Skip to main content

Tetap Ikuti Protokol, Begini Pencegahan Covid-19 untuk Aktivitas Idol KPOP

Di masa pandemi seperti ini hampir semua aktivitas yang berkontak fisik pasti dibatasi. Adanya anjuran WFH (work from home) pun digalakkan demi mencegah terjadinya penyebaran virus semakin merajalela. Tapi, bagaimana dengan profesi yang memang mengharuskan untuk 'keluar' dari rumah, seperti idol KPOP?

Mereka gak mungkin kerja dari rumah, karena profesinya menuntut untuk selalu tampil menghibur para fans setianya. Ini yang menjadi dilema, tapi bukan berarti gak ada solusinya. Sebab, idol KPOP masih bisa bercengkrama dengan fans via online. Bahkan, berbagai upaya pun dilakukan agar para idol KPOP tetap aman dari Covid-19.

Upaya yang dilakukan bermacam-macam, seperti mengikuti swab test, social distancing, selalu menggunakan masker, hingga mengadakan semua acara jumpa fans secara online. Ribet? Ya ribet, tapi demi kebaikan semuanya, kan? Makanya, ada beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran. Seperti apa ya kira-kira? Baca sampai akhir, ya!

1. Wajib Masker!

Monsta X

Idol KPOP tetap melakukan aktivitasnya, seperti hadir di acara musik, acara radio, beberapa bahkan masih mengikuti jadwal shooting yang padat. Cukup bahaya memang, tapi tenang aja chingu karena semua bias kesayangan kamu diwajibkan mengenakan masker kemana pun dan dimana pun!

Ingat acara award MAMA 2020? Nggak ada satu pun idol KPOP yang menurunkan maskernya. Bahkan, saat mereka mengucapkan beberapa patah kata di panggung pun tetap menggunakan masker. Tapi, ada beberapa kondisi dimana mereka harus melepas maskernya.

Pertama, saat idol KPOP harus tampil di atas panggung. Kenapa sih harus lepas masker? Seperti yang kita tahu, idol KPOP rata-rata tampil untuk bernyanyi sambil menari. Jika terus-menerus mengenakan masker, itu justru membuat mereka kesulitan bernafas.

Kondisi kedua, saat mereka tampil di acara TV dengan jenis tayangan berupa wawancara. Mereka tidak perlu menggunakan masker saat itu, mungkin untuk menjaga etika kesopanan. Tenang saja, biasanya acara wawancara seperti ini hanya menampilkan segelintir orang. Gak rame-rame kok.

2. Menjaga Jarak

NCT U Make A Wish

Masker aja gak cukup buat mencegah virus, karena para idol KPOP juga harus mengikuti protokol social distancing dengan siapa pun, termasuk sesama idol. Kalau kamu perhatikan, setiap acara musik apapun - entah itu Music Bank, Inkigayo, The show, dll - idol pasti dipisahkan dengan jarak tertentu.

Biasanya, saat pengumuman pemenang acara musik, semua idol yang mengikuti acara tersebut diminta berkumpul di atas panggung. Nah, selama pandemi ini tidak ada lagi hal seperti itu. Jadi, yang tampil hanya grup yang memenangkan acara musik saja.

Jadi, kalau biasanya di atas panggung rame banget dan bisa liat interaksi sesama idol, berbeda dengan masa pandemi ini yang terlihat sepiiiii banget. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Yang menariknya lagi, acara musik selama pandemi ini tidak ada yang namanya penonton. Semua penonton hanya bisa menikmati acara lewat layar kaca atau streaming online. 

3. Cuci Tangan dan Handsinitizer

Chuu LOONA

Mencuci tangan dan selalu membawa handsinitizer adalah hal wajib yang harus dilakukan para idol KPOP. Mereka diminta untuk rajin mencuci tangan setiap kali memegang barang atau bersalaman dengan orang lain. Jika tidak memungkinkan mencuci tangan, mereka diminta untuk membersihkannya dengan handsinitizer.

Untuk mengajak yang lainnya cuci tangan, girlband LOONA pun mengajarkan cara mencuci tangan yang benar dalam sebuah video bertajuk "LOONA "Proper Hand Washing & Coughing Etiquette" Show! Music Core Segment." Seru banget deh ngeliat Chuu menjelaskan cara cuci tangan yang benar!

4. Melakukan Tes Covid-19

Chungha

Meski tidak bertemu dengan orang yang terjangkit virus, tapi sebagian besar idol KPOP ini sudah menjalani swab test lho. Bahkan, ada beberapa idol KPOP yang melakukan tes lebih dari satu kali. Oh iya, sebelum mereka mengikuti acara apapun, terutama acara musik, semua idol yang mau tampil harus dites dulu.

Jika dinyatakan negatif, baru deh boleh tampil di acara. Tapi kalau positif, mereka langsung dibawa ke tempat penanganan Covid-19. Seperti contohnya kasus Chungha, solois sekaligus mantan personil IOI, yang dinyatakan positif korona. Sebelumnya, ia pernah bertemu dengan Sana TWICE, dan beberapa anggota IOI lainnya.

Semenjak Chungha dinyatakan positif Covid-19, semua orang yang pernah kontak fisik dengannya langsung tes Covid-19. Bahkan, saat itu bukan hanya Sana yang diwajibkan menjalani tes tapi juga seluruh anggota TWICE, manager-nya, hingga para staff. 

Penanganannya langsung cepat! Beruntunglah, saat ini TWICE dinyatakan aman dan negatif korona. Begitu pun dengan anggota IOI lain yang sempat berkontak fisik dengan Chungha, yakni Mina dan Chaeyeon.

5. Mengadakan Acara via Online

Super M

Mau gimana lagi, masa pandemi gini kita sebagai fans harus sabar dan tahan untuk tidak bertemu dengan bias secara langsung. Pasti ada rasa rindu teriak-teriak sambil joget di konser bias kesayangan. Rindu bersalaman dengan bias di acara fanmeeting atau fansigning. Kangen ingin liat penampilan bias yang keren saat nyanyi di atas panggung secara langsung.

Yup, jujur aja aku kangen semua itu tapi harus tahan demi kebaikan bersama. Nah, untuk mengobati rasa rindu fans, para idol KPOP pun gak kehabisan akal untuk tetap berinteraksi dengan fans. Banyak acara jumpa fans yang dilakukan secara online. Sistemnya beragam, ada konser, fanmeeting, hingga video call bareng bias!

Semua acara tadi tentu saja diadakan secara online. Cara mengikutinya juga beda-beda. Kalau cuma konser, biasanya kamu cukup pantengin VLive+ atau YouTube+. Untuk harga konser online biasanya lebih terjangkau dibandingkan konser biasa. 

Baca Juga: Cara Ikutan Fanmeeting KPOP

Nah, kalau fanmeeting online itu mirip dengan konser online. Tapi yang membedakan hanya durasinya dan lebih banyak liat bias main game di atas panggung. Khusus untuk video call ini agak sulit didapatkan dan butuh keberuntungan tinggi, karena kamu harus membeli album dulu barulah menukarkan pembelian album dengan kupon Video Call. Seru semua deh acaranya!

Semua tadi adalah hal yang dilakukan para idol KPOP untuk mencegah penyebaran korona namun tetap beraktivitas layaknya idol pada umumnya. Sebagai fans, aku gak ngerasa terlalu kangen karena mereka juga ngadain acara online yang aman dan jauh dari kerumunan. Stay safe, chingguuudeul!~

Comments

  1. Dengan keadaan yang begini mereka gak nyerah buat tetep tampil dengan protokol yang ada, salut sih tetep tunduk protokol

    ReplyDelete
  2. Ini nih namanya beradaptasi dengan keadaan. Walaupun banyak kendala tapi mereka tetap cari solusi terbaik buat tetep tampil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada masalah harus cari solusinya, solusi yang bisa membawa kebaikan bersama. Salut banget emang sama para idol kpop~

      Delete
  3. Coba, ada berita gosip idol yang ketahuan gak pake masker, gak jaga jarak, gityu, hehe. Seru kali ya. Di Indonesia, kan banyak. Kayak Raffi A. tuh yg pesta gak PK masker abis divaksin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga pake masker ga ada, tapi pernah ada yang kumpul itu dihujat habis-habisan, dan mereka minta maaf, ga update sosmed bbrp bulan kalau ga salah :")

      Delete
  4. Public figur seharusnya memang memberikan contoh buat masyarakat karena yang sering qt lihat adalah mereka, yg sering tampil di TV adalah mereka. Jadi fans kayak aku jadi tambah sayang kan ama mereka, hehehhe. Tapi ya itu kadang netijen lupa kalau public figur juga manusia biasa, kadang ada salah dan benarny. Jadi, public figur seolah qt dituntu jadi manusia sempurna. Uhftt.. aku berasa kek public figur juga ini hahahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huft betul banget mba. Namanya juga manusia ada khilaf juga, kalau public figure seolah dituntut perfect, padahal mereka juga bisa ngelakuin kesalahan kaya kita-kita juga

      Delete
  5. Para Idol itu pebisnis yg baik. Mereka melakukan itu agar bisnis mereka tetap hidup dengan baik, setidaknya bisa bertahan dengan harapan saat pandemi berlalu mereka masih bisa eksis. Pandemi ini memukul parah dunia hiburan juga. Itu yg saya baca dari beberapa media. Jadi keputusan mereka tetap patuh prokes itu keputusan yg benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul mba, mereka mau gak mau harus mematuhi prokes demi kesehatan dan keselamatan bersama. Yang penting masih keep in touch sama fans 🤭

      Delete
  6. Tetap berusaha menyapa penggemar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sekaligus bisa menjadi kampanye yang baik bagi para penggemarnya untuk ikut mematuhi protokol yang berlaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, meski lagi pandemi, mereka gak kehabisan akal buat nyapa penggemar. Sekarang zaman serba online, jadi masih bisa patuhin prokes plusss ketemu sama fans nya

      Delete
  7. Wah, syukurlah kalau ternyata tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ya. Jadi dampak baik juga untuk mencontohkan hal ini kepada para fansnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi mereka benar-benar sosok public figure yang patut dicontoh. Tapi harus ingat juga mereka manusia biasa, mungkin pernah khilaf xD

      Delete
  8. Aku pernah lihat postingan instastory di ig lagi nonton konser onlinenya BTS. Trus jadi penasaran deh gimana euforianya nonton dari balik layar hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kerasa euforia gimana-gimana sih, karena teriaknya sendirian gak ramean sama penonton lain 😭

      Delete
  9. Persiapannya bener-benar mantap ya kalau idol ini. Semoga mereka aman dan bisa selalu menghibur netizen semua deh. Hidup akan sepi tanpa ngefangirl 😂

    ReplyDelete
  10. sejak ngikutin blognya mbak listi ini aku jadi paham istilah2 per-kpop-an mbaa, wkwk. kayak bias tuh apaa, makin ke sini makin mudeng konteksnya. btw musisi indonesia juga udah banyak yg ngadain konser online kayak bts dan ga jarang juga yg ditiketin wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Salut buat K-Pop yang tak kenal lelah walaupun pandemi gini masih tetap bisa menghibur dengan protokol kesehatan..
    Salut juga buat Mbak Listiorini yang selalu update soal K-Pop

    ReplyDelete
  12. Keren keren nih, sebagai publik figure memang harus mencontohkan hal-hal yang baik untuk ditiru. Apalagi mengingat jumlah fans mereka di seluruh dunia, jadi pas banget bisa sekalian membantu para tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19. Saluut

    ReplyDelete
  13. Bagus protokol kesehatannya jadi idol dan staf tetap aman ya..industri hiburan juga tetap jalan walau terbatas kegiatannya...

    ReplyDelete
  14. Meski tastenya mesti beda, tapi mereka saja tetap semangat ya taat prokes. Kereen Mba, ulasan K-nya totalitas bangeet! Laffff ❤

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons