Skip to main content

ASUS 15 A516 Bigger Dream, Wider Screen: Laptop Daebbak untuk KPOPers!

ASUS 15 A516

Mari flashback dulu. Aku inget pertama kali punya laptop itu sekitar tahun 2012 karena di tahun itu mulai menjajaki bangku kuliah. Awalnya ada niatan untuk pakai PC, tapi PC nggak fleksibel. Sulit dibawa kemana-mana, dan pastinya makan banyak tempat, chingu~

Lalu, aku pun memutuskan untuk minta dibelikan laptop. Dulu, bingung banget kalau milih laptop, padahal pilihannya juga nggak banyak-banyak amat. Tapi, akhirnya menjatuhkan pilihanku pada laptop ASUS A43s warna putih yang aku namain Katsuragi Keima. Jadul banget deh ini laptop! Badannya masih tebel banget, dan beratnya ya ampun seberat cintaku pada oppa T^T

Meski berat, untuk laptop ukuran tahun 2012, ASUS A43s udah cukup mumpuni. Soalnya di laptop putih ini ditenagai prosesor Intel Core i3, cuma nggak tau deh itu Intel generasi berapa. Kalau dipakai untuk kebutuhan kuliah tahun 2012 sih lancar banget, chingu!~

ASUS A43s
*ASUS A43s

Meski laptopnya jadul, tapi..... di situ banyak kenangannya!! Dari laptop ASUS ku yang pertama, aku bisa mengenal apa itu KPOP dan asyiknya menjadi fangirl untuk para oppa kesayangan; mulai dari nontonin MV, dengerin lagu, pakai wallpaper di laptop dengan wajah oppa, sampai nonton variety show pun aku lakukan di laptop itu.

Awalnya sih ngerasa baik-baik aja nonton dengan resolusi mentok di 720p (HD). Tapi semakin berkembangnya teknologi, semakin banyaknya pilihan laptop ASUS sekarang, aku mulai agak kurang nyaman liat layar di ASUS A43s. Pertama, bezelnya tebel banget. Kedua, berat. Ketiga, layarnya butek. Jadi, udah nggak cocok banget kalau mau fangirling-an pakai laptop ini!

Akhirnya, sekitar tahun 2017-an aku mulai ganti laptop. Aku mulai coba tuh pakai VivoBook yang layarnya touchscreen. Nah, ini model yang lebih baru dan lebih canggih, layarnya lebih jernih dibandingkan ASUS A43s. Ya wajar aja, soalnya laptopnya lebih muda. Kalau yang sebelumnya udah ketinggalan zaman.

Balik ke VivoBook, di laptop itu aku lebih lancar untuk ngepoin idol-idol KPOP, mulai dari EXO, GOT7, BTS, Monsta X, ASTRO, dan banyakkkk lagi.. Karena layarnya udah jauh lebih jernih, wajah para oppa tampan ku terlihat semakin bersinar! 😍

Pakai laptop itu aja udah cukup bikin aku puas, dan sekarang ASUS menelurkan laptop yang lebih fresh from the oven dengan berbagai macam kelebihannya, terutama layar! Bisa terbayang sih pasti ngepoin oppa bisa lebihhhhhhh puas. 

Lalu, apa nama laptop ASUS yang baru? Oke, aku kasih bocoran ya.. nama laptopnya adalah ASUS VivoBook 15 A516. Secara garis besar, ASUS menawarkan laptop ringan, prosesor mumpuni, dengan konektivitas WiFi yang daebbak, hyung~ Hal ini pun diungkapkan oleh mba Dew:

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Kalau dilihat dari informasi tadi, aku yakin banget laptop anyar dari ASUS ini bakal cocok banget buat pecinta oppa kaya aku! Soalnya, laptop ini bisa memenuhi kebutuhanku untuk jadi fangirl. 

Contohnya, aku sering banget nontonin video-video KPOP lewat laptop dengan layar yang besar, jadi aku bisa puas mandangin oppa-oppa secara jelas dan jernih. Bahkan performa prosesor Intel 10th Gen serta kecepatan WiFi yang kenceng untuk kepoin idol di internet WAJIB masuk ke dalam list!

Bukan cuma itu aja, keseharian ku sebagai KPOPers membuat semakin ketergantungan pada laptop. Dengan laptop, aku bisa menulis di blog tentang KPOP, edit gambar untuk ngefangirling, bahkan untuk bekerja pun semua dilakukan di laptop. Terus apa lagi? Banyak! Intip cerita ku di bawah ya, chingudeul!~ 

Layar Lebar Puas Mandangin Wajah Oppa!

ASUS 15 A516 Bigger Dream
Setelah berkativitas seharian full, kadang aku suka ngerasa badmood. Butuh sesuatu yang bisa mengangkat semangat diri sendiri. Kalau udah begitu, pasti hal pertama yang aku lakukan adalah cek laptop, lanjut ke YouTube. Kenapa YouTube?

Di sana adalah surga bagiku karena YouTube menampung jutaan video oppa-oppa tampan kesayangan ku. Meski video yang aku putar sebenarnya itu-itu aja, tapi hal tersebut nggak bikin aku bosan. Justru mood ku bisa naik hanya menonton Music Video (MV) dari beberapa grup idol Korea.

Nah, karena aku suka banget nonton MV Korea, masalah layar pada laptop menjadi fokus utamaku. Nggak jarang MV Korea itu menyediakan video dengan resolusi hingga Full HD. Jadi, kalau milih video resolusi Full HD otomatis MV yang ditampilkan lebih jernih dan enak diliat.

Resolusi bukan satu-satunya komponen layar yang menjadi fokusku, karena lebarnya layar pun menjadi pertimbangan demi kenyamanan menonton MV Korea. Kalau layarnya lebih lebar maka setiap anggota boyband kesayanganku bakal terlihat lebih jelas.

Satu hal yang bikin kesal saat lagi asyik nonton, yaitu pantulan cahaya dari matahari atau dari lampu yang kadang ngeganggu banget. Aku suka repot sendiri untuk naik-turunin layar demi dapetin angle yang pas nggak kena silau. 

Susah banget emang, tapi kayaknya kalau pakai ASUS A516 nggak bakal repot kaya gini deh. Soalnya, salah satu jargon dari ASUS A516 adalah kehadiran lapisan anti-silau. Hmm... bakal seru banget kalau lagi nge-fangirl!!!

Laptop Harus Asyik Dibawa Jalan

ASUS 15 A516 Bigger Dream
Inget banget, kalau dulu aku pakai ASUS A43s zaman kuliah, sering bawa laptop kemana-mana dengan tas besar dan berat banget. Rajin banget bawa laptop karena di usia 20-an awal aku seneng banget ngikut latian dance KPOP bareng temen-temen KPOP ku, Ara, Suci, dan Rinda.

Mengikuti latian dance KPOP itu seru banget, biasanya aku nonton practice dance KPOP dulu untuk liat koreografinya. Karena di tempat latian dance nggak disediakan laptop atau proyektor, makanya aku suka bawa-bawa laptop yang berat itu. Wah... pundak rasanya mati rasa deh..

Tapi kayanya hal itu nggak akan berlaku kalau punya ASUS 15 A516. Dilihat dari tampilan fisiknya, laptop ini sangat ringkas, bayangkan aja bobotnya cuma 1.8 kilogram. Udah gitu, laptopnya tipis, cuma 19.9mm. Yakin deh, kalau kamu KPOPers yang doyan nge-dance ala-ala idol, pasti suka banget sama laptop ini!

Yang bikin aku makin yakin kalau laptop ini mumpuni untuk KPOPers adalah, kehadiran bezel yang tipis dengan screen-to-body ration 83%. Bahkan, nih... meski si 'dia' dibilang layar 15 inci, tapi ukurannya mirip seperti 14 inci dengan bezel tebal! Daebbak, uri ASUS jjang!~

Asyiknya lagi nih, ASUS juga udah menyediakan konektivitas super lengkap, ada HDMI (untuk mengoneksikan laptop ke layar kedua yang bisa menampilkan resolusi hingga 4K), Type-C (bisa untuk transfer data atau cas HP), Type-A, dan pastinya audio jack 3.5mm buat dengerin lagu pakai earphone/headphone.

Ms. Office Penting untuk Mendukung Aktivitas Fangirlingan

ASUS 15 A516
Microsoft Office udah jadi kebutuhan pokok. Bekerja, ngeblog, bahkan buat ngefangirling pun membutuhkan Microsoft Office lho. Aku sempat merasakan hobi banget nulis fanfiction dan sering aku upload di Wattpad buat sekedar isi waktu luang dan iseng aja.

Tapi, sebelum aku posting di Wattpad, pasti aku tulis dulu di Word. Proses screening biasanya juga dilakukan di Word, ngecek typo, cek pemilihan bahasa, dan cek hal lainnya pasti aku liat dari Word. 

Karena Ms. Word begitu pentingnya, bahkan sampai sekarang pun masih sangat penting, makanya aku lebih condong dengan laptop yang sudah memberikan paket Office di dalamnya. Tentu, ASUS 15 A516 udah punya paketan untuk Office asli lho. Hal ini selaras dengan apa yang dikatakan dalam informasi ASUS, yakni:

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Kalau begini sih, memang ASUS 15 A516 cocok banget buat KPOPers. Pasalnya, rata-rata KPOPers sangat bergantung pada aplikasi Office. Karena ASUS udah menyediakannya dengan versi lengkap dan asli, jadi pasti aman dan lebih nyaman untuk mengeksplor hobi KPOP deh!!

Performa Kencang, Nuna pun Senang

laptop asus 15 a516
Bagiku, percuma aja kalau layar udah neomu jinjja keren tapi performa melempem. Aku sih nggak akan betah untuk ngepoin oppa, andweee~~

Aku nggak pernah cukup untuk buka satu tab di Google Chrome, malah aku bisa membuka lebih dari 10 tab sekaligus; buat nge-fangirl, iya. Untuk kerja, iya. Sembari nge-blog pun aku terobos. Artinya, aku tipe orang yang senang multitasking. 

Tapi, aku juga bukan orang yang sabar. Kadang suka kesal dan bete kalau laptop mulai nge-lag atau nge-freeze, bahkan sampai hang. Hal ini sering banget aku alamin waktu kuliah, dan solusiku biasanya langsung restart. Setelah itu, aku tahan-tahan biar nggak banyak multitasking. 

Aku harus memaklumi, soalnya laptop zaman kuliah ku dulu cuma nampung RAM 4GB aja. Dan bayangkan juga, di sana cuma ada prosesor i3 jadul dengan VGA Geforce 610M. Belum lagi memorinya masih pakai HDD, karena dulu belum ada SSD. Ah, makin lemot dan memang udah nggak compatible banget untuk kebutuhan ngebucinin oppa.

Beda lagi kalau aku ngepoin mereka pakai ASUS 15 A516, pasti bakal kenceng dan nggak perlu khawatir lag lagi. Soalnya, ASUS memberikan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz dengan dukungan VGA NVIDIA GeForce MX330. 

Bahkan Hardisk-nya pun udah pakai SSD! Sebenarnya ada dua pilihan, M.2 PCIe dan 2.5" SATA. Nah, untuk SATA bisa milih HDD atau SSD. Aku sih bakal milih SSD SATA atau SSD M.2 PCIe, karena performanya bakal jauh lebih kenceng! Jadi, udah pasti jauh lebih kencang dibanding laptop ku zaman dulu. Seperti yang dibilang kata Mba Dew:

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Nah, yang paling bikin aku tertarik sama laptop ini adalah, RAM-nya bisa di-upgrade. Ilustrasinya begini, ASUS menawarkan RAM 8GB di dalam satu unit terbarunya ini. Kalau merasa kurang dengan kapasitas itu, tinggal masukin RAM tambahan karena udah ada slot khusus untuk nambah RAM. Alhasil, kinerja dan performa laptop bakal lebih kencengggg whuuushhhh~~~

ASUS Perfect Warranty: Melindungi Kenyamananku Bersama Oppa

ASUS Perfect Warranty
Pengalamanku bersama ASUS sejak kuliah tahun 2012 hingga sekarang memang bisa dibilang paling langgeng dan nyaman. Soalnya, aku jarang banget menemukan masalah berat di laptop ASUS yang sampai harus di-service

Pernah sesekalinya service laptop ASUS ke toko resminya, dan itu pun sekali diperbaiki udah nggak pernah bermasalah lagi. Masalahnya cuma satu sih, komponennya udah jadul aja.

Bisa kebayang umur laptop si ASUS putih itu dari 2012 sampai 2016 itu udah cukup awet karena memang bagiku barang elektronik punya lifetime sekitar 4-5 taunan. 

Tapi sebenarnya, saat itu si putih masih bisa jalan dengan lancar. Bahkan sampai sekarang pun sebenarnya masih bisa nyala, cuma aku emang jahil aja ngebongkar laptop itu tanpa bisa balikin ke seperti semula γ…‹γ…‹γ…‹γ…‹

Kalau mau diperbaikin pun masih bisa nyala deh kayanya, tapi bakal repot juga benerinnya. Apalagi masa garansinya udah abis! Nah, ngomongin soal garansi nih, ASUS cukup perhatian banget soal ini.

Dulu, sebelum tahun 2020, kalau mau klaim garansi laptop ASUS ada banyak syaratnya, bahkan beberapa komponen nggak bisa digaransikan. Apalagi kerusakan laptop terjadi karena kecerobohan penggunanya. Wah, udah deh nggak akan bisa dapet garansi!

Tapi, mulai tahun 2020 ASUS ngasih penawaran menarik banget nih yaitu ASUS Perfect Warranty. Wah apa tuh? Jadi, ini adalah program garansi produk ASUS dimana penggunanya bisa klaim garansi untuk berbagai macam hal yang tidak ter-cover oleh garansi standar ASUS, salah satunya ya itu tadi: kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penggunanya.

Nah, karena ASUS 15 A516 memiliki cap "ASUS Perfect Warranty" artinya para pengguna laptop ini bisa mengklaim berbagai kerusakan dengan hanya membayar 20% dari biasa service. Untuk 80%-nya akan dibayarkan oleh ASUS. Daebbak hyung~~~

Kalau ada garansi kaya gini, pasti deh bikin aku lebih tenang saat lagi nge-fangirl. Misalnya nih, waktu lagi asyik-asyik ngepoin oppa tiba-tiba laptop jatoh atau nggak sengaja ketendang karena saking excited-nya. Lalu, ada beberapa perangkat yang rusak.. Wah panik dong

Tapi, karena ASUS 15 A516 punya 'garansi spesial' maka aku nggak perlu khawatir soal biaya perbaikan di service center. ASUS bakal membayar 80% dari harga service-nya. Ish manteppp!!! Makin pengen punya laptop ini, deh~

Udah cukup ngiler dengan segala macam penawaran dari ASUS 15 A516 ini? Sama kok, aku juga ngiler! Semua kelebihannya ini bisa membawaku ke pengalaman ngefangirl yang lebih menarik. 

Aku udah mulai ngintip-ngintip soal harga yang ditawarkan oleh ASUS, dan...... harganya cukup affordable dengan segala kelebihannya. Untuk yang tertarik, bisa langsung siapkan dana mulai dari Rp5.299.000~~ Worth to price ^^

*Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com.

Comments

  1. katsuragi keima..... penamaan dari jaman jebotttt :')) hallo akun twt passwordnya :))

    ReplyDelete
  2. Jadi gak PD... Jauh banget tertinggal ilmu. Membaca tulisannya, sambil nanya ke anak... Itu apa ini apa arti dan maksudnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun awalnya sulit mengerti tapi karena terbiasa berurusan sama artikel tekno, jadi sedikitnya paham hehehe

      Delete
  3. Yeay ... Baca ini serasa lagi belajar tentang K-Pop. Keren ulasannya.

    ReplyDelete
  4. Kalo nontonin oppa2 pake Asus ini berasa hadir lebih nyata ya mba hahah... Kalo di saya yang paling lega itu ya di bagian dapet software asli huhuhu

    ReplyDelete
  5. Mantaaaph banget pake laptop asus, wajah oppa-oppa jadi semakin HD dan bening bening ya mbak hahaha
    Laptopnya asus emang denger-denger dari temen-temen bandel dan bisa diandalin. Great review mbak Ori!

    ReplyDelete
  6. Bener tuh. Makin kinclong aja muka tuh oppa2, mantap kalo nonton drama korea...🀩

    ReplyDelete
  7. Mantap review-nya. Duuuh, kebayang, bakal makin betah berlama-lama di depan laptop, ya, Mbak. Good luck, yaaa! 😊

    ReplyDelete
  8. sudah betul kalo layar besar bisa buat mantengin idol sampe puas yaa πŸ˜‚ buat nontonin videonya juga seneng karena jernih ni laptop. good luck!

    ReplyDelete
  9. Pertama kali punya laptop Asus warna putih yang kecil mungil itu, suka banget karena bisa dibawa kemana2. Dan menjawab kebutuhan ku yang cuma buat main game dinner dash versi windows dan nonton film2 download an. Itu aja jaman dulu aku sudah cukup happy, apalagi yang ini, baca spec nya mantap abis!!

    ReplyDelete
  10. setelah baca spesifikasinya dengan layar lebar, aku langsung keingat wajah oppa2 kalau nonton pakai laptop ini, Masya Allah semakin jatuh cinta. ASUS VivoBook 15 A516 Yess.

    ReplyDelete
  11. bener banget mbak, sekarang mah nonton MV oppa enggak puas kalau belum versi HD dengan wajah oppa di seluruh layar, hahaha. ASUS VivoBook 15 A516 layar lebar impiankuuuu

    ReplyDelete
  12. Mantep euy reviewnya..... Semoga bisa milik ya Asus VivoBook 15 A516 buat kita hehehe aamiin...

    ReplyDelete
  13. Layar besar jd bisa puas banget ya mandangin para oppa2 ganteng. Insyaallah jd makin produktif juga lah. Goodluck mbak

    ReplyDelete
  14. Wah pencinta ASUS dari dulu ya mbak. Dengan spec ASUS harga segitu itu woth it banget. Duh jadi pengen beli laptop ASUS juga.

    ReplyDelete
  15. Iyaaa memang lebih seru nonton MV dari layar laptop ya dibandingkan hape, lebih puas apalagi kalau layar laptop lebar dan jernih sukaaa...

    ReplyDelete
  16. wagelaseh keren sih ini ga ngerti lagi deh kern bingit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! γ…‹γ…‹γ…‹~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (μ΄λ―Όν˜•) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi