Skip to main content

Fakta NCT untuk New NCTZen: an (un)-Helpful Guide!

Kalau baru mulai suka atau nge-stan sama NCT sekarang ini, pasti bingung banget cara menghapal anggotanya yang super banyak! Bahkan, sampai sekarang pun NCT punya 23 anggota yang masih ada kemungkinan untuk nambah lho!

Selain anggotanya yang banyak, NCT juga punya sub-grup yang beragam. Nah, setiap sub-grupnya juga punya konsep berbeda. Bahkan nih, setiap sub-grup di NCT itu member-nya ganti-ganti. Misalnya, dulu WinWin cuma tergabung dengan NCT 127 dan NCT U saja, tapi sekarang WinWin masuk line up untuk sub-grup WayV. 

Pasti banyak yang bingung, "ih pusing banyak banget." Sebenarnya gak sepusing itu kok, karena yang penting kamu tahu dulu konsep NCT, member, dan sub-grupnya, ya. Nah, di sini aku bakal kupas satu-persatu semua hal itu. So, stay tune and keep Happy with your Hobby, guys!

1. Kenalan Sama Konsepnya Yuk!

Konsep NCT
Sumber: www.thekrazemagazine.com

Jangan buru-buru ingin tahu member-nya, coba kenalan dulu sama konsep NCT. Kenapa sih harus paham konsepnya dulu? Menurutku, konsep NCT ini unik dan beda dari kebanyakan boyband yang ada di Korea. Biasanya, kalau boyband Korea tuh dari awal sudah ditentukan jumlah anggotanya dan sub-grupnya. 

Jarang banget yang namanya ada penambahan anggota, pernah sih dulu zamannya Super Junior nambah Kyuhyun. Tapi ini beda banget sama yang SuJu, ya. 

Nah, NCT ini punya konsep unlimited member alias anggotanya bisa bertambah kapan pun. Fans bakalan dibuat 'terkejut' dengan penambahan anggota baru. Tidak selalu setiap tahun, penambahan anggota ini tergantung mood agensinya aja kali, ya.

Konsepnya serupa dengan JKT48, AKB48, dan sejenisnya. Bedanya, NCT gak ada yang namanya sistem survival show yang ditayangkan di TV dan gak ada tanggal tertentu untuk penambahan anggotanya. Satu lagi, di NCT gak ada sistem kelulusan seperti AKB48, yang mana kalau lulus berarti out dari grup.

Nah, karena konsepnya yang unik ini dinamakanlah NCT singkatan dari Neo Culture Technology. Aku sih nangkepnya, nama grup ini menginterpretasikan setiap anggota yang terdiri dari culture berbeda-beda dan dibentuk dalam satu grup modern. 

Kenapa anggotanya punya culture (budaya) yang beda? Soalnya, NCT ini grup multinasional dimana anggotanya gak cuma dari Korea aja, guys. 

Fyi, nama NCT sendiri dibuat oleh salah satu pendiri agensi SM Entertainment bernama Lee Sooman lho. Dan awal debut NCT itu sekitar awal April tahun 2016 silam. Sekarang jangan kaget ya kalau NCT punya member yang banyak banget, karena emang konsepnya seperti itu~

2. Sudah Terkonsep Sejak Pre-Debut

SM Rookies
Sumber: YouTube//SM Town

Fakta NCT unik lainnya, hampir semua anggota di NCT ini sudah terkenal sejak pre-debut (masa belum debut) lho. Pertama kali anggotanya diperkenalkan dalam sebuah tim yang dinamakan dengan SM Rookies pada tahun 2013 silam. Nah, hampir semua anggota NCT ini tergabung dalam tim tersebut, waktu itu totalnya ada 16 anggota SM Rookies. 

Lalu, anggota SM Rookies semakin bertambah bahkan beberapa anggotanya harus mengikuti audisi SM Global Auditions dulu. Selain lewat audisi, ada juga yang ditarik menjadi SM Rookies lewat audisi di jalan (street casting), rekomendasi seseorang, hingga melalui Entertainment Shows.

Setelah melewati tahap audisi yang berbeda-beda itu, akhirnya Lee Sooman mengumumkan grup barunya di SM Coex Artium yang bertajuk "SMTOWN: Neo Culture Technology 2016." Sesuai dengan namanya, strategi SM Ent merujuk pada pasar KPOPers di seluruh dunia yang punya budaya berbeda-beda.

3. Anggota NCT Sekarang

NCT 2020
*ps: rambut merah bukan member NCT ya

Sudah dikatakan sebelumnya kalau NCT ini suka banget nambah-nambah anggota grup. Untuk tahun 2020 ini ada 23 member NCT. Sebelumnya cuma ada 21 anggota, dan akhirnya di tahun 2020 terjadi penambahan anggota, yaitu Shotaro dan Sungchan.

Berikut nama-nama anggota NCT 2020 yang sudah diurutkan dari member tertua (bentar nafas dulu nyebutinnya): Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, WinWin, Jungwoo, Lucas, Mark, Xiaojun, Hendery, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, YangYang, Shotaro, Sungchan, Chenle, dan Jisung.

Satu paragraf sendiri untuk nyebutin anggota NCT 2020, dannnnnnnn INI MASIH BISA NAMBAH OKE? Kalau mau tahu lebih lanjut soal anggotanya, aku pernah bikin artikel khusus untuk para member NCT 2020 lengkap dengan tanggal lahirnya plus sedikit fakta setiap anggotanya di link ini.

4. Perjalanan Debut NCT

Oke, udah tahu sekarang semua anggota NCT? Yuk, masuk ke tahap debutnya dulu. Kita flashback dan sedikit cerita bagaimana NCT debut!

  • 9 April 2016 (NCT U Debut)
NCT U
Sumber: www.allkpop.com

Usai pengenalan grup baru, akhirnya masa debut NCT pun datang!!! Pada tanggal 4 April 2016, SM Entertainment memperkenalkan sub-grup NCT yang pertama, yaitu NCT U. Kala itu, ada 6 anggota yang tergabung di antaranya adalah Taeil, Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark. Ada dua single yang dirilis, yakni "The 7th Sense" dan "Without You".

Untuk lagu "The 7th Sense" terdiri dari 5 anggota (Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark). Sedangkan lagu "Without You" dinyanyikan oleh Taeil, Doyoung, dan Jaehyun. Tapi untuk lagu "Without You" versi China ada penambahan anggota, yakni Kun.

Baca Juga: Perbedaan Fanmeeting, Fansigning, dan Konser KPOP

Pada tanggal 9 April 2016, akhirnya NCT U tampil di layar kaca untuk pertama kalinya lewat acara NCT On Air di V Live, waktu itu host-nya Heechul SuJu. Di hari yang sama, mereka juga pertama kalinya tampil secara live di China dalam acara 16th Music Feng Yun Bang Awards. Di sinilah pertama kali Kun dan WinWin diperkenalkan sebagai anggota NCT.

Kalau tadi cuma baru diperkenalkan saja, nah di tanggal 15 April 2016 ini akhirnya NCT U resmi debut di Korea. Inilah tanggal pertama kalinya NCT U tampil di acara musik Korea bernama Music Bank. Uniknya nih, sebelum debut di Korea, NCT udah punya reality show sendiri bernama NCT Life. 
  • 1 Juli 2016 (NCT 127 Debut)
NCT 127
Sumber: aminoapps.com

Sukses dengan NCT U, akhirnya SM Entertainment melanjutkan sub-grup kedua dari NCT yang dinamakan dengan NCT 127. Mereka debut dengan 7 member di dalamnya yang terdiri dari Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, WinWin, Mark, dan Jaehyun. Ketujuh anggota ini debut dengan single yang bertajuk "Fire Truck" dan "Once Again."

Setelah perilisan single, akhirnya NCT 127 pun tampil di acara musik yang bernama M Countdown dan ini menjadi official debut untuk NCT 127. Dalam acara musik ini, mereka menampilkan dua lagu single-nya, Fire Truck dan Once Again. Nah, untuk debut EP NCT #127 baru dirilis secara digital pada tanggal 10 Juli 2016. Sedangkan untuk perilisan album fisiknya baru rilis tanggal 11 Juli 2016.
  • 18 Agustus 2016 (NCT Dream Debut)
NCT Dream

OKE, sukses terus nih ngedebutin sub-grup NCT, selanjutnya SM Entertainment pun mengejutkan fans dengan debutnya NCT Dream. Sub-grup yang satu ini memperkenalkan anggota yang beda dengan NCT U dan NCT 127, anggotanya sendiri ada 7 (Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung). 

Untuk debutnya, NCT Dream tampil dengan single berjudul "Chewing Gum" yang rilis tanggal 24 Agustus 2016. Setelah perilisan MV, lantas NCT Dream pun muncul di acara M Countdown keesokan harinya, yakni tanggal 25 Agustus 2016.
  • 17 Januari 2019 (WayV Debut)
WayV
Sumber: kpopchart.net

Gak cuma 3 sub-grup, nyatanya NCT masih ada satu sub-grup lagi yang khusus berdomisili di China, namanya adalah WayV. Meski namanya tidak ada unsur NCT, tapi WayV ini tetap masuk ke dalam family-nya NCT, ya.

Nama WayV sepertinya diambil dari sub-label dari SM Ent, yakni Label V. WayV debut pada tanggal 17 Januari 2019 dengan tujuh anggota di dalamnya (Kun, Ten, WinWin, Lucas, Xiaojun, Hendery, dan Yangyang).

5. Sub-Grup NCT

Sub-Grup NCT
Sumber: kpopchart.net

Sampai tahun 2020 (kemungkinan ada penambahan), NCT punya empat sub-grup yang terdiri dari NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Nah, setiap sub-grup ini punya makna masing-masing. Yuk, ketahui dulu di sini, ya!
  • NCT U
Pernah penasaran, kenapa sih namanya NCT U? Ada artinya nih, huruf "U" itu merepresentasikan "United" yang artinya semua anggota berbeda dikumpulkan menjadi satu. Dan uniknya, NCT U gak punya anggota tetap. Biasanya anggotanya berubah sesuai dengan lagunya.

Kalau di awal debut, NCT U cuma ada Taeil, Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark, nah di tahun 2020 ini ada Jaemin, Yuta, Shotaro, Jungwoo, Johnny, Jisung, Sungchan, Hendery, Jeno, Haechan, dan masih banyak lagi. Kayanya hampir semua anggota NCT pernah debut di NCT U, deh.
  • NCT 127
Nah, kalau U melambangkan "united" sebuah grup campur dan gak punya anggota tetap, beda dengan NCT 127. Angka 127 yang ada di sub-grup ini merepresentasikan longitude Korea Selatan. Artinya, NCT 127 bakal lebih fokus untuk lagu-lagu Korea (ya meski ada lagu non-Korea), dan promosi di Korea (tapi sekarang ke luar Korea juga).


Untuk anggotanya, sejauh ini NCT 127 belum ada perubahan anggota. Tapi mungkin bakal ada perubahan anggota, ya. Ini dia member NCT 127: Taeil, Johnny, Taeyong, Doyoung, Yuta, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Mark, dan Haechan.
  • NCT Dream
Kalau mau liat dedek gemes, NCT Dream tempatnya! Konsep NCT Dream itu punya batas usia maksimal 20 tahunan. Awalnya NCT Dream terdiri dari Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Chenle, Jaemin and Jisung. 

Namun, karena NCT Dream punya sistem eliminasi berdasarkan umur, Mark pun sudah tidak termasuk NCT Dream. Eits tapi jangan sedih ya, seasonie~ Soalnya Mark katanya bakal balik lagi ke NCT Dream, yey! Tunggu kabar baiknya ya.
  • WayV
Karena NCT punya konsep sebagai multinasional grup maka ada juga sub-grup yang khusus untuk market di China, namanya WayV. Nah, sub-grup ini di bawah naungan Label V. Kok bukan SM Ent? Masih di SM Ent kok, hanya saja Label V ini sub-agensinya dari SM Ent, alias agensi SM di China kali ya?

Nah untuk WayV ini hampir semua diisi oleh anggota yang berasal dari China kecuali Ten karena dia berasal dari Thailand. Ini dia anggota WayV: Kun, Ten, WinWin, Lucas, XiaoJun, Hendery, dan YangYang. 

Kalau untuk keseluruhan grup NCT dipimpin oleh Taeyong sedangkan di WayV leader-nya Kun. Tapi kalau Kun ada di grup selain WayV, tetap leader-nya Taeyong.

6. Bukan Sub-Grup, tapi Cuma Projek

Projek NCT 2020
Sumber: voi.id

Pernah dengar ada NCT 2018 dan NCT 2020? Pasti muncul pertanyaan, itu sub-grup baru? Jawabannya bukan. Itu bukan sub-grup NCT, tapi cuma projek dimana semua anggota NCT baik dari NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV disatukan dalam satu panggung yang sama.

Di projek NCT 2018 belum ada anggota WayV mengingat mereka baru debut di awal tahun 2019. Setelah satu tahun WayV debut, akhirnya muncul projek yang namanya NCT 2020. Selain mempertemukan anggota WayV dengan sub-grup NCT lainnya, di NCT 2020 juga sebagai ajang memperkenalkan dua anggota NCT baru, Osaki Shotaro dan Jung Sungchan.

Dalam projek NCT 2020 ini juga sebagai ajang comeback untuk semua sub-grup NCT, mereka berkumpul dan membuat beberapa MV berbeda dalam satu album yang sama, yakni RESONANCE. Udah nonton MV-nya belum?

7. Nama Fandom dan Warna Fandom

Fandom NCT
Sumber: Pinterest//
Phanthi Phươngy

Oke, sekarang kamu udah mulai kenal dong sama NCT? Memutuskan untuk mengikuti perjalanan karir NCT? Fine, welcome to the party nama fandom kita adalah NCTZen!  NCTZen itu punya arti NCT + Citizen, intinya fans NCT itu warga dari NCT(?) Hahahaha.

Oh iya, kadang juga NCTZen disebut seasonie yang terisnpirasi dari penyebutan NCTZenie. Biar lucu dan gampang diinget jadinya Seasonie, deh~~ Nah, untuk warna fandomnya itu Pearl Neo Champagne ijo neon mungkin ya. Kalau mau tahu update terbaru seputar NCT, bisa follow sosmednya di:
Yup, selesai pembahasan kita tentang fakta NCT yang perlu diketahui untuk para fans pemula. Memang agak sulit awalnya menghapal member atau sub-grupnya, tapi lama kelamaan pasti hapal kok. Siap-siap oleng ke semua member-nya ya!

Comments

  1. Wah, jadi tau lengkap nih tentang NCT, keren lah 👍

    ReplyDelete
  2. Wuiih ngelihat banyak nya personnelnya, kebayang kerennya manajemen nya mengatur semua pemikiran setiap orang yang pastinya berbeda-beda. Two thumbs up untuk manajemennya

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya personelnya NCT, ini sering banget liat iklannya sampai bingung saya bedain orang-orangnya. Seperti mirip semua soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama kali juga aku mikir "sama semua" tapi akhirnya hapal juga wkwkwk

      Delete
  4. Duh eonnie satu inih, two thumbs up 😍 Bener-bener luar biasa. Yang girl band juga ada yang banyak ya, Mba? Vi ga mudheng sih, kembali ke klik di hati ya 🙈 Go eonnie blognya, kupas tuntas Kpop dan drakor 🥰👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini kalau girlband yang paling banyak sih 13 orang~ yeay, makasih eoniiii <3

      Delete
  5. Dulu di awal kemunculan JKT48, aku pernah bingung juga dan penasaran.. ini bagi honornya gimana ya, dgn personel sebanyak itu 🤣 sesederhana itu pikiranku ttg grup vokal yg anggotanya bejibun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh komentarku gak nyambung sm kontennya ya Ori 🤭

      Delete
    2. pembagian honor gimana management, tapi biasanya sesuai dengan popularitas + job masing-masing XD

      Delete
  6. Saya waktu baca part yang "penambahan member" jadi inget suju, soalnya dulu saya pernah jadi ELF mbak, hihi

    ReplyDelete
  7. Mba Oriii... Lengkap banget kalo nuliss.. Bener niat banget mengulasnya...
    Keren euy mba...

    ReplyDelete
  8. Eeh, iya, sy jg sama kayak Queen Auliya.. Saya juga bayangkan, fashion stylist-nya pasti sibuk nentukan penampilan mereka tp mungkin lbh berat yg pegang Michael Jackson, ya? Kan, kl si MJ itu sampek kaos kaki, kaos tangannya jg kelihatan dan jadi center of interest... Hihihi Eh, maaf, kl salah 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku kurang tahu kalau soal MJ sih mba, cuma ya kurang lebih sama. Aksesoris yang mereka pakai pun harus keliatan dan ada hubungannya sama lagunya gitu

      Delete
  9. Biyuh biyuh ini anggotanya klo pergi bareng udah kaya kelompok darmawisata ya mbak. Dan itu msh bisa nambah terus. Klo berkurang bisa juga ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, mereka kalau ke acara musik gitu pakenya bis XD. Berkurang bisa sih, tapi jangan sampe deh TT. Kalau berkurang artinya member itu keluar dari grup

      Delete
  10. Aku baru-baru ini oleng ke NCT karena lagu Kick It, 90's Love dan Make a Wish enak banget ya, personilnya pun lucu-lucu..ternyata memang didesain untuk nambah terus ya membernya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik punya temen NCTZen baru hehhee. iya, konsepnya yang terus nambah sampe ga tau deh berapa membernya XD

      Delete
  11. WAh mantap ulasannya! Lengkapppp betul..... temen kantorku ada yang doyan NCT tiap hari di ruangan muternya lagu NCT terus jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih asik dong dengernya NCT Terus, kaya aku kalau di kantor senengnya nyetel NCT Terooss XD

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons