Skip to main content

7 Tips Beli HP untuk KPOPers Biar Nyaman Kepoin Bias

Sebagai KPOPers, HP menjadi salah satu hal penting untuk fangirling-an. Dari satu HP, aku bisa melakukan banyak hal untuk mendukung para bias, misalnya streaming MV, nge-vote untuk award tertentu, kepoin foto bias, sampai main game SUPERSTAR.

Saking banyak hal yang dilakuin para fangirl dan fanboy KPOP makanya dibutuhkan HP yang 'kuat' biar ga ada halangan saat lagi streaming. Kan sebel juga, lagi asyik nonton MV tau-tau HP nge-lag atau yang paling kesel, oppa lagi Live IG tiba-tiba HP-nya nge-freeze.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti tadi, diperlukannya prioritas tertentu saat memilih HP. Tentu saja prioritasnya tergantung penggunaan masing-masing, ya. Tapi, di artikel kali ini aku mau berbagi tips beli HP untuk kebutuhan para KPOPers. Agar kamu ga salah beli, bisa ikutin tips ini, ya!

1. Tentukan Budget dan Kebutuhan

Solar Mamamoo

Budget itu hal paling penting saat membeli HP. Budget-nya bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan dan dompetmu. Kalau punya budget yang tinggi untuk beli HP sih banyak pilihannya, tapi kalau budget-nya pas-pasan mungkin agak tricky. Tapi tenang aja, meski budget kamu minim bukan berarti tidak bisa beli HP terbaik, ya.

Intinya, jangan memaksakan diri. Ga apa-apa kok punya budget minim, toh yang paling penting HP-nya masih bisa digunakan sesuai kebutuhan fangirling-an. Tapi saranku, minimal budget untuk beli HP ini sekitar 3 jutaan, udah cukup untuk bisa dapetin HP buat nge-fangirl. 

Tapi, budget ini juga harus diimbangi dengan kebutuhan. Akan terasa percuma kalau punya budget terlalu tinggi tapi kebutuhannya cuma buat sosmed aja, iya kan? 

Nah, kebutuhan KPOPers beda-beda. Kalau aku pribadi lebih suka main game dan multitasking (bukain banyak video, sosmed, game secara bersamaan). Karena kebutuhan tersebut, aku lebih fokus ke performanya alias mesin yang digunakan di HP.

Beda lagi kalau KPOPers yang lebih suka nonton drakor atau MV, pasti ingin nyaman nontonnya kan? Jadi, mereka bakal fokus ke layar HP. Begitu pun yang lebih suka foto-fotoin bias, mereka bakal lebih fokus untuk cari kamera yang mumpuni. Jadi, sudahkah menentukan budget dan kebutuhanmu, chingu?

2. Perhatikan Kualitas Layar HP

Sinb GFriend
sumber: twitter//@maymoy_nk

Kebanyakan KPOPers pasti sering nonton video. Nah, biar nonton videonya lebih nyaman, pintar-pintarlah memilih HP dengan kualitas layar terbaik. Untuk menentukan kualitas layar HP terbaik, coba lihat dari resolusi dan tipe layar HP-nya.

Kalau HP kelas atas yang harganya lebih dari 10 jutaan, biasanya menggunakan tipe AMOLED, Super AMOLED, atau Retina Display. Tapi tipe layar ini belum tentu punya kualitas layar yang paling bagus, karena perlu dilihat juga ukuran resolusinya.

Misalnya, di HP Samsung Galaxy S20 / S20 Plus menggunakan tipe Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 1440 x 3200. Sedangkan untuk iPhone menggunakan tipe Super Retina XDR OLED dengan resolusi 1284 x 2778. Nah, dari segi resolusinya masih lebih unggul HP Samsung, jadi menurutku masih lebih OKE pilih HP Samsung.

Tapi itu kan HP mahal, gimana untuk HP kelas 3 jutaan? Sesuai harga ya, kalau HP kisaran 3 jutaan seperti ini kayanya ga ada yang pakai tipe layar high-end. Paling mentok mereka menggunakan tipe IPS-LCD atau OLED. 

Meskipun dua tipe tersebut tidak sebagus AMOLED dkk, tapi layarnya masih sangat mumpuni untuk nonton video dengan jernih kok. Hanya saja, mungkin kamu tidak bisa menikmati video dengan resolusi di atas 4K, ya. 

3. Suka Dengerin Musik? Cari Speaker yang Bagus!

Musik

Gak cuma nonton video aja, aku sebagai KPOPers sih suka banget dengerin lagu bias. Makanya, aku paling aware sama kualitas speaker yang ada di HP. Biar suaranya lebih soft dan enak didengar, disarankan untuk beli HP yang punya kualitas speaker bagus.

Gimana cara tahu kualitas speaker di HP? Kalau kamu cek GSM Arena, biasanya mereka selalu memberikan daftar untuk ngetes HP, termasuk ngetes kualitas speaker-nya. Nah, coba intip bagian Loudspeaker. Di sana tertera hasil tes speaker dari tim riviuw GSM Arena, kalau ada kata "Very Good" artinya memang HP tersebut memiliki kualitas audio sangat baik.


Tapi, jika kamu kurang puas hanya dengan melihat hasil tesnya, bisa kok klik di bagian hasil tersebut untuk mengetahui alasan detail-nya soal kualitas audio HP-nya. 

Oh iya, kamu juga bisa cek bagian Sound untuk melihat tipe audionya. Biasanya, ada keterangan "Stereo Speaker" untuk HP yang punya kualitas bagus, salah satunya adalah iPhone 12 Pro Max. Tapi kalau menurut smartprix, ASUS ROG Phone 3 mengungguli kualitas audio terbaik dibandingkan HP lainnya karena sudah dibekali dengan DTS:X stereo speakers (2 dedicated amplifiers). 

4. Kamera, Poin Favorit!

Jennie Blackpink

Kamera HP menjadi incaran utama para KPOPers, apalagi yang suka nonton konser! Iya, aku ngerasain banget, kamera HP itu penting saat nonton konser. Nah, aku pribadi sih butuh kamera yang stabil, mudah dioperasikan, dan jernih. 

Untuk mencakup semua kebutuhan itu, biasanya aku cek fitur kameranya terlebih dahulu, setelah itu liat bagian resolusi kameranya. Nah, fitur kamera itu mencakup zoom, flash, stabilizer, HDR, hingga lensanya. 

Contoh, di kamera iPhone 12 Pro Max punya 3 kamera (wide, telephoto, dan ultrawide). Nah, ketiga kamera ini punya fungsinya masing-masing. Kalau mau foto bokeh, gunakan kamera telephoto. Kalau mau hasil foto yang lebar dan semua objek tertangkap dalam satu frame kamera, pakailah kamera ultrawide. Untuk lensa wide, itu lensa standar yang ada di HP.

Selain kameranya, iPhone 12 Pro Max juga punya fitur sensor-shift stabilization. Artinya, kalau kamu foto suatu objek hasilnya bakal lebih stabil alias ga akan gampang goyang yang membuat hasil foto jadi blur. Cocok banget deh buat KPOPers yang suka fotoin bias pas konser!

Oh iya, saat konser gak cuma foto-foto aja, biasanya juga suka ngerekam video kan? Maka dari itu, perhatikan fitur perekaman video yang ditawarkan setiap HP. Contohnya di ASUS Zenfone 6 menawarkan perekaman video di resolusi sampai 4K. Hasil videonya tentu saja bagus, hanya saja file videonya jadi lebih besar dibanding video dengan resolusi standar.

Lalu, di Zenfone 6 bisa merekam video lebih stabil dan tajam berkat kehadiran gyro-EIS. Nah, fitur itu juga akan mendeteksi setiap gerakan yang direkam dan sensornya akan memperbaiki setiap frame-nya agar hasil video lebih smooth. Keren kan? Jadi, kalau kamu suka nonton konser KPOP dan ingin punya kamera HP yang worth, perhatikan fitur kameranya. Resolusi kamera bisa dilihat paling akhir!

5. Pilih Performa yang Sesuai

sehun exo

Browsing berita KPOP, streaming MV, sampai main game SUPERSTAR di HP itu butuh kinerja yang kuat dan mumpuni. Gak semua HP bisa melakukan semua hal itu secara bersamaan, bisa-bisa HP nge-lag. Pasti ngeganggu aktivitas banget, kan?

Karena hal itu, disarankan untuk cari HP yang punya performa mumpuni. Tidak perlu performa terlalu kenceng, yang penting kamu bisa nyaman saat menggunakan HP-nya. Kalau kamu cuma sekedar browsing, sosmed, foto-foto, atau cuma nonton video, rasanya chipset Snapdragon 600 series sudah cukup.

Biasanya, Snapdragon 600 series ini ada di HP Android kelas menengah, contohnya: Xiaomi Redmi Note 8, ASUS Zenfone Max Pro M2, Vivo V9, dsb. Banyak banget deh pilihannya!

Catatan khusus untuk yang bener-bener suka main game secara aktif, terutama game SUPERSTAR, mungkin kamu butuh HP dengan chipset yang lebih dari Snapdragon 600 series. Sayangnya, HP seperti itu hanya ada di kelas high-end yang mana punya harga tinggi. 

6. Ketahanan dan Kapasitas Baterai

moonbyul Mamamoo

Menurutku kapasitas dan ketahanan baterai salah satu aspek penting, terutama saat nonton konser. Waktu ngonser DAY6 Gravity di Jakarta, aku pakai HP ASUS Zenfone 6 yang punya kapasitas baterai 5000 mAh. Itu termasuk kapasitas baterai super besar karena kebanyakan HP punya kapasitas baterai standar di kisaran 3000 s/d 3500 mAh.

Nah, kalau kapasitas baterainya besar, tentu saja baterainya lebih awet dipakai apapun. Waktu ngonser pakai Zenfone 6, aku ga ngecas sama sekali. Terakhir ngecas HP itu saat mau pulang konser, awet banget kan? Itulah gunanya memilih HP dengan kapasitas baterai besar.

Tapi, jangan asal milih kapasitasnya aja, ya, lihat juga fitur baterainya. Iya, baterai HP juga ada beberapa fitur, contohnya fast charging (pengisian cepat). Fitur tersebut bisa bikin ngecas lebih cepat dibandingkan ngecas di HP biasa. 

7. Ukuran HP

sowon gfriend

Sebenarnya ini opsional sih, tapi kalau aku lebih suka ukuran HP yang pas dengan genggaman tangan. Soalnya, kalau HP terlalu besar atau terlalu kecil justru bikin tangan makin pegal dan ga nyaman. Karena tanganku tergolong kecil, aku sih lebih suka HP dengan ukuran sekitar 6 inci. 

Tapi, kalau kamu termasuk orang dengan ukuran tangan yang lebar, mungkin HP berukuran 7 inci masih nyaman digenggam. So, kamu termasuk suka HP ukuran besar atau kecil, nih?

Intinya, kalau kamu seorang KPOPers dan punya rencana buat beli HP baru, usahakan pilih HP yang sesuai dengan kebutuhan. Tentukan dulu kebutuhannya, mau nonton video, foto, main game, dsb, setelah itu tentukan budget-nya, ya. Yang paling penting gunakan HP itu semaksimal mungkin, ya!

Comments

  1. Mantap kak, supaya kpopers nya lancar and gak ketinggalan ya kak jadi hpnya juga harus bagus sesuai budget lah hehe

    ReplyDelete
  2. Sampai geleng-geleng kepala nih . KPopers harus sedemikian rupa supaya mendapat tontonan yang enak, suara yang cring

    ReplyDelete
  3. Wah, keren ini ulasannya. Sebentar, klo live atau siaran teris freeze, itu bukannya dari koneksi internetnya, ya. Baru tau ada speaker stereo, selama ini baru mono, cuma ya harganya mahal. Klo ukuran hp, suka yg agak besar, biar layarnya jua lebar. Puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nge freeze pas lagi nonton Vlive, dikira internet taunya hp ku nge lag karena app nya kegedean ga kuat hp ku wkwkwk. Iya ada, itu biasanya di hp high-end dan emg mahilsss. Aku sukanya hp kecil apalagi buat konser, biar ga pegel wkw

      Delete
  4. Kalo saya pasti liat kapasitas baterai dulu mbak, setelahnya baru kamera dan kawan-kawannya, kalo bisa yg layarnya lebar juga sih hihi

    ReplyDelete
  5. unik banget artikelnyaa, aku sampe bengong bacanya hahaha. kereenn.

    kalo aku biasanya merhatiin batre sama kualitas kamera, trus tahan bantingnya seberapa biar awet terus hpnya πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih terinspirasi karena dulu pake hp yg ga nyaman pas konser xD

      Yup, mending liat isi hp nya dulu sesuai kebutuhan~

      Delete
  6. Kalau saya untuk ambil foto bokeh di iPhone lebih sering pakai mode Potrait mba. Untuk telephoto biasanya untuk nge zoom. Saya baru tau kalo bisa bokeh juga. coba nanti saya coba. Terima kasih infonta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oala, jadi setau ku kamera telephoto itu fungsinya 'memperjelas objek', bisa masuk buat Bokeh dan Zoom. Tergantung juga hp nya punya fitur apa, ga selalu telephoto buat bokeh atau zoom mba~

      Delete
  7. Mantap euy ulasannya... Kalau saya milih hape memang milih spek2 seperti yg mba sebutin. Biar awet hapenya 😊😊

    ReplyDelete
  8. mbaaaaak ... plis ya. kalau begini makin mupeng hape bagus ini. demi kelanjutan dunia fangirling, hehehehe. ah, jadi fangirl memang harus modal ini. nabung dulu, neng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha sama2 mupeng kita mbaa, yoshh nabung terus pantang mundur xD

      Delete
  9. Untuk aku yang bukan Kpopers, aku relate banget jug sih dengan post ini. Saat memilih hp, aku pasti juga akan mempertimbangkan aspek-aspek yang Mbak Ori butuhkan. Secara, aku juga penggemar musik dan suka nonton film juga. Jadinya hp yang kualitasnya mumpuni juga akan menambah kenikmatan saat nonton atau mendengarkan musik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bener banget mba biar makin asyik nonton dan dengerin musik. Kita sama deh, tosss

      Delete
  10. Wah jadi inget sewaktu aku dulu suka nonton drama Korea, sampai-sampai ingin beli HP yang dipakai oleh pemain-pemainnya, yaitu HP merk Samsung haha.. dibela-belain sampai muter-muter pasar elektronik mencari HP yang aku inginkan, tapi tidak dapat, karena ternyata masih keluaran terbaru dan harus pre-order, akhirnya pulang dan ngga jadi beli HP haha πŸ˜‚

    Untuk kualitas dalam membeli HP, yang paling aku utamakan adalah kameranya.. karena mungkin aku suka photography jadi kameranya haruslah jernih dan bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih semua fangirl kayanya relate sama keinginan mba. Aku pun kadang suka pengen ngikutin hp yg kaya oppa, tapi apa daya, mereka kalau punya hp tipe hogh-end semua huhu

      Yap, kalau suka photography pasti liat kamera. Biar hasilnya lebih oke~

      Delete
  11. Mantap benar KPoppers ini sampai detail banget untuk bisa menjadi KPoppers. yg baik. Hp pun sangat berengaruh ya... sebagai blogger juga berpengaruh hpnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa iya, biar makin betah kepoin oppa jadi harus punya tools yang bagus juga xD

      Nah, ini juga bisa banget kok diterapin untuk para blogger~

      Delete
  12. Iya, harus sesuai budget dan kebutuhan kita ya pilih hape. Beneran, ukuran dan berat juga perlu diperhatikan apalagi kalau untuk dokumentasi saat nonton konser, bisa-bisa lengan pegel kalau hape kegedean..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relate banget mba dew, aku pernah konser pake hp gede duhh pegelnya ampunnn wkwkkw

      Delete
  13. we are Samsung team behahahahaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! γ…‹γ…‹γ…‹~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (μ΄λ―Όν˜•) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi