Skip to main content

Apa Aja Sih Perbedaan NCT 127, NCT Dream, NCT U, dan WayV?

NCT
I like... Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Lucas, Mark, Xiaojun, Hendery, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, YangYang, Shotaro, Sungchan, Chenle, Jisung... NCT!!!!

Ngos-ngosan juga ya kalau nyebutin fanchant-nya NCT? Iyup, itu tadi fanchant NCT, dimana kamu harus nyebutin semua nama anggota NCT!~ Bayangin, ada 23 nama disebut secara langsung dalam sekali waktu dan harus sesuai urutan!

Biasanya, fanchant menyebutkan urutan dari leader lalu disusul oleh anggota tertua hingga termuda. Makanya, kan, Taeyong disebut paling awal meski dia bukan anggota tertua. Tapi Taeyong ini leader untuk semua anggota NCT. Begitu chingu-yaaa~~~

Nah setelah bahas fanchant, di sini aku mau bahas soal NCT. Apa sih NCT? Ini boyband dengan jumlah anggota terbanyak sejauh ini, untuk yang mau tau urutan membernya, bisa cek artikel Urutan Member NCT ini, ya.

Lalu, apa maksud dari nama NCT? Itu adalah singkatan dari "Neo Culture Technology" dimana konsepnya futuristik dengan anggota yang tak terbatas! Jadi, kalau menurut kamu 23 member itu masih kurang banyak, jangan bersedih karena Lee Sooman bisa aja nambahin member NCT lebih banyak lagi. Pokoknya unlimited!~ Mabok sama orang ganteng deh..

Terus... 23 member itu semuanya tampil di atas panggung? Hmm... untuk beberapa lagu tertentu iya, tapi lebih sering tampil sesuai dengan sub-grupnya. Sejauh ini NCT punya 4 sub-grup, yaitu NCT 127, NCT Dream, NCT U, dan WayV. Keempatnya punya konsep yang berbeda dengan anggota yang beda juga. Masih bingung? Ya udah.. baca dulu artikelnya biar nggak bingung, ya!

1. NCT 127

NCT 127

Kita mulai dari NCT 127, ya! Sampai aku menulis artikel ini, NCT 127 masih konsisten dengan 10 anggota tapi nggak menutup kemungkinan kalau NCT 127 bakal ada penambahan anggota, ya. Pasti bakal aku update lagi, kok! πŸ˜‰ 

Nama-nama anggotanya bisa lihat di atas ya, chinguuu~ Namun sayangnya, Winwin udah jarang keliatan gabung sama NCT 127. Belum ada alasan resmi kenapa Winwin mulai jarang gabung, tapi nama Winwin masih terpajang di NCT 127, kok. 

Tapi aku mengasumsikan memang Winwin ini lebih fokus ke sub-grup WayV. Secara di WayV emang isinya anggota dari China semua, dan Winwin adalah anggota China yang cukup sibuk untuk mempromosikan WayV di China, Korea, maupun negara lainnya.

Oke, balik lagi soal NCT 127. Angka '127' ini punya maknanya sendiri. Jadi, angka tersebut merepresentasikan longitude dari negara Korea Selatan. Dengan kata lain, sub-grup NCT 127 ini memfokuskan diri untuk lebih banyak promosi di Korea dengan lagu-lagu Korea. Tapi.... sekarang NCT 127 mulai melebarkan sayap untuk promosi ke ranah internasional.

Yang menariknya nih.. meski penamaan '127' ini identik dengan 'Korea Selatan' tapi anggota NCT 127 ini isinya campuran dari berbagai negara. Memang sih banyak anggota dari KorSel, tapi ada juga dari Jepang (Yuta), Amerika (Johnny), Kanada (Mark), dan China tentunya (Winwin). 

Untuk konsepnya sendiri, menurutku NCT 127 lebih menonjol dengan konsep yang dewasa. Bukan dewasa dalam hal negatif, tapi penampilan anggotanya terlihat lebih keren dan hawt (bacanya 'hot'). Selain itu, NCT 127 lebih sering ngeluarin lagu yang banyak rapp-nya. Ada sih lagu selow, tapi nggak terlalu banyak.

Jadi, untuk NCTzen yang ingin melihat anggota NCT dengan style yang lebih dewasa dan boyfriend-able, emang NCT 127 ini cocok banget dengan konsep tersebut. Aku pribadi suka banget dengan konsep dewasa mereka saat album Regular-Irregular, coba lihat konsep album itu, deh biar makin kesemsem~~

2. NCT Dream

NCT Dream

Kalau NCT 127 tadi biasanya keluar dengan konsep seksi yang dewasa, beda dengan NCT Dream. Sub-grup yang satu ini justru menampilkan konsep remaja yang cheerful. Pokoknya menunjukkan masa muda banget! Awalnya, NCT Dream debut dengan konsep yang super gemesin: bisa tonton MV Chewing Gum, WAJIB!!

Namun seiring berjalannya waktu, konsep yang gemesin itu bisa dibilang udah nggak cocok lagi buat anggota NCT Dream. Dulu sih memang member Dream masih unyu-unyu, dan masih mudah banget. Tapi kan sekarang mereka udah mulai dewasa, jadi NCT Dream banting stir dengan konsep yang 'agak' dewasa tapi nggak lebih dewasa dari NCT 127.

Bisa dilihat dari mulai Chewing Gum hingga lagu Hot Sauce, NCT Dream ini emang bener-bener banting stir. Dari dedek gemes menjadi anak-anak remaja yang udah mulai dewasa masuk usia 20-an. Selain perbedaan konsep, NCT Dream juga punya sistem keanggotaan yang unik.

Sebenarnya, NCT Dream punya sistem 'kelulusan' dimana anggota yang memasuki umur 20-an bakal dinyatakan lulus dan nggak ikut berpartisipasi lagi dengan NCT Dream. Saat itu, Mark menjadi member pertama yang menginjak usia 20-an dan dinyatakan lulus. Jadinya, Mark nggak ikut comeback BOOM bersama NCT Dream, deh~

Tapi... banyak yang menyayangkan sistem kelulusan ini. Soalnya emang 7 anggota NCT Dream ini udah sangat klop dan kompak banget. Banyak fans yang ingin Mark kembali ke NCT Dream dan tetap dengan 7 orang anggota, seperti member pada awalnya. Akhirnya diputuskanlah NCT Dream memasukan Mark kembali, yeay!!!~~

Baca Juga: Urutan Member NCT Dream

Kembalinya Mark ini terkadang membuatnya berperan menjadi leader di Dreamies meski sebenarnya NCT Dream nggak punya leader secara resmi, ya. Tapi perlu diingat kembali, NCT dan seluruh sub-grupnya ini punya konsep unlimited, jadi nggak menutup kemungkinan kalau NCT Dream juga bakal ada penambahan anggota baru.

Oh iya, udah pada tahu makna nama dari NCT Dream? Aku bisikin ya.. jadi NCT Dream itu merepresentasikan 'mimpi' setiap anak muda.Ya.. bisa dibilang emang NCT Dream ini punya konsep untuk anak muda yang punya banyak mimpi dan Dreamies ini menuangkannya dalam berbagai lagu dengan konsep menarik juga unik. 

Sadar nggak kalau lagu-lagu NCT Dream ini super youthful banget? Apalagi lagu NCT Dream terbaru saat ini "Hello Future", udah dengerin belum? Ayo segera buka aplikasi musik kamu, seasonieeee~~

3. NCT U

NCT U

  • Tahun Debut: 9 April 2016
  • Lagu Debut: The 7th Sense & Without You
  • Anggota: Semua anggota NCT pernah debut di NCT U. Setiap lagu punya anggota NCT yang berbeda.
  • Instagram: @nct
  • Twitter: @NCT_Official_JP
  • TikTok: @official_nct
  • Facebook: NCT.smtown
  • VLive: NCT

Iya, nggak salah baca kok kalau semua anggota NCT itu pernah debut di NCT U! Soalnya memang begitu konsepnya NCT U. Sesuai dengan huruf 'U' yang diartikan sebagai United ini memang menggabungkan semua anggota dari berbagai usia, negara, dan konsep menjadi satu kesatuan yang beuhhhhh nagih(?)

Sebenarnya sub-grup NCT U ini adalah sub-grup pertama yang dikenalkan oleh SMent sebagai grup NCT. Anggota yang pertama kali memperkenalkan NCT U adalah Taeil, Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark melalui lagu "The 7th Sense" dan "Without You." 

Dari dua lagu debut NCT U ini aja menurutku konsepnya super unik dan lebih seksi. Kalau NCT 127 dewasa, elegan, dan agak garang, kalau NCT U ini justru punya konsep seksi yang unik dengan lagu yang beda banget dari lagu KPOP biasanya. 

Mungkin pertama kali dengar lagunya bakal merasa kurang masuk ke telinga. Tapi lama kelamaan mendengarkan lagunya, dijamin deh bakal ketagihan!

Selain mengusung lagu yang unik dengan konsep yang out of the box, NCT U ini nggak punya anggota tetap ya. Misalnya, kamu bakal nemu Yuta di NCT U bersama dengan Winwin. Tapi.. di lagu NCT U lainnya, Yuta nggak muncul lagi di NCT U. Sering terjadi~~

Baca Juga: Lagu NCT Bahasa Inggris

Kenapa? Soalnya memang setiap lagu di NCT U akan disesuaikan dengan talenta serta kecocokan member NCT dalam membawakan lagu tersebut. Aku kasih contoh, ya... 

Taeyong dikenal sebagai anggota yang punya kemampuan rap yang sangat baik. Dan... Taeyong ini punya gaya yang super swag. Jadi nggak heran kalau Taeyong cocok menyanyikan lagu 'Make a Wish.'

Tapi... Taeyong nggak akan cocok menyanyikan lagu 'From Home' karena lagu itu punya konsep yang "soft" dan jauh dari kata swag. 

Lagi pula, lagu 'From Home' ini memang lebih menunjukkan sisi vokal dibandingkan rapping atau dancing. Jadi, kamu nggak akan nemuin rapper line-nya NCT di lagu-lagu selow NCT U. Begitu, chingudeul~~ 

Menurutku dengan kehadiran sub-grup NCT U ini bisa menjadi opsi bagi para KPOPers yang punya selera lagu unik. Aku pribadi suka banget sama lagu 'From Home' dan 'Make A Wish', kalau kamu gimana, nih cizeuniee?

4. WayV

WayV

Nah, kalau WayV ini debut yang paling muda dibandingkan tiga sub-grup sebelumnya. Perlu diketahui juga, WayV ini berada di bawah naungan Label V. Jadi... WayV ini bukan masuk grup SMent? Enggak juga, dia masuk grup SMent hanya saja ada pihak ketiga, yaitu Label V.

Label V ini berbasis di China, memang disesuaikan dengan kebutuhan WayV dimana mereka bakal fokus untuk promosi di China. Meski lebih banyak promosi di China tapi nggak semua anggota WayV itu berasal dari China, karena ada Ten satu-satunya member non-China~

Jadi, kalau ditanya bedanya WayV dengan sub-grup NCT lainnya apa? Berbeda fokus promosinya, WayV lebih aktif di China. Setiap job-nya banyak diambil untuk pasar China. Menurutku China ini punya pasar yang unik, makanya penamaan WayV beda sendiri dan nggak bawa-bawa nama 'NCT.'

Jangan berpikiran WayV bukan bagian dari NCT, ya! Meski WayV punya nama yang beda sendiri dengan berbagai akun yang beda, itu semua semata-mata mengikuti niche market-nya yang berbasis di China.

Baca Juga: Fakta NCT untuk New NCTzen

Karena WayV fokus di China maka ada target pasar khusus yang sepertinya nggak bisa disamakan dengan sub-grup NCT lainnya. Menurutku begitu sih, chingu~

Lagi pula selama ini semua anggota WayV sangat dekat dengan semua anggota NCT. Bahkan, semua anggota WayV pernah debut di NCT U, lho

Oh iya, WayV juga punya leader sendiri, yaitu Kun. Tapi kalau anggota WayV disatukan dengan grup NCT lainnya maka mereka akan dipimpin oleh Taeyong. Jadi bisa dibilang kalau Taeyong ini adalah pemimpin untuk keseluruhan grup NCT, ya~

Jadi, sekarang udah mulai ada pencerahan mengenai perbedaan NCT 127, NCT Dream, NCT U, dan WayV? Sebenarnya mereka hanya berbeda dengan fokus promosinya, konsep, dan lagu saja. 

  • NCT 127: Konsep dewasa yang elegan dengan promosi lebih banyak di KorSel (sekarang internasional juga).
  • NCT Dream: Konsep remaja menuju dewasa yang lebih ceria dengan segudang mimpi para kawula muda.
  • NCT U: Konsep campuran yang menyatukan (United) semua anggota NCT berdasarkan bakat dan kecocokan masing-masing yang disesuaikan dengan lagunya.
  • WayV: Konsep yang banyak diminati niche market China (sekarang internasional juga).

Semuanya itu disesuaikan dengan talenta serta kecocokan masing-masing anggota NCT yang paling sesuai membawakan konsep tersebut~

Overall, sih menurutku NCT ini unik banget karena fans-nya bakal puas dengan berbagai macam suguhan konsep sekaligus lagu dengan jenis yang bermacam-macam. Tinggal tentukan saja yang sesuai dengan seleramu~ Kalau aku sih suka semuaaanyaaaa, kamu suka yang mana nih?

Comments

  1. Gokiiilll!
    bener2 dibikin se-atraktif ini yaa, menyesuaikan dgn segmentasi audiens.
    Ini nih yg membuat banyak orang semangat buat menikmati sajian k-Pop, karena memang se-NIAT iituuuu

    ReplyDelete
  2. wah ternyata bisa dibuat seperti ini ya, jadi ada variasi untuk penggemar tertentu

    ReplyDelete
  3. NCT ini sudah cukup lama juga ya ... debutnya sejak 2016. Penggemarnya pastinya semakin banyak.

    ReplyDelete
  4. Wah, wah, aku gak bisa mbedain mereka hihihi.. Mirip semua. BTW grup musik aja pakai sub sub an. Sudah kayak sktipsi aja pakai subjudul .

    ReplyDelete
  5. nah loh. ko saya ada di urutan ke tiga. ini artikel keren serius. bisa membuat seperti sangat penting. dan memang klo buat penggemar k-pop sih pasti sangat penting..

    ReplyDelete
  6. Heran, ternyata aku hapal sama fanchant-nya πŸ˜‚πŸ˜‚ aku lagi mabok sama lagu Welcome to My Funeral (eh, wkwk lagu konspirasi bunda) Welcome to My Playground. Btw, nambah informasi kalau 4 anggota NCT itu debut juga di pasar Amerika, sama SuperM. Si Taeyong, Mark, Ten, Lucas. NCT ini awalnya ngebingungin konsepnya, tapi kalau udah kenal pasti ... dibikin bingung lagi. Beda banget dengan konsep grup lain, jadi kerasa kayak megaproyek gitu.

    ReplyDelete
  7. wah saya baru tahu loh, soalnya ga ngikutin K-Pop emang heh. Tapi sering liat adek saya nontonin NCT ini, kayaknya dia juga harus tau juga deh. Thank you infonya !

    ReplyDelete
  8. Aku tau NCT ini sejak mengadakan acara dance bertema KPOP di salah satu mall di sleman. Ternyata memang banyak jenisnya yaaa, gak cuma satu aja.. Bahkan dalam roleplayer pun beraneka ragam banget, tapi ku suka banget sih

    ReplyDelete
  9. Beneran ya...NCT ini unik banget puas bener memang dengan berbagai macam suguhan konsep sekaligus lagu dengan jenis yang bermacam-macam. Aku juga makin nambah wawasan dari info lengkap di artikel ini. Thanks

    ReplyDelete
  10. sebagai pecinta drakor jujur aja saya kurang ngikuti k-pop.. tapi sering denger nama Taeyong.. owh ternyata dia termasuk dalam boyband NCT toh.. makasih infonya mba, saya jadi tahu sedikit tentang NCT

    ReplyDelete
  11. Waah ... Baca post ini kog berasa Makin muda sih, ambil kaca dulu wkwkwk. Serius terpana Aku melihat wajah imutnya mereka ini wkwkw

    ReplyDelete
  12. Menarik juga ya,, namanya hampir sama tapi punya variadi dan konsep masing masing..

    ReplyDelete
  13. Waaaaaaaa
    Sekarang akhirnya aku mengertiiiii
    Keren penjelasannya πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    Kalau aku paling suka liat Jaehyun.
    G-a-n-t-e-n-g b-a-n-g-e-t

    Semoga ga ada, dan ga akan ada berita miring tentang Jaehyun ⚘

    ReplyDelete
  14. Wah, komplit penjelasannya! Walaupun masih susah membedakan nama-namanya, setidaknya, kalau ada ujian tentang NCT, nilaiku nggak nol besar, haha... Makasih infonya, Mbak 😊

    ReplyDelete
  15. Hmm beneran aku baru tau hehe. Taunya BTS sama Suju aja haha

    ReplyDelete
  16. waktu pertama NCT keluar, bingung. lah kok NCT-nya beda-beda semua? dan memang butuh waktu buat menghapal. eh ya, konsep idol seperti ini, seperti di jepang ya, kalau enggak salah. jadi memang banyak subgrupnya.

    ReplyDelete
  17. Waktu pertama nonton MV bingung kok ada NCT U nyanyi Come Home tapi kok nggak ada Taeyong dan Lucas? Kan mereka NCT U yang nyanyi Make a Wish, ternyataa...

    ReplyDelete
  18. Ternyata oh ternyata., cerdas sekali. Menjangkau seluruh audiens dari remaja hingga dewasa bahkan ada yang khusus untuk penggemar suatu negara.

    ReplyDelete
  19. lah lah ternyata NCT tuh ada banyak ya ga cuma satu. makna dari nama masing-masing NCT juga berbeda-beda

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! γ…‹γ…‹γ…‹~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (μ΄λ―Όν˜•) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi