Skip to main content

Karakter Cewek Drakor yang Insipiratif: Be Kind, Strong, & Love Yourself!

Hobi banget kalau udah mantengin VIU, soalnya di sana banyak drama-drama dan film Korea yang aku suka. Ceritanya beragam, mulai dari genre romansa, kriminal, kehidupan, sampai cerita anak remaja yang menggelitik. Kalau aku pribadi sih lebih suka nonton yang genre kriminal dan kehidupan. Kenapa?

Soalnya, drakor-drakor tersebut sangat inspiratif, terutama karakter-karakter wanita yang ada di drakornya. Salah satu tokoh wanita yang aku suka banget ada di drama "Angry Mom" yang diperankan oleh Kim Hee-Seon. 

Kim Hee-Seon bisa menjadi sosok ibu yang luar biasa kuat dan menginspirasi. Di drama itu dia berperan sebagai ibu tunggal. Dia dan anaknya bukan keluarga kaya raya, malah cenderung pas-pasan. Tapi, ibunya ini sangat memperjuangkan kehidupan anaknya. Dia mau bekerja banting tulang demi membiayai putri semata wayangnya. 

Namun sayangnya, sang anak kesayangan ini menjadi korban bullying yang parah banget! Bahkan, si korban sampai stres dan nggak bisa lanjutin sekolah. Nah, dari sinilah sang ibu ngamuk banget! Dia mencari keadilan eh malah ditolak pihak sekolah dan malah ngatain si anak sebagai anak nakal yang lesbian T~T

Akhirnya, si ibu ini menyamar jadi murid di sekolah anaknya. Dan, selama di sana si ibu berusaha untuk menguak kasus perundungan anaknya. Dia rela mengorek informasi dari setiap orang di sekolah itu sampai akhirnya dia berhasil menguak misteri perundungan anaknya. Keren banget! 

Itu tadi salah satu tokoh wanita yang sangat inspiratif buatku. Tokoh ibu yang akan melakukan apapun untuk anaknya, marah besar ketika anaknya diganggu. Itulah seorang ibu, rela mengorbankan dirinya untuk anaknya. 

Jujur saja, aku sangat terharu menonton drama itu, akhirnya aku mencari drama sejenis dengan tokoh wanita yang lebih menginspirasi. Aku cari di aplikasi VIU yang memang menyediakan tontonan drakor paling lengkap. Dan yeap~ aku banyak menemukan tokoh-tokoh wanita keren, bukan hanya berperan seorang ibu tapi ada juga wanita inspiratif yang berperan sebagai fangirl KPOP kayak aku. Penasaran? Ini dia tokoh-tokoh wanita inspiratif versiku~

1. Sung Deok-Mi (Her Private Life)

Deok Mi - Her private life

Aku orangnya emang Korean Culture Enthusiast banget, dari mulai KPOP, drakor, sampai variety-variety mereka, aku suka semua! Mungkin orang tahunya dengan istilah KPOPers. Nah, saat nonton drakor Her Private Life, aku merasa relate banget dengan karakter Sung Deok-Mi yang diperankan oleh Park Min-Young.

Jujur saja, aku merasa terinspirasi darinya. Soalnya, di sini menceritakan bagaimana Deok-Mi mengatur waktunya sebagai pekerja/pegawai kantoran dengan hobinya sebagai KPOPers. Dia harus terlihat perfect saat bekerja, tapi kesempurnaan itu terhapus saat menonton tayangan Oppa kesayangan.

Dia bakal ketawa-ketiwi sendiri, senyum-senyum nggak jelas, sampai ngikutin sang idola kemana pun dia pergi. Karakter ini ngerasa kaya "aku banget" yang menjadikan KPOP sebagai hobi dan sarana penghilang kejenuhan saat lelah bekerja. 

Dari sini aku terinspirasi bahwa aku tidak perlu malu dengan hobi KPOP ku. Toh tidak ada salahnya punya hobi selama itu baik dan tidak melenceng, kan? Itulah premis yang dibawa oleh Deok-Mi. Awalnya dia tidak ingin identitas sebagai fangirl KPOPers terbongkar, tapi lama-kelamaan dia sadar itu bukan hal yang salah. Hobby makes you happy, just be yourself!

2. Jang Man Wol (Hotel Del Luna)

Jang Man Wol - Hotel Del Luna

Pernah nonton Hotel Del Luna? Ini salah satu drakor terfavoritku, apalagi karakter Jang Man Wol sang tokoh utama yang diperankan oleh IU. Dia ini punya karakter dan kepribadian yang tsundere, menurutku. Dia galak banget, omongannya juga sangat menyakitkan hati. Tapi sebenarnya Jang Man Wol ini penyayang.

Memang di awal cerita, Jang Man Wol digambarkan sebagai sosok yang tempramental, ya bikin kesel! Tapi lama kelamaan karakternya ini berkembang dengan mulus. Ada banyak pelajaran yang menginspirasi dari karakter Man Wol. 

Pertama, aku diajarkan untuk berpikir sebelum bertindak karena setiap perbuatan ada konsekuensinya. Hal ini pernah kejadian ketika Man Wol sangat gegabah memutuskan suatu hal dan berakhir sangat buruk. Bukan buruk untuk dia aja, tapi juga orang sekitarnya.

Kedua, berhematlah meski memiliki harta yang berlimpah. Man Wol di sini ceritanya suka banget belanja barang-barang mewah hingga suatu hari hotel yang dipimpinnya hampir mengalami kebangkrutan!

Ketiga, maafkan dan ikhlaskan orang yang telah menyakitimu. Di sini Man Wol punya dendam mendalam. Alih-alih bisa membalaskan dendamnya, justru Man Wol sering mengalami kesialan kalau berusaha balas dendam. Ketiga pelajaran itu menginspirasiku untuk tetap menjadi manusia humble and be kind. Nggak akan merugi, justru itu bikin tenang!

3. Han Go-Woon (True Beauty)

Han Gowoon - True Beauty

Tokoh perempuan inspiratif nggak melulu soal wanita dewasa dengan karirnya yang keren. Aku memilih karakter Han Go-Woon yang muncul di drama True Beauty. Dia hanya seorang gadis SMA biasa dengan wajah yang menurut teman-temannya tidak menarik. Pasalnya, di wajahnya itu dipenuhi dengan jerawat kemerahan.

Dia juga kerap kali memakai kacamata tebal, rambutnya dibiarkan diikat atau digerai tanpa model apapun. Hal itu membuatnya terlihat seperti anak culun. But, guess what? Dia nggak malu akan penampilannya. Justru dia sangat percaya diri dengan keadaan tubuh dan wajahnya saat ini, karena dia tahu kelebihannya bukan soal wajah melainkan suaranya yang merdu, dan itu bikin teman-temannya iri!

Yang paling bikin aku makin suka sama Han Go-Woon adalah saat adegan dia dibantu Jukyung untuk berdandan, karena saat itu dia mau tampil untuk menyanyikan sebuah lagu. Setelah penampilannya selesai, Jukyung menawarkan diri untuk melatih Go-Woon berdandan cantik yang bisa menutupi jerawat di wajahnya. Mengejutkan, alih-alih excited dengan tawaran itu, justru Go-Woon berkata:

Aku tidak mau orang-orang hanya melihatku cantik karena riasan. Aku tidak mau kehilangan jati diriku karena riasan. Jadi, aku akan menghiraukan mereka dan hidup dengan apa yang aku punya.

Kurang lebih kata-katanya seperti itu. Hal itu menunjukkan bahwa love yourself amat sangat penting. Pandangan orang lain mengenai baik/buruk, cantik/jelek, itu hanya relatif. Yang penting kamu bangga menjadi diri sendiri tanpa merugikan orang lain. Inspiratif sekali, kan?

4. Dayang Choi (Mr. Queen)

Dayang Choi - Mr Queen

Salah satu drakor yang paling populer ini juga punya tokoh wanita inspiratif lho! Sebenarnya di Mr. Queen banyak banget karakter perempuan keren, tapi aku menjatuhkan title wanita keren ke Dayang Choi. Ada alasannya nih, chingu~

Aku suka banget karakter Dayang Choi yang begitu penyabar dan penyayang. Padahal, dia bukan ibu kandung sang ratu, tapi dia bisa menyayangi ratu seperti anaknya sendiri. Saking tulus rasa kasih sayang Dayang Choi pada sang ratu, dia bahkan rela berkorban untuk ditangkap oleh tentara kerajaan demi menyelamatkan ratu! 

Kebaikan Dayang Choi ini bikin sifat ratu yang tadinya mengesalkan jadi agak sedikit melunak. Sekali lagi, be kind and humble tidak akan merugikan siapa pun justru bikin tenang dan membawa kedamaian untuk semuanya. So uwu ><

5. Kim Ji-Young (Kim Ji-Young Born 1982)

Kim Jiyoung 1982

Ini bonus! Soalnya Kim Ji-Young Born 1982 bukan drama Korea, melainkan film Korea yang super menginspirasi siapa pun yang menontonnya, terutama wanita karir yang merangkap menjadi ibu rumah tangga. Nah, sesuai judulnya ya, film ini berpusat pada tokoh Kim Ji-Young.

Dia digambarkan sebagai sosok wanita karir yang senang bekerja. Tapi sayangnya, cita-cita untuk membuat karirnya naik terputus begitu saja setelah dia menikah dan memiliki seorang anak. Awalnya dia merasa biasa saja, namun lama-lama dia mengalami baby blues. Tidak ada yang menyadari hal itu hingga yang awalnya hanya sindrom baby blues berubah menjadi depresi yang sangat berat.

Sebenarnya Jiyoung bukan hanya jenuh tapi juga dia mendapatkan tekanan mental dari orang-orang sekitar. Dia dianggap 'belum cukup baik' untuk menjadi seorang ibu. Padahal dia sudah melakukan semuanya. Masalah depresinya muncul ketika dia mulai ngomong sendiri, menjadi orang lain, lalu pingsan. Suaminya yang menyadari hal ini untuk pertama kali langsung mengajaknya ke psikiater.

Perjuangan Kim Ji-Young menghadapi depresinya itu penuh rintangan. Bahkan dia sempat diledek juga karena dianggap 'kerasukan setan'. Tapi dia tetap bertahan dan ingin sembuh demi anak dan suaminya. Ini so sweet banget. Bahkan ending-nya pun amat sangat memuaskan! 

Karakter Kim Ji-Young yang sedang berada di titik terendah hingga sembuh dari depresi membuatnya kuat dan patut ditiru. Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Sekali lagi, kita ditunjukkan bagaimana perjuangan ibu demi anak dan keluarganya begitu kuat dan berharga. Salut~

VIU, Aplikasi Favorit Para Pecinta Oppa!

Nonton drakor di VIU

Tokoh inspiratif yang aku sebutkan tadi, semuanya bisa disaksikan lewat aplikasi VIU. Fyi, VIU ini salah satu aplikasi penyedia tayangan drakor yang lengkap. Mau drakor lama sampai drakor yang baru, semuanya ada di sini. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan subtitle Bahasa Indonesia dengan tata bahasa yang apik dan mudah dimengerti.

Aku sendiri udah cukup lama langganan VIU. Sebagai KPOPers, tentu saja tayangan Korea itu menjadi tontonan wajib setiap ada waktu luang. Nah, kehadiran VIU ini ngebantu aku untuk menonton idola kesayangan aku, nggak cuma drama atau film aja, soalnya di sini juga ada variety shows, reality shows, sampai survival shows. Lengkap banget, kan

VIU

Terus, gimana nih biar bisa nonton di VIU dengan aman, lancar, tanpa hambatan seperti jalan tol? Gampang banget, chingu. 

  1. Kamu bisa download aplikasi VIU di PlayStore atau iStore. 
  2. Terus, langsung login aja pakai nomor HP/email/akun Facebook.
  3. Sudah selesai, kini kamu tinggal nikmatin deh semua tayangan di VIU.
Eits, tapi kalau kamu mau nonton drakor yang masih on-going, lebih enak kalau langsung berlangganan VIU Premium. Biayanya nggak bikin nyekek, cuma sekitar 15 ribuan per bulannya! Cara bayarnya juga beragam, bisa lewat Google PlayStore, Shopeepay, Gopay, dan Tokopedia. 

Yang lebih serunya lagi, biasanya VIU sering mengadakan promo menarik dan pastinya harga yang ditawarkan lebih bersahabat. Fyi, khusus pelanggan VIU Premium, kamu bisa menonton secara offline dengan cara download episode drakornya dulu. 

Jadi, kapan nih kamu mau berlangganan VIU? Yuk, nge-hype drakor bareng aku dengan nonton drama korea di aplikasi VIU!

Comments

  1. dari dulu pengen bgt nonton yg Kim Ji Young tp gak sempet2 dan gatau mau nonton full episode dimana :'( TAPI sekarang udah tau, jadi OKESIP meluncyurrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tonton mba, aku terharu banget sih. Dia punya suami idaman pula :"

      Delete
  2. Paling berkesan tuh si dayang di Mr Queennnn. Dari segi pembawaan sampai terngiang-ngiang banget di kepala. Aku rewatch ini drama juga gak ngebosenin:') sukaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama ini emang beda banget sih, melekat banget. Mana aktingnya pada bagus

      Delete
  3. Aku suka Han Go Woon 😍 tipe cewe strong dan sabodo teuing sama look dia. Trus beruntung banget dia punya kakak kayak Seo Jun ganteng wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk betul, intinya ya pede aja toh dia gak menganggu orang. han seojun memang ketjehhh

      Delete
  4. Karakter dayang di mr.queen waduh sangat penyabar dlm menyikapi kelakuan si mama

    ReplyDelete
  5. Aku merasa seperti Han Go Woon ketika masih sekolah, apa adanya. Pede aja gitu. Namun ketika selesai kuliah dan terjun ke kehidupan masyarakat, ko malah kebanyakan insecure yaa

    ReplyDelete
  6. seru nih kalo mba ori udah nulis tentang film2. aku jadi ngga susah2 mengira2 mana yang mau aku tonton hahahah

    ReplyDelete
  7. Aduuh, rasanya kl ada Indonesian K-Popers fans award pasti mbak Ori juaranya... Aku terpesona dengan detail penulisanmu, mbak.

    ReplyDelete
  8. saya tambah kang center (lee hana) dari drama voice ya, mbak. dia juga keren. sosok cewek yang bisa tenang dalam segala situasi meski terdesak sekalipun, hehehehe

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya langganan Viu banyak drama dan film seru.. Jadi pengen unduh semua buat ditonton hihi.. Akhirnya nonton Kim Ji Yong di Viu sukaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asyik banget VIU buat kpopers atau pecinta k-drama kaya aku uuuu lovee~ iya, akhirnya aku bisa re-watch kimnJiyoung~

      Delete
  11. Wah, inspiratif banget tokoh2 wanitanya, bener jika kita dijahatin harus dibalas dg kebaikan supaya kita lebih bahagia. Makasih infonya kaka, cara langganan VIU nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau dibales kejahatan ya ga akan selesai-selesai malah menimbulkan dendam baru

      Delete
  12. Dayang Choi is my favorite kak hahahaha, daebak banget acting nya. Hahahahahaha... Yaa Allah tiap dia muncul bawaanya pegen ketawa mulu hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwhahahahaha dayang satu itu memang luar biasa.. aku juga sama mba 🤣🤣🤣

      Delete
  13. Aku pengern nonton yang her privat life. Seru bet kayaknya...

    ReplyDelete
  14. Man wol.. Sekali nonton aku langsung suka sm tokoh ini. Karakternya kuat banget. Kalau
    Judul drama di atas selain hotel del luna aku blm pernah nonton sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba ditonton, seru semua kok~ kalau mau komedi, bisa tonton Mr. Quen, bisa baca dulu juga reviewnya di blog aku 🤭

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Apa, Sih, Perbedaan Fanmeeting, Fansigning, dan Konser KPOP?

Jika sebelumnya Saya membahas soal tips beli tiket konser KPOP , kali ini Saya mau berbagi pendapat mengenai perbedaan antara Fanmeeting, Fansigning, dan konser KPOP. Sebenarnya tujuan dari tiga acara tersebut sama saja, yakni agar bisa berinteraksi dengan fans lebih dekat. Tapi, intensi interaksi dari tiga acara tersebut sangatlah berbeda. Nah, selain sebagai ajang bertemu dan kenal dengan fans lebih dekat, para fans juga biasanya bisa mendapatkan banyak benefit dari setiap acara yang diadakan, entah itu berupa foto bersama, hi-touch, atau hanya sekedar mendapatkan poster eksklusif. Tapi sayangnya, fanmeeting, fansigning, dan konser juga punya benefit yang berbeda. Kalau kamu masih bingung atau galau memilih antara fanmeeting, fansigning, dan konser maka di sini Saya akan coba bantu mengetahui perbedaan antara ketiganya. 1. Fanmeeting Dari namanya bisa sudah ditebak kalau fanmeeting ini memang menitikberatkan pada pertemuan antara fans dan idolnya. Jadi, kamu bisa berinterak