9 Tips Memulai Bisnis Online Barang KPOP, Uang Tambahan Fangirl/Boy!

Hayo ngaku, sebagai KPOPers pasti tergoda banget kan beli album, merchandise, photocard, dan perintilan lainnya demi bias kesayangan? Gak apa-apa, aku juga gitu kok! Aku juga suka banget ngumpulin album, beli LightStick, atau perintilan lainnya, entah itu gantungan kunci, foto, sampai casing HP.

Saking senengnya, uang tabunganku suka ludes gitu aja! Nyesel gak? Jelas tidak hehe, karena aku menyiasatinya dengan cara menjual jasa tulisanku. Nah, hasil dari menulis itulah aku salurkan untuk beli barang-barang KPOP. Tapi gimana kalau yang kurang minat sama dunia tulis menulis? 

Tenang saja, kalau kata pepatah "banyak jalan menuju Roma." Salah satunya, coba mulai bisnis online barang-barang KPOP. Jangan khawatir susah, takut ga ada yang beli, atau apapun pikiran negatif itu, semua bisa dilakukan dengan kegigihan!

Oke, kalau kamu udah mulai berpikir untuk coba bisnis online menjual perintilan KPOP, bisa ikuti tips ini, ya. Beberapa tipsnya simpel kok. Langsung disimak aja, chingudeul~

1. Tentukan Modal Bisnis

Chungha

Mau gimana pun, modal itu pasti bakal jadi bahan pertimbangan utama dalam memulai bisnis online. Terus gimana yang masih sekolah dan belum punya penghasilan? Coba andalkan ponsel pintarmu itu, rata-rata anak di zaman sekarang pasti punya kuota internet dan itu adalah modal pertamanya!

Kamu bisa jadi dropshipper atau reseller. Gak perlu beli barangnya dulu, kamu cukup menjadi perantara antara konsumen dan pihak penjual dari barang tersebut. Kalau mau lebih asyik, misalnya mau beli album NCT, nah kamu pesen album buat kamu dan tawarkan ke teman-teman satu fandom kamu lainnya.

Silakan up harga aslinya sesuai dengan tarif jasa sebagai reseller. Selanjutnya, kamu cuma nunggu barang dateng dan kasih deh ke pembeli. Simpel, modalnya cuma kuota!

Eits, meski terkesan gampang, tapi pikirkan juga soal jalur pembayarannya. Karena kamu cuma modal kuota, andalkan saja aplikasi kasir khusus. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa tracking pembayaran dan memilih metode pembayaran yang memudahkan pelanggan. Canggih banget zaman sekarang!

2. Pelajari Setiap Masalah yang Ada

Umji GFriend

Yang namanya mulai bisnis online, apalagi bisnis jual beli barang KPOP, pasti aja ada masalah. Nggak mungkin selalu mulus. Tapi jangan resah, karena itu sebuah hal yang wajar. Sekarang yang penting adalah harus mengamati, mempelajari, dan memperbaiki setiap kali terjadi masalah.

Jangan menyerah di tengah jalan, setiap masalah pasti ada solusinya kok. Misalnya, pelanggan komplain soal pengiriman yang lambat, lalu apa yang harus kamu lakukan? Mungkin kamu bisa menawarkan jasa pengiriman lainnya. Pokoknya, penjual harus siap menjadi orang yang sangat cepat mencari solusi, ya.

3. Kelompokan Target Pasar

BTS

Perintilan KPOP tuh ada banyak banget, bisa berupa album, photocard, stiker, LightStick, dan masih banyak lagi. Nah, kamu harus jago membaca keinginan pelanggan, kira-kira pembeli sukanya barang apa, ya? Ini harus melakukan riset kecil-kecilan, ya.

Kamu bisa coba untuk menawarkan album ke target pasarmu. Jika sekiranya peminatnya sedikit, mungkin kamu harus ubah strategi, misalnya menjual barang yang lebih terjangkau, seperti stiker, gantungan kunci, atau pin. Nah, kalau ada respon positif dari target pasarmu, langsung gaspol tawarkan dagangan kamu!

4. Tingkatkan Pelayanan

TWICE

Poin satu ini bakal jadi acuan pembeli setia di tokomu. Nah, salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan setia adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Pelanggan bakal betah kalau merasa dilayani dengan baik. Ingat pembeli itu raja, layani dengan baik tapi sewajarnya, ya.

Jika ada pelanggan menyebalkan yang cuma nanya-nanya, tetap layani. Balas pertanyaannya dengan baik, tahan emosi, jangan sampai pelanggan itu merasa diacuhkan. Juga, kamu harus selalu responsif untuk semua pertanyaan dari pelanggan. Keep your phone on and keep in touch with your customers!

5. Jujur Adalah Kunci Utama

Jungkook BTS

Siapa sih yang suka dibohongin? Gak ada satu pun yang respect sama orang yang berbohong. Jadi, terapkan kejujuran selama berjualan, ya. Sebelum menawarkan perintilan KPOP, kamu bisa kasih tahu ke pembeli soal produknya secara detail dan jujur.

Baca Juga: Tips dan Cara Mengetahui Olshop Penipu

Kalau ada produk yang kegores atau cacat, beri tahu pelanggannya. Jika ada penambahan atau pengurangan biaya, informasikan pembeli sesegera mungkin. Jika ada keterlambatan pengiriman barang, langsung beritakan kepada pelangganmu. Kamu harus tetap mempertahankan kepercayaan terhadap pelanggan. Jika kepercayaan sudah tidak ada lagi, kemungkinan bisnis mu bisa hancur.

6. Analisis Kompetitor

Donghyuck iKON

Yang jualan perintilan KPOP itu banyak banget, ada yang cuma modal sosmed, ada juga yang sampai membuka toko khusus KPOP. Jangan takut dengan semua kompetitor itu, karena mereka juga punya tujuan yang sama dengan kamu. Tapi, gimana sih caranya biar pelanggan itu tetap stay sama kamu dan gak ngelirik kompetitor?

Cobalah analisis kompetitor. Perhatikan apa yang mereka lakukan ke pelanggan. Kalau pelayanan mereka sangat bagus, mungkin kamu bisa menerapkan dan upgrade cara kompetitor melayani pembelinya. Kalau kamu menemukan kekurangan di kompetitor, cobalah untuk tidak melakukan hal itu saat kamu berbisnis. Semua ini soal riset!

7. Optimalkan Sosial Media

Sehun EXO

Minimnya modal tidak akan membuat bisnis online KPOP kamu merosot dan kalah bersaing dengan kompetitor yang punya toko. Ada yang namanya marketing, dan marketing juga gak harus dilakukan secara langsung. Lakukan digital marketing, caranya adalah dengan mengandalkan dan mengoptimalkan sosmed yang kamu punya.

Tawarkan jasa/produk KPOP kamu di Instagram, Twitter, Facebook, kalau perlu kamu juga bisa membuat akun official LINE (LINE@). Agar semua sosmed itu berjalan secara optimal, jangan lupa untuk selalu update setiap hari terkait barang dagangan. Biar pelanggan gak bosan, coba juga selipkan fakta-fakta soal KPOP dan berita KPOP yang lagi hits. Pasti lebih seru!

8. Catat Pembukuan dengan Baik

Hwasa MAMAMOO

Nah, kalau bisnis online KPOP kamu sudah berjalan dan produk mulai terjual, jangan lupa untuk catat setiap pengeluaran dan pemasukkan. Cek setiap hari 'sirkulasi' keuangan toko kamu. Buka rekening atau buat tempat khusus untuk menyimpan penghasilan tokomu.

Selain mengawasi pembukuan, sebagai penjual juga bisa memberikan opsi pembayaran yang beragam. Sekarang, banyak sistem pembayaran digital yang lebih mudah dan efektif. Nah, kamu juga bisa menerapkan sistem pembayaran digital itu. Bisa melalui transfer bank, GoPay, OVO, DANA, atau pembayaran lainnya.

Untuk lebih memudahkan pembeli, coba juga aplikasi kasir khusus dimana aplikasinya secara otomatis akan menghitung jumlah setiap pembayaran. Tidak hanya itu, aplikasi kasir juga menyediakan sistem pembayaran non-tunai yang beragam. Ini bakal memudahkan kamu untuk mencatat pembukuan dengan rapi.

9. Digital Marketing

Digital Marketing KPOP

"Aku udah coba ikutin semua 8 tahap di atas, masih belum maksimal nih!!"

Tenang aja chingudeul, masih ada satu tips pamungkas untuk memulai bisnis online KPOP, yaitu dengan cara Digital Marketing. Baru denger istilah ini? Fyi, Digital Marketing lagi nge-trend banget untuk nge-boost bisnis online kamu.

Soalnya, dengan Digital Marketing, olshop akan dibantu agar lebih terkenal. Nggak cuma lewat satu platform sosmed aja, tapi bisa juga melalui Website. Untuk yang masih newbie di dunia Digital Marketing, apalagi nggak paham soal bikin Website, kamu bisa lho bekerjasama dengan agensi Digital Marketing.

Agensi inilah yang bakal bantu bikin usaha KPOP semakin terkenal dan menarik minat pembeli. Nggak asal tenar kok, agensi Digital Marketing ini bakal melakukan riset secara menyeluruh mengenai apa aja yang dibutuhin untuk olshop KPOP kamu. 

Setelah risetnya mencukupi, mereka bakal langsung eksekusi meningkatkan branding olshop KPOP-nya. Nah, karena kamu kliennya, tinggal tunggu hasilnya dan jreng.... calon pembeli kamu bakal bertambah banyak karena sudah dibantu untuk promosi secara digital oleh agensi. Terdengar simpel ya?

Eits, tapi kamu juga perlu memilih calon agensi Digital Marketing terpercaya yang mau diajak bekerjasama. Nggak jarang lho ada agensi Digital Marketing bodong dan tipu-tipu.

Yup~ kira-kira seperti itulah tips memulai bisnis online KPOP yang mudah untuk diterapkan. Yang paling penting untuk mulai bisnis online adalah kejujuran dan kegigihan. Jadi, jangan gampang menyerah karena setiap menjalankan bisnis itu ada lika-likunya. Nikmati prosesnya, ya. Fighting chingudeul~~~

Comments

  1. pasarnya gede, nih. kayaknya patut dicoba, tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gede banget. Biasanya paling sering laku sih soal poster, sama perintilan kecil2 gitu

      Delete
    2. Pengen bgt jadi dropshipper, tapi gapaham harus gimana huhu

      Delete
    3. dropshipper bisa cari olshop2 KPOP aja, nanti bilang aja pengen jadi dropshipper~ biasanya di LINE, Twitter, atau IG banyak kok kayanya sih ya..

      Delete
    4. Tapi kak, semisal kayak photo card gitu, satu sama lain walaupun foto idol yg sama kok bisa harganya beda² bgt ya? Misal pc sehun dari seller yg sama, ada yg 90k ada yg cuma 25k. Trus biasanya dapet produk perintilan kecil² itu apa selalu dari album kak? Soalnya saya pengen mulai jualan tapi nggak tau harus beli produknya dari mana:')

      Delete
    5. Nah kalau soal PC tergantung. Ada yang original. Original itu maksudnya emang diproduksi sama pihak agensi langsung, jadi official dikeluarkan oleh pihak dari artisnya, dan ini harganya lebih mahal kualitas kertas lebih bagus. Ada juga kaya semacam fan made, atau buatan fans. Biasanya kalau ini di print/dicetak sama fans, harganya lebih murah, ini nggak official. Jadi aku sarankan beli yang official. PC bisa didapetin dari album, fansign, fanmeet atau merchandise lainnya official dari pihak artisnya. Kalau yang rare/langka, biasanya diproduksi terbatas banget dan kalo mau beli harganya bida jutaan. Jadi kalau mau beli PC, pastikan yg official aja yaa. Untuk harga juga tergantung dengan membernya, biasanya member dengan fans terbanyak maka harga PC lebih mahal.

      Delete
  2. Pengen jualan tapi enggak ngerti cara hitungnya ems tax dan laian2

    ReplyDelete
  3. pengen mulai jualan tapi ga ngerti harus mulai dari mana

    ReplyDelete
  4. aku mau tanya kak, bagaimana cara menacari penjual barang seperti Album atau photobook dalam porsi yang banyak sednagkan di weverse kan tdk bisa beli banyak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!