Pengalaman Nonton Konser DAY6 Gravity di Jakarta: 2019

Lagi, Saya menonton DAY6 untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, Saya nonton fanmeeting DAY6 di tahun 2017. Nah, kalau sekarang Saya mau share pengalaman nonton konser DAY6 untuk pertama kalinya. Sebenarnya, ini bukan konser DAY6 yang pertama di Indonesia, karena DAY6 sendiri pernah konser di Indonesia pada tahun 2018.

Tapi saat itu Saya tidak ikut hadir mendukung konser DAY6, hehe. Makanya, barulah di tahun 2019 Saya sangat excited ketika tahu DAY6 akan mengadakan konser lagi. Jadi, tanpa pikir panjang Saya langsung menyempatkan diri untuk nonton DAY6.

Kali ini Saya akan memberikan fancam yang jauh lebih baik dibanding cerita pengalaman konser dan fanmeeting Saya tahun-tahun lalu. Penasaran, kan? Langsung simak ceritanya sampai akhir, ya!

1. Memilih Tiket Konser

konser DAY6
Hal pertama yang pasti dilakukan ketika mau nonton konser adalah pemilihan tiket konser. Ada 5 jenis seating yang disediakan Mecima Pro untuk konser DAY6 kali ini, Blue, Green, Yellow, Pink, dan Purple.

Karena kali ini Saya tidak begitu ingin mendapatkan benefit, seperti hi-touch, jadi Saya mengincar tiket section Purple. Saat itu memang Saya agak santai tidak langsung beli tiket, karena sangat yakin Purple akan tersisa sangat banyak. Tapi kenyataannya salah!

Tiket Purple justru yang paling banyak diincar. Jadi, Saya kehabisan tiket Purple. Sempat pasrah karena tiket yang tersisa adalah Blue yang notabenenya standing. Saya kapok nonton konser berdiri, karena sangat melelahkan, maklum umur sudah tidak muda T^T.

Tapi "kepasrahan" Saya mendadak hilang ketika Mecima Pro mengumumkan konser DAY6 akan diadakan selama dua hari. Wah, karena pengumuman itu Saya langsung bersiap "war tiket" di tiket.com. Tapi memang bukan rezekinya nonton di Purple, meski Saya sudah "war" tetap saja tidak mendapatkan tiket.

Akhirnya, Saya memutuskan untuk memilih tiket Pink karena memang hanya tiket Pink dan Blue saja yang tersisa untuk hari kedua konsernya. Nah, karena sekarang Saya beli sendiri tiketnya tanpa jastip, jadi Saya cek sendiri posisi duduknya. Beruntung, Saya mendapatkan spot yang sangat bagus, row A-43, barisan depan.

Saat itu, Saya melakukan pembayaran melalui kartu kredit, jadi tinggal klik-klik aja, selesai! Tapi, ada biaya tambahan sekitar 53 ribuan kalau membayar pakai kartu kredit, ya.
konser DAY6
Saat pembayaran selesai, Saya menerima email dari pihak tiket.com untuk informasi e-tiketnya. Jadi ada dua PDF yang terlampir, e-ticket dan receive order. Keduanya Saya simpan, karena ini akan ditukar untuk tiket dalam bentuk fisik.
konser DAY6
Oh iya, kalau kamu membeli tiket sendiri maka harus menyantumkan nama dan nomor identitas (KTP). Pada saat penukaran tiket fisik, nama dan nomor identitas harus sesuai dengan pemesanan tiket online, ya. Jika tidak maka pihak penyelenggara acara tidak akan menukarkan tiket kalian. Intinya tidak bisa dipindahtangankan atau minta ditukarkan tiketnya oleh orang lain.

2. Akomodasi

konser DAY6

Oke, Saya sudah mendapatkan tiket maka sekarang yang Saya pikirkan adalah akomodasi. Karena konsernya di Tennis Indoor, Senayan, maka Saya memutuskan untuk ikutan trip bersama MyDay Bandung. 

Kelebihan ikut trip, Saya bisa kenalan dengan MyDay lainnya, jadi di area konser Saya tidak merasa kesepian. Lalu, Saya tidak perlu memperhitungkan biaya akomodasi untuk pergi dan pulang karena akomodasinya sudah dikalkulasikan untuk PP dari Bandung - Tempat Konser.

Dan kalau dihitung-hitung, biaya ikut trip lebih murah dibandingkan pergi sendiri atau menginap. Biaya trip waktu itu tidak lebih dari 200 ribu rupiah.


Oh iya, trip dari MyDay Bandung ini juga ada benefit berupa snack, minum, dan doorprize dengan hadiah pernak-pernik DAY6. Jadi, ya lumayan banget untuk yang suka mengoleksi perintilan KPOP.

Bagaimana cara memesan akomodasi PP ini? Saat itu kebetulan Saya tergabung dalam grup WhatsApp khusus MyDay Bandung. Nah, yang mengadakan trip tersebut adalah para admin MyDay Bandung. Jadi, memang kami satu grup sudah saling mengenal dan sering sharing soal DAY6 di WhatsApp.

3. Perjalanan Menuju Venue

konser DAY6
Sebelum mulai perjalanan, Saya menyiapkan beberapa hal. Yang pasti, Saya membaca dan memahami setiap rules yang tertera. Saat itu ada beberapa peraturan baru yang berbeda dengan fanmeeting dan konser sebelumnya yang Saya datangi.

Salah satu peraturan barunya berupa, dilarang membawa tas besar (maksimal seukuran kertas A4). Karena peraturan tersebut, tentu saja Saya tidak mungkin membawa banyak barang. Jadi, Saya hanya membawa Lightband, bukti pembayaran tiket, powerbank, headset, dan dompet mini yang berisikan ATM, KTP, dan uang Cash.

Setelah semua sudah siap, semua yang ikut trip diwajibkan berkumpul jam 6 pagi hari-H di Balubur Town Square. Sayangnya, waktu keberangkatan agak ngaret sedikit, ya hanya ngaret 10 menitan.

Semua sudah berkumpul dan tanpa basa-basi lagi kami berangkat ke Tennis Indoor sekitar jam 6.10 pagi. Syukurlah perjalanan kami tidak ada kendala sedikit pun, bahkan tergolong sangat lancar karena kami sampai di venue sekitar jam 9.30 pagi.

4. Penukaran Tiket

konser DAY6
Setelah sampai di venue, kami semua yang ikut trip langsung menuju penukaran tiket. Untungnya lagi, antrean menukarkan tiket tidak terlalu panjang. Namun sayangnya hari itu sangattttttttt panas. Tapi tenang, Saya sudah menyiapkan payung yang cukup membuat adem.

Hanya perlu menunggu sekitar 15 menit, Saya pun langsung mendapatkan giliran untuk menukarkan tiket. Apa saja yang perlu dibawa? Simpel, hanya perlu KTP dan bukti pembayaran dari Tiket.com seperti gambar di poin nomor 1.

Nanti, semua data yang ada di bukti pembayaran dan di KTP akan dicocokan terlebih dahulu. Jika cocok maka akan segera diberi tiketnya. Jika tidak cocok, ya sayang sekali tidak bisa mengambil tiket.

Oh iya, satu hal yang berbeda kali ini, tiketnya tidak berbentuk kertas melainkan berbentuk gelang. Nah, gelang tiket ini sangat mudah dikenakan dan tidak mudah jatuh. Jadi saran Saya, bisa langsung pakai saja, ya. 

Tips lainnya, tiket gelang ini jangan diikat terlalu pas dan mepet ke pergelangan tangan karena akan sulit untuk melepasnya. Kalau sudah terlanjur, opsinya adalah digunting atau dilonggarkan secara perlahan, ya.

5. It's Show Time!

Cukup lama menunggu waktu konser. Saya mendapatkan tiket fisik sekitar jam 11 siang, sedangkan para penonton baru bisa masuk area konser sekitar jam 4 sore. Jadi, ya agak bosan menunggunya, ngantuk, lapar, panas juga!

Tapi, semuanya terbayar dengan kesenangan dan kepuasaan karena tepat jam 4 sore Saya langsung masuk ke area konser. Oh iya, sebelum masuk akan ada pengecekan tas dan barang bawaan. Yang jelas, jika penonton memakai tas besar, tasnya harus dititipkan ke petugas. Dan saat itu, barang seperti payung pun harus dititipkan petugas.

Setelah melewati pengecekan barang, Saya bisa langsung antre untuk foto di depan standee member DAY6. Tapi Saya terlalu lelah untuk berdiri lama, jadi Saya tidak ikut antre dan merelakan untuk tidak foto bersama standee DAY6. Seberapa panjang antreannya? SANGAT PANJANG, di bawah adalah foto antrean yang Saya ambil.

konser DAY6


Antrean itu bisa sampe dua jam lebih. Pas itu, Saya nyerah karena baru masuk Venue sekitar jam 4 sore dan mulai masuk ke gedung konser jam 5 sore. Jadi Saya pikir gak keburu, jadi bye bye DAY6 Standee!

Oke, Saya nunggu agak lama soalnya masuk ke gedung konser agak ngaret, yang harusnya sekitar jam 5 malah jadi  jam setengah 6-an. Agak Magrib. Untuk sistem antrenya lebih rapi dibandingkan pengalaman konser GOT7 sebelumnya karena letak antreannya berbeda-beda untuk yang festival dan yang duduk.

Nah, karena Saya di bagian yang duduk (tiket PINK), jadinya masuk lewat sisi depan gedung. Kalau yang berdiri, masuknya lewat sisi samping kanan dan kiri gedung. Appriciate banget sama MyDay, rapi nggak senggol-senggol, santuy. Ini gambaran venue dalam gedungnya.

konser DAY6

Walaupun Saya di PINK-A, tapi sayangnya posisinya agak pinggir ke sebelah kanan karena ya ini kursi PINK-A yang tersedia. Kejauhan gak sih? Enggak dong, malah keliatan jelas banget cuma agak terlalu pinggir. Tapi, ya memuaskan kok. Asyiknya, penonton pada rapi banget. Nggak ada yang berdiri untuk di section PINK, karena semuanya harus duduk. 

Tapi ada moment kami semua yang di seating section itu berdiri semua saat Jae minta untuk semua penonton joget bareng. Ah asyik banget pokoknya, konser DAY6 memang nggak pernah mengecewakan! Oh ya, ada beberapa video yang Saya ambil saat konser berlangsung, tapi maaf ga stabil hehe.

Singing with DAY6!

Para member DAY6 ngasih speech, Wonpil so uwu

Jae Solo performance! huwaaa

Oh iya, ada satu video yang menarik, yeorobun~ Jadi, semua member DAY6 itu turun panggung! Sayangnya, Saya cuma video bagian YoungK saja, karena cuma YoungK yang mendekat ke arah tempat duduk Saya. Tapiiiiii, YoungK berjalan di bawah dan Sayanya duduk di atas, gagal dapet tos dari YoungK hehe.

YoungK turun dari panggung, SCREAM!!

Pas YoungK mendekat ke arah tempat duduk (ya, walaupun dia di bawah), nggak bisa nahan teriak dan YoungK bener-bener ganteng walaupun terlihat lebih berisi dibandingkan di Fanmeeting DAY6 tahun 2017 lalu. Tapi gantengnya nggak berkurang sama sekali dan malah nambah!

6. Selesai Konser

Konser dengan waktu dua jam itu nggak cukup. Capek? Tentu saja tidak dong! Saat waktu konser sudah berakhir, Saya dan "teman-teman dadakan hasil SKSD" cukup sedih dan malah ingin konser terus-terusan. Nggak cukup cuma dua jam, dasar hahahaha.

Selesai konser nggak langsung bisa keluar gedung. Harus antre seperti saat mau masuk gedung konser. Antrenya rapi, nggak desak-desakan kok. Ya santai aja, keluar terakhir juga nggak apa-apa, kan konsernya sudah selesai dan gedungnya juga nggak akan ditutup kalau penonton belum keluar hehe.

konser DAY6
Sempet foto-foto dulu sebelum keluar gedung. Ya, buat dokumentasi saja sih, sekalian buat tulisan di blog hehe. Bisa dilihat di bagian belakang Saya, semua penonton santai, nggak ada yang dorong-dorongan ingin keluar duluan. Jadi, mereka itu pada nunggu sampai antreannya beres. 

Nah, setelah antreannya agak longgar, Saya dan teman-teman baru keluar gedung. Di luar gedung ternyata Mecima masih ngasih limited PhotoCard dari JYP x DAY6. Kenapa limited? Soalnya cuma bisa didapatkan saat konser aja hehe. 

PhotoCard-nya macam-macam, ada foto per-member dan foto satu grup DAY6. Penonton nggak bisa milih, jadi dikasih secara random pas kita antre mau keluar. Dan Saya sangat beruntung dapat PhotoCard YoungK, sesuai bias di DAY6 huhuhu seneng banget. Kabarnya, PhotoCard itu juga jarang didapat, nggak akan Saya jual atau dituker! Ini bentuk PhotoCard-nya.

konser DAY6


Pas dapat PhotoCard itu, Saya langsung jingkrak seneng banget. Selesai jingkrak-jingkrak, Saya pun kembali ke bus dan pulang dengan rasa bahagia ke Bandung! 

Oh iya, sebelumnya Saya bilang nggak capek? Tapi nyatanya pas sampe di bus kerasa pegal badan, sampe besoknya Saya tidur seharian! Tapi rasa capeknya sangat terbayarkan dan moment nonton konser DAY6 ini selalu diingat, saking senangnya!

konser DAY6


Pokoknya big thanks to DAY6, Mecima, and JYP, especially for DAY6, pasti bakal nonton mereka lagi kalau DAY6 konser di Indonesia!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Urutan Member NCT 127 Tertua Hingga Termuda, Siapa Bias Kamu?