Tips dan Cara Ikut Fanmeeting KPOP, Mahal Nggak Sih?

Mau ketemu oppa kesayangan tidak harus nonton konser. Masih ada banyak acara yang diadakan untuk para fans, salah satunya adalah fanmeeting. Apa bedanya fanmeeting dengan konser? Bisa cek di artikel ku sebelumnya dengan judul "Perbedaan Fanmeeting, Fansigning, dan Konser" ini, ya.

Tapi secara garis besar, konser biasanya punya durasi yang lebih lama. Tapi kekurangannya kamu nggak bisa berinteraksi secara langsung dengan bias kesayangan kamu. Beda dengan fanmeeting (jumpa fans), konsepnya memang untuk berinteraksi lebih dekat dengan fans. Biasanya di fanmeeting, kamu bisa lihat bias main game di panggung, tanya jawab sama fans, hingga ngajak fans ke atas panggung.

Kekurangan fanmeeting itu, ya... durasinya lebih sebentar dibandingkan dengan konser. Bias nggak banyak nyanyi, lebih banyak main game sama ngobrol dari atas panggung. Jangan harap bisa interaksi sama bias dari dekat, ya, karena ini bukan fansigning. Jadi, interaksi fanmeeting cuma sebatas bias di panggung dan kita berada di kursi penonton.

Kalau ingin tahu lebih lengkap soal fanmeeting dan gambaran lebih jelas tentang fanmeeting, bisa kunjungi artikel ku berjudul "Pengalaman Fanmeeting DAY6 di Balai Sarbini - 2017" ini, ya.

Nah, sudah tahu kan gambaran dari fanmeeting itu kaya gimana? Sekarang mungkin bakal muncul pertanyaan, "Gimana cara ikut fanmeeting?", "harga tiket fanmeeting mahal nggak sih?". Tenang, yeorobun... aku bakal jawab semuanya satu persatu lewat artikel ini, ya. Jadi, simak sampai akhir artikelnya, ya!

1. Cari Tahu Informasi Sebanyak-Banyaknya

cara ikut fanmeeting
Sumber: Mecimapro

Sebelum memutuskan untuk nonton fanmeeting, kita harus tahu informasinya dengan benar dan jelas. Tujuannya, agar tidak ada hal penting yang terlewat, misalnya tentang jadwal penjualan tiket, lokasi fanmeeting, seatplan, hingga harga tiketnya. Tapi, yang paling penting itu adalah jadwal penjualan tiketnya.

Jangan sampai terlewat jadwal penjualan tiket untuk menghindari kehabisan tiket karena telat tahu jadwal. Biasanya penjualan tiket dimulai dari tiga bulan sebelum acara fanmeeting. Nah, harga tiketnya baru di-spill dua atau tiga hari setelah pengumuman jadwal pembelian tiket. Jadi, aku saranin untuk selalu mantengin sosmed pihak penyelenggara, entah itu Mecimapro atau IME. 

Semua informasi terkait fanmeeting bakal selalu di-update lewat sosmed, biasanya sih lebih lengkap di Twitter. Kalau di akun Instagram suka agak telat informasinya, chingu! 

2. Tentukan Mau Pilih Section yang Mana

cara ikut fanmeeting
Sumber: Mecimapro

Sama seperti konser, ada dua tipe seat plan di fanmeeting, mau berdiri (festival - standing) atau duduk. Kalau aku pribadi kapok nonton konser/fanmeeting berdiri, soalnya pegal banget. Belum lagi didorong-dorong penonton lain dari belakang, malah aku yang capek. Jadi, aku sih lebih suka di bagian duduk.

Ada kelebihan dan kekurangan di section seating ini, chingu. Kelebihan pertama, nggak akan ngerasa pegal atau capek, soalnya kalau mulai lelah bisa duduk di kursi yang sudah disediakan. Kedua, nggak perlu berhimpitan dengan penonton lain, bisa dibilang section seating ini lebih rapi dan tertib, nggak ada dorong-dorongan.

Tapi, selain dua kelebihan tadi ada kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilih section seating. Pertama, jarak panggung dan tempat duduk agak jauh, jadi agak sulit melihat bias dari dekat. Kedua, nggak bisa joget-joget soalnya jarak antara satu kursi dengan kursi lainnya nggak terlalu luas.

Terus, gimana dengan section standing? Nah, kalau yang punya fisik kuat dan lebih suka aktif bergerak ke sana kemari, bisa pilih section seating. Sepengalamanku di section standing, aku bisa lihat bias dari dekat banget, benar-benar dekat! Terus, kadang suka dapet fanservice gratis, misalnya diajak salaman sama bias atau disenyumin sama bias!!!

Lebih tempting, ya? Tapi, untuk bisa dapetin fanservice kaya gitu harus punya luck yang sangat besar! Terus, kamu harus berada di barisan terdepan. Untuk mencapai barisan terdepan pun sangat susah, guys. Soalnya, waktu itu aku harus rebutan sama penonton lain. Aku nggak sanggup, jadi aku memilih diem di barisan paling belakang dan paling lowong.

Ya, jadi mau section apapun, pikirkan kembali kira-kira mana yang paling worth untuk dibeli. Jangan hanya tergiur mau ketemu oppa, tapi ternyata tumbang di fanmeeting. Kalau aku pribadi bakal tetap pilih section seating, mengingat aku bukan orang yang suka berdesak-desakan dan nggak mau capek! ㅋㅋㅋㅋㅋ.

3. Perhatikan Budget!

cara ikut fanmeeting
Sumber: Mecimapro

Harga fanmeeting di Indonesia lebih murah dibandingkan konser. Tapi ya.. semurah-murahnya fanmeeting tetap bikin dompet jebol. Dulu, fanmeeting DAY6 tahun 2017 masih tergolong sangat murah dengan harga yang paling rendah itu Rp 800.000, dan harga yang paling tinggi Rp 2.500.000. 

Nah, setiap harga punya benefit sendiri. Waktu itu aku ambil yang harga Rp 1.900.000, section yellow dengan benefit hi-touch, karena ngebet ketemu YoungK dari dekat. Tapi, aku ambil section seating, jadi aku cuma dapet benefit berupa hi-touch saja, alias tos bareng sama artisnya. Ya lumayan bisa pegang tangan bias, lihat bias dari dekat.

Kekurangan dari benefit ini tentu duduknya agak jauh dari panggung. Terus, selama hi-touch sama bias cuma diberi waktu beberapa detik. Kerasa puas nggak? Buat aku pribadi ya puas aja! Soalnya sampai sekarang aku masih inget senyum semua member DAY6, ganteng hehehe. 

Nah, ada seating section dengan harga Rp 2.500.000, yang ini punya benefit yang berbeda. Kalau aku cuma dikasih hi-touch, kalau yang harga paling mahal itu bisa foto bareng atau fansigning. Lebih menarik, ya? Tapi untuk dapetin salah satu benefit itu nggak mudah, chingu. Soalnya kita harus terdaftar sebagai anggota Mecimapro dan untuk bisa jadi anggota, kita harus bayar lagi sekitar Rp 500.000. 

Jadi, kalau ditotal untuk bisa fansigning atau foto bareng sama DAY6, harus nyiapin dana sekitar Rp 3.000.000, mungkin bisa lebih. Untuk fansigning-nya itu nggak kaya fansigning di Korea, dimana bias bisa elus rambut fans atau ngobrol bareng, nggak kaya gitu guys! Kalian cuma duduk beberapa detik, ngobrol beberapa detik, terus bias kamu cuma nandatanganin di atas poster kamu. Yup, cuma poster bukan album, ya!

Nah, beda dengan yang foto bareng. Kalau foto bareng itu lebih berkesan, soalnya kita bakal dapetin soft file hasil fotonya. Kan enak tuh bisa dipamerin di sosmed ㅎㅎㅎㅎㅎㅎㅎ! Tapi kekurangannya, kita nggak boleh ngobrol atau pegang bias, ya.

Sedangkan untuk harga tiket termurah, Rp 800.000, fans bisa dapetin poster yang ditandatangani DAY6. Tapi itu luckydraw, alias diundi, jadi nggak semuanya dapet. Lalu, tempatnya juga agak kurang nyaman menurutku, karena penonton harus berdiri di bagian paling belakang. Tapi kalau kamu cuma sekedar 'penasaran' dan hanya ingin ikutan nyanyi/joget bareng, opsi ini adalah yang paling bagus. Murah!

Jadi, sebelum kalian purchase tiket, pastikan tahu apa kelebihan dan kekurangannya setiap section. Perhatikan baik-baik, apakah harganya worth dengan benefit yang didapatkan atau tidak, okay chingu?

4. Cara Beli Tiket Fanmeeting

fanmeeting kpop
Sumber: gambar pribadi

Ada dua opsi beli tiket fanmeeting, pertama beli sendiri dan yang kedua gunakan jasa titip beli tiket. Kita bahas cara beli tiket sendiri dulu, ya. Aku pernah beli tiket sendiri, tapi itu bukan buat fanmeeting melainkan untuk konser. Nggak jauh beda kok, hampir sama. 

Setelah pihak penyelenggara konser mengumumkan tanggal penjualan tiket, aku siap-siap war tiket. Soalnya suka kehabisan tiket dalam hitungan jam, mungkin beberapa grup bisa langsung habis dalam hitungan menit.

Kalau waktu itu, aku beli tiket sendiri bisa via Tiket.com, tapi kalau fanmeeting DAY 2017 itu cuma bisa beli lewat Indotix. Jadi, setiap acara fanmeeting punya kebijakan yang berbeda, ya. Nah, kalau di Tiket.com, kamu tinggal booking dan langsung transfer sejumlah uang yang tertera di bill-nya. Terus kamu bakal dapet e-tiket, kaya gambar di bawah ini.

fanmeeting kpop
Sumber: gambar pribadi/e-tiket konser DAY6 2019

fanmeeting kpop
Sumber: gambar pribadi/e-tiket konser DAY6 2019

Kamu simpan e-tiketnya dengan baik, ya. Aku saranin jangan langsung di-print karena takut hilang, dan jaga privasi data kamu. Lebih baik jangan update tiket di sosmed sebelum fanmeeting-nya selesai. Kalau mau update, bisa blur bagian nomor identitas, order ID, dan barcode-nya agar tidak disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

Ini memang bukan tiket fanmeeting, tapi setidaknya cara beli tiketnya sama kok. Kalau dari Indotix aku belum pernah coba beli sendiri, tapi menurutku nggak beda jauh. Setelah transfer, kamu bakal dapet email dari Indotix untuk konfirmasi pembayaran dan bisa dapetin e-tiket untuk ditukar menjadi tiket fisik. Beda platform aja.


Tapi, untuk kaum yang nggak mau ribet kaya aku, boleh juga ikutan jastip tiket. Jadi, jastip ini bakal bantu kita untuk dapetin tiket fisik dan biasanya pasti dapet tiket yang kamu mau. Waktu pertama kali fanmeeting, aku ikut jastip tiket. Aku tinggal transfer harga tiket + fee buat orang jastipnya. Terus, aku cuma perlu duduk santai lenjeh-lenjeh, nunggu tiket fisik. Nggak perlu antri menukarkan tiket, deh!

Untuk cara yang satu ini kalian harus berhati-hati karena tidak sedikit jastip penipu. Sudah ditransfer uangnya, orangnya malah hilang bawa kabur uang dari customer. Maka dari itu, pastikan jastipnya memang terpercaya tidak ada masalah sebelumnya. Bisa tanya-tanya teman sesama KPOPers untuk dapet koneksi jastip yang trusted. 

5. Perhatikan Rules Fanmeeting dengan Baik

fanmeeting day6
Sumber: Mecimapro

Setiap acara fanmeeting pasti ada rules yang harus dipatuhi oleh penonton. Aturan standar biasanya menjelaskan tentang barang bawaan, nggak boleh bawa benda tajam, obat terlarang, kamera profesional, sampai membawa makanan dan minuman ke dalam gedung konser pun dilarang. 

Aturan ini nggak saklek, bisa berubah kapan aja. Nggak semua peraturan fanmeeting dari IME dan Mecimapro itu sama, tergantung kebijakan pihak penyelenggaranya. Terus, aturan fanmeeting setiap tahunnya suka berbeda-beda. Waktu fanmeeting DAY6 tahun 2017, masih boleh bawa tas backpack. Di tahun 2019, tas backpack sudah dilarang dan hanya boleh bawa tas dengan ukuran nggak lebih dari A4.

Selain soal barang bawaan, perhatikan juga rules saat acara fanmeeting-nya. Aku dapetin benefit hi-touch (tos) sama DAY6, itu ada aturan dimana semua member DAY6 nggak boleh ngomong sama fans. Jadi mereka cuma senyum aja. Terus, fans nggak boleh merekam atau ngambil foto saat sedang hi-touch. Jika aturan itu dilanggar, ada sanksi untuk pelanggarnya. Nggak tahu sih sanksi-nya apa, tapi yang jelas tetap taat aturan, ya!

Yup, itu tadi tips dan cara ikut fanmeeting KPOP. Tentunya setiap grup punya pengalaman yang beda, ya. Kebetulan aku nontonnya fanmeeting DAY6 dan itu udah lama banget! Kemungkinan ada perubahan harga, cara beli tiket, dan peraturan fanmeeting-nya ya, chingu. Nah, kalau kalian punya pengalaman seru saat fanmeeting, ceritain di kolom komentar, ya!

Comments

  1. Replies
    1. emang bikin doimpet jebol konser begini, harus nabung dari jauh-jauh hari :D

      Delete
    2. 3 juta sebulan dah Alhamdulillah bang,,

      Delete
  2. Temen saya kalo liat artikel mbaknya pasti seneng deh, karena kemaren keinget dia sampe liburan ke korsel biar sekalian ketemu bias nya katanya mbak 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih asik banget emang kalo ke korsel ketemu bias, salah satu tujuan hidupku hihih

      Delete
  3. Wuiih baru tau kalau ternyata ada aturan gak boleh foto dan merekam untuk yang hi touch.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di Indonesia begitu. Kalau di Korea kayanya engga, tapi untuk masuk fansign-nya bisa sampe puluhan juta 😭

      Delete
  4. Aku bukan KPOPers sih, tapi adikku iya dan dia seriing banget cerita tentang pengalamannya nonton Seventeen sama Blackpink pas ke Indonesia. Tapi sayangnya dia nggak sampe ke fanmeet-nya, kayaknya gara-gara mahal deh buat dia hehe. But nice info Mbak! Siapa tau ada artis barat yang dateng dan nanti aku juga mau ikut fanmeet nya hehehe

    Salam kenal yaa Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artis barat pernah deh, aku lupa itu siapa. Ayo mbaa nonton, seruu hehehe

      Delete
  5. nice posting saya jadi punya wawasan baru tentang fanmeet artis korea. Ini aku punya anak pre-teenager hihihi mungkin 3-4 tahun lagi sudah ribut minta fan meet sama idola. salam kenal,
    https://lfitriany.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Aku gak tau apa2 tentang Korea 😄 yg kutahu cuma Gong Yoo dan Coffee Prince 🤣 jadi gimana dong komentarnya OOT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka Gong Yoo~ tapi aku belum pernah nonton coffee prince huhu

      Delete
  8. seru banget pembahasannya, jadi dapat informasi soal fanmeeting & fansigning...terima kasih sudah sharing, Mbak!

    ReplyDelete
  9. Kereeeen, lengkap banget si ini mba 👍.

    ReplyDelete
  10. Detail dan lengkap bgt ya infonya. Semuanya dijembrengin. Belum pernah c liat konser ato fanmeet artis luar krn biasanya di kota besar. Buat kesananya aja udah mikir 🤣🤣

    Btw aq ga kenal day6 taunya super junior, 2PM, bigbang. Duuuhh, ketauan umur 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, tapi pernah deh kayanya yang ke jogja kalau ga salah~ eh aku juga suka suju, bigbang sama 2pm ><

      Delete
  11. Waw banyak aturannya juga ya ternyata.. baru tau klo ada event selain konser.

    ReplyDelete
  12. ternyata mau ikut jumpa fans prosesnya juga sama ya dengan nonton langsung konsernya...cuma beda di durasi dan kemasan acaranya...belum pernah sih ikutan nonton konser atau jumpa fans bareng artis...mungkin karena saya sendirinya yang tidak terlalu suka keramaian🤭dan juga faktor usia😂🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenernya ga jauh beda, sama-sama ketemu artis. Hihi aku juga udah encok kalau habis konser, pasti selalu sedia koyo 🤣

      Delete
  13. Bias apa sih? Kirain typo tapi kok muncul terus hihi... Maaf bukan kpopers, generasi kudet nih hihi🤭... Btw, artikelnya menarik menambah wawasan banget cz aku tahunya cuma konser ternyata ada fanmeeting, fansigning juga. Jd mikir2 tar kalau anakku uda gede bakal jd KPopers kaya Kak Ori juga ga ya? Skrg baru 6th aja dia uda BTS2 gitu dan kata ibunya, itu apa? Hehe...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bias itu semacam idol yang kamu suka gitu mba hehe. Seru tuh kalau nonton BTS~

      Delete
  14. meski bukan k-popers, ini artikelnya sangat menarik dan lengkaaaap banget untuk para k-pop yg mau nonton konser tapi masih bingung hihi, nice sharing mbak 🥰

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata seru banget ya fan meeting itu, siapa tahu nanti ada lagi acara EXO di Indonesia bisa ikutan seseruan akuh haha...tiketnya lumayan juga ya Orii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba aku juga pengen nonton EXO ketemu Sehun. Iya emang mahal, bikin bangkar 🤣

      Delete
  16. Aku bukan K-popers, tapi punya temen yg K-popers.. Sering diceritain sama dia saat nonton konser, fan meeting, dsb. Dan aku bingung sendiri sama istilah2nya. Haha. Dari artikel ini aku jadi paham Mbak tentang sedikit per"K-Popers"an.. Makasih ya mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  17. Aku bukan K-POPers, tp Westlifers wkwkkw (ketauan tuanya ya haha), kalau Westlife konser ke Indo juga ga cuma konser, ada fanmeeting & fansigning juga, wlpn aku belum pernah ikutan hahaha. Kalau urusan berburu tiket dan seat plan, aku riweuh bgt kalau ada turnamen badminton di Istora nih, soalnya aku suka banget nonton, meskipun seringnya beli tiket yg paling murah hahhaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli tiket murah pun asik kok, merasakan euforia ketemu artisnya, joget bareng nyanyi bareng. Huwaa aku juga suka Westlife 😭

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Album NCT dari Tahun 2019 sampai 2020!