongan Park Jin Young itu benar, chingudeul! Soalnya, bakat menari Momo cukup diakui sangat bagus. Bahkan, bakat tersebut ia perlihatkan dalam acara Hit The Stage yang mengumpulkan para dancers terbaik dari berbagai grup idol KPOP. 

Meski tidak keluar sebagai pemenang, tapi banyak penonton yang kagum dengan kemampuan menari Momo lho. Makanya, berkat hal itu, Momo disebut sebagai dancing machine. Selain jago nari, dia juga jago makan! Saking doyannya makan, Momo juga punya julukan lain sebagai eating machine. 

4. Sana

Sana TWICE
  • Nama Panggung: Sana
  • Nama Korea: Minatozaki Sana (湊崎 紗夏)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Osaka, Jepang - 29 Desember 1996
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Sub Vocalist
  • Golongan Darah: B
Momo nggak sendirian, ada anggota TWICE lain yang berasal dari Jepang, namanya Minatozaki Sana, panggil aja Sana, ya~ Nggak kalah unik, Sana juga punya cerita menarik saat masuk ke dunia KPOP lho. Jadi.. ceritanya Sana lagi belanja dengan teman-temannya. Tiba-tiba staff JYP nyamperin dia dan nawarin untuk jadi trainee sebagai idol KPOP di Korea.

Iya, se-simpel itu Sana masuk ke JYP, chingu~ Tapi, selama di JYP, Sana mengasah kemampuannya sebagai idol. Menurutku, dengan kehadiran Sana menambah hal menarik di TWICE. Soalnya, Sana ini punya kepribadian yang super ceria. Dia murah senyum dan senang tertawa dengan nada khas melengkingnya. Benar-benar cocok untuk mengikuti variety show!

Belum lagi, Sana sering mengungkapkan berbagai kalimat imut, lucu, dan viral di kalangan KPOPers. Contohnya saat Sana ngomong "cheese kimbab" wah... gemes banget! Sampai semua orang langsung merasa gemas sama Sana.

Nggak cuma berkepribadian yang ceria dan menggemaskan, Sana juga adalah tipikal social butterfly karena dia memiliki banyak teman dekat sesama idol lainnya, salah duanya adalah Eunha GFriend dan U ONF. 

Oh iya, selama masa trainee, Sana juga sempat muncul di beberapa MV artis senior JYP lainnya, seperti  GOT7 “A” MV, Junho “Feel” (Japanese) MV dan Junho “Candy” (Japanese) MV. 

5. Jihyo

Jihyo TWICE
  • Nama Panggung: Jihyo
  • Nama Korea: Park Ji Hyo (박지효)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Guri, Gyeonggi-do, Korea Selatan - 1 Februari 1997
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Main Vocalist
  • Golongan Darah: O
Sebelum menyandang nama sebagai Park Jihyo, leader TWICE ini punya nama asli sebagai Park Jisoo. Namun, sebelum mulai di acara SIXTEEN, Jihyo mengganti namanya secara legal menjadi Park Jihyo, yang sekarang menjadi nama panggungnya yaitu Jihyo.

Nah, perjalanan Jihyo untuk debut sebagai idol KPOP juga nggak gampang, chingudeul~ Jadi, Jihyo ini memulai pelatihan di JYP sejak kecil saat dia memenangkan juara kedua di kontes Junior Naver. Sejak saat itu, Jihyo dibilang sebagai 'adik tercinta' para artis JYP yang lebih senior.

Jihyo juga sangat dekat dengan member WG, 2AM, 2PM, MissA, hingga GOT7. Kalau ditotalkan, Jihyo ini mengasah bakat idol-nya selama 10 tahun di JYP. Memang sebuah penantian yang panjang, tapi berbuah sangat manis terbukti dengan kesuksesan TWICE sekarang.

Sebagai trainee terlama di antara anggota TWICE lainnya, maka Jihyo dipilih sebagai leader. Pemilihan ini dilangsukan secara anonim oleh member TWICE sendiri lho.. Bahkan kabarnya, JYP tidak ikut andil dalam pemilihan kepemimpinan ini.

Oke, kita move on ke fakta berikutnya! Jihyo punya banyak julukan, tapi yang paling melekat adalah "Hyo-Mas" kepanjangan dari "jiHYO thoMAS." Wah kira-kira kenapa nih disebut Thomas? Kalau kamu tahu kartun Thomas yang kereta api, dari situlah awal mula julukan Jihyo. Soalnya, dia jago memperagakan sebagai Thomas si kereta api itu, lucu ya?

Sekarang kita cari tahu hal yang disukai Jihyo, yuk! Jadi, Jihyo pernah mengatakan kalau dia suka smoothie, ayam, dan daging. Jangan pernah kasih Jihyo buah nanas, soalnya Jihyo punya alergi sama buah itu. Satu lagi, Jihyo nggak suka makanan mentah~

6. Mina

Mina TWICE
  • Nama Panggung: Mina (미나) 
  • Nama Korea: Myoui Mina (名井 南)  
  • Nama Inggris: Sharon
  • Tempat & Tanggal Lahir: Texas, Amerika - 24 Maret 1997
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Sub Vocalist
  • Golongan Darah: A
Loh, ada orang Amerika di TWICE? Hmm... sebenarnya Mina ini dulunya orang Amerika karena lahir dan pernah tumbuh di Amerika. Namun, pada tahun 2019, Mina melepaskan kewarganegaraan Amerika dan menggantinya kewarganegaraan Jepang. Bisa baca sumbernya di sini.

Karena memiliki pengalaman dan budaya berbahasa sebagai orang Amerika, makanya jangan heran ketika Mina sering menyanyikan part dalam bahasa Inggris, karena memang itu spesialisasi Mina~ Selain cukup fasih berbahasa Inggris, Mina juga memiliki bakat dalam menari ballet.

Kemampuan ballet-nya bahkan dikagumi oleh Park Jin Young saat acara SIXTEEN. Karena jago nari ballet nih... Mina dapetin julukan Black Swan. Selain dijuluki sebagai Black Swan, Mina juga disebut sebagai Penguin karena gaya berjalannya yang lucu dan imut seperti Penguin. 

Nah, untuk kepribadiannya sendiri, Mina ini termasuk anggota TWICE yang paling kalem di antara anggota lainnya. Dia ini tipikal orang yang diam saat sedang marah. Dia juga bukan tipe yang banyak omong dan termasuk dalam kategori Introvert. Dalam tes MBTI-nya, mina mendapatkan hasil ISFP-T. Ada yang sama dengan Mina?

Puas bahas kepribadiannya, aku mau menceritakan sedikit perjalanan Mina sebelum jadi member TWICE. Jadi... Mina ini di-casting oleh staf JYP saat dia sedang belanja sama mamanya. Setelah lolos casting di Jepang, akhirnya Mina memutuskan untuk memulai karir idol-nya ke Korea. Dan... saat menjadi trainee di JYP, Mina adalah salah satu trainee paling populer di antara trainee lainnya lho..

7. Dahyun

Dahyun TWICE
  • Nama Panggung: Dahyun
  • Nama Korea: Kim Da Hyun (김다현)   
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seongnam, Gyeonggi-do, Korea Selatan - 28 Mei 1998
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Rapper, Sub Vocalist
  • Golongan Darah: O
Kalau Mina berkepribadian Introvert, beda dengan Dahyun. Dia ini menyandang MBTI tes dengan tipe ESFJ-T, yang artinya Dahyun ini member TWICE yang extrovert. Dan benar! Dahyun adalah salah satu member TWICE yang selalu bertingkah absurd, yang paling jago menghidupkan suasana menjadi lebih menarik dan ceria.

Saking cerianya, sebelum Dahyun debut, dia sempat viral berkat tarian elang (eagle dance) yang pernah ditayangkan saat pre-debut. Tarian elang yang super atraktif itu sangat terkenal dan sering diikuti beberapa artis lainnya lho.. ya.. sebegitu cerianya Dahyun ini, nggak akan bosen dan berhenti ketawa kalau lihat tingkah Dahyun!

Keunikan lain dari Dahyun adalah, dia jago mengidentifikasi kamera. Walau kameranya berada di jarak yang sangat jauh dari dia, pasti Dahyun bisa melihatnya! Nggak cuma lihat, dia langsung berpose di depan kamera itu. Padahal, dia sendiri mengaku bahwa matanya minus, tapi dia pakai kontak lensa sih...

Nah, Dahyun juga populer sejak zaman pre-debut, karena dia juga muncul di berbagai MV para artis JYP, di antaranya adalah GOT7’s “Stop Stop It” MV dan Wooyoung’s “Rose” (Japanese) MV. Ternyata, kemampuan akting di MV ini membawanya ke dalam mini drama bersama Cha Eunwoo dan Moonbin  ASTRO lho, udah pernah nonton?

Lalu apa julukan Dahyun, ya? Selain sebagai happy virus-nya di TWICE, Dahyun juga disebut 'tofu.' Kenapa kira-kira, tuh? Karena... Dahyun punya kulit yang sangat putih layaknya tahu, makanya disebut tofu, kadang juga disebut sebagai Dubu~

Nah, sekarang aku mau bikin kalian tercengang dengan Dahyun! Dahyun memang punya aura dan sikap yang idol banget. Sebelum masuk sebagai trainee JYP, ternyata dia pernah mengikuti audisi di dua agensi besar lainnya, yaitu SM dan YG. Dan tahukah kamu, Dahyun lolos audisi di BIG3 agensinya Korea (SM, YG, dan JYP), tapi dia memilih JYP~ keren ya?

8. Chaeyoung

Chaeyoung TWICE
  • Nama Panggung: Chaeyoung 
  • Nama Korea: Son Chae Young (손채영) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan - 23 April 1999 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup:  Main Rapper, Sub Vocalist
  • Golongan Darah: B
Yuk, mulai masuk ke urutan member TWICE termuda, ada Chaeyoung. Bukan yang paling muda, tapi Chaeyoung masih ada rasa maknae berkat badannya yang mungil, wajahnya yang imut seperti bayi. Nah, karena bayi banget, Nayeon suka memanjakan Chaeyoung layak anaknya sendiri.

Di balik wajah imutnya, Chaeyoung menyimpan bakat ngegambar yang luar biasa keren. Saking keren dan hebatnya dalam menggambar, Chaeyoung lah yang berjasa mendesain logo TWICE dengan unsur huruf T dan W. Tentu saja logo buatan Chaeyoung ini masih dipakai oleh TWICE hingga sekarang (sumber: channel-korea.com)

Selain berbakat soal ngegambar, Chaeyoung juga ternyata punya bakat dalam bikin lagu. Dia dan Jihyo pernah menulis lagu untuk TWICE berjudul "Eyes Eyes Eyes". Nggak cuma itu aja, dia juga beberapa menuliskan lirik untuk bagian rapp di beberapa lagu TWICE. Hebat ya si kecil cabe rawit ini?

Soal kepribadian, dia tipikal orang yang friendly dan mudah bergaul dengan banyak orang. Chaeyoung tercatat memiliki banyak sahabat di luar member TWICE. Contohnya nih... dia dekat dengan Rose BLACKPINK dan Somi. Mereka kerap kali membagikan momen persahabatannya lewat sosmed masing-masing lho. Biasnya siapa ini?

9. Tzuyu

Tzuyu TWICE
  • Nama Panggung: Tzuyu (쯔위) 
  • Nama Asli: Chou Tzuyu (周子瑜) 
  • Nama Korea: Chou Tzu Yu (저우쯔위/주자유) 
  • Nama Inggris: Sally 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Tainan, Taiwan - 14 Juni 1999 
  • Kewarganegaraan: Taiwan
  • Posisi di Grup:  Lead Dancer, Sub Vocalist, Visual, Maknae   
  • Golongan Darah: 
Sampai deh di penghujung urutan member TWICE, ini dia maknae sekaligus visualnya di TWICE, Tzuyu!~ Selain menyandang member termuda di TWICE, Tzuyu juga disebut sebagai member paling tinggi di grupnya. Jadi, dia ini maknae tapi rasa eoni karena postur tubuhnya yang tinggi makanya dia disebut juga sebagai giant maknae.

Meski begitu, Tzuyu ini tetap memiliki kepribadian yang sedikit manja layaknya para maknae~ Hampir semua eoni-nya pengen manjain Tzuyu, tapi kadang Tzuyu merasa cringe.. Jadi jatohnya gemes banget sama Tzuyu~

Nah, ada fakta menarik semasa Tzuyu mengikuti program SIXTEEN. Sebenarnya, di awal JYP hanya ingin mendebutkan TWICE dengan 7 anggota saja. Namun, saat itu Momo dianggap sebagai member potensial dalam hal menari, jadi dia ditambahkan ke dalam TWICE.

Member satunya lagi adalah Tzuyu. Tzuyu mendapatkan voting terbanyak dari pemirsa, makanya pihak JYP pun menambahkan Tzuyu dalam grup TWICE. Jadilah sekarang TWICE beranggotakan 9 cewek cantik, menarik, dan atraktif. 

Oh iya, sebenarnya dulu Tzuyu tidak direncanakan untuk mengikuti SIXTEEN. Namun, ada satu trainee yang batal ikutan SIXTEEN maka Tzuyu dimasukkan ke dalam acara tersebut. Anyway, sejak masa SIXTEEN juga Tzuyu punya banyak julukan.

Julukannya unik-unik, ada Yoda; karena telinganya yang disebut mirip Yoda dalam film Star Wars, lalu Chocolate karena warnanya kulitnya yang eksotis, dan Chewy sesuai dengan penyebutan nama 'Tzuyu' dalam bahasa Taiwan. Fyi, Tzuyu ini adalah orang Taiwan pertama yang debut sebagai idol KPOP lho!

Selesai sudah pembahasan urutan member TWICE tertua hingga termuda~ Udah aku sebutin ya, di TWICE aku suka banget sama Nayeon. Nah, kalau kalian sukanya sama siapa nih? Ayo dong beri tambahan informasi seputar TWICE di kolom komentar ^-^)/

Twitter: @JYPETWICE 
Twitter (Japan): @JYPETWICE_JAPAN 
Instagram: @twicetagram 
Instagram (Japan): @jypetwice_japan 
Youtube: Twice 
Youtube (Japan): TWICE JAPAN OFFICIAL 
V Live: TWICE 
TikTok (Japan): @twice_tiktok_officialjp

Comments

  1. Usia para personilnya TWICE ini tidak jauh-jauh amat dan masya Allah-nya terlihat seumuran dan sama-sama cantik. Tentunya talentanya juga luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Pada cantik cantik ya Eonni eonni Korea ini. Kalau aku suka TZuyu deh lebih anggun ya penampilannya. Atau karena memang begitu dandanannya ya ?

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata Tsuyu dari taiwan ya. Jadi makin beragam ya idol kpop. Jadi inget kaya Nickhun yang dari thailand terus dita dari Indonesia. Makin beragam dan pastinya menegaskan kalau idol kpop tuh emang bisa siapa aja asalkan mau kerja keras dan punya skill ya

    ReplyDelete
  4. enggak paham member idol twice baca ini jadi kenalan deh, emang idol KPOP itu perjuangannya keras ya

    ReplyDelete
  5. Waaa panjang!! Jadi pengen nyanyi Cheer up Baby! Cheer up Baby!

    Btw Aku taunya cuma Momo, Sana, sama, Tzuyu, yang lain masih mencoba mengingat-ngingat wajahnya. Sekarang jadi tau member lainnya deh.

    ReplyDelete
  6. Aku ga mudeng sama sekali dengan perartisan Korea gini mba. Tapi seneng banget lihat kecantikan member Twice ini, seger seger gitu yaa... pantes jadi idola banyak orang.

    ReplyDelete
  7. Sampai bingung aku. Dari sekian itu kok nggak ada yang tidak cantik ya. Semua cantik...

    ReplyDelete
  8. Berarti Ori termasuk seorang ONCE ya.. dan TWICE akan membalas cintamu duakali lebih besar.. oh so sweet

    ReplyDelete
  9. Hyo-Mas kupikir apa, tahunya berasal dari kartun thomas, receh banget 😂
    Ternyata icon twice berasal dari warga negara yg berbeda, ada taiwan juga.

    ReplyDelete
  10. Aku juga kayaknya pernah beberapa lagu TWICE suka deh mba, salah satunya YES or YES asyik didengerin di perjalanan semangat jadinya. Ternyata ini urutan membernya, banyak banget soalnya ya girls band korea tuh personelnya dan mulus-mulus hihi.

    ReplyDelete
  11. Dominan golongan darah A yaaaa Twice. Disatukan sama O dan B jadi kompak banget. Btw ternyata ada yang lama jadi trainee dan ada yang semudah itu ditarik JYP.

    ReplyDelete
  12. Girlsband Korea bisa cantik2 gitu ya, waah..baca ini diriku jadi tahu artis2 Korea ya..yang cantik bikin ngiri orang2 Indonesia untuk bisa berdandan ala mereka.
    Bio-nya lengkap banget sampai ada golongan darah..
    Terima kasih Mbak, sukses selalu..

    ReplyDelete
  13. Selalu suka lagunya twice karena bikin semangat Mbak! Terima kasih artikelnyaa...

    ReplyDelete
  14. Twice lagunya asyik-asyik dan mereka aktif banget comeback ya, aku juga paling suka nayeon mukanya gemesin banget dan ceria

    ReplyDelete
  15. cantik-cantik sekalii 😍 Jungyeon terlihat mirip Lisa Blackpink yah di siniii

    ReplyDelete
  16. Grup2 korea ru membernya banyak juga yg dari Jepang ya. Beberapa kali baca postingamu yg ngereview pasti ada aja orang Jepangnya

    ReplyDelete
  17. Kalau lihat girl band korea gini berasa tua aku tu wkwkwkkwk, mereka muda2 dan udah keren gitu kariernya.. klo girlband korea itu anggotanya bs dr berbagai negara ya Mba

    ReplyDelete
  18. semuanya kinclong-kinclong dan nampak sangat energik penuh gairah yaaaa..... pantesan deh para remaja dan kaum muda pada seneng ama artis2 korea ini. kalau saya mah ya pengamat aja dan manggut manggut hehehehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda