Skip to main content

Sederet Idol KPOP yang Berdonasi untuk Pencegahan Covid-19

Sudah setahun lebih kita semua terbelenggu oleh pandemi virus korona. Memang sulit untuk menghadapinya, tapi bukan berarti tidak bisa. Kita sebagai makhluk sosial harus bahu-membahu untuk saling bantu saudara-saudara yang terkena dampak pandemi, baik itu secara kesehatan, mental, atau pun finansial.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membantu sesama di saat pandemi seperti ini. Nggak perlu suatu hal yang besar, dengan membagikan informasi positif seputar Covid-19 pun salah satu bantuan untuk sesama kok. 

Atau yang paling gampang deh... selalu kenakan masker setiap kali ke luar rumah, mencuci tangan, dan tetap ikuti anjuran protokol kesehatan. Simpel banget, kan?

Nah, karena semua orang di dunia ini lagi banyak butuh bantuan, momen ini pun menggerakan hati sederet idol KPOP untuk turut membantu negaranya dalam menangani Covid-19. Ada yang menyumbang uang, masker, hingga dukungan berupa kata-kata menyentuh yang membuat kita semangat!

Sumbangan yang mereka kirimkan rata-rata langsung ke pihak organisasi non-profit yang menangani Covid-19. Biasanya, pihak organisasi akan mengelola hasil sumbangan untuk keperluan penanganan pencegahan Covid-19, seperti beli masker, swab test, obat-obatan, dan hal lainnya. 

Mulia banget ya para eoni dan oppa ini! Mau tahu siapa saja sih idol KPOP yang berdonasi untuk negaranya? 

1. Suho - EXO

Suho EXO

Siapa sih yang nggak kenal Suho, si leader ganteng dari boyband kenamaan EXO? Suho ini dikenal sebagai angelic leader karena sifatnya yang mengayomi dan sangat-sangat-sangat kebapakan. Jiwa sosialnya juga sangat tinggi lho!

Baru-baru ini, Suho dikabarkan ikut berdonasi untuk pencegahan Covid-19. Nggak tanggung-tanggung, dia menggelontorkan dana sebesar 50 juta won (sekitar 597 juta rupiah) ke organisasi Fruit of Love. Dan kabarnya juga nih, sebelum adanya pandemi Covid-19, Suho sangat aktif berdonasi ke organisasi tersebut sejak tahun 2013 silam. Wah, udah ganteng, baik hati pula. Siapa yang nggak meleleh sama oppa satu ini?

2. Suga - BTS

Suga BTS

Meski nama BTS sudah sangat mendunia, tapi hal ini nggak bikin para anggotanya jadi acuh lho! Semakin tinggi popularitas mereka, BTS semakin peduli terhadap lingkungannya. Kita ambil contoh Suga, ya. Suga ini member BTS yang berasal dari Daegu. Sayangnya, Daegu adalah salah satu kota di Korea Selatan yang punya kasus Covid-19 terbanyak.

Karena itulah, hati Suga tergugah untuk membantu sesamanya di Korea Selatan - khususnya Daegu - dengan berdonasi untuk pencegahan Covid-19. Jumlah dana yang didonasikan cukup fantastis, yakni mencapai 100 juta won. Kalau dirupiahkan, itu sekitar Rp1,1 miliar. 

Saat menyumbang, dia pun mengatakan sebuah kalimat yang simpel namun cukup menyentuh bagi siapa saja yang mendengarnya; 

"Saya mengirimkan uang untuk membantu masyarakat mencegah terpapar Covid-19 dan memulihkan sejumlah kerusakan." 

3. Yoona - SNSD

Yoona SNSD

Satu agensi sama EXO nih! Nah, idol KPOP perempuan yang turut berdonasi membantu negaranya dalam menangani Covid-19 adalah Yoona dari girlband SNSD. Diberitakan bahwa Yoona telah membantu sejumlah dana, 100 juta won, ke organisasi Seoul Social Welfare Community Fund.

Nantinya, dana tersebut akan disalurkan langsung ke pihak medis untuk membeli masker, handsanitizer, dan bantuan lainnya yang dibutuhkan oleh para medis. Emang, ya, mba Yoona ini sangat angelic! Makin ngefans kan?

4. Tzuyu - TWICE

Tzuyu TWICE

Cantik, imut, dan berbakat, nyatanya gak bikin Tzuyu acuh lho! Hal itu terbukti ketika ia memutuskan untuk berdonasi ke Community Chest of Korea. Itu adalah sebuah organisasi non-profit dimana fokusnya ke arah sosial. Nah, organisasi itu juga aktif dalam membantu pemerintah Korea Selatan mencegah Covid-19.

Dengan adanya kucuran dana dari Tzuyu, otomatis organisasi itu menyalurkan dananya untuk kebutuhan orang Korea Selatan yang terkena dampak Covid-19. Total dana yang diberikan Tzuyu ke organisasi itu sekitar 58 ribu dollar!! Bukan jumlah yang kecil, ya? 

Baca Juga: Rintangan Idol KPOP Sebelum Debut

Yang paling menarik, teman sesama grupnya - TWICE - juga turut mendonasikan sejumlah dana untuk Community Chest of Korea lho, mereka adalah Nayeon dan Dahyun. Makin cantik aja nih anggota TWICE, bukan fisik doang tapi jiwa sosialnya jempolan!

5.  Seluruh Anggota MONSTA X

Monsta X

Tak ketinggalan dengan idol lain, MONSTA X juga turut serta mendukung pencegahan Covid-19 untuk negaranya lho. Kali ini bukan perorangan, tapi seluruh anggota boyband MONSTA X mendonasikan dana sekitar 100 juta won, wow banget!

Mereka mendonasikannya ke organisasi non-profit bernama Good Neighbors. Ternyata bukan kompak soal menari dan nyanyi aja, grup idol Korea juga senang untuk bantu sesama, ya. Patut dicontoh!

6. Soloist - IU

IU

Tahu drakor "Hotel De Luna"? Gak akan asing deh pastinya sama mba IU. Dia ini salah satu penyanyi solo terkenal gak cuma di Korea Selatan aja, tapi juga di berbagai negara lain. Ketenaran dan bakatnya ini justru membuatnya semakin peka terhadap lingkungan sosialnya.

Tercatat, IU juga mengikuti jejak idol KPOP lainnya dengan turut menyumbang dana dalam menangani Covid-19. Dia menyumbang dana berkali-kali ke 6 organisasi non-profit berbeda. Kalau ditotal dana yang sudah disumbangkan IU ada sekitar 315 juta won. Salut sama mba IU! Penyanyi favoritnya siapa nih? Aku dong~~

7. B.I - ex iKON

Kim Hanbin

Yang membuat para iKONIC semakin cinta sama B.I bukan hanya talenta dan wajah yang tampan, tapi juga jiwa sosialnya yang layak ditiru. Menyusul para idol KPOP lainnya, Hanbin ternyata juga ikut menyalurkan 200 juta won untuk mencegah Covid-19 lho.

Menariknya, sumbangan itu ditujukan ke berbagai negara selain Korea Selatan, seperti Jepang, Vietnam, Thailand, China, bahkan ke Indonesia juga! Bangga banget sama Hanbin. Kamu juga pasti ngerasa bangga kan?

8. Hoshi - Seventeen

Hoshi Seventeen

Member imut dari Seventeen ini juga salah satu idol KPOP yang punya jiwa sosial tinggi. Dinyatakan, Hoshi berdonasi sekitar 50 juta won ke yayasan Hope Bridge. Yayasan tersebut menyalurkan sumbangan Hoshi untuk membeli masker serta keperluan lain untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Kabarnya juga, dana tersebut bakal dibagikan untuk para tim medis yang sudah berjuang menjadi 'tameng' saat menangani Covid-19. Makin cohhaaa sama Hoshi!

Sebenarnya selain 8 idol KPOP tadi masih ada banyak idol KPOP lain yang juga menyumbang dana untuk pencegahan Covid-19 di Korea Selatan. Bahkan, para aktor dan aktris juga ikut mendonasikan dana, sebut saja Lee MinHo, Suzy, Nam JooHyuk, Go Ara, Park Seojeon, dan.... masih banyak deh!

Terbukti idol dan aktor/aktris Korea Selatan tidak hanya apik secara fisik dan talenta, mereka juga punya kepribadian yang baik. Harus dicontoh, ya! 

Comments

  1. Wah, semoga dibalik nama-nama di atas, ada lebih banyak lagi ya anggota KPOP yang berdonasi dalam rangka pandemi ini. Apalagi yang namanya sudah mendunia, pasti akan sangat membantu entah di Korsel maupun di ranah internasional😊

    ReplyDelete
  2. Sudah ganteng, cantik terkenal, masih mau berbagi buat sesama, jadi plus plus nilainya, ya Mbak..

    ReplyDelete
  3. Saya begitu mengikuti Kpop tapi banyak teman saya yang fans berat mereka. Saya ikut berharap semoga pandemi ini segera berlalu ya supaya pencinta KPOP bisa menyaksikan live concert disini (Amiin)

    ReplyDelete
  4. Salfok sama muka2 unyunya kak 😊

    ReplyDelete
  5. Aah yoona, idola saya jaman SMP 🤭 hihi. Btw keren juga ya kalo idol pada donasi gini, karena secara gak langsung mereka nyontohin hal baik ke fans mereka juga, hehe

    ReplyDelete
  6. Keren, punya idola yang berbuat positif, semoga langsung diikuti penggemarnya. Eh, btw, kok aku gak ada yang kenal satu pun, hadeuh ... mesti diajak Nongko nonton konser K Pop, ini, hihihi...

    ReplyDelete
  7. Sudah ngetop tapi masih mau berbagi, tidak semua bisa begini.

    ReplyDelete
  8. Keren banget deh para idol ini kebaikannya menginspirasi penggemarnya untuk berbagi juga jadi makin banyak yang saling bantu di Korea ya..nggak saling cuek satu sama lain...

    ReplyDelete
  9. mbak IU, kyaaaaa ... penyanyi imut bersuara keren ini kayaknya emang udah sering ngasih sumbangan ya. bukan hal aneh dan mengherankan sebenarnya. tapi kalau kemudian jadi inspirasi juga buat para idol lain, makin keren dong

    ReplyDelete
  10. cakep-cakep, berprestasi, punya jiwa sosial tinggi. paket komplit dah

    ReplyDelete
  11. keren banget idol-idolnya, jiwa sosialnya tinggi..^^

    ReplyDelete
  12. Sudah terkenal murah hati pula wii salut sama artis-artis KPOP ini. Seneng banget karena beberapa dari mereka juga peduli fansnya yang di luar Korea Selatan, saluuuut. Semoga saja pandemi ini bisa cepat berakhir ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons