Skip to main content

Pengalaman Nonton Fanmeeting DAY6 di Balai Sarbini: 2017

Kalau kemarin Saya bahas soal tips beli tiket konser, kali ini Saya mau berbagi pengalaman saat mengikuti acara fanmeeting. Kebetulan, pertama kali yang ditonton adalah acara fanmeeting DAY6 yang bertempat di Balai Sarbini, Jakarta pada tahun 2017 silam.

Banyak hal yang Saya ingat soal fanmeeting ini, mengingat ini adalah pertama kalinya Saya mengikuti sebuah event/acara yang berbau KPOP. Seru, geregetan, lelah, tapi semua kelelahannya sangat terbayar karena merasa puas sudah menontonnya. 

Menyesal? Tentu saja tidak. Biaya yang dikeluarkan untuk menonton fanmeeting DAY6 setara dengan kepuasaan yang Saya dapatkan. Saking puasnya, sampai lupa untuk mengambil foto dan video dengan angle yang bagus. Jadi, mohon maaf jika videonya kurang enak ditonton. 

Oke, sekarang mari kita bahas soal apa yang Saya dapatkan selama sebelum, saat, dan setelah menghadiri acara fanmeeting DAY6.

1. Sebelum Fanmeeting

DAY6
Sebelum datang ke acara fanmeeting, banyak hal yang harus dipersiapkan. Yang paling pertama adalah informasi sebanyak-banyaknya soal fanmeeting yang akan dihadiri. Jadi, di sini Saya mencari semua informasi soal fanmeeting, mulai dari pembelian tiket, penukaran tiket, transportasi, lokasi, hingga teman yang akan ditemui saat berada di venue.

Meskipun Saya memakai jasa pembelian tiket ke orang lain, tapi tetap mencari informasi soal ticketing. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga. Jika ada kejadian pahit, misalnya tertipu oleh jasa tersebut maka pembeli bisa mengambil tindakan yang bijak dan melaporkannya ke pihak yang tepat.

Kembali lagi soal ticketing, karena memesan melalui jasa titip, jadi Saya hanya modal percaya dan informasi yang sudah dicari. Untuk pemesanan jasa titip sekitar 2 bulan sebelum acara fanmeeting. Memang sangat lama, mengingat ticketing dibuka beberapa bulan sebelum acara. 

Saat itu, Saya memesan tiketnya sedikit agak terlambat. Saya ingin tiket di bagian festival depan, yakni PINK, tapi karena terlambat maka tiket itu pun lenyap dalam beberapa jam saja. Akhirnya, Saya ditawarkan tiket YELLOW, bagian seating di samping kiri. Memang posisinya kurang enak tapi sangat ingin nonton fanmeeting tersebut, jadi Saya ambil tiket YELLOW.

Setelah konfirmasi mengambil tiket YELLOW, akhirnya jastip pun langsung membelikannya untuk Saya. Lalu, diinformasikan bahwa tiket tersebut baru bisa diterima saat di venue alias COD di tempat fanmeeting. Kenapa? Soalnya, jastip tersebut baru menukarkan tiket fisiknya saat hari H. 

Oke, saat ini sudah punya tiket, yang Saya pikirkan selanjutnya adalah akomodasi, penginapan dan transportasi. Memang, awalnya berpikiran untuk menginap, mengingat berangkat dari Bandung dan pulang larut malam, travel pasti sudah tutup. 

Kebetulan lagi, pembuka jastip tadi juga menawarkan akomodasi, tapi PP (pulang-pergi) dengan rute Bandung - Jakarta, Balai Sarbini. Tanpa pikir panjang, langsung mengambil tawaran tersebut dan memang relatif lebih murah, sekitar 150 ribu saja untuk PP. 

Selain lebih murah, di sana juga bisa bertemu dengan teman-teman sesama MYDAY yang mau menonton fanmeeting. Jadi, Saya pikir ini keuntungan yang bagus mengingat Saya benar-benar tidak kenal siapapun dan tidak pergi bersama teman.

Ya, ternyata betul, bahkan sebelum pergi ke acara fanmeeting, Saya sudah berkenalan dengan beberapa teman yang sama-sama menggunakan jastip dari orang yang sama. Jadi, perasaan pun agak lega ketika tahu di sana Saya tidak linglung sendirian.

Setelah mendapatkan semua yang dibutuhkan, kini saatnya menunggu hari H. Selama, sekitar 2 bulan menuju hari H, Saya beraktivitas seperti biasa.

2. Hari H

DAY6
Hari yang dinanti pun tiba, kini saatnya penantian beberapa bulan sudah di depan mata. Ada rasa khawatir tiket fanmeeting kena tipu, dll yang sebenarnya tidak perlu diresahkan. Pasalnya, jastip ini memang terpercaya mengingat dia sering mengobrol di ruang obrolan LINE. 

Saya berangkat dari Bandung, waktu itu hari Sabtu dan artinya kami berangkat saat weekend. Khawatir perjalanan akan tersendat karena macet maka kami memutuskan untuk berkumpul di Baltos jam 6 pagi dengan harapan 7.30 sudah berangkat. Tapi ternyata prediksi kami meleset, panitia keberangkatan cukup sedikit panik karena ada yang belum datang.

Akhirnya, semua yang ikut jastip pun menunggu satu orang tersebut. Cukup lama, sampai merasa cukup bosan dan khawatir di jalan macet, namun tidak lama kemudian dia pun datang. Tanpa basa-basi lagi, kami langsung berangkat.

Tapi Saya masih khawatir, soalnya orang yang bertanggung jawab atas tiket Saya ternyata tidak ada dalam rombongan keberangkatan. Wah, mulai nethink tapi berusaha tetap calm down karena pihak keberangkatan mengatakan dia akan datang langsung ke tempatnya, kebetulan dia sedang ada di Jakarta. Oke, saya mulai tenang tapi tidak benar-benar tenang.

Selama di perjalanan, kegelisahan sedikit terhapus karena berinteraksi dengan sesama MYDAY. Senang? Jelas! Kami sama-sama tidak sabar melihat penampilan secara langsung YoungK cees. Perjalanan kami juga tidak terlalu macet, justru kita sampai di Balai Sarbini terlalu pagi! 

Sesampainya di Balai Sarbini, langsung turun dari bus yang membawa kami semua dan di sana foto-foto terlebih dahulu sebagai testimoni bahwa kami sudah menggunakan jastip tersebut. Cukup lama menunggu, karena Saya dan kawan-kawan tiba di sana sekitar jam 9.30, sedangkan penukaran tiket baru dimulai jam 13.00. Belum lagi orang yang bertanggung jawab atas tiket Saya datangnya siang. 


Jadi, kami pun memutuskan untuk jalan-jalan mengitari mall yang ada di Balai Sarbini sampai bosan semua sudah terjelajahi, mulai dari kedai makan, toko buku, toko aksesoris, sampai toilet! 

Pada akhirnya, penantian panjang pun berakhir hingga penukaran tiket dibuka. Semua yang sudah datang mengantre dengan tertib. Tapi, hanya Saya yang tidak mengantre karena tiket Saya sudah dipercayakan pada jastip. Syukurlah orang tersebut memang datang di waktu yang tepat saat penukaran tiket dibuka, jadi Saya menunggu dia selesai menukarkan tiket.

Cukup lama menunggunya menukarkan tiket, jadi Saya menggunakan waktu tersebut untuk makan siang terlebih dahulu. Sampai selesai makan siang, ternyata dia masih mengantre. Memang sangat panjang antreannya. Selang beberapa jam kemudian, akhirnya dia mendapatkan tiketnya dan langsung memberikannya ke Saya, itu sekitar pukul 15.00. 

DAY6
Oke, tiket sudah di tangan tapi tidak diperbolehkan masuk venue mengingat Balai Sarbini memang sempit, jadi semua penonton harus menunggu di luar sampai jam 17.00. Nah, pada jam itu barulah semua penonton akan mengantre sesuai tiketnya. Dan, bagian YELLOW kebetulan bagian paling awal, jadi Saya masuk duluan, yeay!!!

Lalu, Saya menunggu fanmeeting-nya mulai sambil duduk, karena memang mendapatkan bagian seating. Kira-kira, seperti inilah moment menunggu fanmeeting mulai di Balai Sarbini. Mohon maaf, videonya tidak bagus dan tidak jelas.
Selama menunggu itu, ada beberapa lagu DAY6 dan grup dari JYP diputar. Karena sebagian besar penonton adalah JYP Stan, jadi kami berteriak-teriak dan bernyanyi bersama setiap lagu yang diputar.

Sekitar 30 menit hanya menampilkan lagu-lagu saja, tiba saatnya ada VCR. Hal tersebut menandakan bahwa fanmeeting DAY6 akan segera dimulai dan DAY6 akan segera muncul di atas panggung. Semua penonton sudah tidak sabar menantikan moment tersebut dan akhirnya DAY6 muncul! 
Nah, di sini Saya dan penonton lain sangat girang, bernyanyi bersama, sampai Saya pun lupa kalau sedang merekam video. Makanya, semua video Saya hasilnya tidak stabil dan kualitasnya tidak bagus. 

Oh iya, seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Perbedaan Fanmeeting, Fasigning, dan Konser, salah satunya adalah ada sesi mini games dan mengobrol bareng idol. Saya punya beberapa video cuplikan yang digabungkan di mana DAY6 sedang berinteraksi dengan MYDAY. Bukan hanya berinteraksi, di sini juga YoungK menyanyikan lagu "Separuh Aku" di hadapan ribuan fans. Sekali lagi, mohon maaf jika kualitas videonya tidak memuaskan.
Mini Games and interactions

YoungK - Separuh Aku

Apakah ada fans yang diajak ke atas panggung? Jawabannya tidak ada. Pada saat itu, MYDAY diminta menuliskan surat kecil di secarik kertas. Kertas tersebut akan dipajang di sebuah papan dan papan itu akan di bawa ke atas panggung. 

Lalu, DAY6 membacakan salah satu suratnya dan muncul lah sebuah nama (Saya lupa nama yang disebut). Tapi, karena semua penonton ngaku-ngaku pemilik nama dan pemilik kertas itu, akhirnya DAY6 tidak jadi membawa salah satu MYDAY ke atas panggung. Sayang sekali, ya? Tapi sebenarnya Saya senang karena tidak perlu merasa iri hehe..

Sebelum acaranya benar-benar selesai, ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu, hi-touch. Ya, beruntung sekali Saya beli tiket YELLOW karena mendapatkan benefit berupa hi-touch di akhir acara sebelum keluar Balai Sarbini.

Saat DAY6 sudah berpamitan dari atas panggung, para panitia penyelenggara acara meminta semua penonton dengan benefit hi-touch untuk berbaris sesuai dengan tiketnya masing-masing. Dan, yang tidak mendapatkan benefit, bisa keluar terlebih dahulu.

Saat itu semua penonton, tidak terkecuali Saya, merasa sangat excited. Sayangnya, karena Saya duduk di bagian pinggir, jadi antreannya di belakang. Saya tidak sabar karena pada saat barisan pertama sudah siap, semua anggota DAY6 juga sudah siap di atas panggung untuk hi-touch. Secara tidak sadar, semua yang menunggu pun berteriak. 

Akhirnya, satu-persatu barisan mulai melakukan hi-touch dimulai dengan Sungjin dan terakhir Jae. Saat yang dinanti tiba, kini giliran Saya naik ke atas panggung dan langsung disambut sangat hangat oleh Sungjin. Dia menunjukkan wajah yang bergembira ketika bertemu dan langsung melakukan hi-touch seperti bertemu dengan teman lama.

Lalu, dilanjutkan dengan Wonpil. Saat itu Wonpil agak sedikit pendiam dan tidak terlalu banyak berekspresi, Saya asumsikan dia sedang lelah. Selanjutnya, Saya melakukan hi-touch dengan Dowoon, di sana dia sangat imut. Dia selalu tersenyum dengan wajah maknae-nya yang menggemaskan. Tak lupa, Saya juga sempat mengucapkan "Happy Birthday Dowoon" karena momment nya saat itu sedang hangat-hangatnya merayakan ulang tahun Dowoon.

Berikutnya, Saya bertemu dengan Young K, ultimate bias di DAY6. Tentu, Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan, jadi Saya memegang tangannya agak sedikit lama. YoungK sangat tampan dan selalu tersenyum ke arah fans. Terakhir adalah Jae, dia sangat ramah namun menunjukkan ekspresi yang sedikit bingung karena Saya terlalu excited. Selesai melakukan hi-touch dengan semua member DAY6, Saya turun dari panggung dengan wajah yang sumringah meskipun muka agak sedikit lusuh.

Nah, seperti itu kira-kira pengalaman Saya saat hari H fanmeeting DAY6. Acaranya cukup sebentar, tapi wajar mengingat ini adalah fanmeeting bukan konser. Selain itu, Balai Sarbini juga tempatnya agak sempit, tidak seperti konser yang biasanya mengandalkan ICE BSD. Overall, sangat puas! 

3. Saat Pulang

DAY6
Selesai acara, semua penonton sudah berada di luar Balai Sarbini. Semuanya sudah berpencar, pulang ke tempat asalnya masing-masing. Keluar balai Sarbini sekitar jam 22.00, dan Saya harus mencari rombongan untuk pulang. Saya kembali bersama jastip rombongan ke Bandung. Di sana kami tidak banyak cerita soal hari ini karena kami semua sudah lelah dan hanya ingin istirahat. 

Tidak banyak yang Saya ingat saat pulang. Hanya ingat tidur selama perjalanan sampai kota tujuan. Sangat lelah, dan Saya baru sampai jam 00.00. Meskipun lelah, Saya puas, sangat puas dan justru ingin lagi menonton acara tersebut!

Itulah sepenggal pengalaman Saya pertama kali menghadiri acara fanmeeting KPOP. Untuk selanjutnya, Saya masih ingin menonton grup lainnya dan akan Saya ceritakan lagi pengalaman tak terlupakan itu di sini! 

Dan untuk para fangirl maupun fanboy di luar sana, mari berbagi pengalaman seru kamu bersama idol kesayangan. Boleh juga ceritakan pengalaman menarik kamu di kolom komentar.

Oh iya, bukan hanya fanmeeting, aku juga pernah menonton konsernya DAY6 dan euforia antara konser dan fanmeeting itu sangat berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, baca juga artikel Pengalaman Konser DAY6 Gravity di Jakarta 2019 ini, ya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons