Skip to main content

Urutan Album aespa Tahun 2020 - 2021, Bisa Masuk Dunia Kwangya!

Urutan Album Aespa

Hai Ae~ Siapa nih yang ikut nge-stan aespa seperti aku?! Kalau lagi nge-fans salah satu idol Korea, pasti bawaannya ingin 'menginvestasikan' uang ke barang-barang para bias, salah satunya adalah album. Udah cukup lama aku menjadi kolektor album KPOP dengan berbagai jenis album yang unik!

Kebetulan sekarang aku lagi nge-stan aespa, sebagai kolektor album KPOP pun aku tertarik banget untuk melirik album aespa yang beda banget dari yang lain. Kenapa bisa beda? Pasalnya, salah satu album aespa ini bisa masuk ke dunia Kwangya.

Fyi, yang belum tahu, Kwangya itu adalah dunia virtual dari para anggota aespa. Dunia Kwangya digambarkan sebagai dunia yang lebih modern dan diisi oleh warga Kwangya yang digambarkan berbentuk virtual animasi gitu~ Unik banget deh!

Nah, meski aku bukan warga Kwangya, tapi aku bisa juga merasakan sensasi menjadi warga Kwangya dan masuk ke dunianya dengan cara meng-scan sebuah photocard khusus yang ada di salah satu album aespa, yaitu album Savage! 

Tapi... sebelum ada album Savage, aespa punya album-album lainnya yang nggak kalah menarik plussss lagunya asyik banget. Sayangnya, sebelum muncul album Savage, semua album pertama aespa belum dicetak dalam bentuk fisik, ya. Jadi, bisa dibilang bahwa album Savage adalah album fisik pertama dari aespa. 

Penasaran? Berikut aku mau menjelaskan secara rinci mengenai urutan album aespa tahun 2020 - 2021. Ae harus tahu dan harus punya!

1. aespa ‘Black Mamba’

aespa black mamba
  • Album Type: Single
  • Version: No Album
  • Genre: Dance
  • Record Label: SM ENTERTAINMENT
  • Distribution: ETC
  • Release Date: 2020.11.17
Di urutan pertama, aespa punya Single Album yang disebut dengan 'Black Mamba.' Sesuai dengan albumnya, Black Mamba cuma punya satu lagu aja dengan judul yang sama, makanya dia disebut 'single album.' 

Sebagai album pertama dan satu-satunya lagu yang ada di album ini, Black mamba langsung memikat para KPOPers. Fyi, lagu Black Mamba juga yang berhasil membuat aespa membawa pulang trofi pertama mereka dalam acara musik di KorSel. 

Nggak mudah buat menang di acara musik KorSel, apalagi saat itu aespa baru debut, alias masih rookie. Berkat kemenangannya itu, aespa juga dijuluki sebagai Rookie Monster! Julukan itu biasanya dianugerahi untuk para grup yang baru debut tapi udah dapet kesuksesan besar! Keren banget, kan?!

2. aespa ‘Forever (약속)’

aespa Forever
  • Album Type: Single
  • Version: No Album
  • Genre: Ballad
  • Record Label: SM ENTERTAINMENT
  • Distribution: ETC
  • Release Date: 2021.02.05
Black Mamba punya ciri khas lagu yang enerjik, makanya lagu Black Mamba punya genre 'dance.' Tapi, kalau kamu tipe orang yang suka lagu mendayu-dayu dan soft banget, bisa dengerin lagu dari album Forever (약속). 

Tipe albumnya masih Single, yang artinya album ini cuma punya satu lagu aja dan lagu itu juga punya judul yang sama dengan nama albumnya, yaitu Forever (약속). Aku pribadi suka banget sama lagunya, karena di lagu ini semua anggota aespa menunjukkan bakatnya dalam menyanyi.

Suara para main vocalist aespa pun sangat terdengar sangat indah dan enak banget didenger pas lagi hujan! Oh iya, di sini juga para rapper dan dancers aespa juga nggak kalah menunjukkan kualitasnya dalam olah vokal di lagu Ballad lho! Penasaran? Nih coba dengerin lagunya di link ini

3. aespa Single ‘Next Level’

aespa next level
  • Album Type: Single
  • Version: No Album
  • Genre: Dance
  • Record Label: SM ENTERTAINMENT
  • Distribution: ETC
  • Release Date: 2021.05.17
Masuk ke tahun 2021 memang aespa mulai aktif banget buat ngerilis album, ya walaupun kali ini albumnya juga masih berada di tipe Single dan belum punya album fisik. Kali ini SMent manjain para ae dengan album Next Level berisi satu lagu yang berjudul sama.

Aku yakin banget, mungkin sebagian besar KPOPers pasti pernah denger dan tahu lagu ini, iya kan? Karena lagu Next Level ini emang asyik banget, nagih banget buat didenger terus-terusan. Apalagi pas bagian "I am The Next Level yeahhh~" 

Hayo ngaku! Karena aku pun sampai saat ini masih ketagihan sama lagu Next Level. Ada yang sama kaya aku? Nah, karena kekuatan lagunya yang super keren dan nagih ini, popularitas aespa langsung melejit sampai ke puncak!

Bahkan, karena lagu ini juga banyak idol KPOP senior hafal dengan gerakan narinya lho~ Kamu salah satu yang hafal dance Next Level? Ada info lebih menarik lagi, kamu tau gak sih kalau lagu Next Level ini pernah kena banned alias dilarang di KorSel?

Nah, ternyata saking adiktifnya lagu Next Level, pemerintah KorSel melarang pemutaran lagu Next Level selama masa ujian, termasuk saat ujian masuk universitas. 

Alasannya, karena lagu ini bikin nagih sehingga anak-anak yang mau ujian bakal hilang konsentrasi belajar dan malah lebih hafal sama lagu Next Level. Penasaran segimana asyiknya lagu aespa Next Level? Cek di sini.

4. iScreaM Vol.10 : 'Next Level' Remixes

iScream aespa
  • Album Type: Digital Single
  • Version: No Album
  • Genre: ETC
  • Record Label: SM ENTERTAINMENT
  • Distribution: ETC
  • Release Date: 2021.09.14
Nah, kalau album ini cuma berisi lagu Next Level tapi di-remix. Bisa dibilang, hasil lagu remix ini membawa vibes yang beda dari lagu Next Level original-nya. Mungkin nggak semua orang bisa menikmati lagu hasil remix, tapi menurutku lagunya masih asyik buat didengerin kok.

Oh iya, di album remix ini ada tiga lagu tapi semuanya berisi lagu Next Level yang sudah di-remix oleh tiga composer yang berbeda. Dan... ketiga lagu remix ini hanya ada di platform pemutaar musik online, nggak ada di YouTube juga. 

Ketiga judulnya masih sama, tapi nama versi remix-nya disesuaikan oleh para composer, yaitu Next Level (Habstrakt Remix), Next Level (IMLAY Remix), dan Next Level (Lionclad Remix). Di sini member aespa nggak rekaman ulang, ya chingudeul~~

5. aespa The 1st Mini Album 'Savage'

album aespa savage
pic source: YouTube shawolzenl
  • Album Type: Mini
  • Version: 3 Versi (P.O.S Vers, Synk Dive Vers, Hallucination Quest Vers)
  • Genre: Dance
  • Record Label: SM ENTERTAINMENT
  • Distribution: ETC
  • Release Date: 2021.10.05
Ini dia album aespa yang pertama punya bentuk fisiknya. SMent mengemasnya dalam sebuah tipe Mini Album dimana album Savage punya 6 lagu di dalamnya, di antaranya adalah ænergy, Savage, I'll Make You Cry, YEPPI YEPPI, ICONIC, dan Lucid Dream.

Untuk lagu utamanya itu judulnya Savage, dan lagu tersebut dibuat dalam sebuah MV yang bisa kamu tonton di Channel YouTube aespa, ya! Tapi lagu Savage ini mungkin lebih cocok didengarkan oleh beberapa orang aja, karena lagunya memang lebih unik juga enerjik dibandingkan lagu-lagu sebelumnya.

Dan, untuk yang lebih doyan dengerin lagu dengan vibes yang lembut, bisa dengerin lagu Lucid Dream. Tapi kalau yang mau lebih enerjik dengan vibes berbeda dari lagu Savage, boleh coba dengerin lagu ænergy. Nah, untuk albumnya sendiri, aespa memberikan tiga bentuk album fisik yang berbeda, disebutnya punya 3 versi album.

Ketiga album tersebut adalah P.O.S Version, Synk Dive Version, dan Hallucination Quest Version. Menurutku, yang paling menarik adalah P.O.S Version. Di dalam album ini, kamu bakal dapetin AR PhotoCard berupa dua foto member-nya, dan PhotoCard untuk masuk ke dunia Kwangya! Inovatif dan kreatif banget~~

Kalau biasanya album cuma berisi piringan CD, album foto, PhotoCard, dan lirik lagu aja, kalau di album aespa yang P.O.S Version ini kamu bisa liat PhotoCard yang bergerak! Bahkan, PhotoCard lainnya bakal nunjukkin visual dari dunia Kwangya yang ditempatin para member aespa. 

Keren banget kan!! Aku sendiri punya albumnya, emang keren dan satisfying banget. Jadi, kalau liat album aespa nggak ngerasa bosen, dan malah sering buka karena seneng liat foto bergerak sambil rasain masuk dunia Kwangya. Penasaran? Bakal aku ceritain lebih rinci di artikel selanjutnya, ya~~

Meski belum banyak album yang dirilis aespa, tapi nggak bisa dipungkiri kalau semua album beserta lagu-lagu di dalamnya menjadi super hit banget. 

Hampir semua lagunya punya vibes yang asyik dan enerjik. Menurutku, semua lagu aespa juga menunjukkan karakter dari grup aespa sendiri, gimana nih kalau menurut kamu, chingudeul?

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons