5 Tips Nabung untuk Nonton Konser KPOP Demi Bias Kesayangan!

 "Aduh.. mahal banget tiketnya"

"Tabunganku gak cukup!"

"Ah kenapa harus konser sekarang sih?!"

Kalimat tadi pasti sering banget diucapkan oleh KPOPers saat mecimapro (salah satu penyelenggara konser) mengumumkan konser KPOP. Awalnya sih pasti seneng aja karena ada kesempatan buat ketemu bias kesayangan dong! Tapi, jalan menuju ketemu bias itu gak semudah membalikan telapak tangan. Ada kesabaran dan mungkin keringat para KPOPers di dalam perjuangannya.

Contohnya aku! Aku pribadi pasti ngerasa seneng sekaligus kesel kalau mecimapro umumin soal konser KPOP. Apalagi itu konser grup kesayangan, kadang suka dibikin galau.

Senengnya, kesempatan ketemu oppa semakin terbuka lebar. Keselnya, tiket konser itu mahal, yang paling murah biasanya 900 ribuan. Sayangnya, tiket 900 ribuan itu tempatnya jauhhhhh banget dari panggung. Sedih kan?

Baca Juga: Tips Nonton Konser KPOP Sendirian

Nah, kalau aku mau nonton oppa dari dekat, ya harga tiketnya di kisaran 2.5 jutaan ke atas. Termasuk mahal memang, tapi sebanding dengan euforia teriak, joget-joget, dan lihat senyum oppa dari dekat. Masalahnya sekarang adalah, dari mana bisa dapetin uang buat beli tiket konser yang mahal itu?

Jalan ninjaku untuk dapetin tiket konser mahal, salah satunya adalah NABUNG. Nggak mudah nabung untuk nonton konser KPOP, godaan untuk beli merchandise atau album KPOP itu yang bikin aku kadang suka gagal nabung!

Tapi sebenarnya ada tips jitu biar duit tabungan konser nggak mendadak habis. Penasaran sama caranya? Simak sampai akhir artikel ini, ya!

1. Kuatkan Niat dan Tekad

Konser NCT
Sumber: neocitytour.wordpress.com

Hal yang paling pertama dan utama adalah niat dulu. Harus ada niat dan tekad yang kuat untuk mendapatkan sesuatu. Kalau niatnya udah kuat, biasanya tidak mudah goyah. Niat dan tekad yang kuat juga membantu kamu untuk tidak tergiur untuk menghamburkan uang ke hal yang tidak dibutuhkan.

Aku paham banget sebagai KPOPers pasti godaan terberatnya itu beli merchandise atau album, menggiurkan banget. Masalahnya, merchandise dan album itu gak ada yang dijual dengan harga di bawah 100 ribuan (kalau yang official). Bahkan album paling murah (mini album) biasanya di kisaran 300 ribuan, bukan uang yang kecil kan?

Nah, daripada beli album, mending uang 300 ribu itu kamu simpan untuk kebutuhan konser nanti. Beli album bisa ditunda, karena album bakal selalu produksi kapan pun (kecuali limited edition). 

Jadi, kamu bisa tunda sebentar untuk beli album. Berdasarkan pengalaman pribadiku, album apapun masih bisa di pre-order via olshop. Bahkan masih albumnya sering ready di beberapa online shop, kok! Nggak perlu khawatir kehabisan album, tenang saja, ya!

Sekarang kamu mantapkan hati dan niatnya dulu kalau mau nabung buat konser. Jangan tergoda untuk beli hal yang ga penting! Tahan jiwa belanja KPOPers mu, ya!

2. Buat 'Celengan' Khusus untuk Nabung

Nabung untuk Nonton Konser KPOP
Sumber: businessingambia.com

Menurutku, ini adalah cara yang efektif. Biasanya, aku selalu punya 'tempat khusus' untuk menyimpan tabungan konser dengan beberapa catatan khusus. Misalnya, aku bakal bikin akun bank baru dengan syarat, tidak mudah untuk menemukan mesin ATM Bank tersebut.

Syarat lainnya, aku nggak akan megang kartu ATM-nya dan tidak akan membuat M-Banking untuk akun rekening tabungan tersebut. Ribet ya? Tapi ini efektif banget biar nggak gatel ngambil uang sembarangan. Kalau aku bisa mendapatkan akses yang mudah ke tabungan, biasanya aku bakal merasa....

"ah ga apa-apa bisa nabung besok"

"cuma segini kok, besok bisa nabung lebih banyak"

Akhirnya, sedikit demi sedikit 'nyuri' tabungan sendiri dan planning buat nonton konser pun gagal total. Terus gimana kalau yang nggak mau buka rekening baru? Beli saja celengan ayam-ayaman di pasar. Tapi ingat, celengan itu harus sulit dijangkau oleh kamu. Boleh titipkan kepada orang tua, kakak, atau siapa pun yang kamu percaya bisa menjaga dan mengingatkan bahwa kamu sedang nabung.

3. Rutin Menyisihkan Uang Jajan

Nabung untuk nonton konser KPOP
Sumber: Twitter @pink_panda419

Setiap kali mau jajan atau beli sesuatu, ingatlah satu hal "aku mau ketemu oppa!" dengan begitu, kamu bakal selalu inget untuk nabung. Nggak perlu sekaligus nyimpen banyak uang dan bikin diri kamu sendiri merana. Buatlah suasana nabung yang menyenangkan dengan sisihkan uang jajan sedikit demi sedikit.

Kalau biasanya sehari megang uang jajan sekitar 50 ribu, kamu bisa sisihkan 10 ribu untuk dimasukkan ke 'celengan khusus'. Kamu masih punya sisa 40 ribu untuk jajan dan kebutuhan lain. Lakukan hal ini secara rutin, lama-lama uangnya pasti terkumpul kok!

Nah, kalau ada kebutuhan mendesak dan kamu tidak bisa menabung di hari itu, hukumlah dirimu sendiri. Misalnya, besok kamu harus nabung 20 ribu atau 15 ribu karena kemarin tidak menabung sama sekali. 

Kalau kamu sudah berhasil nabung seminggu rutin tanpa putus, beri apresiasi (reward) pada diri kamu sendiri. Belilah makanan enak untuk dirimu sendiri, entah itu es krim, cokelat, atau makanan apapun yang kamu sukai. Dengan catatan, usahakan beli reward dengan harga yang masih masuk akal, ya.

4. Cari Uang Tambahan

tips nabung untuk nonton konser KPOP
Sumber: Dispatch

Jika uang jajan pas-pasan hanya cukup untuk kebutuhanmu saja, cobalah untuk mencari uang tambahan di tempat lain. Banyak pekerjaan simpel yang bisa dilakukan untuk semua kalangan, mau itu pelajar atau pun para pekerja.

Kamu jago nulis? Carilah pekerjaan lepas untuk menulis di media website. Kamu bisa gambar? Silakan buka jasa menggambar dan promosikan dirimu lewat sosial media. Lebih mahir dalam hal marketing? Kenapa tidak coba untuk jualan? Banyak jalan menuju Roma!

Tapi ada tips menarik lainnya dari money.kompas.com, yaitu buka garage sale. Apa itu? Jadi, kamu bisa menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai, seperti baju, sepatu, makeup, aksesoris, atau hal lainnya. Meski namanya garage sale, tapi kamu nggak perlu jualan di garasi rumah karena kamu bisa menjualnya secara online lho!

Tips lainnya dari money.kompas.com yaitu coba untuk menjadi driver online atau menyewakan ruangan yang tidak terpakai. Ide menarik, kan

5. Bayangkan Senyum Bias Saat Konser!

konser GOT7
Sumber: Pinterest γ‚€γƒγƒ£

Ketika semangat nabung mulai kendor, cobalah untuk membayangkan hal manis yang mungkin bakal terjadi di konser nanti. Kamu bisa bayangin disenyumin oppa saat konser, atau bayangin dia nyanyi tepat di depan mata kamu. Manis banget kan, pasti bikin baper!

Kalau aku sih lebih suka bayangin suara indah Jinyoung GOT7 pas lagi nyanyi lagu Thank You, atau liat YoungK DAY6 yang nge-rapp keren sambil bawa gitar dari atas panggung. Arghhh rasanya bikin aku makin semangat buat nonton konser! Kalau semangat udah muncul lagi, pasti kamu juga bakal semangat buat rajin nabung deh~~

Sebenernya ada cara selain nabung untuk dapetin tiket konser, bisa ikutin GA (giveaway). Biasanya pihak penyelenggara konser suka ngadain GA dengan hadiah tiket konser. Tapi menurutku ini cara yang kurang efektif karena kamu harus rebutan sama peserta GA lainnya dari seluruh Indonesia, butuh luck tinggi untuk menangin GA ini!

Gimana, sekarang kamu mulai semangat nabung untuk nonton konser? Coba terapkan tips-tips di atas, tapi kalau kamu punya cara sendiri untuk nabung yang lebih efektif, bisa bagikan pengalamannya di kolom komentar, ya!

Oh iya, kalau kamu ingin tahu bagaimana asyik dan serunya ngonser KPOP, kunjungi artikelku lainnya, yuk! Pengalaman Nonton Konser GOT7: EOY 2018 dan Pengalaman Nonton Konser DAY6: Gravity 2019

Comments

  1. Tips nabungnya oke, Ori. Secara umum nabung itu kan kebiasaan baik yg harus dipertahankan, besar banget manfaatnya. Eh ini dari sudut pandang seorang non-KPoper ya πŸ˜„πŸ€­✌🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips ini bisa diterapkan semua orang mbaa, selama ada niat yang kuat, nabung terasa ringan 😁😁

      Delete
  2. Jadi pengen nabung juga Ori, memang butuh tekad kuat ya buat nabung, kalau nggak mudah tergoda buat nebokin celengan huhu #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang, sekalinya liat isi tabungan malah gatel pengen belanja. Mana keranjang shopee menggoda hahaha

      Delete
  3. Hihi mungkin aku sama kayak Mbak Aulia dan Mbak Dedew, nabungnya dari sudut pandang non KPOPer... secara garis besar pun tips nabungnya bisa banget berguna kalau kita mau beli apapun.

    aku setuju banget sama poin mencari penghasilan tambahan, karena kadang kita fokusnya di satu sumber pendapatan aja. jadinya malah melarat dan tersiksa :(

    terimakasih sharingnya Mbak Ori :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp ini bisa diterapkan kok buat nabung tujuan lain.

      Bener banget, jangan andalin satu penghasilan. Malah bikin merana. Iya sama-sama mba

      Delete
  4. Niat yang kuat itu jadi driving force untuk meraih tujuan. Selalu ada cara saat ada niat. Makasih mba ori untuk sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau niat udah kuat dan bulat, pasti susah tergoda ya mba

      Delete
  5. Tipsnya bisa banget diterapin utk semua keinginan ya Ori. Tekad yg kuat, itu c kunci utama menurut aq. Nanti yg lain bakalan ngikutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini bisa masuk tipsnya buat nabung tujuan apapun~ kalau niatnya setengah-setengah, ya biasanya nabungnya setengah juga

      Delete
  6. waa hebat dedikasi nya sbg fans garis lurus eh keras nih mbak ori hahaha. tips nabungnya mau aku adaptasi aah. buat beli se-set panci brund *cita2 mamak2 :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayanya kalau aku udah berumah tangga, tips ini bakal aku pake juga buat beli panci mba atau susu anak 🀭

      Delete
  7. Wah saya salut nih sama mbaknya, memang kudu kuatin niat dalam tujuan apapun kalau mau nabung ya mbak πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, niat nonton konsernya udah dari lama. Eh baru kekumpul tabungan sekarang ahhaha

      Delete
  8. niat memang jadi kekuatan terbesar untuk dapatkan keinginan😊😊😊..lalu ketatkan pengeluaran, besarkan penghasilan😁😁😁..karena tiket konser semacam itu tidaklah murah🀭

    ReplyDelete
  9. Setujuu.. niat dan tekad kuat yang mendorong kita menuju oppa *eh. Aku juga pernah seniat ini nabung buat nonton konser tapi konsernya Justin di 2017 yang kemudian dibatalin ckck idol kita mungkin beda tapi tujuan kita sama mbak jiakhh *mlu bgt*

    ReplyDelete
  10. Demi...bisa nonton dan bertemu langsung dengan idola, strategi harus dijalankan ya, Mbak...
    Selamat deh, semoga cita-citanya terlaksana..

    ReplyDelete
  11. Cita-citaku pengen ke Korea Ori, lagi nabung semoga ada rezeki dan kesehatan bisa tercapai. Nggak nonton konser, minimal ngintipin lokasi syuting Drakor terus lihat gedung SM, YG, haha cita-cita yang sungguh muliaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih aku juga mau, ayo mba semoga kita bisa ke korea aminn

      Delete
  12. Replies
    1. Tips nya juga bisa diterapkan buat nabung secara umum XD

      Delete
  13. Boleh di coba nih tipsnya .. hiks selalu gagal nabung soalnya :((

    ReplyDelete
  14. Aku juga dulu anaknya KPOP banget hha, bahkan dulu pun sempat ada konser kan.. Nonton, gatau dah itu hasil tabungan berapa bulan buat bisa nonton konser itu hhu

    ReplyDelete
  15. Meski bukan KPOPers tapi ak setuju sama tips nabungnya yg tabungan khusus jauhin ATM n inet banking dari jangkauan πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  16. hahaha ini tips saya banget waktu dulu masih jamannya ngidol JKT48.. rela nabung demi nonton teater. btw oshi saya kinal sama rena hehe.. jadi keinget masa-masa itu yaampun

    ReplyDelete
  17. omooooo, membayangkan senyum para oppa oppa ini memang bisa banget ya menjadi penyemangat untuk terus nabung, soalnya kalau mau lihat senyum lebarnya harus dari dekat gitu ya.. keren keren nih yng konsisten tahan godaan

    ReplyDelete
  18. Poin 2 tuh iya banget! Aku juga buat rekening terpisah yangh nggak pake mbanking, nggak ada ATM-nya deket rumah, dan buat ke banknya juga mesti usaha (minimal, kudu mandi dan dandan dulu :D ). Kalo nggak gitu, bablaaaas kepake buat yang lain-lain.

    ReplyDelete
  19. Aku pun kalau ada keinginan yang belum kesampaian milih jalan nabung sih. Memang butuh waktu tapi kalau Pas tabungannya mencukupi semacam ada kepuasan batin ketika membeli apa yang diharapkan.

    ReplyDelete
  20. Ya ampuuun bayangin bisa pandangin senyum oppa dari jarak dekat bisa bikin hati berdegub kencang gini. Yuk lah nabung-nabung

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Member NCT 127 Tertua Hingga Termuda, Siapa Bias Kamu?