Skip to main content

Profil dan Urutan Member Red Velvet, Psycho or Queendom?

Red Velvet

Happiness! Hello We Are Red Velvet

Ini dia salah satu girlband favoritku, Red Velvet! Eits, ini bukan nama kue ya, chinguuuu~ Fyi buat yang belum tau soal Red Velvet, mereka adalah sebuah girlband yang debut pada tahun 2014 lalu di bawah naungan SM Entertainment.

Kalau tau Super Junior, EXO, SNSD, NCT, aespa, Shinee, dll.... nah grup-grup besar itulah yang bernaung di payung yang sama dengan Red Velvet. Jadi, bisa dibayangkan soal visual dan talentanya? Super kece keren abis!!!~

Yang paling menarik menurutku sih penamaan dari kata "Red Velvet" sendiri. Aku sempat penasaran, apa sih maksud dari namanya? Setelah aku searching, ternyata artinya merepresentasikan konsep dari grup Red Velvet dimana punya dua sisi yang unik.

Red = sisi yang Bold (berani)

Velvet = sisi yang Classy & Elegan

Lalu, apa nama fandom Red Velvet? Kalian bisa menyebut fans Red Velvet sebagai "ReVeluv." Bisa ketebak ya maksudnya apa? Luv artinya "love" dan "Revel" menunjukkan grup Red Velvet. Jadi, kalau digabungkan bisa dimaknai sebagai "kecintaannya Red Velvet."

Selain penamaannya yang unik, cerita di balik pembentukan grup Red Velvet ini sangat menarik dan beda! Pada tahun 2014, mereka debut hanya dengan 4 anggota, yaitu Irene, Seulgi, Wendy, dan Joy saja. 

Namun, di tahun 2015 ada penambahan anggota terakhir, yaitu Yeri. Jadi, dari tahun 2015 sampai sekarang, Red Velvet konsisten dengan 5 anggota, ya. Nah, untuk yang penasaran dengan profil setiap anggotanya, berikut aku urutkan member Red Velvet dari yang tertua hingga termuda.

1. Irene

Irene Red Velvet
  • Nama Panggung: Irene (아이린) 
  • Nama Asli: Bae Ju Hyun (배주현) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Daegu, Korea Selatan - 29 Maret 1991 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Main Rapper, Lead Dancer, Sub Vocalist, Visual, Center 
  • Golongan Darah: A
  • Instagram: @renebaebae
Anggota pertama, Irene Bae!! Ini biasku yuhuuu~~ Parasnya cantik banget, wajahnya imut dan amat sangat awet muda. Iya, awet muda soalnya Iren ini kelahiran 1991 yang artinya dia udah menginjak usia 30 tahun!!! Tapi lihat deh.... wajahnya kayak masih umur 20-an kan?

Lucunya, karena saking cantiknya, Irene ini bikin banyak orang segan untuk mendekatinya lho. Selain itu, mimik wajah Iren ini agak jutek dengan kepribadian yang cenderung pendiam. Makanya nggak heran kalau banyak yang takut untuk deketin doi. Kalau aku sih nggak akan takut deketin, tapi bakal bengong karena cantik banget!~

Oh iya, meski wajahnya terlihat awet muda, tapi Irene ini mendapatkan julukan "Eomma" di grupnya. Kenapa? Karena dia adalah seorang leader. Jadi, Irene harus bertanggung jawab atas 'anak-anaknya' di Red Velvet. 

Nah, karena hal tersebut, Irene kerap kali bersikap layaknya seorang ibu yang sangat memperhatikan anak-anak mereka. Dulu, waktu zaman Yeri masih SMA, Irene kerap kali membuatkan sarapan untuk Yeri sebelum berangkat sekolah. Nggak cuma itu aja, Irene juga pandai bersih-bersih dan beresin dorm. Uniknya, dia juga punya hobi menyetrika baju! Istri-able banget, kan?

Satu lagi fakta soal Irene, kali ini tentang nama panggungnya. Kenapa sih dipanggil Irene? Kenapa nggak pakai nama Bae Ju Hyun aja? Ini berkaitan dengan kepribadian Irene dimana dia termasuk orang yang pendiam (ya walaupun sama member RedVel nggak diem-diem banget).

Sifatnya yang pendiam dan super keibuan ini membuat semua anggota RedVel merasakan kedamaian. Dari situlah nama "Irene" muncul karena terinspirasi dari nama mitologi Yunani yang artinya "Dewi Perdamaian." Adem banget ya? 

Fyi, meski Irene pendiam tapi bukan berarti dia orang yang tertutup dan susah diajak berteman, ya. Dia hanya sedikit pemalu, buktinya Irene bisa sangat dekat dengan Jennie - BlackPink, Nayeon - TWICE, Solar - MAMAMOO, dan masih banyak lagi. Friendly banget!

2. Seulgi

Seulgi Red Velvet
  • Nama Panggung: Seulgi (슬기) 
  • Nama Asli: Kang Seul Gi (강슬기) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Ansan, Korea Selatan - 10 Februari 1994 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Lead Vocalist 
  • Golongan Darah: A
  • Instagram:  @hi_sseulgi
Oke, member kedua tertua di Red Velvet ada Seulgi. Pertama kali aku melihat Seulgi, hal yang paling menarik adalah matanya. Matanya itu unik banget, meski kecil tapi bentuknya meruncing seperti mata kucing. Imut banget! Meski punya mata yang imut, tapi kalau udah di atas panggung maka aura Seulgi bisa berubah total!

Dia paling jago dalam menari. Makanya nggak heran kalau dia diposisikan sebagai main dancer alias penari utamanya di Red Velvet. Soalnya, tarian Seulgi itu memang halus, rapi, tapi sangat detail! Bahkan, aku paling kagum dengan ekspresi wajahnya saat menari. Dia bisa mengubah ekspresinya sesuai dengan tempo dan tema saat sedang menari. Keren!

Meski terkesan swag banget, nyatanya Seulgi ini punya kepribadian yang menurutku kalem dan agak pendiam seperti Irene. Dia salah satu anggota yang paling nggak banyak ngomong dan lebih suka memerhatikan membernya saja. 

Oh iya, Seulgi termasuk dalam bagian SM Rookies, satu angkatan dengan beberapa member NCT, seperti Taeyeong, Johnny, Mark, Jaehyun, dll. Sebenarnya hampir semua anggota Red Velvet adalah jebolan SM Rookies sih... Tapi Seulgi yang agak paling disorot karena waktu itu dia sempat muncul dan bernyanyi dalam sebuah video SM Rookies.

Bahkan, Seulgi semakin tersorot karena Kyuhyun - Super Junior pernah mengungkapkan rasa kagumnya terhadap Seulgi!~ Makanya, waktu itu sempat rameeeee banget yang nyebutin bahwa Seulgi mantan pacar dari Kyuhyun.. Padahal, mereka hanya teman dekat saja. Ya sama seperti kedekatan Seulgi dengan Krystal dan mendiang Sulli.

Udahan ya gosipnya, sekarang aku mau sebutin apa aja yang disukai oleh Seulgi. Catat! Dia mengatakan suka makan sayuran. Dia juga suka koleksi pulpen, stiker, dan buku catatan. Dan... dia ini salah satu member paling rapi karena menata bajunya sesuai dengan warna. 

Nah, sekarang kamu tau kesukaannya, saatnya ulik talenta Seulgi lebihhhhh banyak lagi, ya. Coba tonton beberapa lagu yang dia nyanyikan deh, seperti 그대는 그렇게/ You, Just Like That, Darling U ft. Yesung - SuJu, Hello Tutorial ft. ZionT, You’re the Only One I See ft. Wendy (OST. Hwarang). 

Jangan lupa juga tonton lagu sub-grupnya Seulgi x Irene: Naughty dan Monster. Satu lagi deh, tonton juga SM Station Seulgi bersama SinB, Chungha, dan Soyeon berjudul 'Wow Thing."

3. Wendy

Wendy Red Velvet
  • Nama Panggung: Wendy (웬디) 
  • Nama Inggris: Wendy Son (웬디손) 
  • Nama Asli: Son Seung Wan (손승완) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan - 21 Februari 1994 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Vocalist 
  • Golongan Darah: O
  • Instagram:  @todayis_wendy
Di urutan ketiga, ada Wendy dengan nama asli Song Seung Wan. Wendy ini adalah anggota yang sangat cerdas! Wendy sangat fasih berbahasa Inggris karena saat kelas 5 dia mulai melanjutkan pendidikannya ke Amerika bersama kakak perempuannya. Tapi Wendy tetap berkewarganegaraan Korea kok. Cuma numpang sekolah aja~

Tapi... saat dia bersekolah di Amerika, tepatnya di kelas 8, Wendy mendapatkan penghargaan spesial dari Barrack Obama berkat kepintarannya lho! Dia sampai diundang ke Gedung Putih untuk mendapatkan penghargaan itu, keren banget kan?

Makanya, nggak heran kan kalau Wendy ini jago banget bahasa Inggris? Bahkan, semua member Red Velvet bakal liatin ke Wendy kalau ada acara di Amerika dan nanya pakai bahasa Inggris. Tapi!! Kehebatan berbahasa Wendy nggak cuma sebatas Bahasa Inggris dan Korea aja, karena dia juga bisa berbahasa Prancis dan Spanyol~~ Wuidihhh, daebbakk~

Nggak puas nih udah jago English sama Korea, eh.... Wendy ingin belajar bahasa Mandarin dan Jepang juga. Tujuannya sangat menyentuh hati, karena dia ingin bisa berkomunikasi dengan semua fansnya dengan lancar dan baik. Makin ngefans sama Wendy deh~~ T-T

Puas bahas prestasi Wendy, sekarang kita bahas talentanya yuk! Kalau Seulgi paling jago meliukan badan, nah Wendy lebih jago soal olah vokal. Suaranya superrrrr keren. Dia paling jago untuk nyanyi dengan nada-nada tinggi. Bahkan, dia adalah member yang paling stabil jika disuruh bernyanyi sambil menari.

Saking bagusnya suara Wendy, dia sering banget nyanyi solo atau duet bersama penyanyi keren lainnya. Contoh nih, dia menelurkan album solo namanya "Like Water." Kamu harus dan wajib banget buat dengerin lagunya! Suaranya adem dan bagusssss banget.

Selain punya album solo sendiri, sebelumnya juga sering bernyanyi duet dengan penyanyi lainnya, seperti Spring Love ft. Eric Nam dan Vente Pa’ Ca kolaborasi bersama Ricky Martin. Tapi ada cerita unik sebelum dia debut menjadi Red Velvet nih~

Jadi, Wendy ini nggak langsung audisi ke SM Entertainment, justru dia coba audisi dulu ke CUBE Entertainment dan gagal! Lalu, dia audisi ke SM Entertainment dan berhasil! 

4. Joy

Joy Red Velvet
  • Nama Panggung: Joy (조이)
  • Nama Asli: Park Soo Young (박수영) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Jeju Island, Korea Selatan - 3 September 1996 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Rapper, Sub Vocalist 
  • Golongan Darah: A
  • Instagram:  @_imyour_joy 
  • TikTok: @__imyour_joy
Sampai di member keempat ada Joy! Sama seperti Irene dan Wendy, Joy juga pakai nama 'khusus' kalau di atas panggung. Nama aslinya adalah Park Soo Young. 

Mungkin kalau inget Joy, kamu bakal inget dengan berita kencannya bersama Crush ya? Betul, dan tanggal 23 Agustus 2021 silam, kedua belah pihak - Crush & Joy - mengkonfirmasi hubungan mereka. Selamat, ya, semoga langgeng!! 

Oke, aku nggak akan bahas berita kencannya ya, sekarang aku mau bahas personality dari Joy. Menurutku dia ini adalah member yang paling cerah ceria. Dia juga merupakan member yang paling percaya diri. Bahkan, Joy juga nggak segan untuk melakukan aegyo di depan member, kamera, dan para fansnya.

Tapi saat dia baru debut, ayah Joy mengaku cukup kaget melihat Joy. Pasalnya, menurut sang ayah, Joy ini bukan tipe orang yang sering senyum. Namun saat itu, Joy terlihat sering tersenyum! Uniknya, hal itu bikin ayahnya takut lho karena saking kagetnya lihat Joy banyak senyum!

Berbeda banget dengan kepribadiannya yang sekarang ya? Soalnya, Joy ini bilang kalau dia adalah anak tertua di keluarganya, jadi dia jarang senyum atau pun aegyo. 

Makanya, selama menjalani masa pelatihan di SM Entertainment, Joy harus berlatih senyum juga aegyo. Jadi, kalau kamu pikir masa training itu cuma latihan joget, nyanyi, itu salah. Karena banyak hal yang harus dilatih sebelum menjadi idol KPOP.

Oh iya, meski posisi Joy hanya sebagai Sub-Vocal, tapi Joy juga sering seliweran untuk duet dan bernyanyi solo lho. Special album dari Joy ini punya banyak lagu yang ear catchy, nama albumnya 안녕 Hello - Special Album, yang terdiri dari enam lagu. Salah satu lagunya bahkan berduet dengan Paul Kim! Coba dengerin semua lagunya deh!

5. Yeri

Yeri Red Velvet
  • Nama Panggung: Yeri (예리) 
  • Nama Inggris: Katy 
  • Nama Asli: Kim Ye Rim (김예림) 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan - 5 Maret 1999 
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Sub Vocalist, Sub Rapper, Maknae 
  • Golongan Darah: O
  • Instagram: @yerimiese
Ini dia member paling muda di Red Velvet, namanya Kim Yerim, tapi lebih enak panggil Yeri aja. Dia baru gabung bersama Red Velvet di tahun 2015 dengan lagu pertamanya bersama Red Velvet yaitu Ice Cream Cake. Sejak saat itu pula, Yeri pun langsung menempati posisi sebagai maknae (member termuda) di grupnya.

Jauh sebelum menjadi idol, Yeri ini sempat seliweran di berbagai acara layar kaca, salah satunya adalah menyanyikan lagu S.E.S - I am Your Girl bersama anggota SM Rookies lainnya untuk acara variety show EXO 90:2014. 

Nah, itu dia menunjukkan bakat vokal bernyanyi. Tapi sebenarnya, adek Yeri ini juga punya bakat lebih luar biasa lho. Dia sebenarnya paling jago soal rapping, makanya dia mulai berani untuk menuliskan lirik untuk bagian rapping-nya dalam lagu Red Velvet berjudul Red Flavor.

Nggak cuma itu aja, Yeri juga pernah menyumbangkan kreativitasnya dengan menulis lirik lagu untuk Ragoon dalam lagu "Story." Prestasi Yeri ternyata sudah terasah sejak SMA dulu. Dia ini lulusan Hanlim dengan nilai yang cukup tinggi lho! Bahkan, Yeri sempat juara 1 di kelas dengan nilai yang... wow tinggi!!

Namun... namanya manusia, ya idol juga manusia kan? Meski dengan segudang prestasi dan kebolehan Yeri, ternyata dia ini adalah member yang paling berantakan! Untung saja sekarang kamarnya sendiri-sendiri. Jadi, semua member Red Velvet mengatakan kalau Yeri ini suka malas merapikan kamarnya sendiri. Wah persis deh kaya siapa nih...?

Meski begitu, dia juga punya kepribadian yang supel dan sangat friendly. Soalnya, Yeri ini punya banyak teman dekat selain member Red Velvet. 

Tercatat, dia ini bersahabat sangat baik dengan Nayeon, Chaeyoung, Sana - TWICE, Kim Saeron, mendiang Jonghyun - Shinee, IU, Taeyeon, Jessi, Heechul & Leeteuk - SuJu, Yoona, Kim Sohyun, masih banyak susah deh nyebutinnya...  Bias kamu bukan, nih?

So... Red Velvet itu bukan girlband main-main ya! Mereka ini punya lima anggota yang berbakat di bidangnya masing-masing. Mereka punya aura yang beda menurutku, dengan konsep unik banget. Makanya, aku menobatkan Red Velvet sebagai salah satu girlband favoritku. Biasku... Irene dan Seulgi!! Kalau biasmu siapa?

Twitter: @RVsmtown
Facebook: RedVelvet
VLive: Red Velvet
YouTube: Red Velvet

Comments

  1. Irene dan Wendy cantiknyaaaaa kagak ngebosenin!
    Imut dan berkharisma
    Keren banget!

    ReplyDelete
  2. ini yang pernah di wawancara oleh boy williyam itu ya. ketika wendi surh milih bawa phone atau dompet, dia milih phone, semuanya ada di phone soalnya

    ReplyDelete
  3. Wah, daku ga paham beginian hihihihi :D Nggak ngikutin sih heheh. Tapi keren2 ya cantik2 deh Wendy dan Irene. Ada ciri khas wajah masing2. Yeri yang berambut kuning kecokelatan juga manis. Kalau Joy kelihatan ayu hehehe.

    ReplyDelete
  4. jadi penasaran ama grup musiknya heheh aku jarang ngikutin perkembangan musik Korea walaupun ada beberapa yang memang aku suka, tapi kebanyakan eranya mungkin sudah lewat

    ReplyDelete
  5. nama-namanya mirip penamaan di sunda ya.. hehe. ada "kang" ada "oma" ada "pak" terkadang jika diperbolehkan mengubah sedikit nama, buat nama korea saya adalah. Kang Soe bhan. cucok gak

    ReplyDelete
  6. Andaikan ak bisa memiliki salah satunya dan mereka bersedia menjadi pendamping hidupku untuk selamatnya, pasti sangat bahagia sekali hidupku hha.. Apalagi mba joy khususnya manisnya minta ampunnn huhu

    ReplyDelete
  7. Hehehe, aslinya saya nggak pernah ikutin girlband-girlband dari mana pun neh Kak, baca ini jadi tahu kalau mereka juga tetep punya nama panggung ya

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget nih sama Kim ye Rin, cantiknya itu nggak ngebosenin. Wah disini diulas lengkap banget makasiiih ♥️♥️

    ReplyDelete
  9. Girlband Korea ya, duh cantik-cantik dan imut. Pantas aja kalau banyak yang suka dengan mereka. Ulasan personilnya lengkap, jadi tahu deh bagaimana pribadinya satu persatu. Irene yang paling senior tapi kelihatan lebih muda ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons