Skip to main content

Aplikasi Wajib Bisnis Online KPOP untuk Jualan Lebih Laris!

Animo masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea itu semakin terbuka lebar. Lihat saja sekarang banyak channel TV yang mengundang para idol KPOP untuk memeriahkan acaranya. Gak cuma itu, bahkan sering banget grup KPOP datang ke Indonesia untuk konser, fanmeeting, dan acara KPOP lainnya.

Berangkat dari situ, gak heran kalau sekarang banyak banget penjual merchandise KPOP di Indonesia. Ada yang jualan secara offline dan kebanyakan jualan lewat online. Serunya lagi, aku juga sering menemukan penjual perintilan KPOP khusus untuk satu grup tertentu saja. Jadi, KPOPers Indonesia gak perlu repot cari barang bias deh!

Nah, di sisi lain, apakah kamu pernah penasaran, gimana sih para penjual itu bisa sukses menjalani bisnis online KPOP-nya? Menurutku selain strategi bisnisnya yang matang, mereka juga tahu target pasar mereka. Selain itu, para penjual juga biasanya membutuhkan tools untuk menunjang agar dagangannya lancar.

Tools-nya gak mahal dan rata-rata gratis, salah satunya adalah aplikasi kasir. Nah, aplikasinya itu memudahkan pembeli untuk bertransaksi baik secara tunai maupun non-tunai. Bukan cuma satu aplikasi saja, ternyata beberapa penjual juga sering mengandalkan aplikasi lain agar bisnis online KPOP mereka lebih mudah dan lancar. Cari tahu di sini, ya!

1. Aplikasi Kasir

Jiyeon T-ARA

Salah satu aplikasi wajib bisnis online KPOP yang pertama versiku adalah aplikasi kasir. Kenapa sih harus aplikasi kasir? Aplikasi kasir justru sangat memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Nah, sistemnya tuh simpel, penjual cuma perlu download aplikasinya. Lalu, daftarkan akunnya dan kemudian atur sesuai kebutuhan.

Aplikasinya bahkan punya fitur-fitur yang menarik, salah satunya adalah sistem pembayaran yang beragam. Untuk pembayaran non-tunai, bisa mengandalkan GoPay, Transfer Bank, OVO, DANA, dsb. Yang bikin aplikasi ini banyak dipakai penjual adalah fiturnya yang bisa dipakai untuk berbagai cabang toko. Semua cabang toko bisa menggunakan satu aplikasi dan satu akun saja. Gak perlu repot daftar berkali-kali deh!

2. Aplikasi Edit Foto

IZONE

Bukan cuma selebgram aja kok yang suka pakai aplikasi edit foto karena bisnis online KPOP pun membutuhkan aplikasi edit foto lho! Kenapa ya? Soalnya, mereka pasti menawarkan jualannya lewat sosmed. Nah, agar bisa menarik pembeli, tentu saja foto produknya harus bagus dan estetik. Biar dapet esensi foto bagus itu, mereka biasanya ngedit hasil fotonya menggunakan aplikasi.

Bahkan nih gak cuma satu aplikasi aja yang digunakan, ada juga yang mengandalkan beberapa aplikasi edit foto agar fotonya lebih apik. Pernah liat kan toko online KPOP yang punya akun Instagram dengan foto-foto bagus? Itulah gunanya aplikasi edit foto. 

Kalau diedit nanti gambar produknya ga asli dong? Tenang aja, karena biasanya mereka juga memajang foto produk aslinya. Tapi kalau untuk semacam album KPOP, rasanya sih ga akan keliatan palsu walaupun fotonya diedit. Karena album fisik KPOP ya pasti sesuai gambar semua, kecuali printilan KPOP seperti kaos. Untuk kaos dll, sebaiknya mintalah gambar asli, ya!

3. Aplikasi Catatan

Hyeri Reply 1988

Penjual yang sukses biasanya diiringi dengan sifatnya yang teliti. Mereka selalu memperhatikan hal-hal kecil. Untuk bisa mengamati segala hal kecil itu tak jarang para pebisnis online KPOP mencatat semua hal di dalam catatan khusus. Karena zaman udah semakin canggih dan serba digital, jadi gak perlu pakai buku, download aja salah satu aplikasi catatan di PlayStore.

Aplikasi ini bisa untuk mencatat kekurangan atau kendala selama menjalani bisnis online KPOP. Biar gak lupa dan segera diperbaiki, tentu saja catat mencatat menjadi hal wajib. Dari situlah kesuksesan muncul karena selalu memerhatikan detail kecil dan segera memperbaiki kesalahan. So, kalau kamu mau sukses jualan barang KPOP, don't forget to write all about your busniness!

4. Aplikasi Keuangan

YeoSeob Higlight

Beda sama aplikasi catatan, ya. Kalau aplikasi keuangan ini khusus untuk memantau jalur keluar masuknya keuangan bisnis online kamu. Biar gak pusing menggunakan cara manual, coba gunakan aplikasi keuangan yang bisa memantau pergerakan keuangan bisnis kamu secara otomatis.

Biasanya, dalam aplikasi keuangan ini bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran secara otomatis. Setiap hari/minggu/bulan, aplikasinya akan melaporkan data keuanganmu secara otomatis. Kamu hanya perlu menyetingnya sesuai dengan kebutuhan. Aplikasinya berbayar? Ada yang berbayar tapi banyak juga aplikasi keuangan gratis. Gak perlu repot nambah modal lagi, kan?

5. Aplikasi Cek Ongkos Kirim

Sehun EXO

Kalau jualan online, pasti transaksi barangnya juga melalui online. Untuk bisa mengirim barang ke pelanggan dengan aman dan harga terjangkau, cek dulu ongkos kirim ke alamat pelangganmu. Tawarkan harga ongkos kirim paling murah dengan ekspedisi yang terpercaya.

Baca Juga: Tips Beli Tiket Konser KPOP

Nah, untuk bisa tahu harga ongkir yang murah itu kamu gak perlu cek langsung ke kantor ekspedisinya. Ingat sekali lagi, sekarang zamannya digital, jadi kamu cuma perlu gunakan aplikasi cek ongkos kirim. Aplikasi seperti ini banyak yang gratisan di PlayStore kok!

6. Aplikasi Jadwal Posting Sosmed

Jeonghan Seventeen

Untuk meningkatkan penjualan, kamu perlu menawarkan barang yang dijual ke orang lain. Salah satu cara promosi barang bisa dilakukan lewat sosial media. Kalau kamu gak punya waktu untuk selalu update barang jualan terbaru, buatlah jadwal untuk posting sosmed bisnis online KPOP yang kamu punya.

Sayangnya, semua sosmed tidak memiliki fitur pengatur jadwal posting jadi kamu harus melakukannya secara manual. Kalau gak mau repot, coba gunakan aplikasi jadwal posting di sosmed. Aplikasi ini sangat ngebantu ntuk meningkatkan engangement sosmed bisnismu. 

Setidaknya ada enam aplikasi yang wajib untuk melakukan bisnis online KPOP. Kamu bisa download salah satu aplikasinya sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, kalau kamu punya aplikasi keren lainnya untuk meningkatkan performa bisnis, share di kolom komentar, ya!

Comments

  1. Mantul nih, emang bener kalo mau menjalankan sebuah bisnis harus di tata supaya bisa berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
  2. Bagus nih tipsnya biar kalo mulai bisnis lebih tertata, makasih euy kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini bisa juga diterapkan ke bisnis lain ga perlu KPOP aja kok~

      Delete
  3. Bermanfaat banget.. emang deh kalo mau buka bisnis era digital gini..harus tau juga aplikasi yang bisa memudahkan kita bikin usaha...

    ReplyDelete
  4. Wah, seneng dapat ilmu. Bener ya, kalau pengin lancar dapat cuan musti ditata rapi². Beruntungnya, ya, di era saat ini kita banyak dimudahkan dg adanya aplikasi² semacam itu. Mana ada yg gratis lagi, alhamdulillah. Terima kasih ya, sudah berbagi informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, iya banyak kok aplikasi kaya gini gratisaann di PlayStore. Kadang aku juga pake sih XD

      Delete
  5. bisa dipake buat yg lain gak?bkn kpop 🤭 siapa tau belajar dari sini bisa membuat online aku lbh tertata 😁 makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bangettt, ini semua aplikasinya masuk ke bisnis apapun kok mba~

      Delete
  6. Makasih infonya mba. Baru tau aplikasi ini exist bahkan ada yang gratis. Jadi dapat ilmu baru ni, untuk memulai usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mba, emang aplikasi gini harus ngulik PlayStore hahaha

      Delete
  7. Wah, dan sepertinya aplikasi-aplikasi ini juga banyak dibutuhkan untuk para seller olshop lainnya ya mbak😁

    ReplyDelete
  8. kadang itu suka pengen belanja perintilan kpop, soalnya suka juga. tapi kalau inget kirim dari luar, masih mikir ems dan tax-nya. eh, mbak ini aplikasi buat cek tax-nya juga enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk barang kpop soal tax biasanya langsung dari pihak penjual luarnya sih mba. Jadi, pihak Koreanya langsung kasih harga + EMS Tax gitu.

      Delete
  9. Sekarang banyak aplikasi yang memudahkan kita mengelola bisnis ya, aku pengen cari nih aplikasi pencatatan keuangan biar lebih rapi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catatan keuangan paling ngebantu sih, jadi ke tracking keluar masuknya uang~

      Delete
  10. Keren banget nih! Iya memang kalau serius berbisnis harus terencanakan dengan rapih. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lancar memang membutuhkan strategi yang bagus~ sama-sama mba ^^

      Delete
  11. Owalah jadwal posting sosmed gitu ada aplikasinya juga ya ternyata, nice infonya. Mulai berbenah nih. Terimakasih Mbak Ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada mba, dulu apa ya namanya aku lupa, schedule apa gitu hehe

      Delete
  12. dari sekian banyaknya part per part artikel, kok bisa yaa gambarnya relate :v wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Urutan Member ENHYPEN Tertua sampai Termuda: Nggak Ada Anak 90'an!

Aku paling seneng bahas urutan member dalam sebuah grup, karena aku juga bisa kenalan lebih jauh untuk setiap anggotanya. Nah, grup yang paling bikin aku tertarik adalah ENHYPEN . Boyband ini populer banget di Indonesia, bahkan setiap kali buka Twitter biasanya ada aja berita menarik terkait ENHYPEN. Dari situlah rasa ingin tahu aku muncul! Aku kira, ENHYPEN ini adalah grup bentukan dari agensi BIG HIT - itu lho agensinya anak BTS yang talented ! Tapi, nyatanya ENHYPEN ini berdiri di bawah naungan agensi BE:LIFT Lab. Agensi ini punya kerja sama khusus dengan dua agensi besar di KorSel, yaitu BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. Jadi, jangan heran kalau pemilihan anggotanya sangat selektif dan tentunya harus multitalent ! Oh iya, ngomongin soal pemilihan member, anggota ENHYPEN terpilih lewat ajang survival show bernama I-LAND. Total ada 23 trainee yang mengikuti ajang ini kemudian dipilih 7 orang untuk debut menjadi anggota ENHYPEN. Berat banget emang perjuangannya, tapi