Skip to main content

Acara Survival Show Korea yang Paling Seru Ditonton

Saya sebagai seorang KPOP-ers cukup terkejut karena saat ini begitu banyak grup (baik boyband dan girlband) dibentuk melalui acara Survival Show. Kenapa? Pasalnya, dulu zaman grup KPOP generasi 2, acara seperti itu masih terkesan "aneh" dan mungkin banyak makan biaya.

Tapi sekarang, ajang pencarian bakat melalui survival ini sangat membantu popularitas grup dan member-nya masing-masing. Sebagai contoh, WannaOne, TWICE, iKON, Winner, IZ*ONE, IOI, MONSTA-X dan masih banyak lagi mereka semua debut melalui ajang survival show dan itu menurut Saya adalah hal yang positif.

Melalui ajang seperti itu, setiap anggota grup bisa menampilkan bukan hanya bakat mereka melainkan juga sisi uniknya yang bisa bikin penonton suka. Saya sendiri pun tertarik dengan grup-grup yang debut melalui survival show. Bahkan Saya juga punya bias sendiri di setiap grup tersebut, hehe. 

Oke, itu tadi penjelasan singkat mengenai survival show, kini saatnya Saya mau berbagi pendapat mengenai beberapa acara survival show yang Saya tonton sejauh ini.

1. Sixteen

sixteen
Ini adalah acara survival show pertama yang Saya tonton. Tertarik menonton acara ini karena memang saya JYP Stan (istilah menyukai suatu agensi entertainment tertentu). Dan, Saya juga sebenarnya suka dengan satu trainee di sini, yakni Im Nayeon.

Acara ini diikuti oleh 16 trainee dari agensi JYP yang mana nanti hanya terpilih 9 orang anggota saja yang bisa debut sebagai girl group, TWICE. Nah, 19 trainee ini harus bersaing satu sama lain. Persaingan mereka juga dibilang cukup ketat, mulai dari talenta bernyanyi, menari, berpose depan kamera, hingga attitude.

Ya, attitude dari setiap trainee sangat diperhatikan oleh CEO-nya, sangat kentara jelas kalau CEO (Park Jinyoung) sangat menyukai trainee yang rendah hati. Menurutnya, menjadi idol itu sulit dan banyak tantangan, apalagi kontroversi. Jadi, ia mencari seseorang bukan hanya dengan bakat melainkan dari sisi perilakunya, bagaimana dia membawa diri, bagaimana dia berhadapan dengan kontroversi dll.

Cukup ribet memang, tapi dengan begini para penonton bisa lihat member grup jebolan Sixteen lebih jelas, bukan hanya dari bakat saja melainkan dari attitude yang dimiliki juga.

2. Produce 101 Series

Produce
Setelah menonton Sixteen, kini Saya tertarik dengan Produce 101 Series. Kenapa series? Soalnya, Produce 101 ini sudah banyak dibuat hingga sekarang sudah ada yang season 4. Untuk season pertama dinamakan Produce 101 S1. Lalu dilanjutkan dengan Produce 101 S2, Produce48, dan yang terakhir adalah Produce X 101.

Keempat series tersebut punya konsep yang sama di mana mereka mendatangkan sekitar 101 trainee untuk bersaing secara sehat dan kemudian debut dengan nama grup yang telah ditentukan. Perbedaannya adalah pada gender trainee dan beberapa peraturan.

Nah, trainee yang ikut di acara Produce 101 ini semuanya dari agensi berbeda. Maka dari itu, trainee yang terpilih dan debut dalam ajang survival show ini punya kontrak eksklusif, hanya debut untuk beberapa tahun kemudian disbanded sesuai kontrak yang berlaku.

Untuk di season pertama terbentuk girlband IOI. Trainee yang terpilih akan debut dalam kurun waktu sekitar 1 tahun, mulai dari tahun 2016 sampai 2017 saja. Sedangkan pada season 2 debut sebuah boyband dengan nama WANNAONE dengan waktu debut kurang lebih 2 tahun, dari tahun 2017 - 2019.

Lalu dilanjutkan lagi dengan season 3 menampilkan girlband dengan nama IZ*ONE yang punya waktu promosi selama 3 tahun, mulai 2018 - 2021. Nah, yang terakhir ini mereka memunculkan boyband dengan nama grup X1 dengan waktu promosi terlama, yakni sekitar 2 atau 2.5 tahun.

3. NO. MERCY

No. Mercy
Satu lagi acara survival show yang buat Saya selalu ingat, NO. MERCY. Sebenarnya, Saya menyukai grupnya terlebih dahulu MONSTA-X, baru menonton acara survival show-nya. Di acara ini menurut Saya agak sedikit drama dan bikin baper. Terutama pada bagian Shownu yang bertemu dengan teman-temannya yang sudah debut, itu bikin Saya merasa ini drama dan bikin Saya baper.

Tapi, di acara ini juga bikin deg-deg-an karena member termuda MONSTA-X baru ikutan acara NO.MERCY di tengah-tengah acara setelah kehilangan 2 orang trainee. Ini yang semakin memuncak, karena di sini mulai ada sedikit konflik antara trainee yang memang sudah ikutan acara dari awal dengan member termuda ini (I.M).

Dia sadar bahwa kehadirannya banyak tidak disukai. Bukannya down, tapi sosok I.M ini selama acara justru semakin kuat dengan menunjukkan bakatnya dan memang punya attitude yang bagus. Semakin lama, semua trainee mulai menerima kehadiran I.M. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa melalui acara ini semua member MONSTA X punya hubungan yang semakin erat.

4. Idol School

idol school
Bisa dibilang ini adalah ajang survival show yang satu naungan dengan Produce 101 tapi beda management. Ya, sedikit mirip konsepnya hanya saja di sini punya tema seperti sekolah. Jadi, para trainee berkumpul mengenakan pakaian sekolah, tapi mereka juga harus bersaing dengan trainee lain untuk menempati posisi debut, fromis_9.

Meski dalam satu naungan MNET, tapi Idol School ini tidak punya kontrak atau masa berlaku debut. Jadi, fromis_9 adalah sebuah grup long term, tidak ada waktu pasti kapan disband seperti WANNAONE, IOI, IZ*ONE, atau pun X1.

Baca Juga: Rintangan Idol KPOP Sebelum Debut

Namun, semua trainee yang ikut pelatihan dan survival show di Idol School adalah trainee yang meninggalkan agensi lamanya. Seperti misalnya Natty dan Jiwon, mereka awalnya mengikuti acara survival show Sixteen. Namun, karena mereka gagal debut bersama TWICE akhirnya mereka memutuskan untuk mengikuti Idol School dengan syarat mereka harus keluar dari JYP. Begitu pun dengan trainee lainnya di Idol School, Hae Rin dari SM, bahkan ada trainee dari YG juga.

5. WIN: Who Is Next?

WIN
Nah, kalau acara survival show yang ini mendebutkan boyband dari YG, Winner. Bisa dibilang survival show WIN ini punya konsep dan gaya yang berbeda dari yang lain. Jadi, YG sudah mempersiapkan dua grup laki-laki yang mana nanti YG akan mempertimbangkan siapa yang akan debut duluan.

Dua grup tersebut harus bersaing secara ketat karena mereka membuat koreografi dan lagu sendiri. Setiap kelompok juga harus menunjukkan sisi uniknya masing-masing. Setelah siap, barulah kedua grup tersebut akan tampil dan penonton akan memberikan voting pada grup yang menurut mereka layak untuk debut. Nah, grup yang terpilih akan diberi nama WINNER.

Lalu, bagaimana dengan grup yang kalah? YG kembali mengadakan acara survival untuk melihat ulang talenta yang dimiliki oleh grup yang kalah. Di acara tersebut, YG menambahkan dua anggota untuk ikut survival show. Dari semua anggota trainee tersebut, YG melihat kemampuan setiap anggotanya dan nanti dipilih yang paling layak, kemudian debut dengan nama iKON.

Itu saja beberapa acara survival show Korea yang menarik menurut Saya. Sebenarnya masih ada banyak survival show di Korea yang lebih seru dan menarik, hanya saja Saya belum menontonnya sampai tuntas dan keterbatasan akses untuk menontonnya. Kalau kalian punya saran acara survival show yang harus Saya tonton, bisa tuliskan rekomendasinya di kolom komentar. Terima kasih, chingu!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2021 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Urutan Member NCT Dream Tertua Hingga Termuda, Siapa Biasmu?

Salah satu sub-grup NCT yang menarik adalah NCT Dream. Tidak semua anggota NCT tergabung dalam NCT Dream, karena memang konsep sub-grupnya selalu menggilir anggotanya, tidak menetap di satu sub-grup saja. Namun sejak debut hingga sekarang, NCT Dream tetap konsisten dengan 7 anggota.  Ya.. meskipun Mark Lee sempat tidak turut berpartisipasi dalam salah satu comeback NCT Dream sih~ Tapi, akhirnya Mark Lee kembali menjadi anggota NCT Dream di comeback 'Hot Sauce' yeayy!! Jadi, sekarang NCT Dream tetap dinaungi oleh 7 anggota ganteng-ganteng dan pastinya multitalenta ya~ Nah, untuk yang penasaran setiap anggota NCT Dream satu persatu, di sini aku bakal mengenalkan ketujuh anggotanya dengan mengurutkannya dari anggota tertua hingga termuda. Hmm... siap-siap oleng dengan semua anggotanya ya!! ㅋㅋㅋ~~ 1. Mark Nama Inggris:  Mark Lee Nama Panggung:  Mark (마크) Nama Korea:  Lee Min Hyung (이민형) Tempat & Tanggal Lahir: Toronto - 2 Agustus, 1999 Kewarganegaraan: Kanada Posisi di Grup:  Ma

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons