Skip to main content

Perbedaan Posisi Boyband dan Girlband Korea, Paket Lengkap dalam Satu Grup!

posisi boyband dan girlband korea

Keunikan dari Entertainment Korea Selatan adalah, mereka selalu menampilkan kesempurnaan, terutama saat berada di layar kaca. Selama aku menjadi KPOP-ers kurang lebih 10 tahun, aku melihat berbagai macam ciri khas yang menarik dan unik dalam perkembangan dunia Korean Pop.

Yang paling aku sorot sebenarnya ada di pembagian posisi dalam sebuah grup. Semua anggota dalam grup idol KPOP pasti punya peran masing-masing, ada yang jadi pemimpin, penari, penyanyi, rapper, sampai posisi anggota termuda grup pun ada!

Unik banget memang, tapi keunikan ini kadang membuat para KPOPers baru bingung. Apa bedanya sih posisi satu dengan yang lainnya? Lantas, apa tujuannya membeda-bedakan posisi seperti ini? Menurutku, tujuan secara general-nya untuk membuat grup semakin solid dan bisa menampilkan penampilan yang pas!

Selain itu, pembagian posisi seperti ini juga akan menonjolkan bakat setiap anggota sesuai dengan passion mereka masing-masing. Jadi.. dengan adanya pembagian posisi ini justru membuat grup lebih kompak karena setiap anggotanya berperan pada porsinya yang seimbang.. Lalu, apa aja sih posisi itu? 

1. Leader

KPOP Leader

Yang paling pertama, tentu saja leader. Ini adalah peran yang cukup berat menurutku, karena seorang pemimpin harus bisa mengayomi semua anggota grupnya. Kalau ada masalah di dalam grup, sang pemimpinlah yang akan membantu untuk mencari solusinya. Bagaimana jika ada antar member berantem? Si leader juga yang harus bisa menjadi penengah.

Bukan hanya soal penengah di antara member saja, pemimpin grup juga harus punya skill untuk bisa berkomunikasi dan menjembatani antara agensi dengan seluruh anggota grupnya. Misalnya, ketika sebuah grup bermasalah, maka agensi akan menegur sang leader terlebih dahulu. Kemudian, leader itu bakal menyampaikan nasihat dari agensi kepada semua anggota grupnya.

Selain sebagai penengah, leader juga kadang menjadi pelatih juga lho.. Tak jarang, performance yang sempurna di atas panggung itu adalah tanggung jawab leader. Jadi, leader inilah yang akan mengawasi grupnya saat sedang berlatih. 

Contohnya, Bangchan dari Stray Kids sangat strict soal latihan. Ia ingin Stray Kids bisa menampilkan performa yang sempurna maka ia tidak ada lelahnya membimbing anggota Stray Kids lainnya saat melakukan kesalahan. Kalau kamu mau lihat betapa kuatnya leadership Bangchan, bisa tonton acara Survival berjudul Stray Kids, ya!

2. Vocalist

Vokalis ini wajib ada di setiap grup idol KPOP, ya! Sesuai namanya, kalau vokalis memang spesialisasi soal vokal aja. Mereka nggak perlu memikirkan tugas sebagai leader, kecuali vokalisnya juga mengemban posisi sebagai leader, contohnya Taeyeon SNSD. 

Tugas vokalis ini ya... nyanyi, tapi di dunia KPOP, posisi vokalis dibagi menjadi tiga: Lead Vocalist, Main Vocalist, dan Sub-Vocalist . Oke aku jelaskan satu persatu:

  • Main Vocalist
KPOP Main Vocalist
Kalau bias kamu punya posisi main vocalist, berarti kemampuan bernyanyinya memang sangat bagus. Main vocalist ini biasanya anggota yang bisa bernyanyi secara stabil dan indah meski harus sambil menari. 

Saking berbakatnya dalam menyanyi, banyak main vocalist yang mendapatkan part khusus untuk bernyanyi sendirian, atau yang disebut dengan part solo. Jumlah dari main vocalist tidak selalu sama, semuanya tergantung dengan seberapa banyak anggota dari grup tersebut, ya.

  • Lead Vocalist
KPOP Lead Vocalist

Bisa dibilang, lead vocalist ini memiliki peran yang cukup penting karena mereka akan memimpin lagu yang akan dinyanyikan oleh sebuah grup. Mereka akan bernyanyi di awal lagu dalam beberapa bait, kemudian bait selanjutnya akan dinyanyikan oleh main vocalist. Pada intinya, lead vocalist selalu lebih awal dibandingkan main vocalist.

Biasanya mereka yang punya posisi ini sering menjadi pendukung untuk main vocalist dan selalu bermain dengan bagian vibrato. Kemampuan lead vocalist dalam bernyanyi tidak bisa disepelekan, karena lead vocalist akan mengambil bagian main vocalist jika sang main vocal berhalangan untuk tampil. 

  • Sub-Vocalist
KPOP Sub-vocalist
Meski kemampuan bernyanyi tidak terlalu menonjol seperti main vocalist, tapi peran sub-vocalist juga nggak kalah penting! Anggota yang punya posisi ini bakal men-support nyanyian dari main vocalist dan lead vocalist. Biasanya, sub-vocalist hanya bernyanyi beberapa detik saja. Lalu, mereka juga bertugas sebagai "link" agar alunan nada main vocalist dan sub-vocalist tetap berada di jalur yang sesuai.

3. Rapper

Sebenarnya nggak banyak perbedaan antara posisi vokalis dan rapper, ya. Keduanya sama-sama memiliki tiga bagian, yaitu main rapper, lead rapper, dan sub-rapper. Perbedaannya hanya di ciri khas menyanyinya. 

Seperti yang diketahui, kalau rapper itu spesialis bernyanyi dengan tempo yang cepat dan swag. Lalu, apa perbedaan dari tiga bagian tadi, toh sama-sama rapper? Kita cari tahu deh perbedaanya!

  • Main Rapper
KPOP Main rapper
Sebagai rapper utama, biasanya mereka memiliki skill yang paling bagus saat menyanyikan bagian rapp. Selain itu, main rapper selalu bernyanyi dengan bagian yang lebih banyak dibandingkan dengan posisi rapper lainnya. Menariknya, hampir semua main rapper biasa menuliskan lirik rapp-nya sendiri lho, contohnya RM - BTS.

  • Lead Rapper
KPOP Lead Rapper
Meski tidak memiliki part sebanyak main rapper, namun kemampuan rapping dari lead rapper ini tidak bisa diremehkan!! Soalnya, para lead rapper selalu menyanyikan rapping di awal barulah diikuti oleh main rapper. Tak jarang, mereka juga lihai dalam menuliskan lirik rapp-nya sendiri, contohnya Mark - GOT7!

  • Sub-Rapper
KPOP Sub-rapper
Kalau sub-rapper biasanya tidak memiliki part nge-rapp yang banyak. Mereka hanya menyanyikan beberapa bait saja dalam sebuah lagu, mungkin hanya satu bait. Biasanya, sub-rapper ini punya posisi lain yang lebih sentral, contohnya Momo - TWICE. 

Momo menjadi sub-rapper sebagai posisi tambahan saja, karena posisi intinya adalah sebagai main dancer, jadi Momo lebih fokus pada tariannya namun punya bakat di bidang rapping.

4. Dancer

Sekarang kita bahas penarinya. Dance atau tarian menjadi salah satu ciri khas yang KPOP banget. Hampir semua grup idol KPOP pasti ingin menampilkan performa menari yang luar biasa, unik, dan enerjik. 

Karena dance menjadi salah satu faktor penting, makanya nggak heran kalau grup idol KPOP sering memamerkan dancer yang sangat bertalenta. Tak jarang, posisi dancer juga menjadi incaran utama para anggota grup KPOP lho.. Nah, untuk dancer ini hanya punya dua bagian, kita lihat perbedaannya ya!

  • Main Dancer
KPOP Main Dancer
Bias kamu punya posisi ini? Kamu harus bangga! Artinya bias kamu adalah anggota yang paling diandalkan soal menari. Mereka biasanya dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan menarinya hingga mencapai batas maksimal. 

Kemampuan menari sang main dancer tidak main-main, mereka sangat enerjik, bisa meliukan badan secara lincah dan indah.

Baca Juga: Perbedaan NCT 127, NCT U, NCT Dream, dan WayV

Nggak cuma itu, mereka juga kadang berperan sebagai 'pelatih' untuk anggota grupnya dalam hal menari. Bahkan, sang penari utama ini mendapatkan bagian tersendiri untuk melakukan break dance yang powerful dan bikin penontonnya kagum! 

Tapi perlu diketahui kalau main dancer ini biasanya nggak terlalu fokus mengembangkan skill bernyanyi, namun bukan berarti mereka nggak bisa nyanyi, ya!

  • Lead Dancer
KPOP Lead Dancer
Sama seperti lead vocalist, meski disebut secondary main dancer, namun lead dancer juga nggak kalah bertalentanya dengan penari utama. Biasanya, lead dancer sering menciptakan koreografi untuk lagu yang akan dibawakan oleh grupnya nanti di atas panggung.

Selain itu, seorang lead dancer juga akan selalu menari di awal lagu dan akan memposisikan diri di bagian tengah. Selain itu, mereka juga biasanya akan berada tepat di samping sang penari utama.

5. Visual

KPOP Visual

Grup idol KPOP memang paling menarik soal parasnya yang cantik dan tampan. Tapi, setiap grup pasti punya satu anggota dengan paras yang paling menonjol yang bikin semua orang kagum dengan ketampanan dan kecantikan mereka. 

Nah, member yang memiliki aura kecantikan dan ketampanan (berdasarkan standar KorSel) inilah yang disebut sebagai visual. Contoh visual yang paling menonjol, Cha Eunwoo - ASTRO, Jin - BTS, Yoona - SNSD, dan masih banyak lagi.

6. Face of The Group (FoG)

KPOP Lead Vocalist

Kadang suka banyak yang bingung perbedaan antara posisi visual dan FoG. Keduanya terlihat sama, tapi sebenarnya kedua posisi ini berbeda lho! Persamaan dari FoG dengan Visual adalah anggota yang punya paras cantik dan tampan. 

Sedangkan perbedaannya, FoG ini lebih fokus sebagai 'wajah dari grup' (representasi grup) itu sendiri. Memang biasanya, FoG merangkap sebagai Visual, tapi ada juga grup yang menjadikan leader-nya sebagai FoG sebagai perwakilan dari grupnya, contohnya Taeyong - NCT. 

Selain sebagai 'perwakilan grup', FoG juga biasanya sering kebanjiran job untuk menghadiri berbagai acara. Nah, kalau kamu suka melihat satu anggota yang paling sering muncul di berbagai acara apapun, bisa dipastikan dia mengemban posisi FoG. Singkatnya, FoG adalah anggota yang paling populer.

Baca Juga: Urutan Member NCT 127

7. Center

KPOP Center

Udah ada FoG dan Visual kok masih ada center? Ini juga sering bikin bingung, nggak jarang posisi center dinilai sebagai visual atau FoG. Tidak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti benar juga. Kalau center itu adalah anggota grup yang selalu diposisikan di tengah-tengah. 

Posisi center ini nggak menetap alias bisa berubah-ubah kapan pun. Contohnya, saat promosi lagu Ice Cream Cake, Irene - Red Velvet menjadi center. Tapi, saat mempromosikan lagu Dumb Dumb, posisi center digantikan oleh Seulgi. 

Nah, pemilihan atau pertukaran posisi center ini dinilai dari banyak faktor. Biasanya, ada faktor dari talenta, kecocokan anggota dalam membawakan lagunya, atau juga dari popularitas member-nya.

8. Maknae

KPOP Maknae

Kalau posisi maknae sudah pasti ada di semua grup idol KPOP! Dan, posisi ini jelas sulit tergantikan kecuali grup tersebut menambahkan anggota baru dengan umur yang lebih muda. Yup~~~ Maknae sendiri adalah sebutan untuk anggota yang punya umur paling bontot di grupnya.

Biasanya nih... Biasanya lho ya... maknae digambarkan sebagai anggota yang manis, menggemaskan, lucu, ya pokoknya baby banget! Tapi nggak jarang para maknae agak rebel dan malah sering jahil ke anggota lainnya. Contohnya Kyuhyun - Super Junior yang mendapatkan julukan "Evil Maknae" karena sering berulah ke para hyung-nya (anggota lebih tua) di SuJu!

Pada intinya, setiap grup idol KPOP biasanya memiliki semua posisi yang udah aku sebutin tadi. Tapi, ada juga kok beberapa grup yang tidak menyertakan semua posisi itu. Contohnya Blackpink, mereka tidak memiliki leader.

Namun, kebanyakan grup idol KPOP pasti memiliki dancer, vocalist, rapper, visual, dan maknae. Untuk posisi lainnya itu opsional. Bahkan, sering kali satu anggota idol KPOP mengemban banyak posisi, contohnya Taeyong - NCT yang bisa menjadi leader, main dancer, main rapper, visual, FoG, hingga center. 

Sekarang udah nggak bingung lagi kan soal posisi-posisi yang ada di grup KPOP? Perbedaan antara setiap posisi ini cukup menggambarkan talenta yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Nah, sekarang coba cek posisi bias kamu!

Sumber:

koreaboo.com

kprofiles.com

Comments

  1. Wait... sepertinya di beberapa lagu BTS yang aku dengar, RM selalu rap duluan.. kemudian menyusul Suga.. bukankah itu artinya Suga adalah main rapper?

    Cmiiw πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kalau berdasarkan di situs https://kprofiles.com/bts-bangtan-boys-members-profile/ sih Suga itu Lead Rapper. Mungkin untuk beberapa lagu atau verse kedua, suga duluan~

      Delete
  2. wah perannya banyak juga ya. ehm, ini pembagian perannya sudah mulai diatur pada masa mereka traini atau pas sebelum debut? dan kalau dipikir, berarti ada kemungkinan, karakter di atas panggung mereka bisa berbeda ya dg di real life?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat mau debut, kalau udah fiks anggota, nama grupnya, dkk nya, baru deh dikasih pembagian posisi ini. iya betul, memang mereka udah dibentuk karakternya, ada yang imut, kaya ibunya, kaya bapaknya, itu udah diatur juga huhu

      Delete
  3. Aku pikir ga sedetail itu part2 di kpop. Pantes aja kadang suka ada yg suaranya kedengeran ngerap doang, atau yg wajahnya sering muncul jadi perwakilan sebuah even, ternyata punya porsi masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, KPOP itu industri musik yang paling detail dibanding industri musik lainnya menurutku. Semua hal kecil diperhatikan banget

      Delete
  4. Eh aku baru tau loh ada posisi2 ini di grup kpop, aku cuma perhatiin siapa yg porsi nyanyinya paling banyak fan suaranya paling beda. Saat ini aku lg suka suaranya taeyeon snsd yah gegara dia nyanyi ost hotel del luna ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau Taeyeon memang udah jagonya soal vokal. Dia main vocalist nya SNSD~

      Delete
  5. Waaa ternyata seperti itu ya mbak.. baru ngeh aku.. dikirain asal aja mereka ngumpul jadi band gitu.. eh ternyata managemennya memang sudah ada blueprintnyaa.. banyaknya seperti tim sepak bola hehe harus berstrategi semua ya posisinya..
    Keren-keren mbak menambah ilmu tentang dunia Kpop nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha betul mba seperti sepak bola.. Detail banget, kaya gini aja diperhatikan banget kalau di KPOP. Wah senang bisa berbagi informasi ^^

      Delete
  6. Wah ternyata setiap posisi bakal diisi dengan beberapa subposisi juga ya mbak, saya baru tau jg ternyata vocalist pun ada bbrp sub bagiannya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku awalnya juga bingung kok banyak banget. Ternyata punya tujuan masing2 untuk menonjolkan bakat masing2 anggotanya

      Delete
  7. Iya ya ternyata tiap member punya peran tersendiri makanya pasti ada yang menonjol di dalam sebuah grup kayak Taeyong dan Mark juga Ten..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyapp mbaaa, mereka punya porsinya masing2.. biasanya kalau menonjol di MV, mereka yang nggak menonjol di mV bakal lebih ditonjolin di bagian variety. Contohnya Johnny dan Yuta, mereka nggak terlalu keliatan di MV tapi banyak punya acara relaity sendiri

      Delete
  8. Oh i see jadi meskipun anggotanya buanyak semua punya part masing2. Bagus juga ya konsepnya semja dapat bagiannya masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semuanya dibagi-bagi berdasarkan bakatnya masing-masing biar sama-sama menonjol~

      Delete
  9. Seru bacanya 😍! Aku baru tau ada posisi2an kayak gini. Aku cuma tau leader aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leader memang yang paling sering dikenal duluan mbaa~ xixixi

      Delete
  10. Jadi nambah pengetahuan baru nih, aku baru tau disini lho klo ternyata ada nama2 posisi spt itu. Tapi bagus jg ya, dengan ada sistem spt itu rasa kepemilikan grupnya makin tinggi. Jdi ga gampang buyar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, kalau ada posisi gini jadi mereka punya porsi masing-masing sesuai bakatnya. Terus kekeluargaannya lebih erat ya mba~

      Delete
  11. Kalau girlband lumayan lah ya aku bisa bedain muka2nya. Apalagi Blackpink, beda beda itu mukanya. Kalau boyband nyerah gue, mirip semua.

    ReplyDelete
  12. Lengkaaaap sekali ini infonya. Serius, aku jadi tahu dan udah nggak bingung lagi kini soal posisi-posisi yang ada di grup KPOP
    Jadi setiap posisi menggambarkan talenta yang dimiliki. Keren banget kalau begini, pantesan selalu solid boyband dan girlband Korea ini ya

    ReplyDelete
  13. Ya ampuuun selama ini kemana saja aku ... Ckckck cuma mandangin wajah imut mereka Tanpa tahu kerja keras mereka ish... Keren banget ternyata ya

    ReplyDelete
  14. banyak juga yaa istilah dan pembagiannya, kak. jadi ngingetin ama grup hiphop yang dulu kayaknya tahun 2000an ngehype banget. thanks buat insightnya, kak, menarik banget.

    ReplyDelete
  15. Sebagai seseorang yang udah jadi kpopers selama 2 tahun, entah kenapa apa pun grupnya selalu jatuh cinta sama main rapper kekeke. Mereka keren aja gitu, swagg dan baddas, juga suaranya yang biasa berat enak masuk telinga.

    ReplyDelete
  16. Kerja keras, dedikasi plus kreativitas yg luar biasaaaa
    no wonder, mereka bisa berjaya di kancah musik internasional ya

    ReplyDelete
  17. Dari keduanya banyaknya lagu-lagu enak di dengar, serta kerja keras grup dikenal internasional.

    ReplyDelete
  18. Wah nambah pengetahuan saya nih wkwk saya baru tahu ternyata utk posisi paling bontot seperti lisa blackpink disebut maknae

    ReplyDelete
  19. Banyak juga ya posisinya, baru tau saya hehe. Biasanya cuma tau sekadar "boyband", atau "girlband" doang, ternyata luas jg ya

    ReplyDelete
  20. Waaah wajah wajahnya mirip semua. Hahaha. Sampai membayangkan diantara mereka nyempil satu wajah saya juga. Wakakakak

    ReplyDelete
  21. Aku kurang paham soal kpop. Sekedar suka lagu2nya. Oh tnyata ada bagian2 yg detail gitu ya dlm personilnya. Keren deh!

    ReplyDelete
  22. Jadiii selama ini ternyata punya perannya masing-masing. Saya kira nggak ada. baru tahu bangettt ini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! γ…‹γ…‹γ…‹~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (μ΄λ―Όν˜•) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi