Skip to main content

Tips dan Cara Sederhana untuk Mengetahui Olshop KPOP Penipu

Melengkapi artikel sebelumnya mengenai Tips untuk Beli Tiket Konser, kali ini Saya akan berbagi tips dan cara mengetahui olshop KPOP yang suka menipu para konsumennya. Seperti yang diketahui, memang animo masyarakat Indonesia, terutama para remajanya, sangat tertarik akan kultur Korea Selatan, baik dari segi fashion maupun entertainment-nya.

Nah, untuk industri dunia hiburannya sendiri bisa berupa musik bahkan dramanya. Namun, sepertinya dunia musik lebih menarik peminat para remaja Indonesia. Maka itu, tidak heran jika banyak sekali konser KPOP yang berdatangan ke Indonesia.

Perlu diketahui juga, bahwa dunia hiburan musik KPOP bukan hanya sebatas dengan nonton konser saja, karena beberapa fans KPOP pun seringkali membeli album KPOP.

Dengan banyaknya konsumen yang mencari cara untuk menonton konser, membeli tiket konser misalnya, dan juga membeli album KPOP maka tak heran banyak pula olshop-olshop yang mengkhususkan diri hanya menjual barang-barang KPOP saja.

Namun, tidak semua olshop KPOP punya cara jual yang baik, karena ada saja beberapa olshop KPOP "nakal" yang menipu konsumen demi keuntungan pribadi. Tapi tenang saja, kini FindHEERE akan mengulas seputar tips dan cara mengetahui olshop KPOP yang penipu berikut ini.

1. Lihat Testimoninya

Jungkook BTS

Testimoni merupakan sebuah kesaksian dari konsumen terhadap suatu toko. Biasanya, testimoni ditulis dan langsung menyertakan foto barang yang telah dibeli konsumen. Nantinya, konsumen tersebut akan memberikan pengalamannya saat membeli barang di suatu toko.

Dengan kehadiran testimoni inilah, kamu bisa menilai bagaimana terpercayanya sebuah olshop. Jadi, hal yang pertama kamu harus lihat bukan ketersidaan barangnya saja, tapi juga testimoni dari konsumen lain yang sudah pernah membeli di olshop tersebut.

Nah, kalau olshop KPOP biasanya akan memberikan sebuah testimoni berupa screenshot dari konsumen sekaligus dengan adanya foto barang. Kamu bisa perhatikan berapa banyak jumlah testimoni yang ada di olshop tersebut dan bacalah satu persatu testimoninya.

Jika olshop KPOP tersebut punya testimoni yang banyak dengan tulisan testimoni yang positif, maka kamu bisa mempercayai olshop tersebut.

2. Perhatikan Followers

tips konser

Ini juga bisa jadi acuan untuk bisa mempercayai sebuah olshop. Ya, kamu bisa memerhatikan jumlah followers dari olshop, baik di Instagram maupun di LINE@, karena biasanya olshop KPOP banyak yang menggunakan dua aplikasi sosmed tersebut.

Perhatikan followers bukan berarti melihat banyaknya jumlah followersnya, ya. Jadi, di sini kamu harus lihat followersnya didapatkan secara murni atau membeli followers. Saya sarankan untuk mempercayai olshop dengan followers murni tanpa beli followers.

Mengapa? Dengan olshop itu tidak membeli followers, artinya olshop tersebut juga cukup terpercaya. Namun, ada juga kok akun olshop KPOP yang beli followers tapi tetap trusted alias terpercaya. Tapi, kalau Saya lebih memerhatikan akun olshop dengan followers murni. Pasalnya, dari followers saja mereka tidak ingin tipu-tipu (palsu), niat awalnya sudah baik.

3. Respon Penjual

kai EXO

Olshop KPOP penipu juga bisa diperhatikan melalui respon penjualnya, lho. Biasanya, penjual yang berniat menipu akan memberikan respon di awal dengan sangat cepat dan terkesan memaksa pembeli. Namun, saat uang sudah ditransfer, tiba-tiba penjual menjadi slow-respond alias lama membalas chat.

Oleh karena itu, kamu jangan langsung excited dengan barang yang tersedia. Coba perhatikan dengan seksama respon dari penjualnya, apakah terkesan membuat kamu "terburu-buru" untuk melakukan transfer atau tidak. Perhatikan juga setiap detail atau deskripsi barang yang dijelaskan oleh penjual, ya.

4. Hati-Hati dengan Harga Barang

Jiyeon

Jangan pernah sekali-kali tergiur dengan harga murah. Tapi, kamu juga tidak boleh asal mengambil kesimpulan kalau harga barang mahal, artinya olshop tersebut trusted. Intinya, cari harga yang wajar. Setiap harga barang di setiap olshop bisa jadi berbeda-beda, ada yang overprice ada juga yang murah.

Tidak semua barang murah olshopnya penipu dan tidak semua barang mahal olshopnya trusted. Maka itu, kamu harus pintar-pintar membandingkan harga antara satu olshop dengan olshop lainnya.

Misalnya, harga album BTS dijual Rp320.000 dari Koreanya asli. Tapi, kalau di olshop, tentu harganya akan naik. Ada olshop yang mematok harga 350 ribuan, mungkin ada juga yang mencapai 400 ribuan.

Baca Juga: Cara Ikut Fanmeeting KPOP

Jika kamu tilik, sebenarnya harganya masih wajar, karena proses pengiriman yang harus melalui tahap BEA CUKAI yang tidak murah. Mungkin juga ada olshop yang menjual barang second-hand olshop, artinya olshop itu tidak mengambil barang langsung dari Korea dan dia mengambil barang dari olshop lain, makanya dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Tapi, kalau harga album BTS asli dari Koreanya cuma 320 ribu rupiah, sedangkan ada yang menjual hanya 325 ribu rupiah saat tiba di Indonesia, maka kamu harus curigai, ya. Ada kemungkinan olshop tersebut penipu, atau olshop tersebut menaikan harga ongkos pengiriman.

5. Tanya ke Teman

got7

Masih ragu dengan 4 cara di atas karena kurang meyakinkan? Kalau begitu, kamu bisa tanya-tanya ke teman yang sudah pernah beli album KPOP atau barang KPOP lainnya. Mintalah rekomendasi olshop KPOP yang teman kamu percayai.

Sebenarnya cara yang satu ini mengacu pada testimoni, sih. Bedanya, ini testimoni langsung dari teman mu, bukan berupa screenshot. Jadi, otomatis akan lebih terpercaya dibandingkan melihat testimoni hanya berupa screenshot saja.

6. Cari Tahu di Sosmed

Sehun EXO

Sudah tahu, kan, kalau jumlah KPOP-ers di Indonesia tidak sedikit? Nah, kamu bisa manfaatkan situasi seperti ini untuk cari tahu olshop KPOP yang terpercaya. Pasalnya, para KPOP-ers ini sangat senang tolong-menolong jika ada masalah penipuan.

Begini maksudnya, jadi ada saja KPOP-ers yang pasti akan sharing mengenai beberapa akun olshop KPOP penipu. Biasanya, mereka akan sharing di sosial media, paling sering sih di Twitter. Jadi, kamu bisa pantengin Twitter dan cari tahu, apakah olshop KPOP tersebut penipu atau bukan.

7. Beli di Toko Online Ternama

online shop

Kalau kamu kurang percaya dengan olshop yang ada di Instagram, Twitter, Line@, atau Facebook, maka kamu bisa kunjungi toko-toko online yang sudah punya "nama." Misalnya, kamu bisa cari album KPOP di Shopee. Kalau di tempat online seperti Shopee, kecil kemungkinannya kamu akan tertipu.

Mengapa? Kalau pihak olshop belum kunjung mengirim barang pesanan kamu, maka secara otomatis olshop tersebut tidak bisa mencairkan uang yang sudah kamu transfer. Kalau pun ada penipuan, kamu bisa langsung lapor pihak Shopee-nya, kok. 

Oh iya, sedikit informasi, kalau kamu cari barang KPOP memang lebih banyak di Shopee dibandingkan toko online besar lainnya. Dan juga, kamu tidak bisa membeli semacam tiket konser di tempat seperti ini, ya.

Ya, itulah beberapa cara dan tips dari aku agar tidak tertipu oleh olshop KPOP nakal yang hanya mementingkan keperluan pribadi saja. Jika kamu punya tips atau koreksi di artikel ini, silakan bagikan di kolom komentar. Semoga membantu!

Comments

  1. Sekarang udah ada e-commerce. Jadi lebih mudah dan aman buat beli album kpop.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Member NCT 2020 dari yang Tertua hingga Termuda

Berapa banyak member dalam sebuah boyband yang kamu tahu? Tujuh? Sebelas? Dua belas? Atau lima belas? Semua itu masih kalah jumlah dengan member boyband NCT. Hanya di NCT, kamu bakal nemuin member boyband sampai 23 member, dan itu pun masih bisa bertambah lho ! Banyak banget kan ? Sedikit flashback, dulu pertama kali aku mengenal KPOP adalah grup Super Junior dan EXO. Sempat berkomentar ke teman: "banyak banget sampe 12 member!" Saat itu aku yang masih berstatus sebagai newbie di dunia KPOPers agak kaget dan kesulitan menghafal nama + anggotanya. Tapi ternyata ada boyband yang punya member sampai puluhan! Ada alasan di balik banyaknya member NCT. Kalau dilihat berdasarkan nama, NCT ini punya singkatan Neo Culture Technology. Ada maknanya, menurut Lee Sooman selaku CEO dari SM Entertainment, nama tersebut merepresentasikan konsep NCT. Konsepnya sendiri unlimited members dan semua anggotanya berasal dari negara yang berbeda membentuk konsep cross-culture .  Karena anggotanya i

Giveaway Album KPOP, KPOPers Harus Ikutan - GRATIS!

Annyeongg!~ Dalam rangka memperingati natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021, HobiHepi mau bagi-bagi dua album KPOP yang bisa didapatkan secara GRATIS! Siapa aja yang boleh ikutan? SEMUANYA BOLEH! Yeayy! Hadiah Giveaway Ada dua hadiah album KPOP untuk dua orang pemenang Giveaway! Hadiah 1: Album NCT Resonance Pt.2 (Arrival Version) Hadiah 2: Album TREASURE The First Step - Chapter 3 3rd Single Album (White Version) Hayo, mau dapetin album yang mana? Syarat Giveaway Ini dia syarat-syarat peserta Giveaway album KPOP! Ikutin syarat-syaratnya biar peluang menangnya lebih besar, ya! Indonesia Only, untuk dari luar Indonesia tidak bisa ikutan.  Mianhaaeeee ~ Akun Twitter dan Instagram yang digunakan boleh berupa  fan account / cyber account / real account.  Selain tiga akun itu, tidak boleh ikutan Giveaway. Akun yang mengikuti Giveaway tidak boleh digembok. Periode Giveaway mulai dari 25 Desember 2020 sampai dengan 23 Januari 2021. Pemenang akan langsung dihubungi oleh @listioriniap Boleh

Profil dan Urutan Member Stray Kids Tertua hingga Termuda

Boyband di Korea Selatan itu ada banyak banget, tapi yang paling disorotin biasanya grup-grup besutan agensi ternama, salah satunya adalah JYP Entertainment. Sebelumnya, mereka sukses mendebutkan 2PM, 2AM, dan GOT7, kemudian di tahun 2018 mereka mengenalkan boyband terbaru yang disebut dengan Stray Kids. Untuk melalui proses debutnya itu sangat berliku lho, chingu. Soalnya mereka harus melalui tahap Survival Show terlebih dahulu. Fyi, Survival Show adalah sebuah acara yang mengetes para trainee apakah mereka layak atau tidak untuk debut menjadi seorang idol. Kalau mereka tidak lolos acara tersebut, sudahlah mereka langsung dikeluarkan dari agensi~~ Nah, uniknya lagi Stray Kids ini struggling bukan karena acara Survival Show aja, soalnya mereka benar-benar ngebentuk grupnya sendiri dari nol. Mulai dari pemilihan anggota, lagu, hingga nama " Stray Kids " sendiri. Semua pemilihannya dinahkodai oleh sang leader, yaitu Bang Chan. Dia sendiri lho yang terjun langsung untuk mengons