Skip to main content

Profil dan Urutan Member ATEEZ Tertua hingga Termuda, Banyak 99 Liners!

ATEEZ

Eight Make One Team!

Mengesankan buatku, karena slogan dari grup yang debut tahun 24 Oktober 2018 ini sangat unik dan bermakna banget. Kalau dengar slogannya, aku bisa langsung menyimpulkan: "OH Grup ini punya 8 member!" Simpel banget ya?

Nah, selain punya slogan/greeting yang unik, ATEEZ juga punya penamaan yang beda dan ear catchy juga mudah diingat. ATEEZ merupakan singkatan dari "A Teenager Z" atau bisa diartikan juga sebagai "A to Z." Apa tuh maknanya? Jadi, mereka berharap semua orang bakal menyukai ATEEZ dari A sampai Z, alias bakal suka semua tentang ATEEZ.

Uniknya, beberapa juga menyebutkan kalau makna huruf "A" sendiri merupakan kepanjangan dari "anyone." Maksudnya "setiap orang menyukai grup ini sampai Z." Menarik ya? Nggak kalah unik, nama fandom ATEEZ sendiri juga menyentuh hati. Mereka yang fans-nya ATEEZ disebut dengan ATINY. 

Bisa tebak nggak artinya apa? Aku kasih tau deh ya... ATINY sendiri singkatan dari ATEEZ + DESTINY. sweet banget kan? Jadi para fans dan semua anggota ATEEZ seolah ditakdirkan untuk selalu bersama mendukung satu sama lain!

Puas bahas soal penamaan, sekarang aku mau sedikit kasih info soal prestasi ATEEZ. Mereka termasuk Grup KPOP generasi keempat yang bertalenta dengan segudang prestasi. Beberapa penghargaan yang pernah diraih, antara lain:

  • Next Generation Award at the 2019 Golden Disc Awards
  • Worldwide Fans' Choice at Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2019 & 2020
  • 4th Generation Leaders by the Korean Ministry of Culture, Sports, and Tourism
  • dll...
Kalau dijabarin panjang banget deh! Dari banyaknya penghargaan bergengsi yang didapatkan, nggak heran ATEEZ cukup tenar. Apalagi konsep ATEEZ yang dibilang sangat swag dan serba rapping ini juga bikin banyak fansnya kagum! 

Makin penasaran, siapa saja sih anggota ATEEZ sampai bisa membawa pulang berbagai trofi bergengsi? Aku udah mengurutkan ke delapan member-nya dari yang tertua hingga termuda. Simak ya!

1. Seonghwa

Seonghwa ATEEZ
  • Nama Panggung: Seonghwa (성화)
  • Nama Asli: Park Seong Hwa (박성화)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Jinju, Gyeongnam, Korea Selatan - 3 April 1998
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Vocalist, Visual
  • Golongan Darah: O
Di urutan member tertua ada yang namanya Seonghwa. Meski dia yang tertua, tapi Seonghwa bukanlah pemimpin grup, ya. Tidak semua idol KPOP tertua jadi pemimpin! Meski begitu, Seonghwa lebih dikenal sebagai vokalisnya ATEEZ. Lucunya, saat audisi untuk gabung bersama ATEEZ, ia menampilkan diri sebagai rapper. Tapi, setelah debut ternyata dia diposisikan sebagai vokalis!

Selain itu, ia juga kerap kali dianggap sebagai "ibu" untuk semua anggota ATEEZ karena hobi banget masak dan beres-beres. Nggak cuma karena itu aja, Seonghwa juga dinobatkan sebagai tempat ternyaman setiap kali para anggota ATEEZ lainnya mau curhat. Jadi, udah nggak heran, kan, kenapa dia disebut ibunya para ATEEZ?

Udahan bahas kepribadiannya, sekarang kita bahas namanya yuk! Nama Seonghwa ini punya arti yang keren. Seonghwa = “star (bintang)” + “to become (menjadi)” jika digabung maka menjadi “to be a star (menjadi seorang bintang/idol)." 

Meski namanya sangat manis dan bermakna, tapi dia juga punya julukan unik lainnya, seperti Mars, Angry Bird, dan toothless (karakter yang ada di film animasi How To Train Your Dragon). Kenapa disebut Mars? Kalau nama "Seonghwa" dibalik maka jadi "Hwaseong" yang artinya "Mars." Nah, kalau dua julukan lainnya apa dong? Ada yang tau?

2. Hong Joong

Hongjoong ATEEZ
  • Nama Panggung: Hongjoong (홍중)
  • Nama Asli: Kim Hong Joong (김홍중)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Gyonggi-do, Korea Selatan - 7 November 1998
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Rapper, Composer, Center
  • Golongan Darah: B
Ini dia sang pemimpin dari grup, namanya Honghoong. Kalau tadi Seonghwa sebagai ibunya maka Hongjoong ini sebagai ayahnya di ATEEZ. Menurut kabar beberapa ATINY, ada yang mengatakan Seonghwa punya kepribadian yang tegas seperti ayah. Tapi dia merupakan pemimpin yang handal dan mengayomi.

Selain kepribadiannya yang cukup tegas, dia juga sangat bertelanta. Hidupnya sangat kreatif dan aktif, karena Hongjoong sudah bekerja sejak dia masa SMA. Apa kerjaannya? Apalagi kalau bukan menulis lagu! 

Bahkan nih, katanya Hongjoong jarang dateng ke sekolah karena dia lebih sering mendekam di studionya untuk bikin lagu. Iyuppp, chingudeul~ Hongjoong adalah anggota ATEEZ yang paling jago soal bikin lagu.

Dan berdasarkan informasi dari Kpoprofiles.com, Hongjoong telah membuat sekitar 40 lagu untuk grupnya lho! Yang paling bikin ATINY semakin terenyuh adalah, Hongjoong memiliki cita-cita untuk menggarap lagu bersama ATINY. Dia pengennnn banget mencantumkan nama ATINY dalam lagu hasil kolaborasinya bersama fans. Siapa yang tertarik?

3. Yunho

Yunho ATEEZ
  • Nama Panggung: Yunho (윤호)
  • Nama Asli: Jeong Yun Ho (정윤호)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Gwangju, Korea Selatan - 23 Maret 1999
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Performer, Vocalist
  • Golongan Darah: A
Urutan ketiga ini kamu bakal suka banget liat caranya menari. Yuhuuuu Jeong Yunho atau akrab disapa Yunho aja ini emang penari utamanya di ATEEZ, jadi jangan heran kalau gaya menarinya sangat enerjik super powerful, kalau istilahnya kaya 'kesurupan' tapi dalam makna positif ya!

Nggak cuma 'kesurupan' saat menari, Yunho juga dikenal sebagai anggota yang suka menaikkan mood, alias member paling 'bodor' di antara member lainnya. Hal ini juga diakui oleh Seonghwa, menurutnya Yunho selalu membuat atmosfer menjadi ceria dan lucu! Wah, tipikal cowok humoris nih!

Fakta menarik lainnya, Yunho nggak suka baca. Jadi, kalau kamu mau ngasih kado ke Yunho, hindari hadiah berupa buku. Tapi, dia mengatakan suka sama Harry Potter. Saking sukanya, dia sampe beli tongkat HarPot di Jepang! 

Selain itu, ia juga gemar dengan cerita Avenger dimana karakter favoritnya adalah Spiderman (pernah diungkapkan dalam acara KCON Interview). Apa lagi nih hal favoritnya Yunho? Ada, Seonghwa! Iya, dia memilih Seonghwa dibandingkan Hongjoong sebagai hyung favoritnya. Memang Seonghwa super keibuan, sampai semua nempel sama Seonghwa ya?

4. Yeosang

Yeosang ATEEZ
  • Nama Panggung: Yeosang (여상)
  • Nama Asli: Kang Yeo Sang (강여상)
  • Tempat & Tanggal Lahir: Pohang, Korea Selatan - 15 Juni 1999
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup:Vocalist, Performer, Visual 
  • Golongan Darah: A
Kalau diliat lebih seksama, Yeosang ini punya vibes yang mirip dengan Jaejong - JYJ, setuju nggak? Bentuk wajah serta tatapannya itu menurutku mengingatkan kita pada Jaejong. Tapi, Yeosang punya keunikannya sendiri lho.. Meski dia punya paras yang terlihat serius, sebenarnya dia ini anak yang santai dan manis.

Malah beberapa ATINY mengatakan bahwa Yeosang agak berisik. Hanya saja nggak seberisik Yunho, ya hahaha.. Oh iya, Yeosang punya hobi mengumpulkan drone. Dia ini suka banget sama yang namanya mainan drone, hingga saat ia ulan tahun pun mendapatkan 5 drone sebagai kado dari member ATEEZ. 

Selain itu, Yeosang juga dikenal punya hobi main game, sama deh kaya yang lainnya ya? Nah, kalau dia lagi kesal atau marah, Yeosang baka main skateboard untuk melepaskan rasa marahnya itu. Wah positif banget, jadinya olahraga deh!

Fyi, Yeosang ini dulu sempat menjadi trainee di agensi Big Hit, itu loh agensinya grup BTS. Makanya nggak heran kalau Yeosang menjadikan V - BTS sebagai role model. Selain V, dia juga kagum dengan Taeyong - NCT. Semoga Yeosang bisa berkolaborasi dengan mereka, ya!

5. Choi San

San ATEEZ
  • Nama Panggung: San (산) 
  • Nama Asli: Choi San (최산) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Namhae, Korea Selatan10 Juli 1999
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Vocalist, Performer
  • Golongan Darah: B
Sebelas dua belas sama Yunho, San ini member yang berisik dan menjadi moodmaker. San juga memiliki julukan "Happy Virus" karena saking nggak bisa diemnya! Ditambah lagi, San adalah teman satu kamarnya Yunho, jadi... bisa dibayangkan betapa ributnya mereka dalam satu kamar? Bikin Hongjoong pusing 😂

Meski member teribut dan terberisik, tapi semua anggota ATEEZ mengakui kalau San ini punya banyak skill. Dia bisa nyanyi, nari juga bagus, dan dia juga termasuk idol KPOP yang jago berbahasa Inggris lho. Untuk kegemaran lainnya, San suka banget baca buku. 

Udah banyak buku yang dia baca, termasuk buku berjudul "What The Cat Taught Me At The Bottom of the Sorrow." Nah, untuk genre buku yang paling dia suka itu adalah misteri dan thriller, oke San kamu satu frekuensi sama aku 👀💓

Kalau untuk makanan favoritnya, San lebih memilih coklat dan daging. Terus, dia juga bilang kalau suka ngemil snack "Oh Yes." Tuh udah aku sebutin semua kesukaan San, langsung dicatat ya, siapa tau kamu berkesempatan ngasih hadiah sesuai kesukaan San~~

6. Mingi

Mingi ATEEZ
  • Nama Panggung: Mingi (민기) 
  • Nama Asli: Song Min Gi (송민기) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Incheon, Korea Selatan - 9 Agustus 1999
  • Kewarganegaraan: Performer, Rapper 
  • Posisi di Grup: Korea Selatan
  • Golongan Darah: B
Mingi bukan member termuda, tapi dia masuk dalam maknae line (deretan anggota termuda). Ya... bisa disebut maknae lah ya, dan emang kepribadiannya juga berisik. Beda dengan cara berisiknya Yunho dan San, Mingi lebih condong seperti anak-anak. Lucu banget deh!

Seperti anak-anak, Mingi paling benci yang namanya sayur. Dia juga nggak suka sama serangga. Dan.... dia mengganggap "tidur" adalah sebagai special talent. Saking kepribadiannya seperti anak-anak dan banyak takutnya, semua anggota ATEEZ kompak bilang kalau Mingi adalah member paling penakut..

Meski begitu, talenta Mingi ini nggak main-main karena memang sudah diasah sejak lama. Tercatat, Mingi pernah berlatih menari di Seungri’s Dance Academy bersama Yunho. Lalu, dia juga turut diterima oleh Joy Dance and Plug In Music Academy Incheon. Jadi, jangan heran kalau rapper yang satu ini punya gerakan tari yang begitu luwes~

7. Wooyoung

Wooyoung ATEEZ
  • Nama Panggung:  Wooyoung (우영) 
  • Nama Asli: Jung Woo Young (정우영) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Ilsan, Gyeonggi-do, Korea Selatan - 26 November 1999
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Performer, Vocalist 
  • Golongan Darah: A
Masih ada satu lagi member ATEEZ yang lahir di tahun 1999, aku kenalin ya namanya Wooyoung. Karena dia termasuk geng 1999 di ATEEZ, jadi bisa ambil kesimpulan bahwa Wooyoung juga sama berisiknya dengan member 99 liners lainnya di ATEEZ. 

Hal tersebut bahkan diungkapkan melalui Forbes Interview. Menurut informasinya, saat di atas panggung, Wooyoung bisa menampillkan aura yang sangat seksi. Namun, saat sudah off stage maka dia berubah menjadi sangat playful dan cool.

Informasi lainnya soal Wooyoung, dia ini merupakan mantan trainee Big Hit, sama seperti Yeosang. Makanya, Wooyoung memilih grup BTS sebagai grup KPOP favoritnya. Lebih spesifiknya lagi, dia menyebutkan Jimin - BTS sebagai role model. Tidak hanya Jimin, dia juga menunjuk Gikwang - HIGHLIGHT sebagai role model. 

Sebagai pemilik kepribadian yang friendly dan playful, ternyata Wooyoung ini juga berteman dekat dengan sesama idol KPOP lainnya lho.. Sebut saja seperti Changbin - Stray Kids. Bahkan, Wooyoung juga sempat satu kelas dengan beberapa idol lainnya saat bersekolah di Hanlim. Mereka adalah Tag - Golden Child dan Bin Haneul - Idol School.

8. Jongho

Jongho ATEEZ
  • Nama Panggung: Jongho (종호) 
  • Nama Asli: Choi Jong Ho (최종호) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul - 12 Oktober 2000 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Vocalist, Maknae 
  • Golongan Darah: O
Okeee, akhirnya kita sampai pada si bontot dari grup ATEEZ, yaitu Jongho! Si member termuda ini paling jago soal vokal, dan memang dari kecil dia udah punya cita-cita yang kuat untuk menjadi idol karena dia suka banget sama yang namanya nyanyi. Padahal, dulu Jongho sempat memiliki celah untuk menjadi atlet lho...

Oh iya, selain kuat soal vokal, Jongho juga member paling kuat soal tenaga dan fisik. Dia bisa membelah apel menjadi dua bagian dengan tangan kosong! Nggak heran kenapa Jongho bisa sekuat itu, soalnya dia sangat gemar berolahraga terutama olahraga sepakbola.

Selain jago olahragra, Jongho juga memiliki nafsu makan yang super besar, alias Jongho ini tukang makan di grupnya. Tapi lucunya, Jongho nggak bisa minum minuman manis, chingudeul~ Aku belum tau alasannya, tapi kalau kalian tau, tolong kasih tau lewat kolom komentar ya!

Fyi, meski dia lahir di tahun 2000, ternyata Jongho adalah teman dekatnya Wooseok - UP10TION yang punya gap umur 4 tahun. Ternyata, baik Wooseok dan Jongho adalah teman masa kecil, jadi nggak heran kan kenapa sampai sekarang keduanya masih berteman baik? Satu informasi lagi yang perlu kamu tau, Jongho itu pengguna tangan kiri, dengan kata lain dia kidal~

Iyupp~~ itulah tadi profil dan urutan member ATEEZ tertua hingga termuda. Kedelapan anggotanya punya keunikan sendiri-sendiri, tapi nggak bisa dipungkiri kalau 99 liners paling berisik dan nggak mau diem! Untungnya ada Hongjoong sebagai pemimpin yang kerap bertindak tegas agar membernya tidak melampaui batas.

Selain itu, Seonghwa juga turut berperan sebagai yang mengayomi, menasehati layaknya seorang ibu jika ada anggota yang butuh bantuan. Jangan lupakan si maknae Jongho yang memiliki talenta menyanyi luar biasa. Udah aku kenalin tuh satu persatu, sekarang tentukan bias mu di ATEEZ, ya!

Instagram: @ateez_official_
Twitter Jepang: @ATEEZofficialjp
V Live: ATEEZ
Facebook: ATEEZofficial
YouTube: ATEEZ

Comments

  1. Waaahh... Bunda baru kenal nih...

    ReplyDelete
  2. Wow.. semua membernya berasal dari KorSel semua yaa..

    Sepertinya Seonghwa menarik nih.. hobi masak dan beres2.. salah satu ciri mantu idaman hahaha

    ReplyDelete
  3. Seonghwa kayanya tipe impian ibu2 komplek nih udh cakep, pendengar yg baik pula...

    ReplyDelete
  4. Waah terima kasih Mbak tulisannya, jadi kenal sama kpop grup baru!

    ReplyDelete
  5. Baru denger nama boybandnya, berasa kenalan virtual juga. Kok aku suka sama hoon joong ya padahal baru liat.. 😆😁

    ReplyDelete
  6. meski usia grupnya sebenarnya belum terlalu lama, ternyata prestasi Ateez sudah skeren itu. percaya banget sih, kerja keras mereka waktu training pasti luar biasa

    ReplyDelete
  7. Aku sering dengar Alde putar lagu Ateez katanya enak-enak tapi aku belum ngeh membernya, memang sedang naik daun ya..bakal jadi BG berpengaruh di Korea..

    ReplyDelete
  8. Mantab nih Scarlett, aman untuk bumil. Nambah pengetahuan untuk para jomloers milih skincare untuk bekal nanti ke depannya. Sehat-sehat ya bumil dan lancar proses persalinannya, aamiin, -Ami-

    ReplyDelete
  9. masih muda-muda banget membernyaaa :D. btw, posisi di group sebagai visual itu yang gimana ya, Mba?

    ReplyDelete
  10. Seru ya, dari slogan, penamaan tim, penamaan fans semua ada filosofinya. Manis bangettttt. Ini masih muda-muda banget ya...

    ReplyDelete
  11. Kenapa semuanya ganteng-ganteng sih.. duh gagal paham.. apalagi masih muda-muda semua.. keren-keren ini oppa-oppa bening ya :D Lucu banget mereka punya hal-hal unik dari setiap member haha

    ReplyDelete
  12. Aku yg ga ngikutin korean idol ahaha, bru tau ini personel dan datanya, pernah denger nama grupnya doang sebelum ini 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons