Skip to main content

Apa, Sih, Perbedaan Fanmeeting, Fansigning, dan Konser KPOP?

Jika sebelumnya Saya membahas soal tips beli tiket konser KPOP, kali ini Saya mau berbagi pendapat mengenai perbedaan antara Fanmeeting, Fansigning, dan konser KPOP. Sebenarnya tujuan dari tiga acara tersebut sama saja, yakni agar bisa berinteraksi dengan fans lebih dekat. Tapi, intensi interaksi dari tiga acara tersebut sangatlah berbeda.

Nah, selain sebagai ajang bertemu dan kenal dengan fans lebih dekat, para fans juga biasanya bisa mendapatkan banyak benefit dari setiap acara yang diadakan, entah itu berupa foto bersama, hi-touch, atau hanya sekedar mendapatkan poster eksklusif. Tapi sayangnya, fanmeeting, fansigning, dan konser juga punya benefit yang berbeda.

Kalau kamu masih bingung atau galau memilih antara fanmeeting, fansigning, dan konser maka di sini Saya akan coba bantu mengetahui perbedaan antara ketiganya.

1. Fanmeeting

GOT7
Dari namanya bisa sudah ditebak kalau fanmeeting ini memang menitikberatkan pada pertemuan antara fans dan idolnya. Jadi, kamu bisa berinteraksi lebih banyak dengan para idol. Namun, dalam acara fanmeeting biasanya idol hanya menyanyikan beberapa lagu saja dan lebih banyak mengobrol dengan para fans.

Nah, cara mengobrolnya juga tidak menemui fans satu-persatu melainkan idol akan berbincang di atas panggung dan fansnya duduk di bawah panggung. Biasanya juga, di acara fanmeeting ini ada mini games di mana idol akan memainkan permainan sederhana. Kalau beruntung, biasanya ada fans yang diajak ikut bermain di atas panggung.

Selain memainkan mini games, kadang ada juga acara membaca surat dari fans. Tapi perlu diingat, surat yang dibaca hanya beberapa saja, sekitar 1 atau 2 surat saja, ya. Biasanya sebelum acara fanmeeting mulai, para fans diminta untuk menuliskan surat yang nantinya akan dimasukan ke dalam boks khusus. Di situlah idol kamu akan memilih suratnya secara acak.

Baca juga: Pengalaman Nonton Fanmeeting DAY6 di Balai Sarbini - 2017

Selain itu, fanmeeting juga ada benefit berupa hi-touch, di mana kamu bisa memegang tangan idol kesayangan kamu! Mau benefit yang lebih gereget lagi? Ada juga lho yang bisa foto bareng. Tapi biasanya benefit foto bareng ini diundi atau bayar lebih mahal. Oh iya, hal ini pernah dilakukan saat acara fanmeeting DAY6 di Balai Sarbini tahun 2017.

Satu hal yang penting lagi soal fanmeeting adalah durasinya. Ya, bisa dibilang fanmeeting ini cukup singkat, sekitar 1,5 jam atau 2 jam saja, ya. Karena waktunya yang singkat juga, harga tiket fanmeeting biasanya lebih murah daripada fansigning dan konser. Selain itu, tempat diadakan acara fanmeeting juga biasanya lebih sempit.

  • Fanmeeting Online


Nah, tapi ada yang lebih menarik untuk masa pandemi seperti ini, ada acara yang namanya fanmeeting online. Semenjak adanya aturan social distancing, banyak acara fanemeeting KPOP yang dibatalkan. Namun, ada beberapa yang tetap melakukannya dengan cara online.

Jadi, para fans menonton acara fanmeeting melalui video khusus yang diadakan pihak penyelenggara. Nanti kamu bisa berinteraksi lewat video call. Fans bisa menyaksikan penampilan idol KPOP lewat video itu. 

Isi acaranya kurang lebih sama dengan acara fanmeeting biasa kok. Melihat para bias nyanyi, main game, kadang ada sedikit talkshow, yang membedakan hanya medianya saja. Kamu tidak bertemu langsung, tapi melihatnya lewat layar kaca.

2. Fansigning

Fansigning
Hmm.. bisa dibilang acara yang satu ini punya benefit yang lebih banyak dibandingkan fanmeeting. Mengapa? Karena di acara fansigning ini kamu bisa berinteraksi sebebas-bebasnya dan senyamannya dengan idol kesukaan kamu.

Interaksi yang dilakukan adalah kamu mendatangi panggung idol dan idol tersebut duduk di bangku yang sudah disediakan. Nanti kamu hanya perlu mendatangi idolnya satu persatu, mengobrol, minta tanda tangan, bahkan biasanya ada yang boleh memegang tangan idol. Seru, kan?

Iya, fansigning ini memang paling seru, paling gereget, dan paling dinanti para fans. Tapi fansigning ini tergolong sangat mahal dan bisa dibilang tergantung pada keberuntungan. Fansigning sendiri pernah diadakan di Indonesia, hanya saja ada sistem undian. Selain itu, ada banyak peraturan yang bikin ribet, misalnya tidak boleh pegang tangan idol, hanya boleh melakukan interaksi beberapa detik, dll.

Tapi semua itu wajar karena fansigning yang diadakan di Indonesia itu termasuk yang termurah jika dibandingkan di negara lain, seperti Korea atau Jepang. Nah, kalau di Korea dan Jepang, biasanya fansigning bukan bayar tiket, melainkan kamu harus membeli album idol sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan nomor undian.

Nomor undian yang kamu dapatkan nantinya akan diundi untuk mendapatkan tiket fansigning. Kebayang, dong, kalian harus beli album seberapa banyak demi tiket undiannya? Makanya, jangan heran jika yang datang ke acara fansigning adalah para masternim (istilah untuk orang yang mengelola sebuah fansite).

Dan jangan heran juga, kalau acara fansigning di luar Indonesia seperti tadi bisa berinteraksi dengan idol sangat dekat dan durasinya pun sangat lama. Kembali lagi, "ada harga maka ada kualitas".

Tapi sebenarnya DAY6 juga pernah mengadakan fansigning di Indonesia. Hanya saja, benefit-nya tidak seasyik di Korea dimana kamu cuma bisa mengobrol beberapa detik saja dengan bias. Bahkan bias kamu nggak boleh menyentuh fans (elus rambut, pegang tangan, dsb).

  • Fansigning Online
Sama seperti fanmeeting, ada juga sebutan fansigning online. Wah kalau ini benefit-nya sungguh luar biasa karena kamu bakal video call-an sama bias kamu secara langsung dan eksklusif!!

Jadi bedanya dengan fanmeeting, kamu dan penonton lain ramai-ramai nonton bias nyanyi, talkshow, atau kegiatan lainnya. Nah, kalau acara ini lebih privat. Nanti ada bias nelepon ke kamu untuk video call berdua aja sama bias. Gemes banget kan?

Sayangnya, untuk bisa melakukan hal ini, perlu merogoh kocek amat amat dalam, alias mahal banget! Sistem pembelian tiket fansigning online mirip dengan sistem fansigning biasa dimana kamu harus membeli album sebanyak-banyaknya.

Lalu, album tersebut bisa ditukar kupon undian untuk mendapatkan tiket fansigning online. Butuh luck tinggi untuk ini! Dan yang paling penting juga, aturan dari fansigning online lebih ketat dimana dalam satu layar video call hanya boleh ada satu orang. 

Jika ada orang lain dalam satu frame video call maka pihak penyelenggara langsung memutus video call itu. Ini pernah kejadian di acara video call NCT, ada satu fans yang dapet video call bareng Jaehyun. 

Tapi belum ada satu detik, video call itu terputus karena gak sengaja ada temannya lewat di belakang saat sedang video call. Pihak penyelenggara langsung memblokir fans itu. huhu sedih banget kan?


3. Konser

konser kpop
Untuk Konser ini konsepnya tidak terlalu banyak interaksi dengan idol, ya. Karena di konser kamu full menikmati semua karya-karya idol. Jadi, ketika kamu menghadiri konser maka 90% kamu akan melihat idol membawakan lagu-lagu mereka. Jarang sekali yang namanya interaksi ngobrol santai bersama idol, tidak seperti fanmeeting.

Tapi tenang saja, karena biasanya idol juga akan keliling panggung bahkan ada yang turun dari panggung demi berinteraksi bersama fans. Tapi bukan interaksi mengobrol melainkan bernyanyi bersama, selfie bareng, atau hanya sekedar tos saja.

Selain interaksinya yang lebih minim, konser juga punya durasi dan tempat yang berbeda dengan fanmeeting. Bisa dibilang, konser ini lebih lama durasinya, bisa sampai 3 jam! Bahkan, tempat acaranya pun lebih luas. Untuk harga biasanya relatif lebih mahal, tapi tergantung pada grupnya, promotornya, serta benefit yang ditawarkan.

Kalau di Indonesia, sepengalaman Saya menonton konser GOT7 tahun 2018 lalu, hanya mendapatkan benefit berupa hi-touch. Itu pun hanya bisa didapat jika kamu sudah menjadi member pada sebuah promotor tertentu dan harganya pun menjadi lebih mahal.

  • Konser Online
Mana nih yang lebih suka menikmati liat bias nyanyi di atas panggung? Jangan sedih karena masih pandemi gak bisa nonton konser, ya, karena ada yang namanya konser online. 

Acaranya sama aja kok dengan konser biasa, perbedaannya hanya 'tempat menontonnya' saja. Biasanya kamu bareng-bareng fans lain nonton konser di satu tempat, tapi kali ini kamu nonton lewat layar secara online.

Nah, kalau ini ga apa-apa ngajak teman atau ada orang lain dalam satu frame layar karena kamu gak berinteraksi langsung sama biasnya. Dan yeah, konser online jauh lebih murah dibandingkan konser biasa. Bahkan ada yang harganya cuma 500 ribuan!


Itulah tadi informasi singkat mengenai perbedaan antara fanmeeting, fansigning, dan konser KPOP. Dari tiga acara tadi, kira-kira kamu mau dateng ke acara mana? Atau, kamu punya informasi lainnya seputar fanmeet, fansign, dan konser? Yuk, bagikan pendapat kamu di kolom komentar!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh