Skip to main content

Calling Out KPOPers, Ini Tips Memulai Bisnis Online Barang KPOP!

Hayo ngaku, sebagai KPOPers pasti tergoda banget kan beli album, merchandise, photocard, dan perintilan lainnya demi bias kesayangan? Gak apa-apa, aku juga gitu kok! Aku juga suka banget ngumpulin album, beli LightStick, atau perintilan lainnya, entah itu gantungan kunci, foto, sampai casing HP.

Saking senengnya, uang tabunganku suka ludes gitu aja! Nyesel gak? Jelas tidak hehe, karena aku menyiasatinya dengan cara menjual jasa tulisanku. Nah, hasil dari menulis itulah aku salurkan untuk beli barang-barang KPOP. Tapi gimana kalau yang kurang minat sama dunia tulis menulis? 

Tenang saja, kalau kata pepatah "banyak jalan menuju Roma." Salah satunya, coba mulai bisnis online barang-barang KPOP. Jangan khawatir susah, takut ga ada yang beli, atau apapun pikiran negatif itu, semua bisa dilakukan dengan kegigihan!

Oke, kalau kamu udah mulai berpikir untuk coba bisnis online menjual perintilan KPOP, bisa ikuti tips ini, ya. Beberapa tipsnya simpel kok. Langsung disimak aja, chingudeul~

1. Tentukan Modal Bisnis

Chungha

Mau gimana pun, modal itu pasti bakal jadi bahan pertimbangan utama dalam memulai bisnis online. Terus gimana yang masih sekolah dan belum punya penghasilan? Coba andalkan ponsel pintarmu itu, rata-rata anak di zaman sekarang pasti punya kuota internet dan itu adalah modal pertamanya!

Kamu bisa jadi dropshipper atau reseller. Gak perlu beli barangnya dulu, kamu cukup menjadi perantara antara konsumen dan pihak penjual dari barang tersebut. Kalau mau lebih asyik, misalnya mau beli album NCT, nah kamu pesen album buat kamu dan tawarkan ke teman-teman satu fandom kamu lainnya.

Silakan up harga aslinya sesuai dengan tarif jasa sebagai reseller. Selanjutnya, kamu cuma nunggu barang dateng dan kasih deh ke pembeli. Simpel, modalnya cuma kuota!

Eits, meski terkesan gampang, tapi pikirkan juga soal jalur pembayarannya. Karena kamu cuma modal kuota, andalkan saja aplikasi kasir khusus. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa tracking pembayaran dan memilih metode pembayaran yang memudahkan pelanggan. Canggih banget zaman sekarang!

2. Pelajari Setiap Masalah yang Ada

Umji GFriend

Yang namanya mulai bisnis online, apalagi bisnis jual beli barang KPOP, pasti aja ada masalah. Nggak mungkin selalu mulus. Tapi jangan resah, karena itu sebuah hal yang wajar. Sekarang yang penting adalah harus mengamati, mempelajari, dan memperbaiki setiap kali terjadi masalah.

Jangan menyerah di tengah jalan, setiap masalah pasti ada solusinya kok. Misalnya, pelanggan komplain soal pengiriman yang lambat, lalu apa yang harus kamu lakukan? Mungkin kamu bisa menawarkan jasa pengiriman lainnya. Pokoknya, penjual harus siap menjadi orang yang sangat cepat mencari solusi, ya.

3. Kelompokan Target Pasar

BTS

Perintilan KPOP tuh ada banyak banget, bisa berupa album, photocard, stiker, LightStick, dan masih banyak lagi. Nah, kamu harus jago membaca keinginan pelanggan, kira-kira pembeli sukanya barang apa, ya? Ini harus melakukan riset kecil-kecilan, ya.

Kamu bisa coba untuk menawarkan album ke target pasarmu. Jika sekiranya peminatnya sedikit, mungkin kamu harus ubah strategi, misalnya menjual barang yang lebih terjangkau, seperti stiker, gantungan kunci, atau pin. Nah, kalau ada respon positif dari target pasarmu, langsung gaspol tawarkan dagangan kamu!

4. Tingkatkan Pelayanan

TWICE

Poin satu ini bakal jadi acuan pembeli setia di tokomu. Nah, salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan setia adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Pelanggan bakal betah kalau merasa dilayani dengan baik. Ingat pembeli itu raja, layani dengan baik tapi sewajarnya, ya.

Jika ada pelanggan menyebalkan yang cuma nanya-nanya, tetap layani. Balas pertanyaannya dengan baik, tahan emosi, jangan sampai pelanggan itu merasa diacuhkan. Juga, kamu harus selalu responsif untuk semua pertanyaan dari pelanggan. Keep your phone on and keep in touch with your customers!

5. Jujur Adalah Kunci Utama

Jungkook BTS

Siapa sih yang suka dibohongin? Gak ada satu pun yang respect sama orang yang berbohong. Jadi, terapkan kejujuran selama berjualan, ya. Sebelum menawarkan perintilan KPOP, kamu bisa kasih tahu ke pembeli soal produknya secara detail dan jujur.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengetahui Olshop Penipu

Kalau ada produk yang kegores atau cacat, beri tahu pelanggannya. Jika ada penambahan atau pengurangan biaya, informasikan pembeli sesegera mungkin. Jika ada keterlambatan pengiriman barang, langsung beritakan kepada pelangganmu. Kamu harus tetap mempertahankan kepercayaan terhadap pelanggan. Jika kepercayaan sudah tidak ada lagi, kemungkinan bisnis mu bisa hancur.

6. Analisis Kompetitor

Donghyuck iKON

Yang jualan perintilan KPOP itu banyak banget, ada yang cuma modal sosmed, ada juga yang sampai membuka toko khusus KPOP. Jangan takut dengan semua kompetitor itu, karena mereka juga punya tujuan yang sama dengan kamu. Tapi, gimana sih caranya biar pelanggan itu tetap stay sama kamu dan gak ngelirik kompetitor?

Cobalah analisis kompetitor. Perhatikan apa yang mereka lakukan ke pelanggan. Kalau pelayanan mereka sangat bagus, mungkin kamu bisa menerapkan dan upgrade cara kompetitor melayani pembelinya. Kalau kamu menemukan kekurangan di kompetitor, cobalah untuk tidak melakukan hal itu saat kamu berbisnis. Semua ini soal riset!

7. Optimalkan Sosial Media

Sehun EXO

Minimnya modal tidak akan membuat bisnis online KPOP kamu merosot dan kalah bersaing dengan kompetitor yang punya toko. Ada yang namanya marketing, dan marketing juga gak harus dilakukan secara langsung. Lakukan digital marketing, caranya adalah dengan mengandalkan dan mengoptimalkan sosmed yang kamu punya.

Tawarkan jasa/produk KPOP kamu di Instagram, Twitter, Facebook, kalau perlu kamu juga bisa membuat akun official LINE (LINE@). Agar semua sosmed itu berjalan secara optimal, jangan lupa untuk selalu update setiap hari terkait barang dagangan. Biar pelanggan gak bosan, coba juga selipkan fakta-fakta soal KPOP dan berita KPOP yang lagi hits. Pasti lebih seru!

8. Catat Pembukuan dengan Baik

Hwasa MAMAMOO

Nah, kalau bisnis online KPOP kamu sudah berjalan dan produk mulai terjual, jangan lupa untuk catat setiap pengeluaran dan pemasukkan. Cek setiap hari 'sirkulasi' keuangan toko kamu. Buka rekening atau buat tempat khusus untuk menyimpan penghasilan tokomu.

Selain mengawasi pembukuan, sebagai penjual juga bisa memberikan opsi pembayaran yang beragam. Sekarang, banyak sistem pembayaran digital yang lebih mudah dan efektif. Nah, kamu juga bisa menerapkan sistem pembayaran digital itu. Bisa melalui transfer bank, GoPay, OVO, DANA, atau pembayaran lainnya.

Untuk lebih memudahkan pembeli, coba juga aplikasi kasir khusus dimana aplikasinya secara otomatis akan menghitung jumlah setiap pembayaran. Tidak hanya itu, aplikasi kasir juga menyediakan sistem pembayaran non-tunai yang beragam. Ini bakal memudahkan kamu untuk mencatat pembukuan dengan rapi.

Yup~ kira-kira seperti itulah tips memulai bisnis online KPOP yang mudah untuk diterapkan. Yang paling penting untuk mulai bisnis online adalah kejujuran dan kegigihan. Jadi, jangan gampang menyerah karena setiap menjalankan bisnis itu ada lika-likunya. Nikmati prosesnya, ya. Fighting chingudeul~~~

Comments

  1. pasarnya gede, nih. kayaknya patut dicoba, tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gede banget. Biasanya paling sering laku sih soal poster, sama perintilan kecil2 gitu

      Delete
    2. Pengen bgt jadi dropshipper, tapi gapaham harus gimana huhu

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons