Skip to main content

Urutan Member ITZY Tertua hingga Termuda, Girl Grup 'Beda' dari JYP!

Urutan Member ITZY
All in us! Annyeonghaseyo, ITZY imnidaaaa

Greeting satu ini udah nggak asing banget di telingaku, dan sesuai dalam perkenalannya ini adalah ITZY. Siapa mereka? Mereka ini adalah girlband asuhan JYP Entertainment yang baru debut di tahun 2019 silam, lebih tepatnya pada tanggal 11 Februari.

Awalnya, aku agak kurang yakin dengan ITZY karena semua anggotanya udah terkenal duluan. Kalau kaya gitu, biasanya nggak bikin penasaran! Tapi... amazingly and spectacullary, ITZY ini sangat sangat sangat menarik! Mulai dari konsepnya, lagunya, hingga karakter setiap member-nya.

Tapi yang paling aku soroti di sini itu konsep dan pemilihan lagu yang menurutku di luar dari ekspektasi. Kenapa? Soalnya, JYPent itu biasanya debutin girl group dengan konsep cute, sexy, manis, pokoknya gemesin seperti TWICE dan Miss A (meski lama-lama Miss A beralih ke konsep seksi).

Kali ini JYPent menggebrak konsep baru yang menurutku 'keluar dari zona nyamannya JYP' dan hal ini sangat positif. Dibandingkan debut dengan konsep 'manis', ITZY justru keluar dengan konsep fresh dan enerjik. Mereka terlihat lebih swag, namun masih menonjolkan sisi imutnya walau tidak begitu dominan.

Kalau tau girl group seperti f(x), Red Velvet, Blackpink, dan TWICE, aku bisa mengatakan bahwa ITZY adalah gabungan dari mereka semua. Swag dapet, unik ada, cute bisa, dan misterius pun masuk! Aku nggak heran semua konsep itu masuk ke ITZY karena semua anggotanya bisa merepresentasikan hal itu dengan sangat bagus.

Anggota dari ITZY sendiri terdiri dari 5 orang. Tidak ada member dari luar Korea, semuanya berasal dari KorSel, tapi mereka cukup fasih untuk menyapa fans internasional dalam bahasa Inggris kok. Penasaran? Ini aku kenalin urutan member ITZY dari tertua hingga termuda~~

1. Yeji

Yeji ITZY
  • Nama Panggung: Yeji (예지)
  • Nama Korea: Hwang Ye Ji (황예지)
  • Nama Inggris: Lucy Hwang
  • Tempat & Tanggal Lahir: Jeonju, Korea Selatan - 26 Mei 2000
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Leader, Main Dancer, Lead Vocalist, Sub Rapper
  • Golongan Darah: A
Yang pertama ada Yeji, nama lengkapnya Hwang Yeji. Kalau di western, dia punya julukan Lucy Hwang. Lucu banget ya? Nah, Yeji ini mendapatkan posisi di grup yang lumayan banyak. Selain menjadi pemimpin, dia juga mengemban posisi sebagai penari utama, lead vocal, dan sub-rapper. Keren dong talentanya? BANGET!!!

Aku sendiri sangat terpesona saat Yeji meliukan badannya di atas panggung karena gerakan menarinya itu sangat powerful dan detail banget. Selain itu, dia juga punya suara yang stabil meskipun dengan kapasitas dance yang amat melelahkan. Bukan soal nyanyi aja, dia juga jago nge rapp~~~

Nah, ternyata talenta Yeji yang seperti itu udah terlihat sejak survival show Stray Kids lho! Jadi, saat acara survival itu dipelrihatkan bahwa Yeji adalah salah satu kandidat trainee wanita di JYP yang paling kuat. Berkat suaranya yang tetap stabil meski sedang dance, saat itu bikin para member Stray Kids kagum lho!

Oh iya, ngomongin soal Stray Kids dan ITZY, kalau dilihat-lihat, Yeji ini punya kemiripan dengan salah satu anggota Stray Kids bernama Hwang Hyunjin. Selain marganya yang sama, keduanya punya bentuk mata kecil dan sipit seperti kucing. Neomu kiyoooowwwwwooooo~~

2. Lia

Lia ITZY
  • Nama Panggung: Lia (리아)
  • Nama Korea: Choi Ji Su (최지수)
  • Nama Inggris: Julia Choi
  • Tempat & Tanggal Lahir: Incheon, Korea Selatan - 21 Juli 2000
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Vocalist, Sub Rapper
  • Golongan Darah: AB
Pertama kali aku liat foto Lia muncul dalam foto teaser debut-nya ITZY, aku menganggap bahwa ia punya visual yang amat cantik; perpaduan Jisoo Blackpink dan Irene RV. Kamu berpikiran hal yang sama dengan ku, chingu

Karena parasnya yang super imut dengan wajahnya yang kecil ini, aku pikir dia adalah visual. Ternyata bukan. Justru Lia ini adalah vokalis utama di ITZY. Kalau udah mendapatkan posisi seperti itu ya.... bisa ditebak kan kualitas bernyanyinya seperti apa? BAGUS BANGET, neomu johhaaa~

Kebolehannya dalam olah suara ternyata sudah ditunjukan oleh Lia sejak zaman pre-debut. Saat itu, JYP pernah upload salah satu trainee mereka yang sedang menyanyi dengan memperkenalkan diri sebagai Choi Jisu. Sejak saat itu, para JYP fans pun berbondong-bondong memujinya dan mencari sedikit info tentangnya.

Sayang, informasi masih dirahasiakan, bahkan sejak upload video tadi, Jisu tidak muncul lagi dimana pun - bahkan di acara survival show Stray Kids pun dia tidak ada. Akhirnya fans mengira Jisu sudah keluar dari JYP. Tapi.... ternyata dia memang hidden gems dari JYP. Lia tiba-tiba muncul dalam debut teaser ITZY dan langsung disambut antusias oleh para fans, termasuk aku~~

3. Ryujin

Ryujin ITZY
  • Nama Panggung: Ryujin (류진)
  • Nama Korea: Shin Ryu Jin (신류진)
  • Nama Inggris: Joanne Shin
  • Tempat & Tanggal Lahir: Seoul, Korea Selatan - 17 April 2001
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Rapper, Lead Dancer, Sub Vocalist, Center
  • Golongan Darah: B
Seperti yang aku bilang di awal, semua anggota ITZY ini udah tenar duluan sebelum debut. Hal ini juga berlaku untuk Ryujin. Bahkan menurutku Ryujin ini fans-nya sangat kuat sejak pre-debut. Kok bisa? Pertama, Ryujin ini pernah muncul di acara survival show Stray Kids bersama Yeji, dan Ryujin juga termasuk kandidat trainee terkuat.

Yang kedua, Ryujin pernah mengikuti survival show bertajuk MIXNINE. Untuk yang belum tahu, MIXNINE ini adalah acara bentukan YG Entertainment yang mengambil para trainee dari berbagai macam agensi (termasuk JYPent). 

Selama beberapa bulan, trainee yang terpilih akan dikarantina, ditempa bakatnya hingga rencananya akan debut sebagai sebuah grup yang terdiri dari 9 orang. Uniknya, MIXNINE ini bukan hanya diikuti oleh trainee cowok melainkan trainee cewek juga. 

Nantinya mereka harus bersaing hingga mendapatkan peringkat 1 sampai 9 untuk debut bersama MIXNINE. Dan kalian harus tahu, Ryujin ini selalu mendapatkan peringkat pertama sejak awal episode hingga akhir episode. 

Bakatnya Rujin benar-benar menghipnotis KPOPers, bahkan CEO YGent saja ingin mengambil Ryujin dari JYP. Bisa dibayangkan kan betapa kerennya bakat Ryujin?

Sayangnya, saat episode terakhir, grup trainee cewek (grup Ryujin) kalah poin. Akhirnya yang berhasil debut itu trainee cowok. Meski begitu, ternyata Ryujin tidak pantang menyerah hingga akhirnya bisa debut bersama ITZY!

Oh iya, selain terkenal karena MIXNINE, Ryujin ini juga terkenal karena pernah jadi aktris untuk salah satu video BTS lho~ Kalau tau video BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF Highlight Reel '起承轉結', Ryujin di sana beradu akting dengan J-Hope dan Jimin. Ceritanya sih, Jimin suka sama Ryujin, tapi sedihnya... Ryujin malah ngasih kejutan buat J-Hope.. T-T

4. Chaeryeong

Chaeryeong ITZY
  • Nama Panggung: Chaeryeong (채령)
  • Nama Korea: Lee Chae Ryeong (이채령)
  • Nama Inggris: Judy Lee 
  • Tempat & Tanggal Lahir: Yongin, Korea Selatan - 5 Juni 2001
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper
  • Golongan Darah: B
Dibandingkan keempat anggota ITZY sebelumnya, Chaeryeong udah terkenal duluan, bahkan sejak TWICE belum debut. Hebat kan? Yap, Chaeryeong sendiri pernah menjadi bagian dari acara survival show bertajuk SIXTEEN. 

Fyi, SIXTEEN adalah sebuah ajang survival untuk menentukan kesembilan anggota TWICE. Ada 16 trainee cewek JYP yang diadu secara talenta dalam sebuah acara. 9 trainee dengan skor terbaik maka mereka berhak debut sebagai TWICE. Nah, Chaeryeong ini mengikuti acara tersebut. Tapi sayang seribu sayang, dia harus tersingkirkan. 

Namun, jauh sebelum acara SIXTEEN, ternyata Chaeryeong ini pernah ikut ajang pencarian bakat lainnya lho, namanya adalah KPOP Star. Saat itu ia sangat terkenal sebagai duo yang bertalenta. Iya, "duo" karena Chaeryeong tampil bersama saudara kembarnya, yaitu Chaeyeon (mantan anggota I*ZONE). 

Meski gagal di berbagai ajang pencarian bakat, tapi akhirnya Chaeryeong bisa membuktikan bahwa memang bakatnya luar biasa tidak bisa disepelekan. Kini dia resmi menjadi penari utamanya ITZY, karena memang Chae ini jago banget soal nari, chingu~

5. Yuna

Yuna ITZY
  • Nama Panggung: Yu Na (유나)
  • Nama Korea: Shin Yu Na (신유나)
  • Nama Inggris: Hussey Shin
  • Tempat & Tanggal Lahir: Suwon, Korea Selatan - 9 Desember 2003
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Posisi di Grup: Lead Rapper, Lead Dancer, Sub Vocalist, Visual, Maknae 
  • Golongan Darah: A
Aku nggak nyangka kalau Yuna akan dipilih sebagai trainee JYP yang bakal debut. Meski Yuna udah disorot sejak acara survival show Stray Kids, tapi Yuna ini nggak terlalu dominan seperti Ryujin atau pun Yeji. Jadi... saat itu bakat Yuna belum terlalu keliatan, dan aku pun cepat melupakan Yuna.

Tapi sejak debut... Yuna ini semakin semakin semakin menarik dan bersinar, menurutku. Bukan cuma soal talentanya saja yang keren, tapi ternyata Yuna ini punya paras yang super cantik. Nggak heran kalau dia dinobatkan sebagai visual di ITZY.


Meski cantik, tapi nyatanya Yuna ini sedikit jahil, chingu~ Dia ini punya jiwa "evil maknae" gitu.. Dia kadang bikin kesel para anggota ITZY lainnya. Terus.. Yuna juga agak manja, padahal badannya yang paling bongsor. Bayangkan aja, baru umur 18 tahun tingginya udah nyampe 170cm T-T

Emang JYP ini paling seneng punya giant maknae di setiap grupnya!! Yang bikin Yuna semakin unik adalah, dia ternyata bukan cewek yang anggun karena dia ini suka main floorball saat usia 11 tahun. Ya bisa dibilang dia jago olahraga dan emang agak tomboy juga~

Dan hal mengejutkan lainnya adalah Yuna juga muncul di video BTS bersama Ryujin lho. Di sini Yuna berperan sebagai cewek yang sedang sakit di RS. Nah, di RS dia bertemu dengan Jungkook yang ternyata juga punya penyakit (mungkin mematikan). 

Di sana, Yuna menguatkan dan memberikan semangat untuk Jungkook dalam melawan penyakitnya. Yuna diperlihatkan selalu menemani Jungkook selama di RS dan menjadi teman Jungkook di RS. Hayo, udah pernah nonton videonya belum? Ngeuh nggak kalau ada Yuna?

Dengan konsep yang beda dari konsep JYP biasanya, ITZY punya keunikan dan kemenarikan tersendiri. Ini salah satu girl group yang aku suka karena mau konsep apapun, ITZY bisa melakukannya dengan baik. Belum lagi ditambah dengan berbagai macam talenta yang keren, wah aku makin ngefans! Biasku di ITZY itu Lia~~ Siapa bias kamu di ITZY?

Official Website: itzy.jype.com
Facebook: ITZY 
Twitter: @ITZYOfficial 
VLive: ITZY 
Youtube: ITZY 
TikTok: @itzyofficia

Comments

  1. Waaaa. Itu yang tertua lahir tahun 2000.

    Hadeh.. emang tahun lahir ga bisa boong.. aku udah ahjumma nih berarti hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Generasi sekarang semuanya rata2 kelahiran 2000 an mba :"

      Delete
  2. Baru tau aku ada girlband itzy, auto nyari nih di yutub..
    Btw ini generasinya udah ngga ada yg 90an ya. 94 kek gitu.. 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kelahiran 90 an rata-rata ada di KPOP generasi 2 atau 3 sih seringnya.. sekarang masuk KPOP generasi 4, jadi muda bangettt

      Delete
  3. Wahh, masih pada muda-muda banget yaa. Gak nyangka ternyata dari generasi 2000-an. Saya jadi ngerasa tua, hihi

    ReplyDelete
  4. Ternyata keren banget ya member Itzy ini aku suka lagu-lagunya unik banget dan ear catching, terus membernya cantiknya unik wajahnya mudah dikenali, kayaknya bakal gede ya grup ini..

    ReplyDelete
  5. Huaaa keren-keren sama cantik-cantik banget mereka huuuhuu.. jadi minder.. masih muda dan berbakat banget lagii..

    ReplyDelete
  6. ternyata usia member tuh masih sangat muda-muda yaaa mana cantik semuaa. aku paling suka sama Ryujin! keliatan tegas 😍

    ReplyDelete
  7. Oh ITZY tu girlband ya aku naru tau mbak hehehe... ga begitu suka dan ga paham klo girl band. Klo yg cowok masih agak kenal2 dari anakku

    ReplyDelete
  8. Mantap nih ulasannya. Bisa buat bahan contekan emak2 yang punya ABG penggemar all about koreya macam saya 😄. Ini namanya solusi buat ngatasi gap lintas generasi 😁. Tengs mbak Rin 👍🙏

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran pengen denger lagu-lagu ITZY... :) Cantik-cantik bgt ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi