Skip to main content

Urutan Member Billlie Tertua hingga Termuda, Punya Lagu Debut yang Unik!

Billlie

Baru banget Billlie debut tanggal 10 November 2021 kemarin, dan aku langsung penasaran. Mereka debut dengan lagu yang unik banget menurutku, judul lagu utamanya adalah RING X RING. Saat pertama kali denger dan nonton MV-nya, emang agak kurang earcatchy.

Tapi, aku dengerin secara berulang, ternyata RING X RING not bad, and feel addictive into it! Love it~ Setelah itu, aku pun mulai cari tahu, siapa Billlie, kapan debutnya, dari agensi mana, dan siapa saja sih membernya? Cukup mengejutkan, beberapa member Billlie ternyata udah terkenal sejak lama. 

Yang menarik bukan hanya member-nya aja, soalnya Billlie ini ternyata di bawah naungan agensi Mystic Story Entertainment, yang mana mereka adalah cabang agensi dari SMent. No wonder, kalau lagu Billlie awalnya terdengar aneh tapi nagih. Gaya SMent banget!

Jadi, begini awal mula terbentuknya grup Billlie... 

Pada tahun 2020 di bulan Februari, Mystic Story membuka sebuah akun Instagram bernama "MYSTIC Rookies." Dalam grup tersebut, ada 7 orang anggota, yaitu Moon Sua, Suhyeon, Haram, Tsuki, Siyoon, Lee Soomin dan Takeuchi Miyu. Aku nggak asing sama sama Sua dan Miyu, karena sempat populer sebelumnya.

Kemudian, Soomin dan Miyu memilih hengkang dari Mystic Story dan MYSTIC Rookies pun hanya tersisa 5 orang. Lanjut~~ Mystic Story pun menganggetkan penggemar dengan kehadiran video practice dance yang bekerjasama dengan 1MILLION Dance Studio. Dalam videonya, ada Sua, Suki, dan Siyeon yang menarikan lagu Diva milik Beyonce.

Setelah itu, mereka kembali merilis video menari lagi yang diisi oleh 3 member lainnya, yaitu Suhyeon, Haram, dan Haruna. Nah, di sini Haruna baru masuk sebagai member baru dan akhirnya kini terbentuklah girl group dengan nama Billlie. Mereka memulai karir idolnya dengan mini album bertajuk The Billage of Perception : Chapter One.

Menarik banget perjalanan Billlie, tapi yang lebih menarik adalah para member-nya. Menurutku mereka semua potensial dan punya signature-nya sendiri. Bahkan, bakat mereka juga terasah dengan baik. Penasaran? Yuk, kita kenalan satu persatu! Inilah urutan member Billlie tertua hingga termuda. Fyi, Billlie nggak punya posisi leader, ya~

Baca Juga: Jenis-Jenis Album KPOP

1. Sua

Moon Sua
  • Nama Lengkap: Moon Su A (문수아)
  • Nama Panggung: Sua (수아)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Korea, 9 September 1999
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Rapper, Lead Vocalist
  • Golongan Darah: O
  • Instagram: @a_su_moon
Mungkin beberapa KPOPers udah nggak asing banget sama Sua. Aku sendiri pun udah nggak asing, karena dulu Sua cukup terkenal. Yup~ Sua adalah mantan trainee YGent sekitar 10 tahun. Saat itu, Sua sempat dirumorkan akan debut dalam girlband barunya YGent, tapi sayangnya Sua harus gagal debut.

Sejak itu, Sua pun hengkang dari YGent dan melanjutkan mimpi serta karirnya di Mystic Story. Selama jadi trainee juga Sua nggak pernah menurunkan semangatnya dan terus mengasah kemampuan bakatnya dengan mengikuti berbagai ajang kompetisi.

Sua paling jago di bidang rapping, makanya ia mengikut kompetisi khusus rapper yang bertajuk Unpretty Rapstar 2 pada tahun 2015. Kemamapuan rapping Sua ternyata emang bagus banget, makanya nggak heran dia keluar sebagai juara ketiga pada kompetisi itu. Berkat hal itu juga, Sua juga punya lagu yang dinamai 'Who Am I.'

Selain itu, Sua juga udah terbiasa berlenggok di depan kamera. Di tahun 2011, saat ia masih menjadi trainee di YGent, Sua sempat muncul di MV GD&TOP BIG BANG yang berjudul 'Knock Out.' 

Fyi nih ada satu fakta lagi yang harus kalian tahu, chingudeul~ Sua ini adalah adik dari Moonbin - ASTRO lhoooo~~ Juga, Sua cukup dekat dengan beberapa idol lainnya, seperti Jisoo - BLACKPINK, SinB - GFRIEND, Jiyoon - 4Minutes, Heize, Suhyun - Akdong Musician, hingga aktris Kim Sae Ron.

2. Suhyeon

Suhyeon
  • Nama Lengkap: Kim Su Hyeon (김수현)
  • Nama Panggung: Suhyeon (수현)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Korea, 5 Januari 2000
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Vocalist, Dancer, Rapper
  • Golongan Darah: O
  • Instagram: @su_hyun1052
Oke lanjut ke urutan member Billlie selanjutnya ada Suhyeon. Sebenarnya Suhyeon ini biasanya lebih banyak muncul sebagai aktris, tapi dia juga nggak kalah berbakat dengan para idol KPOP lainnya, chingudeul. Kiprahnya sebagai idol KPOP udah nggak diragukan lagi karena dia juga cukup populer dengan mengikuti berbagai survival show.

Sebelum debut sebagai Billlie, Suhyeon mengikuti survival show bersama Somi, namanya Produce 101 pada tahun 2016. Sayangnya, Suhyeon harus tereliminasi di episode ke-5 dengan peringkat 69. Tapi itu nggak bikin semangatnya padam. Gagal di Produce 101, dia pun mencoba lagi di acara serupa yang bertajuk MIXNINE pada tahun 2017-2018.

Nah, sebenarnya Suhyeon berhasil sampai episode terakhir dan hampir debut! Tapi sayangnya, saat itu tim Suhyeon harus kalah dari tim para idol cowok. Ternyata, kegagalannya kali ini juga nggak bikin Suhyeon nyerah, justru dia mencoba hal baru, yaitu bermain peran.

Di tahun yang sama dengan MIXNINE, Suhyeon pun debut akting pertamanya dalam drama Girls' Generation 1979. Sejak itu, tawaran drama Suhyeon pun semakin laris, dia juga sempat menjajal peran dalam drama A-Teen sebagai Yeo Boram. Selain dua drama tadi, Suhyeon juga pernah tampil di drama Go Back Diary, Top Management, dan Just Dance.

Bahkan nih, Suhyeon juga sempat muncul di MV-nya Seventeen yang berjudul Chocolate. Sadar ada Suhyeon di sana? Nah, tapi.... chingudeul harus tahu kalau kemampuan Suhyeon bukan soal akting aja, karena suaranya juga bagus! Hal itu terbukti dengan kehadiran solo song-nya, yaitu Around the World.

Suaranya itu... sangat jelas tapi lembut, cuma nggak terlalu lembut. Asyik banget denger suara Suhyeon, cukp strong~ Mau dengerin juga? Coba deh kalian klik link ini. Oh iya, ada fakta lainnya lagi! Suhyeon juga punya brand Lip Tint sendiri lhoooo~~ Kepoin aja lewat Instagramnya yaa.

3. Haram

Kim Haram
  • Nama Lengkap: Kim Ha Ram (김하람) 
  • Nama Panggung: Haram (하람) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Korea, 13 Januari 2001 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Vocalist, Sub Dancer
  • Golongan Darah: O
  • Instagram: @harami_beam
Belum banyak fakta tentang Haram, tapi setahuku dia punya bakat di bidang vokal. Menurut penuturan dari KProfiles dan KPOP Wiki, Haram ini punya vokal yang bagus, makanya jangan heran kalau Haram mengemban posisi di grup sebagai vokalis utama.

Kehebatan vokal dari Haram juga terbukti dimana dia pernah menjuarai kontes SM’s ‘Everysing’. Berkat prestasinya itu, Haram mendapatkan kesempatan untuk dilatih oleh para pelatih vokal di SMent. Karena vokalnya bagus, akhirnya Haram pun direkomendasikan untuk masuk ke cabang agensi SMent, yaitu Mystic Story.

Dari sana juga, bakatnya terasah dengan baik hingga sekarang debut bersama Billlie. Nah, sekarang kita bahas kesukaannya. Haram ini ternyata seorang SONE (nama fans SNSD). Dia jug menyebutkan bahwa Taeyeon adalah member SNSD favoritnya.

Selain Taeyeon, dia juga mengatakan nge-fans dengan Ariana Grande. Dan... udah nggak usah ditanya soal kemampuan dua penyanyi tadi ya, bagus banget! Oh iya, Haram juga ernah muncul di acara YouTube bernama Jea lalala bersama Soomin. Itu aja fakta yang aku tahu, nah kalau kalian punya fakta menarik lain tentang Haram, coba tulis di kolom komentar~

4. Tsuki

Fukutomi Tsuki
  • Nama Lengkap: Fukutomi Tsuki (福富月)
  • Nama Panggung: Tsuki (츠키) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Hyogo - Jepang, 21 September 2002
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Main Dancer
  • Golongan Darah: -
  • Instagram: @talways_tari
  • Twitter: @talways_tari
Yup~~ di Billlie juga ada member dari Jepang, namanya Fukutomi Tsuki. Akrabnya bisa panggil Tsuki aja, ya. Nah, kalau Tsuki ini punya cukup banyak pengalaman soal trainee. Dulu, Tsuki pernah mengikuti audisi JYP, tapi sepertinya gagal. Soalnya, setelah itu Tsuki masuk ke agensi SMent.

Selama menjalani pelatihan di SMent, Tsuki dikenal dengan nama lain, yaitu Ravi. Tapi, Tsuki ini nggak pernah masuk dalam list SM Rookies ya, chingudeul~~ Karena pernah menjadi trainee SMent, Tsuki juga berteman dengan NingNing - aespa dan Koeun mantan SM Rookies.

Tapi sepertinya setelah itu Tsuki hengkang dari SMent dan debut dalam grup bernama MAGICOUR, sebuah girl group dari Jepang yang debut pada tahun 2020. Lalu, Tsuki dinyatakan lulus dari grup tersebut dan melanjutkan karir idol-nya dengan Mystic Story yang sekarang debut dengan Billlie.

Sebelumnya juga, Tsuki pernah diasumsikan akan masuk dalam line-up bersama Nizi Project. Sebelum debut juga, Tsuki pernah muncul dalam Popteen Magazine Cover Girl War bersama Kim Siyoon. Karena sering melanglang buana menjajal berbagai macam pengalaman dalam dunia entertainment, jangan heran kalau Tsuki udah punya fandom sendiri.

Fandom Tsuki bernama Tarutaru dengan logo bulan. Berkat hal itu pula, Tsuki punya berbagai macam nama panggilan, di antaranya adalah Taru-chan, moon bunny, dan best Kim Tzuki. Kalau berbicara soal bakat, Tsuki paling jago soal nari, terutama Korean Dance. Bahkan, dalam grupnya sendiri pun Tsuki disebut sebagai bright dance teacher dan Japanese teacher.

5. Siyoon

Siyoon
  • Nama Lengkap: Kim Siyoon (김시윤)
  • Nama Panggung: Siyoon (시윤)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Korea, 16 Februari 2005 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Rapper, Dancer
  • Golongan Darah: -
  • Instagram: @see_uniuni 
  • Twitter: @SEE_UniUni
Lanjut ke urutan member Billlie yang ke-5, ada Siyoon dengan nama lengkap Kim Siyoon. Kalau dilihat dari nama, tentu saja dia ini orang Korea Selatan asli, ya~ Nah, untuk faktanya juga belum terlalu banyak, namun setahuku Siyoon ini punya bakat dalam bidang rapping. 

Selain nge-rapp, Siyoon juga jago untuk menuliskan lirik bagian rapp lho. Kemampuan menulis liriknya itu dibuktikan di dua lagu Billlie yang berjudul RING X RING dan The Rumor. Ia menuliskan beberapa lirik khusus untuk rapp. Keren, baru debut langsung bisa menyumbangkan ide kreatif, salut!

Pengalamannya sebelum debut, Siyoon pernah menjadi model untuk MV di lagu Love Style milik boyband bernama BOYFRIEND. Nggak cuma itu aja, bahkan Siyoon pun menjadi model reguler untuk majalah Popteen, sebuah majalah fashion remaja di Jepang. Itu aja sepertinya yang aku tahu, kalau kamu tahu fakta lainnya, bisikin ke aku ya~

6. Haruna

Osato Haruna
  • Nama Lengkap: Osato Haruna (はるな)  
  • Nama Panggung: Haruna (하루나) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Jepang, 30 Januari 2006
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Posisi di Grup: Sub Dancer, Sub Vocalist, Maknae
  • Golongan Darah: -
Perkenalkan maknae Billlie, namanya Osato Haruna. Lebih gampangnya dipanggil Haruna aja, ya. Udah bisa ketebak dari namanya, Haruna ini orang Jepang kelahiran 2006. Di usianya yang masih belia, ternyata Haruna membuktikan bakatnya sebagai idol dengan mampu debut di grup Billlie. Selamat Haruna~

Belum banyak fakta tentangnya, tapi aku bakal kasih tahu beberapa fakta yang menurutku wajib diketaahui sama penggemar Billlie, terutama Haruna. Jadi, Haruna termasuk salah satu member dengan jangka pelatihan tercepat. Tercatat, Haruna baru masuk menjadi trainee di Mystic Story Entertainment pada tahun 2021. Dan... di tahun yang sama, Haruna pun langsung berhasil debut, keren!~

Sebelumnya, Haruna mengasah bakatnya melalui sebuah akademi menari bernama GPstudio. Setelah bakatnya semakin terasah, Haruna pun memberanikan diri untuk mengikuti audisi di Mystic Story dengan membawakan lagu Nijiiro - Ayaka. YES, Haruna berhasil~

Nah, untuk fakta lainnya, Haruna punya sebutan lucu, chingudeul.. Ada dua nicknames Haruna, yaitu turtle maknae, dan Runa. Kalau kamu suka nyebut apa nih? Oh iya, Haruna pernah menyatakan bahwa dia punya hobi nonton. Juga.. Dia memilih Seulgi - Red Velvet sebagai role model-nya. Semoga bisa satu panggung sama role model-nya ya, Runa~

Yuppp~ Itu tadi pembahasan urutan member Billie tertua hingga termuda, serta sedikit fun facts setiap anggotanya. Menurutku, Billlie ini sebuah girlband yang potensial. Mereka menampilkan warna yang unik dengan anggota-anggota yang menarik. Kalau menurut chingudeul, otte?

Instagram: @billlie.official
Facebook: Billlie.official
YouTube: @Billlie

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons